Apa itu Koin USD (USDC)?

Dalam artikel ini, kami menjelajahi USDC Circle, stablecoin terkemuka di pasar mata uang kripto, mendalami tokennomics, dukungan, dan utilitasnya.

Sep 06, 2023
|

Apa itu Usdc

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • USDC Circle berfungsi sebagai stablecoin terkemuka, yang dipatok ke dolar AS. Stabilitas ini menjadikannya aset yang berpotensi dapat diandalkan di tengah volatilitas pasar mata uang kripto.
  • USDC bertujuan untuk memberdayakan pengguna dengan transaksi yang cepat dan tanpa gesekan, melampaui batas geografis. Fitur ini tidak hanya berpotensi memfasilitasi pengiriman uang lintas batas tetapi juga menempatkan USDC sebagai pemain penting dalam perdagangan internasional.
  • USDC berperan dalam lanskap keuangan terdesentralisasi (DeFi) sebagai sarana bagi pengguna untuk berpartisipasi dalam pertanian hasil, penyediaan likuiditas, dan protokol pinjaman.
  • Ekosistem USDC, yang dipelopori oleh Circle, menekankan transparansi, keamanan, dan kepatuhan terhadap peraturan. Komitmen ini bertujuan untuk memastikan bahwa USDC menjaga kredibilitasnya sebagai stablecoin.
  • Di luar landasannya pada blockchain Ethereum, USDC telah memperluas kehadirannya ke berbagai rantai, termasuk Algorand, Solana, dan Polygon.

Pengantar Koin USD (USDC)

USDC, sering dijuluki USD Coin , berdiri tegak di tengah spektrum stablecoin. Meskipun sebagian besar mata uang ini terikat pada dolar AS dengan rasio hampir 1 banding 1, ada saat-saat di mana patokan ini sedikit goyah. Fluktuasi seperti itu, meskipun jarang terjadi, menyoroti tantangan dalam memadukan keuangan tradisional (TradFi) dengan dunia mata uang kripto yang tidak dapat diprediksi.

Sebagai token ERC-20 di blockchain Ethereum, USDC menawarkan likuiditas, aksesibilitas, dan kemampuan beradaptasi. Namun, seperti instrumen keuangan lainnya, instrumen ini mempunyai kerumitan dan nuansa tersendiri.

Apa itu Stablecoin?

Sebelum mendalami USD Coin (USDC), mari kita pahami dulu konsep stablecoin, yaitu jenis mata uang kripto yang dirancang untuk memiliki nilai stabil (tidak seperti mata uang kripto lainnya, seperti Bitcoin dan Ethereum , yang terkenal dengan volatilitas harganya). Nilai stablecoin biasanya dipatok pada mata uang fiat seperti dolar AS.

Stablecoin seperti USD Coin (USDC) bertujuan untuk memberikan ukuran stabilitas dan keandalan bagi para pedagang di pasar kripto. Mereka mungkin menawarkan cara untuk memitigasi risiko yang terkait dengan fluktuasi harga mata uang kripto lainnya, menjadikannya pilihan populer bagi mereka yang ingin memperdagangkan atau memegang aset digital tanpa terus-menerus terkena volatilitas parah.

Baca selengkapnya tentang berbagai jenis stablecoin di artikel Universitas kami Apa Itu Stablecoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Bagaimana Cara Kerja Koin USD (USDC)?

Circle, entitas di belakang USDC, dengan cermat merancangnya untuk mencerminkan nilai dolar AS dan menerapkannya melalui sistem cadangan, menyimpan simpanan dolar AS sama dengan atau melebihi token USDC yang beredar .

Strategi ini mendasari jaminan kesetaraan nilai. Stabilitas USDC dibangun di atas sistem cadangannya, di mana setiap token USDC yang diterbitkan setara dengan dolar AS yang dicadangkan. Pendekatan cadangan strategis ini secara efektif memperkuat hubungan antara USDC dan nilai dolar AS.

USDC menekankan transparansi dan kepatuhan, menerbitkan laporan pengesahan rutin dari perusahaan audit dengan tujuan untuk memvalidasi kecukupan cadangan. Pengesahan ini dimaksudkan untuk memberikan keyakinan kepada pengguna bahwa cadangan tersebut sesuai dengan token yang beredar, sehingga meningkatkan kredibilitas USDC. Peran stablecoin lebih dari sekadar stabilitas — ia berkontribusi pada evolusi lanskap kripto, dan stabilitas nilainya menawarkan pintu gerbang antara TradFi dan aset digital.

Bagaimana USDC Didukung?

USDC didukung oleh cadangan dolar AS yang disimpan oleh Circle, dan untuk setiap token USDC yang beredar, Circle mengklaim memiliki jumlah yang setara dengan dolar AS di rekening bank cadangan. Cadangan ini dimaksudkan untuk memastikan adanya hubungan langsung dan dapat diaudit antara token USDC yang beredar dan dolar AS sebenarnya yang disimpan sebagai cadangan.

Circle telah berkomitmen untuk menjaga transparansi dan kepatuhan terhadap peraturan dalam operasinya, secara teratur menerbitkan laporan pengesahan yang dilakukan oleh perusahaan audit yang disebutkan di atas. Laporan-laporan ini memverifikasi bahwa jumlah token USDC yang beredar sesuai dengan jumlah dolar AS yang disimpan di rekening bank cadangan. Proses ini dirancang untuk menanamkan keyakinan pada pengguna bahwa setiap token USDC memang didukung oleh dolar AS yang sesuai.

Cara Menggunakan USDC

Stablecoin seperti USDC memiliki banyak kasus penggunaan di dunia kripto:

Perdagangan: USDC umumnya digunakan sebagai pasangan perdagangan di bursa mata uang kripto. Trader menggunakannya untuk masuk dan keluar posisi dengan cepat, memanfaatkan stabilitas harga. Selain itu, investor sering kali memarkir dananya di USDC pada saat volatilitas tinggi di pasar kripto, demi mempertahankan modalnya.

Transfer Nilai Stabil: USDC bertujuan untuk berfungsi sebagai sarana yang stabil untuk mentransfer nilai antar individu atau lintas batas. Stabilitasnya berpotensi memungkinkan penerima menerima nilai yang konsisten, menjadikannya pilihan yang nyaman untuk pengiriman uang dan transaksi lintas batas tanpa risiko fluktuasi nilai yang cepat.

Aktivitas Keuangan Terdesentralisasi (DeFi): USDC banyak digunakan dalam bidang keuangan terdesentralisasi ( DeFi ). Pengguna dapat meminjamkan, meminjam, mendapatkan bunga, dan menyediakan likuiditas menggunakan USDC dalam berbagai protokol DeFi. Stabilitasnya sangat bermanfaat dalam pertanian hasil dan pemberian pinjaman, di mana menjaga kestabilan nilai sangatlah penting.

E-Commerce dan Pembayaran Online: Platform dan bisnis online semakin menerima USDC sebagai bentuk pembayaran. Pengguna dapat memanfaatkan kepemilikan USDC mereka untuk membeli barang dan jasa tanpa perlu konversi ke mata uang fiat. Ini menyederhanakan transaksi internasional dan mengurangi biaya.

Operasi Kontrak Cerdas: USDC dapat diintegrasikan ke dalam kontrak pintar pada platform blockchain. Hal ini memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi keuangan yang dapat diprogram yang melibatkan transaksi USDC, seperti model berlangganan, pembayaran otomatis, dan transfer bersyarat.

Intinya, USDC menawarkan serangkaian aplikasi serbaguna yang memanfaatkan stabilitasnya, menjadikannya berharga untuk perdagangan, transaksi, partisipasi DeFi, e-commerce, dan aktivitas berbasis kontrak pintar.

Tokenomics USDC

Memahami dinamika tokennomics USDC memperdalam apresiasi kami atas kegunaannya:

  • Desain Stablecoin: USDC bertujuan untuk mempertahankan patokan 1 banding 1 dengan dolar AS, menawarkan proposisi nilai stabil yang penting untuk transaksi sehari-hari dan aktivitas keuangan. Namun, perusahaan ini mengalami penyimpangan sementara dari patokan tersebut selama masa tekanan pasar yang parah.
  • Penerbitan Transparan: Token USDC dicetak dan dibakar secara transparan, memperkuat integritas dan keaslian stablecoin.
  • Pertumbuhan Ekosistem: USDC telah berkembang melampaui blockchain Ethereum, tersedia di berbagai rantai seperti Algorand, Solana, dan Stellar.

Cara Berdagang USDC

Bagi mereka yang tertarik untuk memperdagangkan USDC, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pilih Platform Kripto: Pilih platform mata uang kripto yang memiliki reputasi baik seperti Crypto.com Exchange atau Aplikasi Crypto.com — pemimpin industri dalam standar keamanan .
  • Buat Akun: Daftar akun di bursa yang dipilih dan selesaikan proses verifikasi yang diperlukan.
  • Setoran Dana: Setorkan sejumlah mata uang fiat atau mata uang kripto lainnya ke dalam akun.
  • Beli USDC: Setelah akun didanai, navigasikan ke bagian ‘Beli’ di bursa atau aplikasi dan cari USDC. Tempatkan pesanan pembelian untuk jumlah yang diinginkan.
  • Simpan USDC: Setelah pembelian selesai, transfer token USDC ke dompet aman, seperti Aplikasi Crypto.com atau Dompet DeFi Crypto.com .

Kesimpulan

USDC Circle adalah stablecoin terkemuka, menjembatani kesenjangan antara TradFi dan dunia cryptocurrency yang dinamis. Tujuannya untuk memiliki nilai yang tak tergoyahkan, transaksi yang lancar, dan integrasi ke dalam lanskap DeFi dapat menjadikannya landasan keuangan modern. Seiring dengan berkembangnya ekosistem mata uang kripto, USDC bertujuan untuk memberikan contoh stabilitas dan utilitas, sehingga mendorong transformasi keuangan ke depan.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada isi di sini yang merupakan permintaan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin atau aset digital apa pun. Pengembalian atas pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal dan/atau pajak penghasilan, di yurisdiksi Anda atau yurisdiksi tempat Anda tinggal untuk tujuan perpajakan. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dengan Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Crypto.com Exchange, silakan lihat tautan berikut dan pastikan Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Stablecoin dapat kehilangan pasaknya dan Anda dapat kehilangan seluruh atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai stablecoin, seperti halnya aset digital lainnya, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas sendiri untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun akan menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

App

cryptocurrencies

Exchange

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens