Pengantar ke Crypto Futures

Futures adalah alat turunan yang dapat ditemukan pedagang di bursa kripto. Di sini kami menjelaskan apa itu futures dan bagaimana futures bekerja di pasar kripto.

Jan 15, 2021
|

Defi Trading Pengantar Perdagangan Berjangka Otp

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Kontrak berjangka kripto adalah perjanjian untuk membeli atau menjual aset pada waktu tertentu di masa depan.
  • Perdagangan berjangka terutama memiliki tiga tujuan: lindung nilai, spekulasi, dan arbitrase.
  • Futures tersedia di bursa utama untuk berbagai kelas aset, termasuk saham, indeks, suku bunga, komoditas, dan mata uang kripto.
  • Setiap kontrak berjangka kripto memiliki fluktuasi harga minimum, yang juga dikenal sebagai tick.
  • Keuntungan dan kerugian dari satu kontrak diperoleh dengan mengalikan nilai dolar dari pergerakan satu tick dengan jumlah tick yang telah dipindahkan oleh kontrak berjangka sejak pembelian kontrak.
  • Efek penggandaan dari ukuran kontrak dan pergerakan tick dapat berdampak besar pada keuntungan dan kerugian kontrak berjangka.
  • Setiap kontrak berjangka akan berakhir pada tanggal tertentu, dan pedagang berjangka perlu mengelola masa berlaku kontrak.

Apa Itu Crypto Futures?

Kontrak berjangka kripto adalah perjanjian untuk membeli atau menjual aset pada waktu tertentu di masa depan. Hal ini terutama dirancang bagi para pelaku pasar untuk mengurangi risiko perubahan harga aset di masa depan.

Aplikasi awal dari kontrak berjangka terlihat pada transaksi antara petani dan pedagang. Misalkan seorang petani mengetahui pada bulan Juni bahwa ia akan memanen jagung dalam jumlah tertentu pada bulan September mendatang. Petani dan pedagang mencapai kesepakatan tentang kontrak di masa depan: pedagang membayar petani dengan harga yang telah disepakati, dan petani harus menyerahkan sejumlah jagung yang telah ditentukan kepada pedagang pada bulan September. Dengan melakukan hal ini, baik petani maupun pedagang dapat mengurangi risiko harga melalui penerapan kontrak berjangka.

Selain melindungi risiko harga, futures juga memungkinkan para pelaku pasar dan pedagang untuk mendapatkan keuntungan dari spekulasi dan arbitrase. Namun, sebelum mendalami fungsi dan strategi trading futures, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu kontrak futures.

Spesifikasi Kontrak Berjangka Kripto

Kontrak berjangka harus secara jelas menentukan sifat perjanjian yang tepat, dan umumnya mencakup istilah-istilah kunci berikut:

Aset Dasar dan Ukuran Kontrak

Futures tersedia di bursa utama untuk berbagai kelas aset, termasuk saham, indeks, suku bunga, komoditas, dan mata uang kripto. Ukuran kontrak menentukan jumlah aset yang akan diserahkan. Contohnya, dalam kontrak berjangka minyak mentah, ukuran kontrak dapat berupa barel minyak mentah.

Prosedur Penyelesaian

Kontrak berjangka dapat diselesaikan dengan penyerahan fisik atau dengan mentransfer posisi tunai. Penyerahan fisik mensyaratkan aset yang mendasari harus diserahkan pada tanggal penyerahan yang telah ditentukan, sedangkan penyelesaian tunai melibatkan transfer posisi kas terkait. Kontrak juga menentukan di mana dan kapan pembeli dan penjual harus menyelesaikan kontrak.

Batas Harga dan Posisi

Bursa biasanya memberlakukan batasan pada pergerakan harga harian kontrak berjangka: Batas atas dan batas bawah adalah jumlah maksimum yang dapat dinaikkan atau diturunkan oleh sebuah kontrak dalam satu hari perdagangan. Ketika pasar mencapai batas harga, beberapa pasar mungkin menghentikan sementara perdagangan untuk waktu tertentu atau menghentikan perdagangan untuk hari itu juga. Batas posisi adalah jumlah maksimum kontrak yang dapat dipegang oleh peserta pasar.

Nilai Notional

Nilai nosional dari sebuah kontrak mengacu pada hasil kali antara unit kontrak dan harga futures.

Nilai Notional Kontrak = Unit Kontrak × Harga Kontrak

Anggaplah kontrak berjangka S&P 500 diperdagangkan pada harga $3.000. Unit kontrak dari kontrak ini adalah $50 dikalikan 1 poin indeks, di mana $50 juga dikenal sebagai pengali. Oleh karena itu, nilai nosional dari kontrak tersebut adalah: $3.000 × $50 = $150.000. Nilai nosional dapat membantu mengukur rasio lindung nilai terhadap kontrak berjangka lain atau posisi risiko lain dalam pasar yang mendasari terkait. Kami mengilustrasikan lebih lanjut penggunaan rasio lindung nilai dalam strategi perdagangan:

Rasio Lindung Nilai = Nilai Berisiko/Nilai Nominal Kontrak

Rasio lindung nilai adalah alat manajemen risiko yang digunakan untuk menghitung jumlah eksposur yang perlu dilindung nilai dalam portofolio. Ini dihitung sebagai nilai yang berisiko (VaR) dibagi dengan nilai nosional kontrak.

Value at risk (VaR), dengan tingkat kepercayaan tertentu, adalah ukuran statistik dari potensi kerugian maksimum dana atau portofolio selama periode waktu tertentu. Contohnya, VaR sebesar $100.000 dengan tingkat kepercayaan 95% berarti ada kemungkinan 95% bahwa potensi kerugian maksimum pada aset atau portofolio tidak akan melebihi $100.000 selama periode waktu tertentu.

Nilai nosional kontrak merupakan nilai total dari kontrak keuangan yang digunakan untuk melakukan lindung nilai atas eksposur.

Dengan membagi VaR dengan nilai nosional kontrak, rasio lindung nilai menghitung jumlah eksposur yang perlu dilindung nilai untuk membatasi potensi kerugian pada tingkat VaR. Sebagai contoh, jika VaR adalah $100.000 dan nilai nosional kontrak adalah $1 juta, rasio lindung nilai adalah 0,1, yang mengindikasikan bahwa 10% dari eksposur harus dilindung nilai.

Rasio lindung nilai dapat menjadi alat yang berguna untuk mengelola risiko dalam portofolio, karena dapat membantu mengidentifikasi tingkat lindung nilai yang tepat yang diperlukan untuk membatasi potensi kerugian.

Fluktuasi Harga Minimum

Setiap kontrak berjangka kripto memiliki fluktuasi harga minimum, yang juga dikenal sebagai tick. Ini mengacu pada kenaikan minimum pergerakan harga yang mungkin terjadi dalam perdagangan kontrak berjangka.

Sebagai contoh, kontrak berjangka bitcoin, di mana ukuran tick minimumnya adalah $5. Nilai dolar dari pergerakan satu tick dihitung dengan mengalikan ukuran tick dengan ukuran kontrak. Dengan demikian, nilai dolar dari pergerakan satu tick dalam bitcoin futures sama dengan $5 x 5 = $25.

Trader harus mengetahui nilai tick dari kontrak berjangka yang diperdagangkan, serta pergerakan tick yang biasa terjadi pada kontrak: Hal ini dapat secara signifikan memengaruhi keuntungan dan kerugian – dan volatilitas yang sesuai dengan posisi berjangka trader.

Laba Rugi (P&L)

Berikut ini adalah ilustrasi cara menghitung keuntungan atau kerugian untuk kontrak berjangka kripto dengan kontrak berjangka bitcoin pada umumnya. Kita perlu mempertimbangkan ukuran kontrak, ukuran tick, dan harga perdagangan saat ini. Kontrak berjangka bitcoin mewakili nilai yang diharapkan dari 5 bitcoin. Harganya dikutip dalam dolar AS per bitcoin. Ukuran tick minimum adalah $5, dan nilai dolar dari pergerakan satu tick dalam bitcoin futures sama dengan $5 x 5 = $25.

Keuntungan dan kerugian dari satu kontrak diperoleh dengan mengalikan nilai dolar dari pergerakan satu tick dengan jumlah tick yang telah dipindahkan oleh kontrak berjangka sejak pembelian kontrak.

Keuntungan atau Kerugian per Kontrak = Jumlah Tick yang Dipindahkan × Nilai Tick

Misalkan seorang pedagang membeli satu kontrak berjangka bitcoin dengan harga $26.000, dan harga bitcoin berjangka saat ini telah naik menjadi $30.000. Kontrak telah bergerak sebesar ($30.000 – $26.000) / $5 = 800 tick. Dengan demikian, keuntungan per kontrak adalah: 800 tick x $25 per tick = $20.000.

Rentang P&L

Efek penggandaan dari ukuran kontrak dan pergerakan tick dapat berdampak besar pada keuntungan dan kerugian kontrak berjangka. Sebelum memasuki posisi futures, miliki pemahaman yang kuat tentang volatilitas harga aset.

Memahami Volatilitas Harga Dan Kontrak Berjangkaapr 13

Sebagai contoh, seperti yang ditunjukkan di atas, asumsikan kontrak berjangka bitcoin bergerak sebesar $800 dalam satu hari. Nilai pergerakan harian dalam dolar setara dengan ($800/5) tick x $25 per tick = $4.000. Ada juga kontrak lain untuk altcoin X, yang memiliki ukuran kontrak yang jauh lebih besar daripada bitcoin futures. Meskipun ukuran tick dan rata-rata pergerakan hariannya jauh lebih kecil, nilai dolar altcoin X untuk pergerakan satu tick adalah dua kali lipat dari bitcoin futures, berkat ukuran kontraknya yang besar. Akibatnya, nilai dolar dari altcoin X berjangka bergerak dengan besaran lebih dari 10 kali lebih besar daripada bitcoin; P&L hariannya jauh lebih tidak stabil daripada bitcoin berjangka.

Hal utama yang dapat diambil adalah merencanakan risiko dan imbalan dengan hati-hati sebelum memasuki posisi berjangka.

Masa Berlaku Kontrak Berjangka Kripto

Setiap kontrak berjangka akan berakhir pada tanggal tertentu, dan pedagang berjangka perlu mengelola masa berlaku kontrak. Ada tiga pilihan terkait kedaluwarsa kontrak berjangka:

Mengimbangi Posisi atau Likuidasi

Cara paling umum untuk keluar dari perdagangan adalah melalui offsetting atau melikuidasi posisi sebelum kedaluwarsa. Untuk mengimbangi suatu posisi, trader perlu melakukan transaksi yang berlawanan dan setara untuk menetralkan perdagangan.

Contohnya, jika seorang pedagang menjual dua kontrak berjangka bitcoin yang berakhir pada bulan Juni, maka ia harus membeli dua kontrak berjangka bitcoin yang berakhir pada tanggal yang sama. Perbedaan harga antara posisi awal trader dan posisi offset menunjukkan keuntungan atau kerugian pada perdagangan.

Trader dapat menghindari pengiriman akhir dengan mengakhiri kontrak sebelum berakhir. Faktanya, sebagian besar kontrak berjangka tidak mengarah pada pengiriman, karena membuat atau menerima pengiriman berdasarkan ketentuan kontrak berjangka biasanya tidak nyaman dan mahal. Meskipun berniat untuk membeli atau menjual aset acuan, lindung nilai cenderung mengimbangi posisi futures dan kemudian membeli atau menjual aset tersebut dengan cara biasa.

Melakukan Kontrak Berjangka Kripto yang Berakhir (Rolling Over)

Jika trader lebih suka mempertahankan eksposur pasar mereka dengan kontrak berjangka, mereka dapat menggulirkannya ke depan. Trader secara bersamaan akan mengimbangi posisi mereka saat ini dan membuat posisi baru di bulan kontrak berikutnya.

Contohnya, jika seorang trader memiliki dua kontrak berjangka bitcoin yang akan berakhir pada bulan Maret, mereka dapat melakukan roll dengan menjual dua kontrak bulan Maret dan membeli dua kontrak bulan Mei (atau setelahnya).

Menyelesaikan Kontrak Berjangka Kripto

Jika trader tidak melakukan offset atau roll over posisi mereka, kontrak akan berakhir dan dilanjutkan ke penyelesaian. Pihak yang memiliki posisi short berkewajiban untuk menyerahkan aset acuan sesuai dengan metode penyelesaian yang ditentukan dalam kontrak.

Mengapa Berdagang Crypto Futures?

Perdagangan berjangka terutama memiliki tiga tujuan: lindung nilai, spekulasi, dan arbitrase.

Lindung nilai

Seperti yang telah disebutkan, kontrak berjangka pada awalnya dirancang untuk melindungi risiko. Risiko ini dapat dikaitkan dengan fluktuasi harga di berbagai pasar, seperti komoditas seperti minyak dan jagung, nilai tukar mata uang asing, atau pasar saham secara keseluruhan.

Kasus yang paling ideal adalah lindung nilai yang sempurna, di mana risiko dapat sepenuhnya dihilangkan. Intinya, perusahaan berharap bahwa keuntungan atau kerugian pada posisi futures dapat sepenuhnya diimbangi oleh keuntungan atau kerugian dari penjualan komoditas, misalnya. Tentu saja, hal ini hampir tidak mungkin dicapai dalam praktiknya, tetapi individu dan perusahaan tetap bertujuan untuk menetralkan risiko sejauh mungkin.

Spekulasi

Jika trader memperkirakan pasar akan menguat, mereka dapat membeli kontrak berjangka; jika trader memperkirakan pasar akan jatuh, mereka dapat menjual kontrak berjangka. Dibandingkan dengan membeli aset acuan secara langsung, trader dapat memperbesar keuntungan dengan meningkatkan eksposur melalui leverage; tetapi itu juga berarti mereka dapat mengalami kerugian yang jauh lebih besar.

Sebagai contoh, misalkan seorang pedagang membeli kontrak berjangka pada saham dengan pengali kontrak 1.000 yang membutuhkan margin awal $4.000. Jika harga kontrak adalah $70, leverage dari kontrak berjangka tersebut adalah ($70 x 1.000/$4.000) = 17,5 kali. Jika harga naik 10%, keuntungan trader akan berlipat 17,5 kali menjadi 175%. Demikian pula, jika harga turun 10%, kerugian mereka juga akan diperbesar dengan kelipatan yang sama.

Arbitrase

Jika trader mengidentifikasi perbedaan harga yang signifikan antara pasar futures dan pasar aset acuan, mereka dapat memperoleh selisih harga dengan mengeksekusi perdagangan yang berlawanan secara bersamaan di kedua pasar tersebut. Ini juga dikenal sebagai arbitrase.

Perdagangan Berjangka di Bursa Crypto.com

Jelajahi Pasar Top Spot, Futures, dan Perpetual dengan Crypto.com Exchange dan pilih tanggal kedaluwarsa bulanan dan kuartalan untuk kontrak berjangka. Daftar untuk mendapatkan akun gratis di sini.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual aset digital apa pun. Pengembalian atas pembelian dan penjualan aset digital dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal dan/atau pajak penghasilan, di yurisdiksi Anda atau yurisdiksi tempat Anda menjadi penduduk untuk tujuan perpajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset digital bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar dari harga pembelian Anda. Saat menilai aset digital, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas sendiri untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

futures

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens