Cara Membeli Mata Uang Kripto

Ingin tahu cara membeli Bitcoin? Atau mata uang kripto secara umum? Berikut adalah panduan langkah demi langkah dalam membeli kripto untuk pemula.

Jan 25, 2024
|

Cara Membeli Btc Mata Uang Lain Nologo

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Pembelian Bitcoin dapat dilakukan melalui broker, bursa, dan pasar peer-to-peer.
  • Metode pembayaran yang umum digunakan untuk membeli Bitcoin adalah transfer bank, kartu kredit/debit, dan mata uang kripto lainnya.
  • Saat berdagang Bitcoin, pembeli harus menentukan strategi yang tepat untuk tujuan mereka.
  • Tempat menyimpan Bitcoin yang dibeli juga harus dipertimbangkan; cold dan hot wallet masing-masing memiliki pro dan kontra.
  • Mengikuti perkembangan industri dan tren membantu dalam membuat keputusan yang tepat dan aman saat berpartisipasi dalam pasar mata uang kripto.

Pendahuluan

Adopsi mata uang kripto telah meningkat dari tahun ke tahun sejak penciptaan Bitcoin pada tahun 2009. Dari lebih dari 425 juta pemilik mata uang kripto di seluruh dunia (pada saat artikel ini ditulis), 219 juta di antaranya adalah pemilik koin yang memulai semuanya.

Bitcoin adalah mata uang digital terdesentralisasi yang dapat dikirim langsung dari satu orang ke orang lain tanpa memerlukan perantara pihak ketiga. Ini didukung oleh jaringan penambang yang memvalidasi dan mengamankan transaksi, dan riwayat transaksinya dicatat pada buku besar publik yang tidak dapat diubah.

Pelajari lebih lanjut tentang cara kerja Bitcoin di artikel Universitas ini.

Mereka yang tertarik untuk bergabung dengan komunitas Bitcoin memiliki beberapa opsi untuk melakukan pembelian pertama:

  • Broker adalah perantara antara pembeli dan penjual, menyediakan platform yang efisien untuk membangun portofolio mata uang kripto. Mereka sering kali menyediakan layanan keuangan lainnya, seperti rekening berbunga. Aplikasi Crypto.com adalah broker yang dipercaya oleh lebih dari 80 juta pengguna dan tempat yang tepat bagi pemula untuk memulai perjalanan kripto mereka.
  • Bursa terpusat memungkinkan pengguna untuk memperdagangkan mata uang digital satu sama lain. Mereka biasanya menawarkan fitur-fitur canggih, seperti trading dengan leverage atau otomatis, untuk pengguna atau institusi mata uang kripto yang berpengalaman. Contoh penting adalah Crypto.com Exchange, yang mendukung semua pasangan perdagangan Bitcoin yang populer.
  • Bursa terdesentralisasi memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual mata uang digital tanpa penyedia layanan pihak ketiga, yang berarti pengguna bertanggung jawab untuk mengelola kunci pribadi mereka. Crypto.com DeFi Wallet adalah aplikasi non-kustodian di mana pengguna dapat menyimpan dan membeli aset digital, serta mengakses aplikasi terdesentralisasi (dapps).

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan antara platform mata uang kripto terpusat dan terdesentralisasi, baca Apa yang dimaksud dengan Crypto DEX?

Cara Membeli Mata Uang Kripto

Aplikasi Crypto.com mendukung lebih dari 250 mata uang kripto populer, dan pengguna dapat mulai membelinya setelah proses penerimaan yang cepat.

Setelah mengunduh Aplikasi Crypto.com, langkah pertama adalah membuat akun, yang mengharuskan Anda untuk memberikan alamat email dan nomor telepon, serta menyelesaikan verifikasi identitas. Proses KYC ini berbeda-beda di setiap yurisdiksi, tetapi biasanya melibatkan penyerahan formulir identifikasi yang valid.

Setelah dokumen identitas diverifikasi, saatnya menentukan metode pembayaran. Aplikasi Crypto.com mendukung mata uang fiat, kartu kredit/debit, Apple Pay, Google Pay, dan mata uang kripto lainnya, tergantung wilayah pengguna.

Membeli Bitcoin melalui Transfer Bank

Salah satu cara paling populer untuk membeli Bitcoin di Aplikasi Crypto.com adalah dengan menggunakan mata uang fiat, karena memungkinkan pengguna memanfaatkan biaya terendah. Yang perlu dilakukan pengguna adalah melakukan transfer dari rekening bank mereka, dan dana akan diterima di Fiat Wallet.

Setelah Fiat Wallet mereka didanai, pengguna dapat mulai membeli Bitcoin dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Ketuk Beli di layar beranda Aplikasi Crypto.com.
  2. Pilih mata uang kripto.
  3. Di bawah Uang Tunai, pilih Dompet Fiat yang relevan dan ketuk Beli lagi.
  4. Tinjau detail transaksi dan ketuk Lanjutkan.
  5. Konfirmasikan transaksi dengan kode sandi atau verifikasi biometrik.

Metode Pembayaran: Membeli Bitcoin dengan Kartu

Membeli Bitcoin dan mata uang kripto lainnya dengan kartu kredit atau debit adalah cara yang mudah dan cepat untuk membangun portofolio. Di Aplikasi Crypto.com, hanya perlu beberapa ketukan untuk menambahkan kartu dan menyelesaikan pembelian:

  1. Ketuk Beli di layar beranda Aplikasi Crypto.com.
  2. Pilih mata uang kripto.
  3. Di bawah Uang Tunai, pilih Tambah Metode Pembayaran.
  4. Ikuti petunjuk pada layar dan tambahkan informasi kartu. (Sejumlah kecil uang sekitar US$0,10 akan disimpan sementara, tetapi tidak dikenakan biaya, hingga tujuh hari). Setelah selesai, kembali ke layar Beli .
  5. Pilih mata uang kripto dan jumlah pembelian.
  6. Di bawah Uang Tunai, pilih kartu yang baru ditambahkan.
  7. Konfirmasikan transaksi dengan kode sandi atau verifikasi biometrik.

Keuntungan melakukan pembelian kartu di Aplikasi Crypto.com adalah bahwa pengguna baru membayar biaya kartu kredit/debit 0% dalam tujuh hari pertama setelah menyelesaikan pendaftaran akun.

Metode Pembayaran Lainnya

Selain menggunakan Dompet Fiat atau kartu kredit/debit, pengguna dapat membeli Bitcoin dengan Apple Pay, Google Pay, dan mata uang kripto lainnya di Aplikasi Crypto.com.

Menambahkan Apple Pay atau Google Pay sebagai metode pembayaran sangat mirip dengan menambahkan kartu kredit atau debit:

  1. Ketuk Beli di layar beranda Aplikasi Crypto.com.
  2. Pilih mata uang kripto.
  3. Di bawah Uang Tunai, pilih Apple Pay atau Google Pay, dan ketuk Beli lagi.
  4. Tinjau detail transaksi dan ketuk Lanjutkan.
  5. Konfirmasikan transaksi dengan kode sandi atau verifikasi biometrik.

Sebagai alat tukar, mata uang kripto selalu dapat diperdagangkan satu sama lain. Pengguna Aplikasi Crypto.com dapat menyetor mata uang kripto dari dompet eksternal dan menggunakannya untuk membeli Bitcoin dan lebih dari 250 koin lainnya. Begini caranya:

  1. Ketuk Beli di layar beranda Aplikasi Crypto.com.
  2. Pilih mata uang kripto yang akan dibeli.
  3. Di bawah Kripto, pilih mata uang kripto yang akan dijual dan ketuk Beli lagi.
  4. Tinjau detail transaksi dan ketuk Lanjutkan.
  5. Konfirmasikan transaksi dengan kode sandi atau verifikasi biometrik.

Dengan beberapa opsi pembayaran, Aplikasi Crypto.com memudahkan pengguna untuk mengembangkan kepemilikan mereka. Kunjungi Pusat Bantuan untuk panduan lengkap tentang cara membeli mata uang kripto.

Strategi Pembelian

Orang-orang membeli Bitcoin karena berbagai alasan. Beberapa orang tertarik dengan sifatnya yang terdesentralisasi, di mana tidak ada entitas yang dapat mengganggu pasokannya. Ada juga yang menggunakan Bitcoin untuk melakukan lindung nilai terhadap inflasi dan risiko pasar lainnya, atau sebagai sarana untuk mengirim uang. Salah satu alasan yang paling menonjol adalah potensi untuk menghasilkan keuntungan.

Saat memperdagangkan Bitcoin, pembeli perlu mempertimbangkan tujuan mereka dengan cermat. Dengan demikian, mereka dapat menentukan strategi yang tepat untuk pembelian mereka.

Jika tujuannya adalah untuk trading, pembeli harus mengincar harga masuk yang rendah (atau harga Bitcoin saat pembelian dilakukan) dibandingkan dengan harga keluar (atau harga Bitcoin saat dijual). Sederhananya, ini adalah strategi membeli rendah dan menjual tinggi, dan membutuhkan ‘waktu pasar’ untuk membeli pada harga serendah mungkin, yang bisa berisiko, karena tidak ada yang bisa memprediksi bagaimana pasar akan bergerak. Di sinilah alat bantu trading berperan.

Membeli dengan Harga Terendah

Fitur Target Price di Aplikasi Crypto.com memungkinkan pengguna untuk menempatkan Order Beli dan Jual Bitcoin ketika mencapai harga yang ditetapkan. Mereka dapat membeli Bitcoin dengan harga yang lebih rendah dan kemudian menjualnya dengan harga yang lebih tinggi secara otomatis tanpa harus melacak pergerakan harganya. Ini sangat membantu karena – jangan lupa – perdagangan mata uang kripto berlangsung 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.

Rata-rata Biaya Dolar

Jika pembeli ingin melakukan HODL, maka harga masuk tidak terlalu penting. Namun, membeli aset sekaligus bisa berisiko. Untuk meminimalkan risiko fluktuasi harga, pembeli dapat mempertimbangkan untuk mengadopsi strategi Dollar Cost Averaging (DCA), yang melibatkan pembelian Bitcoin dalam jumlah yang lebih kecil secara berkala dari waktu ke waktu.

Fitur Pembelian Berulang di Aplikasi Crypto.com memungkinkan pengguna melakukan hal itu. Mereka dapat membeli Bitcoin sebanyak US$15 dan 160 lebih koin lainnya setiap kali transaksi.

Cara Menyimpan Kripto

Keputusan lain yang harus diambil saat membeli Bitcoin adalah bagaimana Bitcoin akan disimpan. Dompet dingin adalah perangkat fisik dan offline yang menyimpan kunci pribadi yang digunakan untuk mengakses mata uang kripto. Mereka tidak rentan terhadap serangan perangkat lunak tetapi mungkin tidak cocok untuk pemula. Pelajari lebih lanjut tentang pro dan kontra dompet perangkat keras dan cara memilih yang tepat di sini.

Hot wallet terhubung ke Internet, membuat mata uang kripto pengguna lebih mudah diakses setiap hari, baik untuk berbelanja atau berdagang. Keamanan, kepatuhan terhadap peraturan, dan privasi harus menjadi prioritas utama ketika memutuskan penyedia hot wallet.

Crypto.com adalah pemimpin industri dalam hal ini sebagai perusahaan mata uang kripto pertama di dunia yang memperoleh beberapa sertifikasi yang dinilai secara independen. Perusahaan ini juga telah merilis Proof of Reserves (PoR), yang merupakan cara untuk memastikan bahwa sebuah platform memiliki aset yang cukup untuk menutupi semua saldo kliennya. PoR dilakukan dan disertifikasi oleh auditor independen untuk memastikan integritas dan anonimitas seluruh proses. Pengguna Crypto.com dapat melihat laporan PoR dan memverifikasi dana mereka di sini.

Menjaga Keamanan Bitcoin dan Kripto

Pengguna juga dapat mengambil langkah-langkah tambahan untuk lebih meningkatkan keamanan akun mereka. Berikut adalah beberapa praktik terbaik:

  • Siapkan autentikasi dua faktor (2FA) dan Kode Anti-Phishing.
  • Jangan berbagi kata sandi dan kode autentikasi dengan siapa pun. Crypto.com tidak akan pernah meminta informasi ini.
  • Selalu pastikan untuk mengunjungi situs web dan akun media sosial resmi Crypto.com.
  • Ketahuilah bahwa phishing dapat terjadi melalui saluran komunikasi apa pun, termasuk email, SMS, dan panggilan suara.
  • ‘Penyembelihan babi’ dan ‘penarikan karpet’ adalah dua penipuan kripto yang umum terjadi. Pelajari lebih lanjut tentang mereka di sini.
  • Laporkan komunikasi yang mencurigakan kepada Tim Dukungan Pelanggan di [email protected].

Cara Menjual Kripto

Setelah mendapatkan Bitcoin, pengguna Aplikasi Crypto.com selalu memiliki opsi untuk menjualnya dengan mata uang kripto atau mata uang fiat lainnya. Berikut ini cara menjual satu mata uang kripto untuk membeli mata uang kripto lainnya:

  1. Ketuk Jual di layar beranda Aplikasi Crypto.com.
  2. Pilih mata uang kripto yang akan dijual.
  3. Di bawah Kripto, pilih mata uang kripto yang akan dibeli dan ketuk Jual lagi.
  4. Tinjau detail transaksi dan ketuk Lanjutkan.
  5. Konfirmasikan transaksi dengan kode sandi atau verifikasi biometrik.

Proses penjualan mata uang kripto dengan mata uang fiat berbeda-beda di setiap yurisdiksi, namun pada umumnya memerlukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Ketuk Jual di layar beranda Aplikasi Crypto.com.
  2. Pilih mata uang kripto yang akan dikonversi ke fiat.
  3. Di bawah Uang Tunai, masukkan jumlah yang akan dikonversi ke fiat.
  4. Tinjau detail transaksi dan ketuk Lanjutkan.
  5. Konfirmasikan transaksi dengan kode sandi atau verifikasi biometrik.

Untuk panduan terperinci mengenai cara menjual Bitcoin dan mata uang kripto lainnya untuk membeli fiat, kunjungi Pusat Bantuan.

Kartu Visa Crypto.com menawarkan cara yang bermanfaat bagi pengguna untuk membelanjakan mata uang kripto mereka jika mereka memilih untuk tidak menjualnya. Mereka dapat menikmati potongan harga hingga 5% untuk pengeluaran dan banyak fasilitas lainnya, termasuk potongan harga langganan Spotify dan Netflix, akses ke lounge bandara, dan bebas biaya tahunan. Semua yang perlu diketahui tentang kartu kripto-linked yang populer ini dapat ditemukan di sini.

Kata Penutup – Membeli Bitcoin untuk Pertama Kalinya

Memperoleh Bitcoin untuk pertama kalinya adalah proses yang menarik. Sebelum melanjutkan, sangat penting untuk mempertimbangkan risiko dan melakukan penelitian yang ekstensif. Mengikuti perkembangan industri dan tren membantu dalam membuat keputusan yang tepat ketika berpartisipasi dalam pasar mata uang kripto. Selain itu, mengikuti perkembangan berita dan perubahan peraturan dapat memberikan wawasan tentang bagaimana harga dapat terpengaruh.

Transaksi dan aktivitas mata uang kripto hanya akan menjadi lebih umum jika kenaikan 39% dalam adopsi kripto pada tahun 2022 menjadi indikator. Dengan sumber daya yang sekarang tersedia, dunia mata uang kripto menjadi lebih mudah diakses daripada sebelumnya.

Crypto.com University adalah platform berbagi pengetahuan satu atap untuk mereka yang baru saja terjun ke mata uang kripto dan mereka yang siap untuk naik level.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

App

crypto

cryptocurrencies

Exchange

Market

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens