Cara Bertahan dari Pasar Bearish Kripto

Persiapkan diri Anda untuk pasar bullish berikutnya.

Aug 22, 2022
|

Bear Market Opt 1

Pasar bearish terjadi ketika pasar mengalami penurunan harga yang berkepanjangan. Secara tradisional, hal ini dapat digambarkan ketika harga sekuritas turun 20% atau lebih dari harga tertinggi baru-baru ini.

Bear market sering kali dikaitkan dengan penurunan pasar secara keseluruhan, seperti pasar kripto, tetapi juga dapat dikaitkan dengan aset individual. Contohnya, ketika Bitcoin mengalami penurunan harga selama beberapa bulan, hal ini dapat memicu pasar bearish kripto.

Meskipun penurunan harga bisa menakutkan, terutama bagi pengguna baru, ada peluang dalam fase pasar yang lebih lambat dan lebih rendah ini. Berikut ini lima strategi untuk memanfaatkan masa-masa bearish market.

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Pelajari tentang empat fase pasar kripto dan sifat siklusnya
  • Gunakan waktu jeda selama pasar bearish untuk mengedukasi diri Anda dan mengambil keputusan yang tepat
  • Manfaatkan fitur dalam aplikasi Crypto.com untuk membeli atau menjual secara otomatis pada harga target Anda untuk mengatur waktu pasar
  • Pelajari cara Dollar Cost Average (DCA), strategi populer dengan keberhasilan yang terdokumentasi untuk trader dengan rencana investasi jangka panjang
  • Mengembangkan rencana jangka panjang

1. Pahami Bahwa Pasar Kripto Bersifat Siklus

Jika kita melihat pergerakan harga historis pasar mata uang kripto, kita dapat melihat bahwa periode bullish biasanya diikuti oleh periode bearish.

Siklus pasar kripto secara umum ditentukan oleh empat fase: fase akumulasi, markup(pasar bullish), distribusi, dan penurunan(pasar bearish).

Akumulasi adalah fase pertama dari sebagian besar siklus pasar. Siklus ini dimulai setelah akhir siklus sebelumnya ketika para penjual keluar dari pasar dan harga dianggap mulai stabil. Pada fase ini, volume pasar biasanya lebih rendah dari rata-rata, karena minat terhadap pasar masih rendah. Oleh karena itu, tidak ada tren yang jelas, dan aset biasanya diperdagangkan dalam kisaran yang ketat.

Umumnya disebut sebagai pasar bullatau pasar naik, fase fase markup adalah saat pasar bergerak lebih tinggi dengan harga yang terus meningkat. Selama fase markup, kelompok pelaku pasar baru cenderung memasuki pasar; dan dengan itu umumnya terjadi peningkatan volume yang signifikan pada awal fase ini.

Pada titik tertentu, setelah kenaikan, beberapa pembeli menjadi penjual. Ini adalah distribusi fasedi mana pembeli dan penjual di pasar dianggap berada dalam keseimbangan.

Fasepenurunan harga, atau pasar bearish, dapat menjadi fase yang paling tidak stabil bagi sebagian besar pelaku pasar. Ini dimulai segera setelah pasokan melebihi permintaan dalam fase distribusi, dan merupakan periode yang dipicu oleh ketakutan di pasar, karena prospek menjadi semakin negatif.

4 Fase

Dengan kata lain, pasar mengalami siklus kenaikan dan penurunan yang akan berulang seiring waktu, dan para trader mengharapkan kenaikan lagi setelah pasar bearish ini.

2. Gunakan Waktu Henti Pasar untuk Mengedukasi Diri Anda

Pasar bearish adalah waktu ketika Anda memiliki kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang kripto dengan lebih lambat untuk mempersiapkan diri Anda menghadapi pasar bullish berikutnya. Dengan berkurangnya rasa FOMO (takut ketinggalan) dibandingkan saat hiruk-pikuk pasar yang sedang naik daun, gunakan waktu ini untuk mempelajari blockchain dan mata uang kripto, serta DYOR (lakukan riset sendiri) pada proyek yang sedang Anda pertimbangkan.

Sumber daya pendidikan di Crypto.com termasuk universitas, AMA dua mingguan (ask me anything) dengan para profesional industri, dan laporan penelitian dengan wawasan mendalam untuk pengguna kripto tingkat lanjut.

Untuk analisis terperinci tentang pasar bearish kripto, lihat laporan penelitian.

3. Menjauhlah dari Grafik

Ketika pasar bergejolak, FUD (singkatan kripto untuk ‘ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan’) dapat menggoda kita untuk menatap grafik setiap hari dengan harapan dapat mengeksekusi order pada harga yang ideal. Jika Anda lebih menyukai strategi waktu pasar, Anda mungkin ingin mengotomatiskan prosesnya.

Fitur Harga Target Crypto.com memungkinkan pengguna untuk menjual dan membeli mata uang kripto pada harga target mereka. Cukup masukkan parameter yang diinginkan, dan ketika parameter tersebut terpenuhi, order akan dieksekusi.

Cara Mengatur Order Harga Target di Aplikasi Crypto.com

  1. Di bawah Pesanan Terbuka, ketuk ‘Beli‘.
  2. Pilih mata uang kripto yang ingin Anda beli dan masukkan harga target yang ingin Anda pesan.
  3. Harga target yang dimasukkan harus berupa jumlah mata uang kripto yang tersedia di Dompet Kripto Anda, lebih rendah dari harga pasar saat itu, dan dalam batas order.
  4. Ketuk ‘Konfirmasi’ dan masukkan kode sandi Anda untuk melakukan pemesanan.

Setelah Anda menyelesaikan pesanan, pesanan tidak dapat diubah. Jika, sebelum transaksi dieksekusi, Anda melakukan kesalahan atau ingin mengubah target order, klik logo Singa, dan dari sana Anda bisa memilih ‘Target Price‘ untuk membatalkan order atau membuat order baru.

Pengaturan waktu pasar bukanlah satu-satunya strategi, dan banyak trader berpengalaman lebih memilih pendekatan lain yang dikenal sebagai DCA, terutama pada saat-saat yang menarik hati.

4. Gunakan Dollar Cost Averaging untuk Keuntungan Anda

Dollar Cost Averaging(DCA) adalah tindakan membeli aset secara berkala dengan jumlah dolar yang tetap (misalnya, US$100 setiap minggu). Penelitian menunjukkan bahwa dalam jangka panjang, DCA dapat memberikan hasil yang lebih baik daripada mencoba mengikuti pasar.

Pengguna dapat dengan mudah mengotomatiskan strategi DCA di Aplikasi Crypto.com dengan fungsi ‘ PembelianBerulang ‘ dan membeli kripto secara mingguan, dua mingguan, atau bulanan.

Alih-alih mencoba menentukan waktu yang tepat, pengguna dapat menurunkan rata-rata biaya pembelian keseluruhan selama pasar turun untuk memposisikan diri mereka secara menguntungkan.

Infografik DCA rata-rata biaya dolar

Cara Mengatur Pembelian Berulang di Aplikasi Crypto.com

Di Aplikasi Crypto.com, Anda memiliki opsi untuk menggunakan ‘Pembelian Berulang‘ pada lebih dari 50 token yang berbeda.

Berikut ini panduan langkah demi langkah tentang cara mengatur Pembelian Berulang:

  1. Buka Aplikasi Crypto.com
  2. Pilih koin yang ingin Anda siapkan untuk pembelian berulang; misalnya CRO
  3. Pilih ‘ PembelianBerulang
  4. Pilih ‘Setup CRO Recurring Buy
  5. Pilih ‘Frekuensi‘, dan ‘Bayar Dengan
  6. Setelah Anda menentukan pilihan, pilih ‘Konfirmasi Jadwal

Untuk detail lebih lanjut tentang Pembelian Berulang, lihat artikel Pusat Bantuan kami.

5. Fokus pada Jangka Panjang

Meskipun tidak ada yang tahu kapan pasar bearish akan berakhir, pasar bearish sebelumnya di keuangan tradisional (TradFi) dan kripto secara konsisten diikuti oleh pasar bullish.

Banyak trader mengembangkan rencana jangka panjang yang tidak dipengaruhi oleh fluktuasi jangka pendek di pasar; ini memastikan mereka tidak membeli lebih banyak aset daripada yang mereka mampu atau kehabisan likuiditas ketika mereka ingin membeli.

Puncak pasar bullish sangat menarik, sama seperti dasar pasar bearish yang menakutkan. Peristiwa-peristiwa ini dapat membangkitkan emosi yang kuat, terutama bagi mereka yang baru mengenal pasar kripto. Menjaga kepala tetap tenang baik melalui penurunan maupun puncak telah terbukti menjadi strategi perdagangan yang sukses.

Baca artikel kami tentang manajemen portofolio untuk mengetahui cara mengembangkan strategi trading jangka panjang.

Kesimpulan

Meskipun segala sesuatunya mungkin melambat selama pasar bearish, penting untuk tetap aktif, apakah itu melalui DCA atau meluangkan waktu untuk menjadi lebih teredukasi tentang berbagai aspek kripto. Ini adalah blok bangunan yang dapat membantu Anda untuk sukses selama bull run berikutnya. Seperti kata pepatah, uang cepat dapat diperoleh di pasar bullish, tetapi kekayaan dibangun di pasar bearish ketika harga beli rendah.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan permintaan, rekomendasi, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual aset digital apa pun. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset digital dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset digital dapat menurun maupun meningkat, dan Anda dapat kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset digital, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

bear market

crypto bear market

Crypto101

Market

markets

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens