Apa Itu Immutable? Cara Kerja dan Cara Membeli Token IMX

Immutable X adalah solusi penskalaan Layer-2 terkemuka untuk Ethereum, dirancang khusus untuk meningkatkan efisiensi non-fungible token (NFT).

Mar 15, 2024
|

What Is Immutable Imx

Poin-Poin Penting:

  • Immutable X adalah solusi penskalaan Layer-2 untuk Ethereum oleh proyek Immutable.
  • Solusi ini bertujuan untuk meningkatkan pasar non-fungible token (NFT) dengan mengatasi biaya transaksi yang tinggi dan masalah skalabilitas, menawarkan pengalaman jual-beli yang mulus kepada pengembang, pencipta, dan pengguna.
  • Immutable X menggunakan teknologi rollup Zero-Knowledge (ZK) untuk menggabungkan beberapa transaksi NFT menjadi satu, mengurangi biaya gas dan meningkatkan hasil transaksi sambil memastikan transaksi tetap aman di Ethereum.
  • Immutable menyediakan alat yang ramah pengembang, termasuk REST API dan Software Development Kit (SDK), untuk memfasilitasi pembuatan dan transfer NFT yang mudah tanpa perlu berinteraksi langsung dengan kontrak pintar.
  • Token IMX, pusat dari ekosistem Immutable, digunakan untuk tata kelola, memberi insentif untuk partisipasi, dan merupakan bagian integral dari struktur biaya platform yang unik, yang mendukung transaksi yang lancar dengan biaya 2% yang dibayarkan dalam IMX atau ETH.
  • Immutable menawarkan fitur staking untuk pemegang token IMX, memberi reward kepada peserta dengan distribusi bulanan berdasarkan keterlibatan dan kontribusi mereka, dengan kelayakan yang terkait dengan partisipasi tata kelola yang aktif dan jual-beli atau kepemilikan NFT terkini.

Apa Itu Immutable X?

Immutable X adalah solusi penskalaan Layer-2 terkemuka untuk Ethereum oleh proyek Immutable. Ini dirancang khusus untuk meningkatkan efisiensi non-fungible token (NFT) dan transaksinya. Tujuan utamanya adalah untuk mengatasi masalah inti yang dihadapi oleh jaringan Ethereum, seperti biaya gas yang tinggi, throughput transaksi yang rendah, dan pengalaman pengguna yang buruk, terutama di ruang NFT.

Seiring berkembangnya industri, permintaan akan blockchain yang dapat diskalakan, aman, dan ramah lingkungan telah menjadi yang terpenting. Immutable menjawab masalah ini dengan menawarkan solusi penskalaan Layer-2 untuk Ethereum, yang berfokus pada konfirmasi jual-beli instan, biaya gas nol untuk minting dan jual-beli NFT, dan menjaga keamanan jaringan Ethereum yang kuat.

Platform ini secara khusus melayani pasar NFT, bertujuan untuk memecahkan masalah umum dari biaya transaksi yang tinggi dan masalah skalabilitas yang masih ada di jaringan Ethereum. Immutable menghadirkan infrastruktur yang menjanjikan bagi para pengembang, kreator, dan pengguna, memfasilitasi pengalaman jual-beli yang mulus dan hemat biaya.

Bagaimana Cara Kerja Immutable X?

Inti dari operasi Immutable X adalah penggunaan teknologi roll-up Zero-Knowledge (ZK), yang menggabungkan beberapa transaksi NFT menjadi satu transaksi di blockchain Ethereum, hal ini secara signifikan mengurangi biaya gas dan meningkatkan hasil transaksi. Prosesnya melibatkan penghitungan dan penyimpanan di off-chain sambil memastikan bahwa semua transaksi sepenuhnya diamankan oleh Ethereum.

Tidak seperti metode validasi transaksi tradisional, ZK rollup mengumpulkan ratusan transaksi ke dalam satu ZK proof, khususnya Zero-Knowledge Scalable Transparent Argument of Knowledge (ZK-STARK) proof. ZK-STARK adalah metode validasi yang memastikan privasi dan keamanan transaksi dengan membuktikan kepemilikan data tertentu tanpa mengungkapkan informasi sensitif dan memastikan pengurangan biaya gas yang signifikan.

Konsolidasi transaksi ke dalam ZK-STARK proof secara drastis mengurangi sumber daya komputasi dan memori yang diperlukan untuk validasi blockchain. Hasilnya, Immutable secara signifikan menurunkan biaya gas dan meningkatkan kemampuan transaksi per detik (tps), mengatasi dua tantangan utama yang dihadapi oleh jaringan Ethereum.

Selain itu, Immutable menyediakan alat pengembang yang kuat. REST API mereka meningkatkan interaksi blockchain, memungkinkan pengguna untuk membuat dan mentransfer NFT dengan lancar tanpa keterlibatan langsung dengan kontrak pintar. Software Development Kit (SDK) platform ini menyederhanakan proses integrasi untuk pengembang, memungkinkan pembuatan proyek berbasis NFT dengan cepat.

Teknologi ZK-STARK vs ZK-SNARK

Dalam ranah proof kriptografi, ZK-STARK dan ZK-SNARK merupakan dua teknologi yang menonjol, masing-masing memiliki kelebihan. ZK-SNARK, atau Zero-Knowledge Succinct Non-Interactive Argument of Knowledge, memungkinkan validasi transaksi tanpa mengungkapkan semua input atau mengulang perhitungan yang rumit. Sifatnya yang ringkas memastikan proses verifikasi yang lebih cepat daripada komputasi asli, dengan manfaat tambahan berupa kebutuhan komunikasi yang minimal. Akan tetapi, ZK-SNARK membutuhkan pengaturan yang tepercaya, sehingga menimbulkan potensi risiko keamanan jika terjadi hal tak diinginkan pada data pengaturan.

Di sisi lain, ZK-STARK menawarkan alternatif yang lebih transparan dan tahan kuantum, bebas dari kebutuhan akan pengaturan tepercaya. Meskipun memiliki biaya verifikasi yang lebih tinggi, ZK-STARK sangat efektif untuk transaksi berskala besar, memberikan skalabilitas dan waktu pemrosesan yang berpotensi lebih cepat untuk set data yang luas.

Apa itu Token IMX?

Token IMX, yang merupakan pusat dari ekosistem Immutable, adalah token ERC-20 yang dirancang untuk mendukung ekonomi protokol dan memberi insentif kepada para pesertanya. Melalui kemitraan dengan Digital Worlds NFTs Ltd, distribusi dan penerbitan token IMX bertujuan untuk meningkatkan adopsi dan utilitas platform.

IMX digunakan untuk tata kelola, yang memungkinkan pemegang token untuk memberikan suara pada keputusan utama mengenai pengembangan platform dan arah masa depan. Selain itu, token IMX memainkan peran penting dalam mendorong penggunaan platform, dan pengguna akan mendapat reward dengan token IMX jika berpartisipasi dalam aktivitas jaringan, seperti jual-beli dan membuat NFT, sehingga mendorong ekosistem yang aktif.

Tokenomics dari Token IMX

Tokenomics token IMX dirancang untuk mendukung keberlanjutan jangka panjang dan utilitasnya dalam ekosistem Immutable. Total suplai token IMX tetap, menciptakan kelangkaan yang berpotensi mendorong nilai jika platform tumbuh dan permintaan token meningkat.

Ada sekitar 1,39 miliar token IMX yang beredar (pada saat artikel ini ditulis). Token IMX memiliki batas suplai maksimum 2 miliar token, dengan alokasi strategis yang ditujukan untuk mendukung pengembangan dan pertumbuhan ekosistem.

Inisiatif pengembangan ekosistem, seperti reward pengguna, upaya pemasaran, dan ketentuan likuiditas, merupakan 51,74% dari alokasi, yang dimaksudkan untuk memastikan kelangsungan hidup jangka panjang dan daya saing platform Immutable di lanskap blockchain yang terus berkembang.

Selain itu, 25% token dialokasikan untuk pengembangan platform. 4% lainnya dialokasikan sebagai bagian dari cadangan yayasan, sementara 14,26% dari token yang didistribusikan melalui penjualan privat akan dibuka selama 2,5 tahun.

Strategi distribusi bertujuan untuk menyeimbangkan pemberian reward kepada mereka yang berkontribusi pada kesuksesan platform sambil memastikan distribusi token yang luas untuk mempertahankan komunitas yang terdesentralisasi dan terus terlibat.

Fitur dan Utilitas Token IMX

Token IMX menawarkan beragam fitur dan utilitas yang mendukung operasi dan tata kelola platform Immutable. Utilitas utamanya adalah memfasilitasi tata kelola platform, memungkinkan pemegang token untuk memengaruhi keputusan terkait peningkatan dan perubahan dalam ekosistem.

Biaya Protokol, Biaya Transaksi, dan Insentif

Immutable telah menerapkan struktur biaya yang unik untuk merampingkan transaksi dalam ekosistemnya. Pengembang yang menggunakan platform ini akan dikenakan biaya 2% dalam bentuk token IMX. Biaya ini dapat diselesaikan secara langsung dengan IMX atau dengan ETH sebagai alternatif, melalui konversi otomatis dari mata uang transaksi. Mekanisme ini memastikan keterlibatan yang lancar di platform tanpa keharusan bagi pengguna untuk memegang IMX sebelumnya.

Immutable juga menggunakan token IMX untuk mendorong keterlibatan pengguna melalui sistem reward. Pengguna mendapatkan poin dengan terlibat dalam aktivitas seperti memperjualbelikan NFT di platform, yang kemudian dapat ditukar dengan token IMX, yang selanjutnya mengintegrasikan token tersebut ke dalam operasi harian platform.

Staking dan Reward

Token IMX menawarkan fitur staking yang dapat diakses oleh semua pemegang, asalkan mereka memenuhi kriteria khusus yang terkait dengan keterlibatan dan partisipasi dalam ekosistem Immutable. Dengan staking token IMX, peserta dapat memperoleh reward berdasarkan keterlibatan aktif dan kontribusi mereka terhadap protokol. Pemegang token menerima reward setiap 14 hari.

Syarat untuk mendapatkan staking reward adalah memiliki token IMX, partisipasi aktif dalam tata kelola melalui pemungutan suara, dan memiliki NFT di Immutable atau telah menyelesaikan jual-beli terbaru. Sistem ini tidak hanya menumbuhkan hubungan yang lebih dalam antara pengguna dan platform, tetapi juga mendorong aktivitas dan kontribusi yang berkelanjutan terhadap semangat ekosistem.

Partisipasi Tata Kelola

Tata kelola adalah aspek penting dari tokenomics IMX, yang memberikan pemegangnya kekuatan untuk memengaruhi keputusan penting dalam ekosistem Immutable. Pemegang token dapat memberikan suara pada berbagai proposal, mulai dari alokasi cadangan token hingga perubahan suplai token dan aktivasi reward harian. Model tata kelola dirancang agar inklusif dan terdesentralisasi, memungkinkan berbagai kategori proposal yang dapat diperkenalkan melalui proses tata kelola.

Ekosistem Immutable

Ekosistem Immutable terdiri dari berbagai komponen yang dirancang untuk bekerja sama dengan mulus, memberikan solusi menyeluruh bagi pengembang, pencipta, dan pengguna dalam ruang NFT. Elemen-elemen utama termasuk Immutable Marketplace, tempat untuk membeli, menjual, dan menukar NFT tanpa biaya gas; dan Immutable SDK, yang memungkinkan pengembang untuk dengan mudah mengintegrasikan aplikasi atau game mereka dengan platform Immutable.

Komponen inti pertama dari infrastrukturnya adalah Immutable X, solusi penskalaan Layer-2 yang didukung oleh rollup StarkEx ZK yang memungkinkan pengembang membangun aplikasi yang cepat, dapat diskalakan, dan aman untuk NFT dan game blockchain. Komponen inti kedua adalah Zero-Knowledge Ethereum Virtual Machine (zkEVM) Immutable, sebuah blockchain yang kompatibel dengan EVM yang dibangun dalam kemitraan dengan Polygon untuk sepenuhnya menghapus biaya transaksi di dunia game Web3.

Komponen lain yang mendorong mesin pendapatan dan meningkatkan pengalaman pemain dalam ekosistem Immutable ditunjukkan di bawah ini:

Immutable Passport: Immutable memperkenalkan Immutable Passport, sebuah dompet non-kustodian dan solusi autentikasi yang dirancang untuk menyederhanakan proses onboarding pengguna melalui proses masuk tanpa kata sandi dan pembuatan dompet otomatis. Pengembangan ini merupakan langkah untuk menciptakan solusi identitas gamer yang terpadu.

Immutable Orderbook: Immutable Orderbook memungkinkan pembagian pesanan NFT di seluruh marketplace teratas, meningkatkan distribusi dan permintaan aset. Fitur ini mendukung ERC-1155 Orderbook pada Immutable zkEVM, memfasilitasi transaksi tanpa batas di dalam ekosistem.

Immutable Checkout: Immutable Checkout menawarkan infrastruktur transaksi yang mencakup semuanya, mengelola proses checkout untuk game dan marketplace. Infrastruktur ini bertujuan untuk menyederhanakan transaksi, meningkatkan tingkat konversi dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Platform ini juga merupakan rumah bagi berbagai kemitraan dan integrasi tingkat tinggi dengan proyek dan pasar NFT terkemuka, yang meningkatkan utilitas dan aksesibilitasnya. Ekosistem yang kaya ini tidak hanya memfasilitasi pertumbuhan ruang NFT tetapi juga mendorong inovasi dengan menawarkan infrastruktur yang dapat diskalakan dan efisien untuk membuat dan menukar aset digital.

Beberapa DApps yang dibangun di atas Immutable meliputi:

  1. Illuvium
  2. Gods Unchained
  3. Guilds of Guardians
  4. Immortal Game

Cara Membeli Immutable (IMX) dengan Crypto.com

Crypto.com menawarkan platform yang mudah digunakan untuk membeli token IMX dan terlibat dengan jaringan Immutable.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mulai membeli token IMX di Crypto.com:

  • Unduh Crypto.com App dan buat akun.
  • Selesaikan proses verifikasi yang diperlukan untuk membuka akses penuh ke platform.
  • Depositkan dana ke akun Crypto.com; pengguna dapat menggunakan mata uang fiat atau mata uang kripto lainnya untuk mendanai akun.
  • Arahkan ke bagian ‘Beli’ pada App dan cari token IMX.
  • Tentukan jumlah token IMX yang akan dibeli dan tinjau detail transaksi.
  • Konfirmasikan transaksi dan tunggu pesanan dieksekusi.
  • Pantau kepemilikan token IMX di Crypto.com App, yang juga berfungsi sebagai dompet.

Crypto.com menyediakan lingkungan jual-beli yang aman dan dapat diandalkan, memastikan bahwa pengguna dapat memperjualbelikan token IMX dengan penuh keyakinan.

Manfaatkan antarmuka platform yang intuitif, fitur jual-beli canggih, dan biaya yang kompetitif untuk mendapatkan pengalaman jual-beli token IMX yang terbaik.

Kesimpulan

Immutable mewakili kemajuan yang signifikan dalam lanskap blockchain dan NFT, menawarkan platform yang dapat diskalakan, aman, dan ramah pengguna untuk ekosistem Ethereum. Melalui penggunaan teknologi rollup ZK yang inovatif dan serangkaian alat pengembangan, Immutable mengatasi keterbatasan Ethereum, menyediakan lingkungan yang efisien untuk transaksi NFT dan pengembangan game. Karena terus berkembang, platform ini siap untuk memainkan peran penting dalam adopsi dan pertumbuhan NFT yang lebih luas dan game blockchain.

Solusi menarik Immutable untuk masalah yang dihadapi di pasar NFT di jaringan Ethereum adalah menawarkan skalabilitas, keamanan, dan keberlanjutan, dan token IMX memainkan peran sentral dalam ekosistem ini, mendorong tata kelola, keterlibatan pengguna, dan pertumbuhan platform. Karena ruang blockchain dan NFT terus berkembang, Immutable dan token IMX menonjol sebagai kontributor utama untuk masa depan jual-beli dan penciptaan aset digital.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada hal yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan/hasil atas pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar dari harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

coins & tokens

layer 2

NFT

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens