Apa Itu Mata Uang Kripto?

Masih bertanya-tanya apa sebenarnya mata uang kripto itu, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana cara menggunakannya? Kami memiliki jawabannya dalam panduan pemula kripto ini.

Jun 02, 2023
|

Apa itu Crypto Nologo

Pendahuluan

Di era digital, mata uang kripto telah muncul sebagai bentuk mata uang yang revolusioner, menarik perhatian individu dan institusi di seluruh dunia. Banyak yang mungkin pernah mendengar tentang Bitcoin, Ethereum, dan bahkan mungkin Dogecoin, tetapi mungkin masih bertanya-tanya apa itu mata uang kripto.

Artikel ini memiliki jawabannya.

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Mata uang kripto adalah jenis mata uang digital atau virtual yang menggunakan kriptografi untuk transaksi yang aman dan beroperasi pada teknologi terdesentralisasi yang disebut blockchain.
  • Blockchain adalah buku besar transparan dan terdistribusi yang mencatat transaksi di seluruh jaringan, memastikan transparansi dan keamanan, dan menghilangkan kebutuhan akan perantara.
  • Mata uang kripto mendapatkan namanya dari kriptografi dan mata uang, memanfaatkan teknik kriptografi untuk mengamankan transaksi.
  • Mata uang kripto berpotensi menawarkan keuntungan seperti inklusivitas keuangan, transaksi lintas batas yang lebih cepat, dan uang yang dapat diprogram melalui kontrak pintar.

Apa Itu Mata Uang Kripto?

Pada intinya, mata uang kripto adalah jenis mata uang digital atau virtual yang menggunakan kriptografi untuk transaksi yang aman dan dapat diverifikasi. Tidak seperti mata uang fiat tradisional yang dikeluarkan oleh pemerintah, mata uang kripto terdesentralisasi dan beroperasi dengan teknologi yang disebut blockchain.

Teknologi Blockchain

Blockchain adalah buku besar terdistribusi yang mencatat semua transaksi di seluruh jaringan komputer. Sifat terdesentralisasi ini menghilangkan kebutuhan akan perantara seperti bank, memungkinkan transaksi peer-to-peer (P2P) dan mengurangi biaya transaksi.

Desentralisasi

Salah satu fitur utama mata uang kripto adalah desentralisasi yang dimungkinkan oleh blockchain. Alih-alih dikontrol oleh otoritas pusat, seperti pemerintah atau bank sentral, mata uang kripto diatur oleh konsensus di antara para partisipan di dalam jaringan. Konsensus ini dicapai melalui mekanisme yang berbeda, seperti Proof of Work (PoW) atau Proof of Stake (PoS), yang memvalidasi dan mengonfirmasi transaksi.

Pelajari lebih lanjut tentang keuangan terdesentralisasi (DeFi) di sini.

Bitcoin

Mata uang kripto yang paling terkenal adalah Bitcoin(BTC), yang diperkenalkan pada tahun 2009 oleh seseorang atau sekelompok orang tanpa nama yang menggunakan nama samaran ‘Satoshi Nakamoto’. Bitcoin membuka jalan bagi pengembangan berbagai mata uang kripto lainnya, yang sering disebut sebagai altcoin.

Baca panduan lengkap kami untuk 1. Bitcoin.

Mengapa Disebut Cryptocurrency?

Mata uang kripto disebut demikian karena menggabungkan elemen kriptografi dan mata uang. Mari kita uraikan:

  1. Kriptografi: Kriptografi mengacu pada praktik pengamanan komunikasi dan informasi melalui teknik enkripsi. Ini melibatkan penggunaan algoritme matematika yang rumit untuk menyandikan data sedemikian rupa sehingga hanya dapat diakses atau dipahami oleh pihak yang berwenang. Kriptografi memainkan peran penting dalam memastikan keamanan dan integritas transaksi dan informasi pengguna dalam mata uang digital.
  1. Mata uang: Mata uang mengacu pada alat tukar yang diterima secara luas dalam transaksi barang dan jasa. Mata uang tradisional, seperti dolar AS atau euro, diterbitkan dan diatur oleh bank sentral dan pemerintah. Di sisi lain, mata uang kripto adalah mata uang digital atau virtual yang dapat dibuat oleh siapa saja, dan menggunakan kriptografi untuk mengamankan transaksi dan mengontrol pembuatan unit baru. Mereka bertujuan, pada tingkat tertentu, berfungsi sebagai alat tukar, seperti halnya mata uang tradisional.

Dengan menggabungkan elemen-elemen dari konsep kriptografi dan mata uang, istilah ‘mata uang kripto’ diciptakan untuk mendeskripsikan aset-aset digital ini. Mata uang kripto memanfaatkan teknik kriptografi untuk mengamankan transaksi, memverifikasi transfer dana, dan menjaga integritas sistem secara keseluruhan. Penggunaan kata ‘mata uang’ menekankan tujuan yang dimaksudkan sebagai alat tukar di dunia digital, yang selanjutnya membedakannya dari jenis aset digital atau token lainnya.

Baca lebih lanjut tentang kriptografi dan cara kerjanya.

Mengapa Disebut Blockchain?

Blockchain adalah teknologi revolusioner yang menjadi fondasi dasar mata uang kripto seperti Bitcoin. Pada intinya, blockchain adalah buku besar digital terdesentralisasi dan transparan yang mencatat transaksi di banyak komputer dalam sebuah jaringan.

Setiap transaksi, atau ‘blok’, terhubung dengan aman ke transaksi sebelumnya, membentuk rantai informasi yang berkesinambungan. Sejauh blockchain didistribusikan dan tidak dapat diubah, blockchain memastikan transparansi dan kepercayaan dalam data yang direkam.

Di luar mata uang kripto, blockchain telah menemukan kasus penggunaan di berbagai industri, termasuk manajemen rantai pasokan, perawatan kesehatan, keuangan, dan banyak lagi, yang menawarkan peningkatan efisiensi, ketertelusuran, dan solusi terdesentralisasi.

Baca pengantar kami tentang blockchain di sini.

Keuntungan dari Mata Uang Kripto

Mata uang kripto menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan bentuk pembayaran tradisional. Contohnya, mata uang digital memiliki potensi untuk memberikan inklusivitas keuangan yang lebih besar, karena siapa pun yang memiliki koneksi internet dapat mengakses dan menggunakan mata uang digital. Selain itu, mata uang kripto dapat memungkinkan transaksi lintas batas yang lebih cepat dan lebih efisien, berbeda dengan sistem perbankan tradisional dan penundaan yang terkait.

Selain itu, mata uang kripto memperkenalkan konsep uang yang dapat diprogram melalui kontrak pintar, yang merupakan perjanjian yang dapat dieksekusi sendiri dengan kondisi yang telah ditentukan sebelumnya yang ditulis ke dalam kode. Kontrak pintar secara otomatis mengeksekusi dan menegakkan ketentuan perjanjian, menghilangkan kebutuhan akan perantara – dan memastikan transparansi tanpa kepercayaan.

Cara Memulai Dengan Mata Uang Kripto

Aplikasi Crypto.com mendukung lebih dari 250 mata uang kripto populer, dan pengguna dapat mulai membelinya setelah proses penerimaan yang cepat.

Setelah mengunduh Aplikasi Crypto.com, langkah pertama adalah membuat akun, yang mengharuskan Anda untuk memberikan alamat email dan nomor telepon, serta menyelesaikan verifikasi identitas. Proses KYC ini berbeda-beda di setiap yurisdiksi, tetapi biasanya melibatkan penyerahan formulir identifikasi yang valid.

Setelah dokumen identitas diverifikasi, saatnya menentukan metode pembayaran. Aplikasi Crypto.com mendukung mata uang fiat, kartu kredit/debit, Apple Pay, Google Pay, dan mata uang kripto lainnya, tergantung wilayah pengguna.

Setelah diatur, pengguna dapat membeli mata uang kripto hanya dengan US$1 dengan lebih dari 20 mata uang fiat yang berbeda.

Klik di sini untuk panduan terperinci untuk membeli kripto pertama kali.

Kata-kata Terakhir tentang Mata Uang Kripto

Memasuki dunia mata uang kripto untuk pertama kalinya adalah proses yang menarik.

Sebelum melanjutkan, sangat penting untuk mempertimbangkan risiko dan melakukan penelitian yang tepat. Mengikuti perkembangan industri dan tren membantu dalam membuat keputusan yang tepat ketika berpartisipasi dalam pasar mata uang kripto.

Untuk mempelajari lebih lanjut, kunjungi Crypto.com University untuk mendapatkan banyak informasi kripto.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

coins & tokens

Crypto101

cryptocurrencies

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens