Market Maker vs Market Taker Kripto — Siapa Mereka dan Bagaimana Pengaruhnya

Market maker kripto menyediakan likuiditas dengan menempatkan pesanan beli dan jual, sementara market taker mencari eksekusi langsung dari pesanan mereka. Inilah cara mereka berinteraksi satu sama lain.

Feb 07, 2024
|

What Are Market Makers Market Takers

Poin-poin Penting:

  • Di pasar mata uang kripto, market maker menyediakan likuiditas dengan menempatkan pesanan beli dan jual di buku pesanan, mengambil untung dari spread bid-ask.
  • Sebaliknya, market taker mencari eksekusi segera dengan mencocokkan perdagangan mereka dengan pesanan yang ada, sering kali menggunakan pesanan pasar.
  • Market maker sering kali merupakan entitas yang berspesialisasi dalam menyediakan likuiditas, seperti perusahaan trading atau penyedia likuiditas, dan memainkan peran penting dalam mempertahankan pasar yang likuid, mempersempit spread bid-ask, dan menciptakan peluang jual-beli yang berkelanjutan.
  • Market taker memprioritaskan eksekusi segera dan mencocokkan perdagangan mereka dengan pesanan yang ada di buku pesanan. Mereka sering menggunakan pesanan pasar, menerima harga pasar yang berlaku, dan mungkin dikenakan biaya transaksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan market maker.
  • Meskipun sebagian besar market maker reguler adalah institusional, para ‘whale crypto’ dapat bertindak sebagai market maker atau taker pada saat-saat tertentu karena volume tindakan mereka.

Apa yang dimaksud dengan Market Maker?

Dalam konteks pasar mata uang kripto, market maker memainkan peran yang mirip dengan pasar keuangan tradisional (TradFi). Market maker kripto adalah entitas atau individu yang memfasilitasi jual-beli mata uang kripto dengan menyediakan likuiditas ke pasar. Pembuat pasar bekerja sama dengan bursa kripto untuk menyediakan likuiditas ke pasar dan memfasilitasi jual-beli yang lancar.

Kehadiran market maker di pasar kripto sangat penting untuk efisiensi pasar secara keseluruhan. Mereka membantu mengurangi spread bid-ask, meningkatkan likuiditas, dan berkontribusi pada kelancaran fungsi bursa mata uang kripto.

Di bawah ini adalah beberapa peran utama yang mereka jalankan:

Penyediaan Likuiditas

Seperti di pasar tradisional, pembuat pasar kripto menyediakan likuiditas dengan mengutip harga beli dan jual untuk berbagai mata uang kripto . Hal ini membantu memastikan adanya pasar yang berkelanjutan untuk aset-aset ini, sehingga trader dapat membeli atau menjualnya kapan saja.

Bid-Ask Spread

Para market maker mendapatkan keuntungan dari bid-ask spread, yang merupakan selisih antara harga beli (bid) dan harga jual (ask). Mereka bertujuan untuk membeli pada harga yang lebih rendah dan menjual pada harga yang lebih tinggi, menangkap spread sebagai keuntungan mereka.

Manajemen Risiko

Para market maker kripto mengambil risiko dengan menyimpan sejumlah mata uang kripto dalam inventaris mereka. Untuk mengelola risiko ini, mereka dapat menggunakan berbagai strategi, termasuk lindung nilai dan menggunakan algoritma jual-beli yang canggih.

Jual-Beli Elektronik

Banyak market maker kripto beroperasi secara elektronik dan menggunakan strategi jual-beli algoritmik untuk menyesuaikan kuotasi mereka secara real time berdasarkan kondisi pasar. Ini membantu mereka merespons dengan cepat terhadap perubahan penawaran dan permintaan.

Hubungan Bursa

Market maker sering kali memiliki hubungan yang dekat dengan bursa mata uang kripto. Mereka dapat bekerja secara langsung dengan bursa untuk menyediakan likuiditas ke pasangan jual-beli tertentu, dan beberapa bursa bahkan menawarkan program insentif untuk mendorong para market maker untuk berpartisipasi dalam pasar mereka.

Kolaborasi antara market maker dan bursa kripto saling menguntungkan. market maker meningkatkan likuiditas di bursa, membuatnya lebih menarik bagi para trader, sementara bursa mendapatkan keuntungan dari peningkatan aktivitas jual-beli dan pasar yang lebih efisien.

Peluang Arbitrase

Para market maker di pasar kripto juga dapat terlibat dalam peluang arbitrase, mengambil keuntungan dari perbedaan harga antara bursa yang berbeda atau pasangan jual-beli.

Kepatuhan terhadap Peraturan

Market maker kripto tunduk pada pertimbangan regulasi, dan aktivitas mereka dapat diatur tergantung pada yurisdiksi. Kepatuhan terhadap peraturan yang relevan sangat penting untuk memastikan praktik jual-beli yang adil dan transparan.

Apa yang dimaksud dengan Market Taker?

Market Taker adalah individu atau entitas yang menempatkan pesanan yang sesuai dengan pesanan yang ada di buku pesanan. Tidak seperti market maker, yang menyediakan likuiditas dengan menempatkan pesanan pada buku pesanan, market taker ‘mengambil’ likuiditas dengan mengeksekusi jual-beli terhadap pesanan yang ada.

Market taker memasuki pasar dengan tujuan untuk segera mengeksekusi jual-beli. Alih-alih menempatkan pesanan pada buku pesanan, mereka mencocokkan jual-beli mereka dengan pesanan yang sudah ada yang ditempatkan oleh market maker atau market taker lainnya.

Market taker sering menggunakan pesanan pasar, yang merupakan instruksi untuk membeli atau menjual aset dengan harga terbaik yang tersedia di pasar. Pesanan pasar dieksekusi pada harga pasar yang berlaku, dan memastikan eksekusi yang cepat tetapi tidak menjamin harga tertentu.

Jual-Beli Langsung Pada Harga Terbaik

Dalam mencari eksekusi cepat dari jual-beli mereka, market taker bersedia menerima harga pasar saat ini sebagai ganti atas kesegeraan, dan jual-beli mereka diisi berdasarkan likuiditas yang ada di buku pesanan.

Di banyak bursa mata uang kripto, market taker dikenakan biaya transaksi untuk jual-beli mereka. Biaya ini biasanya lebih tinggi daripada biaya yang dibebankan kepada market maker. Alasannya adalah karena market taker mengambil likuiditas dari buku pesanan dan bukan menyediakannya.

Secara umum, market taker bereaksi terhadap kondisi dan harga pasar saat ini. Mereka tidak menunggu pesanan mereka dicocokkan; sebaliknya, mereka memanfaatkan likuiditas yang ada di pasar. Karena market taker mengeksekusi jual-beli dengan harga pasar terbaik yang tersedia, mereka tidak berkontribusi pada spread bid-ask. Sebaliknya, market maker mendapatkan keuntungan dari bid-ask spread.

Bagaimana Mereka Memengaruhi Pasar

Pesanan market taker yang besar dapat berdampak pada pasar, terutama jika likuiditas terbatas pada tingkat harga saat ini. Dampak ini dapat menyebabkan slippage harga, yaitu harga eksekusi aktual berbeda dari harga yang diharapkan.

Trader dapat beralih antara menjadi market maker dan market taker berdasarkan strategi trading dan kondisi pasar. Memahami peran market maker dan market taker sangat penting untuk memahami dinamika likuiditas dan penemuan harga di pasar mata uang kripto.

Crypto Whale Merupakan Market Maker atau Market Taker?

Crypto Whale, yang merupakan individu atau entitas yang memiliki sejumlah besar mata uang kripto, dapat terlibat dalam berbagai aktivitas di pasar, termasuk sebagai market maker dan taker.

Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua crypto whale adalah market maker, dan istilah tersebut tidak sama.

Crypto Whale sebagai Market Maker

Beberapa crypto whale dapat bertindak sebagai market maker dengan menyediakan likuiditas ke pasar. Mereka dapat menempatkan pesanan beli dan jual pada buku pesnan, menciptakan pasar untuk pasangan jual-beli tertentu. Dengan demikian, mereka berkontribusi pada likuiditas, mempersempit spread bid-ask, dan membantu memastikan ada pembeli dan penjual di pasar. Crypto Whale dengan kepemilikan yang besar mungkin memiliki kapasitas untuk memengaruhi kondisi pasar.

Crypto Whale sebagai Market Taker

Pada sisi lain, crypto whale juga dapat bertindak sebagai market taker. Jika mereka memiliki tujuan jual-beli tertentu dan ingin mengeksekusi jual-beli besar dengan cepat, mereka dapat menggunakan pesanan pasar untuk mencocokkan pesanan yang ada di buku pesanan. Hal ini dapat menghasilkan eksekusi langsung tetapi juga dapat menyebabkan slippage harga, terutama jika ukuran pesanan signifikan relatif terhadap likuiditas yang ada di pasar.

Bagaimana Whale Memengaruhi Pasar

Dalam praktiknya, beberapa pemegang mata uang kripto yang besar dapat terlibat sebagai market maker dan taker, tergantung pada strategi jual-beli, kondisi pasar, dan tujuan mereka. Mereka dapat berkontribusi pada likuiditas selama periode tertentu dan bertindak sebagai market taker ketika mereka perlu melakukan jual-beli dengan cepat.

Crypto whale, karena ukuran kepemilikan mereka, dapat memiliki dampak penting pada dinamika pasar. Aktivitas jual-beli mereka, baik sebagai market maker atau taker, dapat memengaruhi pergerakan harga jangka pendek. Pengaruh ini telah mengarah pada pengamatan bahwa tindakan pemegang saham besar terkadang dapat menjadi faktor kunci dalam sentimen dan volatilitas pasar.

Tindakan masing-masing paus dapat sangat bervariasi. Beberapa whale mungkin lebih fokus pada kepemilikan jangka panjang dan tidak secara aktif terlibat dalam jual-beli, sementara yang lain mungkin merupakan trader yang canggih yang menggunakan berbagai strategi.

Kesimpulan

Memahami peran market maker, market taker, dan cypto whale sangat penting untuk memahami seluk-beluk ekosistem pasar kripto. Market maker memainkan peran penting dalam menyediakan likuiditas dengan menempatkan pesanan beli dan jual pada buku pesanan, berkontribusi pada penemuan harga yang efisien. Pada sisi lain, market taker mencari eksekusi segera dengan mencocokkan jual-beli mereka dengan pesanan yang ada, sering kali menggunakan pesanan pasar.

Crypto whale, yang mewakili entitas dengan kepemilikan yang signifikan, dapat berperan dalam aktivitas sebagai market maker dan market taker, memanfaatkan posisi mereka yang besar untuk memengaruhi dinamika pasar.

Dalam lanskap pasar mata uang kripto yang dinamis, tindakan para pelaku pasar, termasuk market maker institusional dan whale individual yang berpengaruh, berkontribusi pada likuiditas, efisiensi, dan volatilitas pasar secara keseluruhan.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada hal yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan atas pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Exchange

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens