Apa Itu Bitcoin Halving dan Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Harga BTC?

Setiap empat tahun sekali, jumlah bitcoin baru per blok akan berkurang setengahnya. Hal ini dapat mendorong harga BTC naik. Berikut ini cara memprediksi efeknya.

Jan 15, 2024
|

Opsi Pembagian Dua Bitcoin

Apa yang Dimaksud dengan Bitcoin Halving?

Bitcoin memiliki banyak karakteristik yang tertanam dalam kodenya, yang diprogram untuk mengalokasikan total pasokan maksimum 21 juta BTC. Dua aspek terpenting Bitcoin adalah pasokannya yang tetap dan penurunan imbalan blok, yang terjadi setiap empat tahun sekali. Penurunan berkala dalam jumlah bitcoin yang diterbitkan ke dalam sirkulasi disebut ‘Bitcoin halving’.

Pada tahun 2012, hadiahnya adalah 25 bitcoin per blok, dan pada tahun 2016, hadiahnya turun menjadi 12,5 bitcoin per blok. Pada Maret 2023, penambang akan mendapatkan 6,25 bitcoin per blok yang ditambang.

Dapatkan semua detail tentang kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar dalam artikel mendalam ini: Apa Itu Bitcoin?

Bagaimana Bitcoin Halving Berkorelasi dengan Penambangan Bitcoin?

Untuk setiap 210.000 blok, jumlah bitcoin yang baru diterbitkan akan dipotong menjadi setengahnya. Ini berarti kira-kira setiap empat tahun, tergantung pada seberapa cepat blok-blok tersebut ditambang, yang rata-rata sekitar 10 menit.

Blok ditambahkan ke dalam blockchain Bitcoin melalui proses yang disebut penambangan, yang biasanya melibatkan komputer yang dibuat khusus yang disebut Application-Specific Integrated Circuits (ASIC) – komputer yang didesain untuk melakukan komputasi hash secepat mungkin.

Penambangan digunakan untuk menambahkan transaksi secara permanen ke dalam blockchain tanpa campur tangan dari entitas terpusat manapun. Para penambang diberi insentif untuk mengamankan jaringan dengan menggunakan sumber daya (menambang) dan kemudian diberi imbalan bitcoin.

Berapa Banyak Pembagian Bitcoin yang Telah Terjadi?

Telah terjadi tiga kali pembagian Bitcoin sejauh ini: yang pertama terjadi pada November 2012, ketika hadiah blok dikurangi dari 50 bitcoin per blok menjadi 25 bitcoin per blok; halving kedua dimulai pada Juli 2016, ketika hadiah per blok dikurangi lagi, dari 25 bitcoin per blok menjadi 12,5 per blok; halving ketiga terjadi pada Mei 2020, ketika hadiah blok berkurang dari 12,5 bitcoin per blok menjadi 6,25 bitcoin per blok.

Infografis Pembagian Dua Bitcoin
Garis Waktu Pembagian Dua Bitcoin

Kapan Bitcoin Dibagi Dua Berikutnya?

Bitcoin telah mengalami peningkatan hashrate sejak pertama kali dibuat, yang berarti waktu blok sekarang rata-rata kurang dari 10 menit. Karena berfluktuasi, sulit untuk memprediksi tanggal pasti dari halving berikutnya.

Halving di masa depan diperkirakan terjadi pada tahun 2024, di mana reward akan berkurang dari 6,25 menjadi 3,125 bitcoin per blok yang ditambang; halving kelima diperkirakan terjadi pada tahun 2028, dengan reward yang berkurang setengahnya menjadi 1,5625 bitcoin per blok yang ditambang.

Apakah Pembagian Dua Harga Mempengaruhi Harga Bitcoin?

Harga BTC dapat dipengaruhi oleh halving sebagai:

  • Hadiah dibagi dua, yang mendorong pertumbuhan jaringan yang sehat dan berkelanjutan. Dengan mengurangi tingkat di mana bitcoin baru dihasilkan, halving memastikan bahwa pasokan Bitcoin tetap terbatas dan terbatas, yang dapat membantu mempertahankan nilainya dari waktu ke waktu.
  • Tingkat inflasi Bitcoin menurun setelah separuhnya, yang berarti pasokan koin baru yang masuk ke pasar berkurang.

Topik ini sering diperdebatkan di antara para analis pasar dan partisipan. Beberapa orang percaya bahwa halving akan menyebabkan kenaikan harga Bitcoin yang signifikan, karena tingkat inflasi yang berkurang akan menyebabkan permintaan yang lebih tinggi dan kenaikan nilai yang sesuai. Ada juga yang berpendapat bahwa halving sudah diperhitungkan di pasar, dan peristiwa ini tidak akan berpengaruh pada harga mata uang kripto.

Meneliti Efek Separuh Bitcoin Terhadap Harga Infografis

Pada akhirnya, harga Bitcoin ditentukan oleh berbagai faktor. Ini termasuk permintaan dan sentimen pasar, serta perkembangan regulasi. Sulit untuk memprediksi bagaimana halving akan berdampak pada nilainya.

Pelajari tentang empat fase siklus pasar Bitcoin dan kripto di artikel ini.

Apa yang Dikatakan Buku Putih Bitcoin Tentang ‘Halving’?

Menariknya, Bitcoin halving tidak disebutkan secara langsung dalam buku putih Bitcoin, karena istilah ‘halving’ tidak digunakan. Namun, makalah ini membahas tentang terbatasnya pasokan Bitcoin dan mekanisme yang ada untuk mengontrol pembuatan koin baru.

Secara khusus, buku putih tersebut menyatakan bahwa jumlah bitcoin yang dibatasi untuk dibuat adalah 21 juta, dan tingkat di mana koin baru dibuat atau ditambang akan dikurangi setengahnya kira-kira setiap empat tahun. Ini adalah mekanisme yang mendasari proses halving.

Tapi jangan percaya begitu saja dengan kata-kata kami. Pada bagian 6 dari buku putih Bitcoin, dijelaskan bahwa:

“Penambahan jumlah koin baru yang terus menerus sama dengan penambang emas yang mengeluarkan sumber daya untuk menambahkan emas ke dalam sirkulasi. Dalam kasus kami, waktu CPU dan listrik yang dikeluarkan.”

Dan bagian 4 dari buku putih Bitcoin mengatakan:

“Proof-of-work juga memecahkan masalah dalam menentukan representasi dalam pengambilan keputusan mayoritas.

Jika mayoritas didasarkan pada satu-IP-alamat-satu-suara, maka hal ini dapat ditumbangkan oleh siapa pun yang mampu mengalokasikan banyak IP. Proof-of-work pada dasarnya adalah satu-CPU-satu-suara. Keputusan mayoritas diwakili oleh rantai terpanjang, yang memiliki upaya pembuktian terbesar yang diinvestasikan di dalamnya.”

Selain itu:

“Untuk mengimbangi peningkatan kecepatan perangkat keras dan minat yang berbeda-beda dalam menjalankan node dari waktu ke waktu, tingkat kesulitan proof-of-work ditentukan oleh rata-rata bergerak yang menargetkan jumlah rata-rata blok per jam. Jika blok-blok tersebut dibuat terlalu cepat, maka tingkat kesulitannya akan meningkat.”

Kata-kata Terakhir: Haruskah Pemegang BTC Khawatir Tentang Bitcoin Halving?

Bitcoin halving adalah sebuah acara yang telah diprogram sebelumnya yang bertujuan untuk menurunkan inflasi dengan mengurangi jumlah bitcoin baru yang dibuat. Dampak pada nilai dapat bervariasi dan dipengaruhi oleh banyak faktor.

Oleh karena itu, penting untuk memahami halving sebagai salah satu dari sekian banyak faktor yang memiliki pengaruh terhadap nilai Bitcoin, sembari mempertimbangkan faktor-faktor lainnya.

Bagaimana cara kerja Bitcoin di balik layar? Cari tahu di sini mendalami detail teknis Bitcoin.

Cara Membeli Bitcoin Dengan Crypto.com

BTC dapat dibeli di Aplikasi Crypto.com. Daftar akun dalam hitungan menit untuk membeli Bitcoin dengan 20 mata uang fiat dengan kartu kredit atau transfer bank. Unduh Aplikasi Crypto.com.

Sebagai alternatif, Bitcoin dapat diperdagangkan di Bursa Crypto.com. Pengguna dapat menyetor kripto ke Crypto.com Exchange untuk memperdagangkan BTC dengan likuiditas yang dalam dan biaya rendah. Mendaftar ke Crypto.com Exchange.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual aset kripto apa pun. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dengan Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Bursa Crypto.com, silakan lihat tautan berikut dan pastikan Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis untuk Perdagangan Spot.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset digital bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar dari harga pembelian Anda. Saat menilai aset digital, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas sendiri untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

bitcoin

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens