Apa Itu Protokol Layer-0? Infrastruktur untuk Blockchain yang Disesuaikan

Protokol Layer-0 adalah infrastruktur yang digunakan untuk membangun blockchain Layer-1 yang disesuaikan. Kami menjelajahi proyek-proyek penting seperti Cosmos, Polkadot, dan Avalanche.

Aug 07, 2023
|

Apa Itu Layer-0 di Blockchain

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Protokol Layer-0 membentuk fondasi di mana blockchain Layer-1 dibangun.
  • Protokol Layer-0 memungkinkan pengembang meluncurkan blockchain Layer-1 khusus yang dirancang untuk aplikasi atau kasus penggunaan tertentu.
  • Rantai utama mendukung transfer data antar Lapisan-1, sedangkan rantai samping adalah Lapisan-1 khusus aplikasi yang terhubung ke rantai utama.
  • Cosmos, Polkadot, dan Avalanche adalah contoh menonjol dari jaringan Layer-0 yang saat ini menggunakan struktur relay/sidechain, sementara pendatang baru seperti LayerZero dan zkLink mewakili perkembangan selanjutnya dari interoperabilitas multichain.
  • Di tahun-tahun mendatang, protokol Layer-0 berpotensi mengantarkan gelombang baru inovasi blockchain dengan memungkinkan pertumbuhan beberapa blockchain Layer-1 khusus yang saling beroperasi dengan lancar.

Apa Itu Protokol Layer-0 pada Blockchain?

Protokol Layer-0 membentuk fondasi di mana blockchain Layer-1 dibangun. Berfungsi sebagai infrastruktur untuk jaringan dan aplikasi blockchain, mereka mewakili satu solusi yang berupaya mengatasi permasalahan yang dihadapi industri, termasuk skalabilitas dan memungkinkan interoperabilitas antar blockchain.

Protokol Layer-0 memungkinkan pengembang meluncurkan blockchain Layer-1 khusus yang dirancang untuk aplikasi atau kasus penggunaan tertentu. Dengan dukungan Layer-0, pengembang dapat fokus pada aplikasi daripada konsensus dan keamanan.

Dengan tujuan untuk memungkinkan blockchain Layer-1 berkomunikasi dan berinteraksi, protokol Layer-0 memberi pengguna pengalaman yang lancar di berbagai jaringan. Tanpa solusi interoperabilitas yang disediakan oleh jaringan Layer-0, sebagian besar blockchain akan beroperasi secara terpisah. Hal ini membatasi kegunaannya dan menghalangi efek jaringan yang timbul ketika sistem tidak dapat berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain.

Bagaimana Cara Kerja Lapisan-0?

Sejumlah protokol Layer-0 terkenal mengadopsi infrastruktur berbasis relay/sidechain. Ini terutama terdiri dari tiga komponen:

  • Rantai utama mendukung transfer data antar Layer-1.
  • Sidechain adalah Layer-1 khusus aplikasi yang terhubung ke rantai utama.
  • Protokol komunikasi antar rantai bertindak sebagai standar untuk pertukaran data di antara Layer-1.

Contoh Jaringan Relay/Sidechain

Saat ini, Cosmos , Polkadot , dan Avalanche adalah contoh utama jaringan Layer-0 yang menggunakan struktur relay/sidechain. Pendatang baru seperti LayerZero dan zkLink mewakili perkembangan interoperabilitas multichain berikutnya.

Baca laporan eksklusif kami Layer-0: Menyelami Lebih Dalam Solusi Interoperabilitas untuk mengeksplorasi interoperabilitas Layer-0 dan blockchain secara lebih rinci. Jadilah anggota Pribadi Crypto.com dan dapatkan akses ke laporan hari ini.

Seperti Apa Masa Depan Protokol Layer-0?

Di tahun-tahun mendatang, protokol Layer-0 memiliki potensi untuk mengantarkan gelombang baru inovasi blockchain dengan memungkinkan pertumbuhan beberapa blockchain Layer-1 khusus yang saling beroperasi secara mulus. Beberapa tantangan teknis dan adopsi masih ada, namun Layer-0 dapat meletakkan dasar bagi ekosistem blockchain yang lebih terbuka, produktif, dan dapat disusun.

Bacaan Lebih Lanjut

Baca laporan lengkap oleh Tim Riset & Wawasan Crypto.com: Lapisan-0: Infrastruktur untuk Blockchain yang Disesuaikan .

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Blockchain

Layer-0

Layer-1

sidechains

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens