Apa Itu Aave Protocol?

Aave memungkinkan pengguna meminjam dan meminjamkan kripto dengan pinjaman lewah jaminan (overcollateralized). Berikut ini cara kerjanya dan cara menghasilkan bunga dengan Aave.

Apr 05, 2024
|

What Is Aave

Butir-Butir Pokok:

  • Aave berfungsi sebagai platform peminjaman kripto terdesentralisasi.

  • Untuk meminjam, pengguna harus memberikan jaminan dalam bentuk aset kripto.

  • AAVE, token asli Aave, dapat di-stake untuk menghasilkan bunga.

  • Peminjam menghadapi risiko likuidasi jika nilai jaminan terdepresiasi melebihi ambang batas tertentu.

Mengenal Aave Protocol

Sebagai platform mata uang kripto terdesentralisasi, Aave menawarkan kesempatan kepada pengguna untuk meminjam dan meminjamkan kripto melalui kontrak pintar. Kontrak ini menyederhanakan proses dengan memberlakukan aturan yang telah ditetapkan untuk mengatur distribusi dana, manajemen jaminan, dan kajian biaya.

Platform ini mengkhususkan diri pada pinjaman lewah jaminan, yang mengharuskan pengguna menyetor aset kripto dengan nilai lebih besar dari jumlah pinjaman yang diinginkan. Hal ini akan melindungi pemberi pinjaman dari potensi kerugian akibat gagal bayar dan memberdayakan Aave Protocol untuk melikuidasi jaminan jika nilainya menurun secara signifikan.

Simak penjelasan selengkapnya tentang cara kerja Aave, pinjam-meminjam, pinjaman kilat (flash loan), dan token AAVE.

Cara Kerja Aave

Aave awalnya diluncurkan di blockchain Ethereum pada Januari 2020, yang memungkinkan pemberi pinjaman mendapatkan bunga dari peminjam. Alih-alih mempertemukan pemberi pinjaman dengan peminjam secara langsung, Aave mengumpulkan deposit aset kripto dalam pul likuiditas untuk dipinjamkan kepada peminjam. Sekarang Aave beroperasi di beberapa blockchain, termasuk Avalanche, Optimism, Polygon, dan Arbitrum.

Semua pinjaman Aave dijamin dengan jaminan yang nilainya lebih besar daripada jumlah pinjaman. Peminjam bebas menentukan waktu pelunasan, tetapi harus membayar pinjaman dalam mata uang kripto yang sama dengan pinjaman, berikut bunganya.

Kontrak pintar mengatur protokol dan mengotomatiskan, misalnya, penghitungan jangka waktu pinjaman, penagihan jaminan, dan distribusi mata uang kripto. Kontrak ini menghilangkan keterlibatan perantara sehingga tercipta sarana peminjaman yang terdesentralisasi.

Meminjamkan di Aave

Untuk pemberi pinjaman, Aave menawarkan kesempatan menyetor aset kripto ke pul likuiditas tempat mereka dapat memperoleh bunga dari peminjam. Alih-alih mempertemukan pemberi pinjaman dengan peminjam secara langsung, Aave mengumpulkan deposit aset kripto untuk dipinjamkan kemudian kepada peminjam.

Untuk meminjamkan kripto di Aave, cukup hubungkan dompet digital Anda ke platform dan pilih dari daftar aset yang didukung untuk menyetor deposit. Deposit menghasilkan bunga yang dibayarkan dalam aset yang sama.

Mata uang kripto yang didukung di bursa Aave termasuk Ether (ETH), Dai (DAI), Aave (AAVE), USD Coin (USDC), dan banyak lagi, tergantung pada jaringan blockchain yang Anda pilih. Token yang didepositkan berkontribusi pada pul likuiditas, dan bunga yang dibayarkan oleh peminjam didistribusikan ke deposan.

Sebagai protokol terdesentralisasi, transaksi Aave terjadi secara langsung di blockchain sehingga membutuhkan biaya jaringan (biaya gas) untuk penyetoran atau penarikan dana. Pemberi pinjaman diberi keleluasaan untuk menarik dana dan mendapatkan bunga kapan saja.

Berikut ini daftar token yang didukung Aave di berbagai platform blockchain tempat protokol beroperasi.

Meminjam di Aave

Untuk meminjam mata uang kripto di Aave, pengguna harus menyetor jaminan terlebih dahulu ke platform. Setelah disetorkan, jaminan akan menghasilkan bunga. Setelah menyetor dana, pengguna memilih aset kripto yang didukung untuk dipinjam. Aave secara dinamis menghitung batas pinjaman berdasarkan beberapa faktor, seperti nilai aset dan volatilitas. Mata uang kripto yang dipinjam kemudian disimpan dalam dompet pengguna yang terhubung.

Pengguna dapat menyetor mata uang kripto sebagai jaminan atau untuk meminjam mata uang kripto lainnya, dengan jumlah pinjaman dibatasi hingga persentase tertentu dari nilai jaminan, yang dikenal sebagai rasio Pinjaman terhadap Nilai (Loan to Value – LTV). Misalnya, LTV jaminan sebesar 75%, maka untuk setiap 1 ETH dari jaminan, pengguna mendapatkan pokok pinjaman mata uang senilai 0,75 ETH.

Aave menawarkan pinjaman dengan ambang batas likuidasi, yang akan melikuidasi posisi Anda jika nilai jaminan turun terlalu banyak. Misalnya, jaminan memiliki ambang batas likuidasi 80%, maka pinjaman akan dilikuidasi ketika nilai utang mencapai 80% dari nilai jaminan.

Pinjaman Kilat

Aave juga menawarkan Pinjaman Kilat (Flash Loan) yang memungkinkan peminjaman dan pelunasan pinjaman dalam blok yang sama pada blockchain. Transaksi ini dikenai biaya 0,09% yang dibayarkan oleh peminjam.

Pinjaman kilat adalah jenis pinjaman khusus yang tidak mengharuskan pengguna menyediakan jaminan asalkan jumlah pinjaman dilunasi sebelum akhir transaksi (juga dikenal sebagai Pinjaman Satu Blok). Pinjaman ini dirancang untuk memanfaatkan peluang arbitrase di pasar kripto.

Likuidasi

Jika nilai jaminan turun di bawah rasio LTV yang ditentukan, Aave dapat memulai likuidasi dan menjual sebagian jaminan untuk melunasi pinjaman dan memulihkan kelayakan LTV. Likuidasi dilakukan oleh pengguna yang dikenal sebagai likuidator, yang menerima bonus atas usahanya.

Penalti likuidasi (bonus untuk likuidator) bergantung pada aset jaminan. Untuk penjelasan lebih lanjut, Anda dapat merujuk ke parameter risiko.

Token AAVE

Token AAVE adalah mata uang kripto asli dari platform Aave. Token ini memiliki berbagai tujuan dalam ekosistem Aave.

Tata kelola: Pemegang token AAVE memiliki hak suara untuk mengusulkan dan memberikan suara pada perubahan protokol, misalnya keputusan yang berkaitan dengan upgrade protokol, penyesuaian biaya, dan penambahan fitur baru.

Staking: Token AAVE dapat di-stake di platform Aave. Staking melibatkan penguncian token AAVE untuk mendukung keamanan dan pengoperasian protokol. Sebagai imbalan, staker mendapatkan reward, seperti token AAVE tambahan atau komisi dari biaya platform.

Pengurangan Biaya: Pengguna yang melakukan staking AAVE mendapatkan diskon biaya pinjaman sebagai insentif karena memiliki dan menyimpan token AAVE, yang berkontribusi pada ekosistem platform.

Insentif: Aave dapat mendistribusikan token AAVE sebagai insentif kepada pengguna, pengembang, dan penyedia likuiditas untuk mendorong partisipasi dan pertumbuhan platform.

Pendeknya, token AAVE berperan penting dalam mengatur Aave Protocol, memberikan insentif partisipasi, dan memberikan nilai ekonomis kepada pemegangnya.

Anda dapat menyimak penjelasan selengkapnya tentang tokenomi AAVE di GitHub protokol.

Apakah Ada Risiko yang Terkait dengan Aave?

Aave, seperti platform pinjaman lainnya, mengandung risiko inheren.

  • Risiko likuidasi: Aset jaminan yang fluktuatif dapat mengalami likuidasi jika nilainya terdepresiasi secara signifikan.
  • Ketiadaan asuransi: Seperti halnya platform kripto terdesentralisasi lainnya, Aave tidak menyediakan asuransi sehingga dana pengguna tidak dapat terlindungi dalam kondisi tertentu.
  • Volatilitas kripto: Dengan menggunakan aset kripto sebagai jaminan, pengguna menghadapi risiko akibat fluktuasi pasar, yang dapat menyebabkan kerugian.
  • Risiko likuiditas: Pengguna mungkin mengalami kesulitan untuk menarik dana jika likuiditas turun.

Cara Membeli AAVE

Aave (AAVE) terdaftar di Crypto.com App bersama lebih dari 250 mata uang kripto dan koin stabil yang didukung, termasuk Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Polkadot (DOT), USD Coin (USDC), dan Cronos (CRO).

Pengguna Crypto.com App kini dapat membeli AAVE dengan USD, EUR, GBP, dan 20 lebih mata uang fiat lainnya serta membelanjakannya di lebih dari 80 juta merchant di seluruh dunia menggunakan Kartu Visa Crypto.com.

Sebagai alternatif, pengguna juga dapat membeli Aave di Crypto.com Exchange. Untuk memulai pembelian AAVE sekarang juga, unduh Crypto.com App.

Simpulan

Aave adalah platform peminjaman mata uang kripto yang populer dalam keuangan terdesentralisasi (DeFi), yang memanfaatkan kontrak pintar untuk operasi otomatis. Dengan pinjaman lewah jaminan dan flash loan, Aave menawarkan sarana peminjaman yang dinamis.

Mata uang kripto yang didukung dapat dipinjam dengan menyetor jaminan, dan pinjaman diproses secara instan melalui kontrak pintar dengan bunga akrual sampai pinjaman dilunasi. Keamanan Aave bergantung pada jaringan terdesentralisasi Ethereum dan staking token Aave. Aave mengenakan biaya transaksi peminjaman, flash loan, dan jaringan.

Untuk menggunakan Aave, akses aplikasi web, hubungkan dompet digital Anda, dan setorkan kripto ke platform. Namun, perlu diingat bahwa pinjam-meminjam kripto mengandung risiko, jadi lakukan riset sendiri sebelum terjun.

Lakukan Uji Tuntas dan Riset Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi tersebut atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, perpajakan, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Di dalamnya sama sekali tidak terkandung ajakan, rekomendasi, dukungan, atau tawaran dari Crypto.com untuk berinvestasi, membeli atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenai pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu tidak menjamin atau mencerminkan kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, Anda juga bisa kehilangan semua atau sebagian besar nilai aset yang Anda beli. Ketika menilai aset kripto, Anda hendaknya melakukan riset dan uji tuntas sendiri untuk membuat penilaian terbaik, sebab setiap pembelian menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

coins & tokens

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens