Apa itu DeFi?

Pengantar dasar-dasar keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan tiga proyek yang cocok untuk pemula.

Jan 09, 2022
|

Defi Nologo

Mata uang kripto telah berevolusi menjadi lebih dari sekadar versi baru uang tunai atau pembayaran digital. Ini adalah ekosistem keuangan baru yang dibangun menggunakan platform blockchain yang dapat diakses secara global, tahan sensor, tidak dapat dihentikan, dan otonom.

Di sini kami memperkenalkan dasar-dasar keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan bagaimana pengguna dapat membuka potensi penuh kripto mereka.

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • DeFi adalah singkatan dari keuangan terdesentralisasi, yang merupakan istilah umum untuk aplikasi keuangan yang tidak memiliki titik otoritas pusat.
  • Aplikasi terdesentralisasi (dapps) adalah jenis aplikasi yang biasanya berjalan di jaringan terdesentralisasi; biasanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka yang didukung oleh kontrak pintar.
  • Pertukaran terdesentralisasi (DEX) adalah pasar peer-to-peer (P2P) di mana pengguna dapat memperdagangkan aset digital tanpa perlu perantara.

Apa itu DeFi?

DeFi adalah singkatan dari ‘keuangan terdesentralisasi’, yang merupakan perangkat lunak yang dibangun di atas blockchain yang memungkinkan pembuatan layanan seperti layanan keuangan terpusat standar – dengan manfaat tambahan desentralisasi. Ini berarti bahwa pengguna berinteraksi dengan kontrak pintar dan kode daripada dengan otoritas pusat, seperti bank.

Sebagai ilustrasi, bayangkan seseorang yang berniat meminjamkan kelebihan modalnya, dan orang lain yang berniat meminjam uang untuk bisnisnya. Secara tradisional, mereka harus melalui lembaga keuangan terpusat, seperti bank. Selain itu, bank juga memiliki wewenang untuk memutuskan apakah individu tersebut memenuhi syarat untuk mendapatkan layanan.

Akan tetapi, DeFi menghilangkan seluruh proses diskusi, karena pemberi pinjaman dan peminjam hanya perlu berinteraksi dengan kontrak pintar, di mana syarat dan ketentuan transaksi telah ditentukan sebelumnya. Hal ini mengubah prosedur yang agak berat menjadi prosedur terdesentralisasi yang adil bagi semua pengguna.

Aplikasi Terdesentralisasi (Dapps)

Aplikasi terdesentralisasi (dapps) bersifat otonom dan merupakan tulang punggung DeFi. Protokol ini memungkinkan pengguna untuk membuka potensi DeFi dengan membiarkan kontrak pintar melakukan pekerjaannya, alih-alih lembaga keuangan pusat tradisional.

Tantangan dari ekosistem DeFi yang kuat adalah ekosistem ini harus memberikan insentif pada keamanan platform, serta penggunaannya. Untuk lebih memahami ekosistem DeFi, penting untuk memahami dapps dan bagaimana mereka memainkan peran utama di dalamnya.

Anda mungkin juga tertarik dengan Cara Menggunakan DeFi – Panduan untuk Pemula.

Bagaimana Cara Kerja Dapps?

Dapps biasanya – tetapi tidak harus – berjalan di atas blockchain, dan tampilannya tidak akan berbeda dengan situs web atau aplikasi seluler apa pun yang kita gunakan saat ini. Dapps dapat memberikan dukungan yang sama seperti aplikasi biasa, dengan manfaat tambahan untuk menikmati semua keuntungan desentralisasi.

Dapps dapat berjalan di atas blockchain publik yang sudah ada – contohnya, Cronos atau Ethereum, dan setiap perubahan data atau informasi pada blockchain melibatkan partisipasi semua node. Tidak ada satu pun entitas yang memiliki wewenang untuk menghapus atau mengubah status atau informasi setelah diposting di jaringan. Transparansi ini memungkinkan dapps, yang tahan sensor dan otonom, memiliki keuntungan karena tidak memiliki satu titik kegagalan.

Dapps biasanya memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Blockchain publik dan terdesentralisasi (atau jaringan P2P) tempat data dan informasi disimpan
  • Mata uang kripto
  • Perangkat lunak sumber terbuka
  • Sistem pemungutan suara masyarakat di mana setiap perubahan biasanya diputuskan melalui sistem pemerintah atau organisasi otonom yang terdesentralisasi (DAO)
  • Tidak ada titik pusat kegagalan; tidak dapat dimatikan karena tidak adanya server terpusat

Apa yang dimaksud dengan Bursa Terdesentralisasi (DEX)?

Salah satu dapp yang paling umum adalah decentralized exchange (DEX), yang merupakan bagian penting dari ekosistem DeFi. Ini memfasilitasi fungsi inti dalam DeFi: kemampuan untuk bertukar token. DEX menawarkan kepada pengguna layanan yang lebih terdesentralisasi daripada bursa tersentralisasi standar (CEX) karena mereka adalah Automated Market Makers (AMM), yang menggunakan kumpulan likuiditas untuk memungkinkan perdagangan.

Dalam buku pesanan tradisional, CEX menghubungkan pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi, dan pengguna hanya memiliki akses ke token yang disediakan. Sedangkan, pada bursa terdesentralisasi, pengguna memiliki akses ke hampir semua token, karena setiap pengguna dapat menyediakan likuiditas.

Untuk mengakses lusinan DEX dalam satu aplikasi, unduh Dompet DeFi Crypto.com.

Di bawah ini adalah beberapa dapps paling populer yang ditemukan di blockchain Cronos. Semua dapat diakses dengan mudah melalui Dompet Crypto.com DeFi.

MM Finance

Ikhtisar

Platform: Cronos

Token: $ MMF

Kategori: Pertukaran terdesentralisasi Pembuat Pasar Otomatis

Bagaimana Cara Kerja MM Finance?

MM Finance (MMF), kependekan dari Mad Meerkat Finance, adalah salah satu DEX terkemuka di blockchain Cronos. Tidak ada penyedia layanan terpusat atau mekanisme pencocokan buku pesanan. Sebaliknya, MM Finance mengotomatiskan transaksi antara token mata uang kripto di blockchain Cronos melalui penggunaan kontrak pintar. Ini mengumpulkan likuiditas dari penyedia likuiditas (LP) yang memasok sistem dengan token untuk bagian proporsional dari biaya transaksi. Porsi AMM dari MM Finance memungkinkan likuiditas disediakan untuk bursa, dan beroperasi melalui metode perdagangan otomatis.

MM Finance menangani volume perdagangan yang besar di blockchain Cronos, dan pengguna dapat menemukan berbagai peluang pertanian hasil dari lebih dari 20 pertanian yang berbeda. Karena MM Finance tidak memiliki buku pesanan, MM Finance mengandalkan likuiditas yang dikumpulkan. Pengguna dapat menyediakan likuiditas untuk mendapatkan imbalan dalam bentuk biaya yang dihasilkan dengan membebankan biaya kepada pengguna sebesar 0,17% per swap.

VVS Finance

Ikhtisar

Platform: Cronos

Token: $ VVS

Kategori: Pertukaran terdesentralisasi Pembuat Pasar Otomatis

Bagaimana Cara Kerja VVS Finance?

VVS Finance, yang merupakan singkatan dari keuangan ‘sangat, sangat sederhana’, adalah sebuah dapp di Cronos yang dirancang untuk membawa berbagai jenis protokol kepada masyarakat. Platform ini dibangun dengan visi untuk menyediakan pintu gerbang ke ruang DeFi melalui antarmuka yang mudah digunakan. Pengguna di platform ini dapat menukar token dan mendapatkan hasil yang tinggi sambil membayar biaya transaksi yang murah dengan selip yang minimal.

VVS Finance, seperti halnya MM Finance, adalah DEX. Mereka telah menyempurnakan tokenomics-nya dengan menggunakan Automated Market Maker (AMM) untuk menentukan harga aset digital tertentu. Dengan ini, protokol ini memberikan insentif kepada semua pihak dalam ekosistem untuk memastikan pertumbuhan jangka panjang dan keberlanjutan platform.

Menurut makalah ringan tersebut, VVS memiliki enam fitur utama:

  1. Bling Swap: Sistem algoritmik yang memungkinkan pengguna untuk menukar token tertentu di berbagai kumpulan likuiditas untuk mendapatkan harga yang lebih baik.
  2. Penyediaan Likuiditas: Memungkinkan pengguna untuk menjadi penyedia likuiditas (LP) dengan menyetor token ke dalam kumpulan likuiditas dengan imbalan token CRC-20 LP sebagai bukti kepemilikan proporsional.
  3. Crystal Farm: LP dapat mempertaruhkan token LP mereka di ‘Crystal Farm’ untuk menerima token VVS.
  4. Tambang Gemerlap: Pengguna non-LP dapat melakukan staking token VVS mereka untuk menerima VVS atau token mitra sebagai hadiah.
  5. Penawaran Permata Awal: Memungkinkan pemegang token LP dan token VVS mendapatkan akses awal ke token proyek baru dalam ekosistem blockchain Cronos.
  6. Analisis: Pengguna memiliki akses ke analisis dan data protokol VVS Finance.

Tektonik

Ikhtisar

Platform: Cronos

Token: TONIC

Kategori: Pasar uang terdesentralisasi

Bagaimana Cara Kerja Tektonik?

Tectonic adalah protokol DeFi yang bertujuan untuk menyediakan layanan pasar uang lintas rantai. Protokol ini, yang dibangun di atas blockchain Cronos, bermaksud untuk menyederhanakan proses pinjam meminjam bagi para pelaku pasar dan pengguna.

Algoritma Tectonic bergantung pada agunan berlebih untuk melindungi platform pinjamannya. Lebih tepatnya, platform ini memiliki faktor jaminan untuk menentukan jumlah uang yang harus dikunci oleh peminjam. Setiap mata uang kripto memiliki faktor jaminan yang berbeda, yang menunjukkan berapa banyak yang dapat dipinjam oleh pengguna. Misalnya, jika wETH memiliki faktor jaminan 75%, ini berarti pengguna dapat meminjam mata uang kripto senilai $750 untuk setiap $1.000 yang dikunci. Namun, faktor agunan untuk setiap aset dapat berubah.

MMF, VVS, Tectonic, dan dapps lainnya semuanya dapat diakses melalui Dompet DeFi Crypto.com.

Kata-kata Terakhir tentang DeFi

Dalam perkenalan singkat tentang DeFi, dapps, dan DEX ini, kami memperkenalkan sistem keuangan baru yang memungkinkan orang berdagang secara peer-to-peer, tanpa keterlibatan perantara. DeFi benar-benar revolusioner dan menawarkan potensi yang sangat besar, terutama bagi sekitar sepertiga populasi dunia yang masih belum memiliki rekening bank dan dikecualikan dari sistem keuangan tradisional (TradFi).

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang sistem keuangan konvensional kita, lihat artikel-artikel berikut ini definisi uang dan sejarah uang.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual aset kripto apa pun. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Crypto101

DeFi

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens