Apa itu Chainlink (LINK)?

Pelajari bagaimana Chainlink, jaringan oracle terdesentralisasi, menjembatani kesenjangan antara kontrak pintar dan data dunia nyata.

Oct 23, 2023
|

What Is Chainlink

Poin-poin Penting:

  • Chainlink adalah jaringan oracle terdesentralisasi terkemuka yang memastikan kontrak dapat mengakses data dunia nyata.
  • Arsitektur on-chain dan off-chain Chainlink memungkinkan jaringan untuk menjembatani lingkungan on-chain dan off-chain.
  • Token LINK, yang merupakan bagian integral dari ekosistem Chainlink, memberikan insentif untuk akurasi data, memastikan keamanan sistem, dan berfungsi sebagai media pertukaran dalam jaringan.

Sebuah jaringan oracle yang terdesentralisasi, Chainlink memungkinkan kontrak pintar pada blockchain untuk terhubung dengan aman ke sumber data eksternal, API, dan sistem menggunakan perangkat lunak tertentu. Oracle dalam ekosistem Chainlink diberi insentif untuk memberikan data yang akurat karena adanya mekanisme skor reputasi.

Ketika oracle mengikuti aturan yang ditetapkan, mereka mendapatkan reward token LINK native Chainlink. Pada intinya, Chainlink mengisi celah kritis dalam ekosistem blockchain dengan memungkinkan kontrak pintar untuk berinteraksi secara aman dengan aplikasi dunia luar, yang meningkatkan kasus penggunaan dan kegunaannya.

Untuk memfasilitasi interaksi antara kontrak pintar dalam ekosistem Chainlink dan sumber data luar, Chainlink menggunakan pendekatan tiga langkah yang unik:

  1. Pengambilan Data oleh Oracles: Jaringan oracle terdesentralisasi Chainlink mengambil data eksternal yang dibutuhkan oleh kontrak pintar tertentu.
  1. Agregasi Data: Setelah mengambil data, oracle melaporkan temuan mereka dan data dikumpulkan untuk membentuk nilai konsensus, yang memastikan input akhir ke dalam kontrak pintar akurat dan tahan terhadap manipulasi.
  1. Pengiriman Data ke Kontrak Pintar: Data yang telah selesai kemudian dikirimkan dengan aman ke kontrak pintar untuk dieksekusi di blockchain.

Dengan tujuan fungsional intinya untuk menjembatani dua lingkungan, Chainlink menggabungkan dua komponen penting: arsitektur on-chain dan off-chain.

Arsitektur On-Chain

Arsitektur on-chain terutama mencakup kontrak oracle yang dibangun di atas blockchain Ethereum. Kontrak-kontrak ini memainkan peran penting dalam memantau dan menangani permintaan data dari pengguna. Arsitektur on-chain meneruskan permintaan data off-chain ke jaringan Chainlink, memungkinkan pemrosesan mereka dalam kontrak pintar blockchain native.

Arsitektur on-chain terdiri dari tiga kontrak utama: kontrak reputasi, kontrak pencocokan pesanan, dan kontrak agregasi.

  • Kontrak Reputasi: Menilai kredibilitas dan riwayat kinerja penyedia oracle, yang memungkinkannya untuk memvalidasi keaslian dan keandalan. Jenis kontrak ini mengidentifikasi dan menghilangkan node yang tidak dapat dipercaya atau tidak dapat diandalkan.
  • Kontrak Pencocokan Pesanan: Memainkan peran penting dalam mencatat proposal pengguna di dalam jaringan dan mengumpulkan penawaran dari penyedia oracle. Selain itu, ini memainkan peran penting dalam memilih penyedia layanan oracle dengan menganalisis kontrak reputasi.
  • Kontrak Agregasi: Menggabungkan data dari oracle yang dipilih dan melakukan validasi dan rekonsiliasi untuk memastikan hasil yang akurat.

Arsitektur Off-Chain

Arsitektur off-chain Chainlink bertanggung jawab untuk mengambil data dari sumber eksternal, seperti umpan data dan API, dan mengembalikan data ke kontrak yang memintanya di blockchain. Dengan menggunakan sebagian besar node Chainlink, yang secara independen mengumpulkan respons terhadap permintaan off-chain dan layanan listing, arsitektur off-chain memungkinkan Chainlink untuk menyediakan konektivitas eksternal yang aman dan andal ke kontrak pintar di blockchain.

Token LINK Chainlink adalah token ERC-677 yang mewarisi fungsionalitas dari standar token ERC-20 dan memungkinkan transfer token berisi muatan data. LINK digunakan pada jaringan Chainlink untuk memberi reward kepada operator node Chainlink karena telah mengumpulkan sumber data eksternal. Token LINK berfungsi sebagai mekanisme insentif ekonomi dan alat tukar dalam ekosistem Chainlink. Token ini dirancang untuk memastikan keakuratan, keamanan, dan desentralisasi jaringan oracle.

  • Insentif untuk Operator Node: Operator node Chainlink, yang menyediakan data eksternal ke jaringan Chainlink, diberi reward dengan token LINK untuk layanan mereka. Kompensasi ini untuk komputasi off-chain dan pengambilan data.
  • Staking: Staking memberikan kesempatan kepada peserta ekosistem Chainlink untuk mendapatkan reward karena meningkatkan jaminan keamanan dan jaminan pengguna layanan oracle dengan mendukung mereka token menggunakan LINK yang di-staking. Dengan mempertaruhkan LINK, pemegang token dan operator node berpartisipasi dalam keamanan jaringan. Sebagai imbalannya, mereka menerima hadiah token tambahan untuk kontribusi mereka.
  • Pembayaran untuk Data: Pengguna atau pengembang kontrak pintar yang mengambil data eksternal tertentu dari jaringan Chainlink menggunakan token LINK untuk membayar layanan mereka.

Diluncurkan dengan penawaran koin perdana (ICO) pada September 2017, prajual LINK berhasil mengumpulkan dana sebesar US$32 juta. Token LINK didistribusikan sebagai berikut:

  • 35% dialokasikan untuk penjualan token.
  • 35% dialokasikan untuk reward dan airdrop.
  • 30% dialokasikan untuk Chainlink Labs.

LINK memiliki total suplai 1 miliar token.

Chainlink (LINK) terdaftar di Crypto.com App, bergabung dengan 250 lebih mata uang kripto dan koin stabil yang didukung dan terus berkembang, termasuk Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Polkadot (DOT), USD Coin (USDC), dan Cronos (CRO).

Pengguna Crypto.com App sekarang dapat membeli LINK dengan harga asli dengan USD, EUR, GBP, dan 20 lebih mata uang fiat lainnya dan membelanjakannya di lebih dari 80 juta merchant di seluruh dunia dengan menggunakan Kartu Visa Crypto.com. Sebagai alternatif, pengguna juga dapat memperjualbelikan LINK di Crypto.com Exchange.

Unduh Crypto.com App untuk mulai jual-beli LINK hari ini.

Kesimpulan

Chainlink memainkan peran penting dalam ekosistem blockchain dengan menjembatani kesenjangan antara kontrak pintar dan agregasi data dunia nyata melalui jaringan oracle yang terdesentralisasi.

Token LINK, yang merupakan pusat dari fungsionalitas Chainlink, memberikan insentif pada akurasi oracle, mengamankan sistem, dan memfasilitasi berbagai transaksi di dalam ekosistem.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada hal yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan atas pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dari Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Crypto.com Exchange, silakan lihat tautan berikut dan pastikan Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

coins & tokens

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens