Penipuan Crypto Romance: Apa Itu dan Bagaimana Menghindarinya

Kencan baru Anda mengajak Anda ke dalam proyek kripto baru yang sedang hangat? Ini bisa jadi penipuan percintaan. Berikut cara kerjanya dan cara mengenalinya.

Sep 13, 2023
|

Apa Itu Penipuan Pengiriman Uang 1

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Penipuan adalah skema penipuan yang bertujuan untuk menipu uang dan/atau informasi pribadi seseorang.
  • Penipuan percintaan melibatkan penipu yang membentuk hubungan online, sering kali dengan cepat menyatakan cinta.
  • Perkembangan hubungan yang cepat ditambah dengan kurangnya panggilan video dan ketidakmampuan untuk bertemu langsung mungkin merupakan tanda bahaya.
  • Setelah hubungan emosional terbentuk, penipu mencoba membuat korbannya berinvestasi dalam proyek atau platform kripto palsu.
  • Gunakan skeptisisme, penelitian, dan akal sehat untuk melindungi diri dari taktik manipulatif ini.

Apa itu Penipuan?

Penipuan adalah skema penipuan atau penipuan yang dirancang untuk mengelabui individu agar memberikan uang, informasi pribadi, dan/atau aset berharga lainnya. Penipu menggunakan berbagai taktik dan strategi untuk memanipulasi korbannya agar percaya bahwa mereka berhadapan dengan peluang, layanan, atau produk yang sah, padahal kenyataannya niat mereka tidak jujur ​​dan jahat.

Penipuan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, seperti peluang investasi palsu, email phishing , skema piramida, pencurian identitas, penipuan lotere, penipuan cepat kaya , dan banyak lagi. Mereka sering mengeksploitasi pemicu psikologis seperti urgensi, ketakutan, keserakahan, atau keinginan untuk mendapatkan keuntungan untuk memanipulasi korban agar mengambil tindakan yang menguntungkan si penipu.

Apa Itu Penipuan Romantis?

Penipuan romantis adalah salah satu penipuan tradisional yang telah merambah ke dunia kripto. Dalam penipuan ini, penipu menjalin hubungan dengan seseorang yang mereka temui secara online. Hubungan tersebut biasanya berkembang dengan cepat, dengan pengakuan cinta yang segera dibuat oleh si penipu.

Begitu penipu semakin memperketat cengkeramannya terhadap korban, mereka cenderung menggunakan taktik untuk mendapatkan uang, seperti menjauhkan diri; ketika ditanya, mereka mungkin menyatakan bahwa hal tersebut disebabkan oleh kesulitan keuangan atau karena merawat anggota keluarga yang sakit dan memerlukan pengobatan yang tidak mampu mereka bayar. Dalam kasus lain, penipu ingin bertemu korbannya tetapi tidak mampu membayar biaya perjalanan.

Salah satu tandanya, jika digabungkan dengan faktor lain, adalah jika penipu tidak pernah menyetujui panggilan video. Alasannya mungkin seperti koneksi internet yang buruk. Dalam semua kasus penipuan percintaan, penipu mengklaim bahwa mereka sangat membutuhkan dana sambil menjanjikan pembayaran kembali, namun tidak pernah sampai.

Cara Kerja Penipuan Romantis Secara Detail

Penipuan percintaan biasanya terjadi dalam beberapa tahap, masing-masing dirancang untuk membangun kepercayaan dan hubungan emosional dengan korban sambil memanipulasi mereka untuk mengirimkan uang. Di bawah ini adalah rincian rinci tentang cara kerja penipuan percintaan kripto:

Menciptakan Identitas Palsu: Seperti penipuan percintaan tradisional, penipu menciptakan kepribadian online palsu, sering kali menggambarkan diri mereka sebagai individu yang menarik dan sukses. Mereka mungkin menggunakan foto curian dan informasi pribadi untuk membuat profil mereka tampak asli.

Memulai Kontak: Penipu memulai kontak dengan korban, mungkin di situs kencan, platform media sosial, atau melalui email. Mereka mulai membangun hubungan dengan menggunakan bahasa yang menyanjung, pujian, dan terlibat dalam percakapan ramah.

Membangun Hubungan Emosional: Mirip dengan penipuan percintaan tradisional, penipu menghabiskan waktu membangun kepercayaan dan hubungan emosional dengan korban. Mereka berbagi cerita dan pengalaman pribadi, menciptakan rasa keintiman.

Pengenalan Mata Uang Kripto: Seiring kemajuan hubungan, penipu memperkenalkan konsep mata uang kripto, menyoroti potensi keuntungan yang tinggi. Mereka mungkin berbicara tentang kesuksesan mereka sendiri di pasar kripto untuk lebih memikat korbannya.

Peluang yang Menjanjikan: Penipu memperkenalkan korbannya pada ‘peluang’ yang dianggap ada di pasar mata uang kripto. Mereka mengaku memiliki informasi orang dalam atau koneksi ke platform perdagangan yang menguntungkan.

Menciptakan Urgensi: Untuk menekan korban agar mengambil keputusan cepat, penipu menciptakan rasa urgensi. Mereka mungkin menyatakan bahwa peluang investasi ini bersifat sensitif terhadap waktu dan korban harus segera bertindak untuk mengamankan keuntungan mereka.

Meminta Uang: Penipu meminta korban untuk memasukkan uang ke dalam skema mata uang kripto. Mereka mungkin mengklaim bahwa investasi awal korban akan menghasilkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Taktik Manipulatif: Penipu menggunakan manipulasi emosional, janji masa depan bersama, dan kepercayaan korban pada hubungan romantis untuk meyakinkan mereka agar menginvestasikan lebih banyak uang. Mereka mungkin juga meremehkan keraguan atau kekhawatiran yang disampaikan oleh korban.

Keuntungan Fiktif: Dalam beberapa kasus, penipu mungkin menunjukkan tangkapan layar atau dokumen palsu yang menunjukkan keuntungan dari investasi mata uang kripto, yang bertujuan untuk menciptakan kesan sukses yang palsu.

Tindakan Menghilang: Setelah korban menginvestasikan sejumlah besar uang, penipu mungkin tiba-tiba menghilang. Mereka memutus komunikasi, meninggalkan korban dengan kerugian finansial dan tekanan emosional.

Cara Menghindari Terjerat Penipuan Romantis

  • Berpikirlah secara rasional daripada emosional ketika bertemu seseorang yang perilakunya sesuai dengan uraian di atas atau menunjukkan alasan lain yang dapat menimbulkan kecurigaan.
  • Tidak pernah melihat orang tersebut (bahkan melalui video call) selama menjalin hubungan mungkin merupakan tanda bahaya penipuan.
  • Hubungan yang berkembang sangat cepat, terutama jika digabungkan dengan faktor lain, juga menjadi penyebab kekhawatiran dan mungkin menandakan penipuan jenis ini.
  • Gunakan pencarian gambar terbalik untuk melihat apakah penipu menggunakan foto orang lain.
  • Untuk menyembunyikan identitas dan lokasinya, penipu sering kali memaksa agar dana ditransfer dalam mata uang kripto, kartu prabayar, atau kartu hadiah.

Untuk informasi lebih lanjut tentang menjaga keamanan akun Crypto.com Anda, baca Tips Keamanan Penting kami.

Kesimpulan

Untuk melindungi diri Anda dari penipuan percintaan kripto, penting untuk berhati-hati saat terlibat dalam hubungan online dan peluang yang tampaknya besar. Bersikaplah skeptis terhadap siapa pun yang meminta untuk berinvestasi dalam mata uang kripto tertentu, terutama jika hal tersebut terkait dengan hubungan romantis yang dikembangkan secara online. Verifikasi keabsahan platform kripto, dan gunakan akal sehat untuk menghindari tertipu tipuan penipu asmara.

Dan selalu lakukan riset Anda sendiri .

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

scams

security

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens