Apa itu Cardano (ADA)?

Dalam artikel ini, pelajari tentang solusi blockchain Cardano yang skalabel, berkelanjutan, dan dapat dioperasikan, serta fitur token aslinya, ADA.

Sep 11, 2023
|

Apa itu Cardano

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Cardano (ADA) adalah platform blockchain yang bertujuan untuk memberikan solusi yang lebih terukur, berkelanjutan, dan dapat dioperasikan dibandingkan pendahulunya.
  • Didirikan oleh Charles Hoskinson dan timnya, Cardano telah mendapatkan perhatian yang signifikan karena pendekatannya yang berbasis penelitian.
  • Cardano menggunakan arsitektur berlapis yang memisahkan lapisan penyelesaian dari lapisan komputasi, meningkatkan fleksibilitas dan skalabilitas.
  • ADA adalah mata uang kripto asli dari platform Cardano dan digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk transaksi dan staking.
  • Komitmen Cardano terhadap keberlanjutan dan efisiensi energi telah membuatnya mendapatkan reputasi sebagai ‘kripto hijau’, yang membedakannya dari jaringan blockchain lain yang lebih intensif energi.

Pendahuluan

Dunia blockchain dan mata uang kripto terus berkembang, dengan setiap inovasi berupaya mengatasi kekurangan pendahulunya. Cardano, sering disebut ADA , muncul sebagai pemain yang menonjol di arena ini.

Dikembangkan oleh tim yang dipimpin oleh Charles Hoskinson, salah satu pendiri Ethereum , Cardano membedakan dirinya dengan pendekatan berbasis penelitian, arsitektur berlapis, dan komitmen terhadap keberlanjutan. Dalam artikel ini, kami mempelajari dunia Cardano untuk memahami tujuan, mekanisme, token asli (ADA), tokennomics, dan label ‘kripto hijau’ yang diberikan oleh beberapa orang.

Apa itu Cardano?

Cardano memandang dirinya sebagai platform blockchain generasi ketiga yang dirancang untuk mengatasi keterbatasan blockchain sebelumnya seperti Bitcoin dan Ethereum. Diluncurkan pada tahun 2017, Cardano berupaya menawarkan solusi yang lebih terukur , berkelanjutan, dan dapat dioperasikan untuk blockchain. Tidak seperti beberapa proyek yang hanya berfokus pada pengembangan kode, Cardano menekankan pencarian fakta dan analisis, yang bertujuan untuk menciptakan landasan yang kuat melalui pengawasan ilmiah dan penelitian akademis yang ditinjau oleh rekan sejawat.

Apa Itu Token ADA?

Inti dari ekosistem Cardano adalah cryptocurrency aslinya, ADA. Dinamakan berdasarkan Ada Lovelace , seorang ahli matematika dan penulis perintis, ADA memiliki berbagai fungsi dalam ekosistem. Ini bertindak sebagai alat pertukaran, memfasilitasi transaksi antar pengguna, dan digunakan untuk membayar biaya transaksi dan mendistribusikan hadiah.

Selain itu, ADA memainkan peran penting dalam mekanisme staking platform, yang membantu mengamankan jaringan dan mencapai konsensus melalui protokol Proof of Stake ( PoS ).

Bagaimana Cara Kerja Cardano?

Arsitektur Cardano didasarkan pada pendekatan berlapis, yang terdiri dari dua lapisan utama: lapisan penyelesaian dan lapisan komputasi. Lapisan penyelesaian menangani aspek akuntansi dan transfer nilai, memastikan transaksi aman dan berfungsi sebagai tulang punggung buku besar.

Lapisan komputasi bertanggung jawab untuk melaksanakan kontrak pintar dan mengaktifkan aplikasi terdesentralisasi ( dapps ). Pemisahan lapisan ini memberi Cardano peningkatan fleksibilitas dan skalabilitas, memungkinkan peningkatan atau perubahan pada satu lapisan tanpa mempengaruhi lapisan lainnya.

Mengapa Cardano Dikenal sebagai ‘Kripto Hijau’?

Salah satu atribut Cardano adalah dedikasinya terhadap kelestarian lingkungan. Tidak seperti blockchain Proof of Work ( PoW ) seperti Bitcoin, yang mengonsumsi energi besar untuk penambangan , Cardano adalah salah satu mata uang kripto pertama yang menggunakan mekanisme konsensus Proof of Stake (PoS), yang secara signifikan mengurangi konsumsi energi dengan menghilangkan kebutuhan akan sumber daya yang intensif. perhitungan penambangan seperti dengan PoW.

Saat ini, sejumlah besar blockchain lain juga mengandalkan PoS atau mekanisme konsensus ramah lingkungan lainnya, namun citra ramah lingkungan tetap melekat pada Cardano sebagai pionir.

Untuk Apa Cardano Digunakan?

Cardano melayani berbagai tujuan dalam ekosistem blockchainnya. Ini dirancang untuk menjadi platform multi-fungsi yang lebih dari sekedar berfungsi sebagai mata uang kripto. Berikut adalah beberapa kegunaan utama Cardano (ADA):

Mata Uang Digital: Sama seperti banyak mata uang kripto lainnya, ADA digunakan sebagai mata uang digital untuk melakukan transaksi dan pembayaran. Pengguna dapat dengan cepat mengirim dan menerima token ADA di seluruh blockchain Cardano dengan biaya transaksi rendah.

Staking: Pemegang ADA dapat berpartisipasi dalam mekanisme staking jaringan Cardano, yang melibatkan penyimpanan sejumlah ADA di dompet dan mempertaruhkannya untuk mendukung operasi jaringan. Sebagai imbalan atas staking, peserta menerima hadiah berupa token ADA tambahan. Staking membantu mengamankan jaringan dan mempertahankan sifat desentralisasinya.

Aplikasi Terdesentralisasi (Dapps): Pengembang dapat membangun dan menerapkan aplikasi terdesentralisasi (dapps) di platform Cardano. Dapps ini mencakup berbagai kasus penggunaan, mulai dari keuangan dan game hingga manajemen rantai pasokan dan verifikasi identitas. Kemampuan kontrak pintar Cardano memungkinkan pembuatan dapps yang kompleks dan inovatif.

Kontrak Cerdas: Cardano bertujuan untuk menyediakan platform untuk membuat dan melaksanakan kontrak pintar, yang merupakan perjanjian yang dijalankan sendiri dengan ketentuan kontrak yang langsung ditulis ke dalam kode. Kontrak ini mengotomatiskan dan memverifikasi pelaksanaan perjanjian tanpa memerlukan perantara. ADA digunakan untuk membayar sumber daya komputasi yang diperlukan untuk menjalankan kontrak pintar ini.

Tokenisasi: Cardano memungkinkan pembuatan token khusus di platformnya. Fitur ini digunakan untuk berbagai tujuan, seperti membuat token loyalitas, mewakili aset seperti real estat atau komoditas, atau bahkan meluncurkan penawaran koin perdana (ICO).

Tata Kelola: Pemegang ADA dapat berpartisipasi dalam tata kelola jaringan Cardano. Melalui proses yang disebut ‘Project Catalyst’, pemegang ADA dapat mengusulkan dan memberikan suara pada berbagai peningkatan protokol, perbaikan, dan perubahan pada ekosistem. Hal ini memberikan komunitas suara dalam evolusi dan pengembangan platform.

Interoperabilitas Lintas Rantai: Cardano memiliki rencana untuk menerapkan mekanisme interoperabilitas dengan blockchain lain. Artinya, di masa depan, ADA dapat digunakan untuk memfasilitasi transaksi atau interaksi antara jaringan blockchain yang berbeda, sehingga meningkatkan konektivitas blockchain secara keseluruhan.

Tokenomics ADA

Pasokan: Pasokan maksimal token ADA ditetapkan sebesar 45 miliar ADA. Pasokan yang beredar saat ini adalah 35,05 miliar .

Distribusi: Distribusi token ADA dikelola melalui berbagai fase, termasuk prapenjualan, penjualan publik, dan alokasi selanjutnya. Di bawah ini adalah rincian umum distribusinya:

  • Presale dan Initial Coin Offering (ICO): Pengembangan Cardano didanai melalui serangkaian putaran pendanaan dan penawaran koin awal. Mayoritas token ADA awalnya didistribusikan kepada investor selama putaran ini.
  • Perbendaharaan dan Pembangunan: Sebagian dari pasokan awal dicadangkan untuk pengembangan, penelitian, dan inisiatif strategis lainnya. Dana ini disimpan di kas dan digunakan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, kemitraan, dan pertumbuhan ekosistem.
  • Hadiah Staking: Pemegang ADA yang berpartisipasi dalam proses staking mendapatkan hadiah karena mengamankan jaringan. Hadiah ini dibayarkan dalam bentuk token ADA tambahan. Hadiah staking berfungsi sebagai insentif bagi pengguna untuk berpartisipasi aktif dalam mengamankan dan memvalidasi transaksi di blockchain.
  • Pertumbuhan Ekosistem: Token ADA digunakan untuk mendukung pertumbuhan ekosistem Cardano. Hal ini termasuk mendanai proyek melalui inisiatif Project Catalyst, yang memungkinkan masyarakat untuk mengusulkan dan memberikan suara pada proyek yang berkontribusi terhadap pengembangan ekosistem.

Cara Berdagang ADA

Cardano ( ADA ) terdaftar di Aplikasi Crypto.com, di antara daftar 250 lebih cryptocurrency dan stablecoin yang didukung, termasuk Bitcoin ( BTC ), Ethereum ( ETH ), Polkadot ( DOT ), USD Coin ( USDC ), dan Cronos ( CRO ).

Pengguna Aplikasi Crypto.com sekarang dapat membeli Cardano ( ADA ) dengan USD, EUR, GBP, dan lebih dari 20 mata uang fiat lainnya dan membelanjakannya di lebih dari 80 juta pedagang di seluruh dunia menggunakan Kartu Visa Crypto.com. Alternatifnya, pengguna juga dapat memperdagangkan ADA di Crypto.com Exchange .

Unduh Aplikasi Crypto.com untuk mulai memperdagangkan ADA hari ini.

Kesimpulan

Didirikan berdasarkan penelitian dan dibangun dengan arsitektur berlapis, Cardano didorong oleh keberlanjutan, menawarkan alternatif yang menjanjikan dibandingkan platform blockchain sebelumnya. Dengan ADA sebagai token aslinya, Cardano tidak hanya memfasilitasi transaksi, namun juga memberdayakan komunitasnya melalui staking dan tata kelola. Seiring dengan terus berkembangnya ruang kripto, Cardano bertujuan untuk mempertahankan komitmennya terhadap skalabilitas, keberlanjutan, dan inovasi agar tetap menjadi yang terdepan dalam industri.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dengan Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Crypto.com Exchange, silakan lihat tautan berikut dan pastikan Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

altcoins

Blockchain

Cardano

cryptocurrencies

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens