Apa itu MakerDAO (DAI)?

Pelajari tentang DAO dari DAO dan koin stabilnya, DAI — termasuk cara menggunakan, memperjualbelikan, dan membuatnya.

Oct 09, 2023
|

What Is Dai

Poin-poin Penting:

  • MakerDAO adalah organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) yang memungkinkan pengguna untuk meminjamkan dan meminjam mata uang kripto tanpa perlu perantara.
  • MakerDAO menerbitkan DAI, sebuah mata uang kripto di blockchain Ethereum, dan Maker, token tata kelolanya.
  • DAI adalah koin stabil yang dirancang untuk berbagai aplikasi DeFi, termasuk borrowing, lending, jual-beli, yield farming, dan pengiriman uang.
  • Siapa pun dapat memperoleh DAI di pasar terbuka; keanggotaan MakerDAO tidak diperlukan.

Apa itu MakerDAO?

MakerDAO adalah organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) yang berfokus pada pengembangan teknologi untuk pinjam meminjam dan menabung yang terdesentralisasi. Ini memungkinkan pengguna untuk meminjamkan dan meminjam mata uang kripto tanpa bergantung pada perantara apa pun. MakerDAO menerbitkan dua mata uang kripto: Dai (DAI), sebuah koin stabil di blockchain Ethereum; dan token tata kelolanya, Maker (MKR).

Dibuat di blockchain Ethereum, DAI adalah koin stabil yang bertujuan untuk mempertahankan nilai satu dolar AS. Token MKR mendukung stabilitas DAI dan memungkinkan tata kelola untuk sistem. Pengembangan sistem MakerDAO diatur melalui pemungutan suara langsung oleh para peserta dalam ekosistem dalam upaya untuk membuatnya transparan.

Apa Saja Fitur Utama MakerDAO?

MakerDAO dan Dai telah mendapatkan popularitas dalam ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan digunakan untuk berbagai aplikasi, termasuk lending, borrowing, jual-beli, dan sebagai penyimpan nilai yang stabil di dunia mata uang kripto yang bergejolak. Di bawah ini adalah fitur-fitur utama yang dapat dinikmati oleh anggota MakerDAO dan pemegang DAI dan MKR:

Koin Stabil DAI: DAI adalah koin stabil mata uang kripto yang bertujuan untuk mempertahankan patokan 1:1 dengan dolar AS. Tidak seperti koin stabil lain yang biasanya didukung oleh mata uang fiat tradisional di bank terpusat, DAI dijamin dengan mata uang kripto seperti Ethereum (ETH) dan aset berbasis Ethereum lainnya yang disetujui oleh pemegang MKR. Pengguna dapat menghasilkan DAI dengan mengunci aset jaminan mereka dalam kontrak pintar di platform MakerDAO untuk mendapatkan koin stabil yang terdesentralisasi dan dijaminkan.

Pelajari lebih lanjut tentang koin stabil dan berbagai bentuk dukungan dana.

Posisi Utang yang Dijaminkan (Collateralised Debt Positions/CDP): Untuk menghasilkan DAI melalui platform MakerDAO, pengguna perlu membuat Collateralised Debt Positions (CDPs), yang merupakan kontrak pintar di platform MakerDAO di mana pengguna mengunci ETH mereka sebagai jaminan dan menghasilkan DAI berdasarkan nilai jaminan tersebut. Pengguna diharuskan untuk mempertahankan rasio jaminan tertentu untuk memastikan stabilitas sistem. Jika nilai ETH yang terkunci jatuh di bawah ambang batas tertentu, CDP dapat dilikuidasi dan agunan dilelang untuk menutupi utang.

Token MKR: Selain DAI, MakerDAO memiliki MKR — token tata kelolanya sendiri — di sana pemegangnya memainkan peran penting dalam mengatur sistem MakerDAO. Mereka bertanggung jawab untuk membuat keputusan tentang parameter, manajemen risiko, dan tata kelola platform secara keseluruhan. Selain itu, token MKR digunakan untuk membayar biaya dan denda di dalam sistem. Jika CDP dilikuidasi, sebagian dari jaminan digunakan untuk membeli dan membakar token MKR, mengurangi total suplai, yang dapat meningkatkan nilai token MKR.

Pelajari lebih lanjut tentang cara kerja DAO.

Tata Kelola dan Pemungutan Suara: Pemegang MKR berpartisipasi dalam tata kelola MakerDAO dengan memberikan suara pada proposal dan perubahan pada parameter platform. Model tata kelola yang terdesentralisasi ini memungkinkan komunitas untuk secara kolektif memutuskan masalah-masalah seperti biaya stabilitas (suku bunga atas Dai yang dihasilkan), jenis jaminan, dan parameter sistem lainnya.

Desentralisasi dan Stabilitas: MakerDAO bertujuan untuk memberikan stabilitas di pasar mata uang kripto dengan menciptakan koin stabil (Dai) yang tidak bergantung pada otoritas terpusat atau lembaga keuangan tradisional (TradFi). Desentralisasi dan transparansi sistem dimaksudkan untuk mengurangi risiko manipulasi dan menjaga stabilitas koin stabil Dai.

Transparansi: Sistem MakerDAO beroperasi di blockchain Ethereum, memberikan transparansi dan kemampuan audit atas operasinya. Pengguna dapat melacak penerbitan dan sirkulasi Dai di blockchain.

Apa itu Token DAI?

Dai (DAI) adalah koin stabil yang dirancang untuk mempertahankan nilai yang stabil, dipatok secara lunak ke dolar AS. Stabilitasnya membuatnya berguna untuk berbagai kasus penggunaan dalam ekosistem DeFi dan seterusnya:

Sarana Stabil untuk Menyimpan Nilai: Dai sering digunakan sebagai sarana yang stabil untuk menyimpan nilai dalam dunia mata uang kripto yang bergejolak. Pengguna dapat menyimpan Dai tanpa perlu mengkhawatirkan fluktuasi harga seperti yang biasa terjadi pada mata uang kripto lainnya seperti Bitcoin atau Ethereum.

Perdagangan Terdesentralisasi: Trader di ruang DeFi sering menggunakan Dai sebagai pasangan jual-beli yang stabil. Dai menyediakan unit akun yang stabil untuk jual-beli terhadap mata uang kripto lainnya, sehingga memungkinkan para trader untuk melakukan lindung nilai terhadap volatilitas pasar.

Pinjam Meminjam: Dai memainkan peran sentral dalam platform peminjaman DeFi. Pengguna dapat meminjam Dai dengan menjaminkan aset mereka, dan pemberi pinjaman dapat memperoleh bunga dengan memberikan Dai kepada peminjam. Stabilitas Dai memastikan bahwa peminjam dapat membayar kembali pinjaman mereka tanpa menghadapi volatilitas harga yang besar.

Yield Farming dan Penyediaan Likuiditas: Pengguna DeFi sering kali berpartisipasi dalam yield farming dan penyediaan likuiditas dengan menyediakan likuiditas ke bursa terdesentralisasi (DEX) dan pool likuiditas. Dai adalah aset yang umum digunakan untuk tujuan ini, karena memungkinkan pengguna untuk mendapatkan biaya dan imbalan sambil mempertahankan nilai yang stabil.

Pengiriman uang: Dai dapat digunakan untuk pengiriman uang lintas batas dan pembayaran internasional. Stabilitas dan biaya transaksi yang rendah membuatnya menjadi pilihan yang menarik untuk mentransfer nilai lintas batas.

Lindung nilai: Bisnis dan individu menggunakan Dai untuk melakukan lindung nilai terhadap volatilitas harga mata uang kripto lainnya. Contohnya, bisnis yang menerima pembayaran dalam mata uang kripto dapat mengonversi dana tersebut ke dalam Dai untuk mengurangi risiko fluktuasi nilai.

Integrasi Dapp: Beberapa aplikasi terdesentralisasi (dapps) dan proyek blockchain mengintegrasikan Dai sebagai mata uang yang stabil dalam ekosistem mereka. Integrasi ini dapat meningkatkan kegunaan dan stabilitas platform-platform ini.

Secara keseluruhan, stabilitas dan keserbagunaan Dai menjadikannya aset yang berguna di dunia DeFi dan seterusnya, memungkinkan berbagai aktivitas keuangan dan memberikan fondasi yang stabil untuk berbagai aplikasi berbasis blockchain.

Apakah Hanya Anggota MakerDAO yang Dapat Memperoleh DAI?

Keanggotaan MakerDAO tidak diperlukan untuk mendapatkan DAI, yang dapat dibeli di pasar terbuka dari bursa mata uang kripto oleh siapa pun yang tertarik untuk mendapatkannya. Namun, keanggotaan MakerDAO dan kepemilikan token DAI memberikan manfaat dan peluang tambahan bagi pengguna, seperti berpartisipasi dalam tata kelola dan mendapatkan bunga dari DAI yang dipinjamkan; namun, hal tersebut bukanlah prasyarat untuk memperoleh DAI.

Tokenomic DAI

Tokenomic Dai (DAI) didasarkan pada sistem kontrak pintar dan mekanisme yang kompleks yang dirancang dengan tujuan menjaga stabilitas dan nilainya sekitar satu dolar AS. Di bawah ini adalah beberapa aspek utama dari tokenomics Dai:

Stabilitas dan Pematokan: Tujuan utama tokenomic Dai adalah menjaga nilai 1 Dai sedekat mungkin dengan US$1. Untuk mencapai hal ini, sistem ini menggunakan kombinasi dari jaminan yang berlebihan dan mekanisme otomatis.

Penjaminan: Dai dihasilkan oleh pengguna yang mengunci jaminan mata uang kripto dalam kontrak pintar, yang disebut Posisi Utang yang Dijaminkan (CDP). Jaminan yang paling umum adalah Ethereum (ETH); jenis aset lain juga diterima.

Rasio Jaminan: Pengguna harus mempertahankan rasio jaminan tertentu (seringkali di atas 100%) untuk menghasilkan Dai. Rasio ini memastikan bahwa nilai agunan secara signifikan melebihi nilai Dai yang dihasilkan, sehingga mengurangi risiko Dai menjadi kurang dijamin.

Biaya Stabilitas: Pengguna yang menghasilkan Dai dengan mengunci jaminan harus membayar biaya stabilitas, yang pada dasarnya adalah pembayaran bunga; biaya ini ditentukan oleh komunitas MakerDAO melalui tata kelola. Biaya ini dimaksudkan untuk memberi insentif bagi pembayaran Dai yang tepat waktu dan membantu menjaga stabilitasnya.

Likuidasi: Jika nilai jaminan dalam CDP jatuh di bawah ambang batas tertentu karena fluktuasi harga, CDP dapat dilikuidasi, yang melibatkan penjualan jaminan untuk menutupi utang Dai yang belum dibayar, memastikan bahwa Dai tetap memiliki jaminan penuh.

Dai Savings Rate (DSR): Dai Savings Rate adalah mekanisme yang memungkinkan pemegang Dai untuk mendapatkan bunga atas kepemilikan mereka. Pengguna dapat mengunci Dai mereka ke dalam kontrak pintar DSR dan mendapatkan suku bunga variabel yang ditentukan oleh keputusan tata kelola.

Plafon Utang/Debt Ceiling: Ada batasan, yang dikenal sebagai plafon utang, pada jumlah total Dai yang dapat dihasilkan melalui CDP. Plafon ini ditetapkan oleh pemegang token MKR untuk mengelola paparan risiko sistem.

Pembakaran dan Lelang: Ketika token MKR digunakan untuk membayar biaya atau denda, token tersebut akan dibakar (dihancurkan), sehingga mengurangi total suplai MKR. Dalam kasus likuidasi CDP, token MKR dapat dilelang untuk menutupi utang yang belum dibayar.

Pembuat Pasar Otomatis: Sistem ini juga bergantung pada Pembuat Pasar Otomatis/Automatic Market Makers (AMM) yang terdesentralisasi untuk memfasilitasi jual-beli Dai dan mempertahankan patokannya terhadap dolar AS.

Cara Jual-Beli DAI

Dai (DAI) terdaftar di Crypto.com App dalam 250 mata uang kripto dan koin stabil yang terus berkembang dan didukung, termasuk Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Polkadot (DOT), USD Coin (USDC), dan Cronos (CRO).

Pengguna Crypto.com App sekarang dapat membeli Dai (DAI) dengan USD, EUR, GBP, dan lebih dari 20 mata uang fiat lainnya dan membelanjakannya di lebih dari 80 juta trader di seluruh dunia dengan menggunakan Kartu Visa Crypto.com. Sebagai alternatif, pengguna juga dapat memperjualbelikan DAI di Crypto.com Exchange.

Unduh Crypto.com App untuk mulai jual-beli DAI hari ini.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, tokenomics DAI dirancang dengan tujuan untuk memastikan stabilitas, keamanan, dan keberlanjutan sebagai koin stabil terdesentralisasi. Token ini menggabungkan kolateralisasi, tata kelola, dan mekanisme pasar untuk mencapai tujuannya dalam mempertahankan soft peg 1:1 terhadap dolar AS sambil beroperasi secara terdesentralisasi dan transparan dalam ekosistem MakerDAO.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada hal yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan atas pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dari Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Crypto.com Exchange, silakan lihat tautan berikut dan pastikan Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Blockchain

cryptocurrencies

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens