Token Tata Kelola Maker (MKR): Cara Kerja dan Cara Mendapatkannya

Inilah cara kerja MKR — token tata kelola dan utilitas MakerDAO — dan hak yang dimiliki oleh para pemilik.

Nov 24, 2023
|

What Is Maker F

Poin-poin Penting:

  • Didirikan pada tahun 2014, MakerDAO memperkenalkan perubahan paradigma dalam keuangan dengan organisasi otonom yang terdesentralisasi (DAO).
  • MKR adalah token tata kelola dan utilitas dalam ekosistem MakerDAO, tempat para pemegang MKR secara aktif berpartisipasi dalam mengatur salah satu koin stabil terdesentralisasi pertama di dunia, DAI, bersama dengan token lainnya.
  • Pemegang memengaruhi MakerDAO dengan memberikan suara pada parameter seperti biaya stabilitas, memastikan nilai DAI berada di sekitar US$1 melalui penyesuaian suplai berdasarkan kondisi pasar.
  • Saat keadaan darurat, platform dapat memicu penghentian, menyelesaikan utang DAI dan melikuidasi jaminan untuk melindungi ekosistem MakerDAO.
  • Suplai MKR yang beredar adalah 977.631 (per Oktober 2023) dari maksimum 1,01 juta token.

Pengenalan tentang MakerDAO

Dalam lanskap dinamis keuangan terdesentralisasi (DeFi), solusi inovatif terus bermunculan dan MakerDAO (MKR) berdiri sebagai landasan yang menopang salah satu platform peminjaman terdesentralisasi paling populer di dunia mata uang kripto.

Didirikan pada tahun 2014, MakerDAO mewakili perubahan paradigma dalam sistem keuangan tradisional. Ini adalah salah satu DAO perintis di blockchain Ethereum, yang menyediakan layanan DeFi yang unik: menerbitkan dan mengatur koin stabil DAI. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari seluk-beluk token MKR, mengungkap apa yang diwakilinya, dan mengeksplorasi fungsinya untuk membentuk kembali masa depan transaksi keuangan.

Sejarah Singkat Maker, MakerDAO, dan DAI

Maker Protocol (juga dikenal sebagai Multi-Collateral DAI System) dimulai pada tahun 2015 untuk mengembangkan sistem kredit tanpa izin, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pengguna untuk meminjam uang dengan menggunakan mata uang kripto sebagai jaminan. Kontrak pintar menghasilkan pinjaman ini dengan mencetak DAI, sebuah koin stabil yang dipatok ke dolar AS.

Maker Foundation mengembangkan protokol ini bekerja sama dengan berbagai pihak ketiga, berusaha mengurangi tingkat kontrolnya dari waktu ke waktu, dan akhirnya menyerahkan kekuasaan kepada MakerDAO untuk mengawasi protokol tersebut.

Maker (MKR) adalah token ERC-20 terdesentralisasi yang digunakan untuk tata kelola dan utilitas dalam ekosistem MakerDAO, tempat pemegang token MKR di seluruh dunia memberikan suara pada perubahan besar. Ini adalah mekanisme bagi investor dan peminjam untuk terlibat dalam ekosistem Maker. DAI dibuat ketika pengguna mengunci mata uang kripto lain untuk mengambil pinjaman dari Maker Protocol. Bersama-sama, MKR dan DAI menciptakan dinamika ekonomi yang unik dalam platform MakerDAO. Namun, dibandingkan dengan DAI, nilai MKR lebih tidak stabil.

Bagaimana Cara Kerja Maker (MKR)?

Stabilitas Melalui Kolateralisasi dan Rekapitalisasi

Stabilitas MakerDAO dipertahankan melalui kontrak pintar yang disebut posisi utang yang dijaminkan (collateralised debt positions/CDP). Pengguna dapat mengunci aset jaminan berbasis Ethereum (token ERC-20) untuk menghasilkan DAI. MKR dirancang untuk mendukung DAI dan berperan ketika sistem perlu menstabilkan nilai DAI.

Tata Kelola Terdesentralisasi

Pemegang MKR memiliki kekuatan untuk memengaruhi proses pengambilan keputusan MakerDAO. Mereka berpartisipasi dalam pemungutan suara pada proposal yang memengaruhi platform, seperti perubahan biaya stabilitas, jenis jaminan, dan parameter penting lainnya. Model tata kelola yang demokratis ini memastikan bahwa komunitas MakerDAO secara kolektif menentukan arah platform. Pelajari lebih lanjut tentang parameter risiko yang dapat dipilih oleh pemegang MKR.

Penghentian dan Likuidasi Darurat

Dalam skenario ekstrem, seperti volatilitas pasar yang parah atau pelanggaran sistem yang signifikan, pemegang MKR dapat memicu penghentian darurat. Selama proses ini, semua utang DAI yang belum dilunasi akan diselesaikan, dan jaminan sistem akan dilelang untuk menutupi penerbitan DAI, sehingga melindungi stabilitas ekosistem MakerDAO.

Token Utilitas Pembayaran

MKR juga berfungsi sebagai token utilitas, yang digunakan untuk membayar biaya yang masih harus dibayar pada CDP.

MKR Tokenomic

Di bawah ini adalah ringkasan dari fakta dan angka terpenting MKR:

  • Nama Token: Maker (MKR)
  • Utilitas: MKR berfungsi sebagai token tata kelola dan utilitas dalam ekosistem MakerDAO.
  • Tata Kelola: Pemegang MKR memiliki hak suara untuk memengaruhi keputusan MakerDAO, termasuk perubahan biaya stabilitas dan jenis jaminan.
  • Suplai Beredar: 977.631 per November 2023
  • Suplai Maksimum: 1,01 juta

Manfaat Utama dari Token Maker (MKR)

  • Tata Kelola Terdesentralisasi: Pemegang MKR memiliki suara dalam keputusan platform, mendorong pengembangan berbasis komunitas dan kemampuan beradaptasi.
  • Mekanisme Stabilitas: MKR memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas DAI, memastikannya tetap sedekat mungkin dengan patokan US$1.
  • Kolateralisasi: MKR menjaminkan seluruh sistem MakerDAO, memberikan keamanan dan stabilitas bagi pengguna yang berinteraksi dengan DAI.
  • Penghentian Darurat: Pemegang MKR dapat memicu penghentian darurat, menyelesaikan utang DAI yang belum dilunasi dan melikuidasi jaminan dalam skenario ekstrem, memastikan stabilitas sistem.

Risiko dan Tantangan

  • Volatilitas: Nilai MKR dapat berubah-ubah dibandingkan dengan koin stabil DAI, sehingga menimbulkan risiko bagi para trader. Fluktuasi dapat memengaruhi stabilitas sistem MakerDAO.
  • Kerentanan Kontrak Pintar: Seperti halnya platform DeFi lainnya, kontrak pintar rawan terhadap bug dan kerentanan, yang berpotensi membahayakan dana pengguna dan stabilitas sistem.
  • Dinamika Pasar: Faktor ekonomi dan perilaku pasar dapat memengaruhi permintaan dan penawaran DAI, yang memengaruhi peran MKR dalam mekanisme stabilitas.

Cara Jual-Beli Token MKR

Maker (MKR) terdaftar di Crypto.com, App bergabung dengan daftar 250 lebih mata uang kripto dan koin stabil yang didukung, termasuk Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Polkadot (DOT), USD Coin (USDC), dan Cronos (CRO).

Pengguna Crypto.com App sekarang dapat membeli MKR dengan harga asli dengan USD, EUR, GBP, dan 20 lebih mata uang fiat lainnya dan membelanjakannya di lebih dari 80 juta merchant di seluruh dunia dengan menggunakan Kartu Visa Crypto.com. Sebagai alternatif, pengguna juga dapat memperjualbelikan Maker di Crypto.com Exchange.

Unduh Crypto.com App untuk mulai jual-beli MKR hari ini.

Kesimpulan

Dalam dunia keuangan terdesentralisasi yang dinamis, token Maker (MKR) berdiri sebagai bukti potensi DeFi. Karena ruang DeFi terus berkembang, ekosistem MakerDAO, yang digerakkan oleh token MKR, tetap menjadi yang terdepan, yang menggambarkan kekuatan transformatif teknologi blockchain dalam membentuk kembali keuangan global.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada hal yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan atas pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dari Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Crypto.com Exchange, silakan lihat tautan berikut dan pastikan Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

cryptocurrencies

dao

governance tokens

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens