Apa itu AVAX (Avalanche)?

Selami token AVAX dari Avalanche dan pelajari tentang mekanisme konsensusnya, tokenomic, dan bagaimana perbandingannya dengan protokol Layer-1 lainnya.

Oct 11, 2023
|

What Is Avalanche

Poin-poin Penting:

  • Avalanche adalah sebuah blockchain Layer-1 yang memprioritaskan biaya rendah dan transaksi yang cepat dengan tetap mempertahankan status ramah lingkungan.
  • Blockchain ini memproses 4.500 transaksi per detik (tps) dan menyelesaikan transaksi dalam waktu kurang dari dua detik.
  • Tiga blockchain yang dapat dioperasikan ada di dasar Avalanche, yang memungkinkannya menjadi sangat efisien.
  • Pengguna Avalanche dapat meluncurkan Subnet (blockchain) mereka sendiri yang dapat dimodifikasi untuk memiliki aturan mereka sendiri.

Apa itu Avalanche?

Avalanche adalah blockchain Layer-1 yang beroperasi menggunakan kontrak pintar, dengan fokus pada biaya rendah, transaksi cepat, dan teknologi ramah lingkungan. Setelah meluncurkan mainnet-nya pada September 2020, Avalanche telah dikembangkan secara aktif oleh Ava Labs; ini dirancang untuk memungkinkan siapa saja membuat blockchain multi-fungsi dan aplikasi terdesentralisasi (dapps) mereka sendiri. Konsensus Avalanche menggabungkan elemen-elemen terbaik dari konsensus klasik dan konsensus Nakamoto untuk menciptakan blockchain baru tanpa pemimpin yang menggunakan mekanisme konsensus Proof of Work (PoW).

Bagaimana Cara Kerja Avalanche?

Avalanche mencapai finalitas dalam waktu kurang dari dua detik, dibandingkan dengan Ethereum yang membutuhkan waktu satu menit, karena caranya beroperasi pada tingkat dasar. Avalanche terdiri dari tiga blockchain yang dapat dioperasikan: Exchange Chain (X-Chain), Contract Chain (C-Chain), dan Platform Chain (P-Chain).

  • X-Chain digunakan untuk melakukan transaksi; tanggung jawab utamanya adalah membantu pengiriman dan penerimaan AVAX, mata uang kripto Avalanche.
  • C-Chain adalah rantai kontrak pintar yang memungkinkan pembuatan kontrak pintar Mesin Virtual Ethereum (EVM).
  • P-Chain bertanggung jawab atas pembuatan dan pelacakan Subnet dan blockchain baru. Ini juga merupakan tempat dilakukannya validasi dan staking Avalanche.

Apa itu Token AVAX?

AVAX adalah token native dari blockchain Avalanche, yang memainkan peran penting dalam ekosistem Avalanche karena utilitas yang disediakannya. Token ini digunakan untuk membayar biaya transaksi, mengamankan blockchain melalui staking, dan bertransaksi di antara beberapa Subnet yang dibangun di Avalanche.

Fitur dan Utilitas Token AVAX

Pembayaran: Avalanche memungkinkan ribuan transaksi pada platform terdesentralisasi dan sepenuhnya tanpa kepercayaan, tempat 4.500 transaksi per detik (tps) diproses.

Staking: Token AVAX digunakan untuk mengamankan jaringan melalui staking, validator harus mengunci sejumlah token AVAX untuk menerima reward; 56,79% dari semua token AVAX saat ini di-staking untuk mengamankan jaringan.

Subnet dan Token: Platform Avalanche memungkinkan pengembang untuk membuat token dan blockchain khusus. Token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT), dapps, dan banyak lagi dapat dibuat di Avalanche, dengan token AVAX yang digunakan untuk biaya dan langganan.

AVAX Tokenomics

Pasokan: Pasokan maksimum AVAX adalah yang dibatasi pada 720,000,000.

Distribusi, seperti yang dipublikasikan oleh Avalanche:

  • 50% token AVAX dialokasikan untuk hadiah staking.
  • 9,26% dialokasikan untuk Ava Labs; 7% dialokasikan untuk komunitas dan pengembangan.
  • 5% dialokasikan untuk mitra strategis.
  • 10% dialokasikan untuk anggota tim pendiri dan non-pendiri Ava Labs, dengan periode vesting selama empat tahun.
  • 2,5% dialokasikan untuk airdrop.
  • 0,27% dialokasikan untuk program insentif pengujian.
  • 2,5% dialokasikan untuk penjualan benih.
  • 3,5% dialokasikan untuk penjualan privat.
  • 10% dialokasikan untuk penjualan publik.
  • 6,97% tidak ditentukan.

Cara Memperjualbelikan AVAX

Avalanche (AVAX) terdaftar di Crypto.com App, bergabung dengan lebih dari 250 mata uang kripto dan koin stabil yang didukung, termasuk Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Polkadot (DOT), USD Coin (USDC), dan Cronos (CRO).

Pengguna Crypto.com App dapat membeli AVAX dengan harga asli dengan USD, EUR, GBP, dan 20 lebih mata uang fiat lainnya dan membelanjakannya di lebih dari 80 juta merchant di seluruh dunia dengan menggunakan Kartu Visa Crypto.com. Sebagai alternatif, pengguna juga dapat memperjualbelikan AVAX di Crypto.com Exchange.

Unduh Crypto.com App dan mulai jual-beli AVAX hari ini.

Kesimpulan

Avalanche menawarkan perspektif baru pada blockchain Layer-1 dengan desain inovatif dan transaksi yang sangat cepat. Tiga blockchain dasarnya memberikan keserbagunaan, sementara token AVAX mendukung berbagai fungsi dalam ekosistemnya; distribusi token yang terperinci dipandang oleh beberapa orang sebagai penekanan terhadap pendekatan yang seimbang untuk memastikan pertumbuhan dan keterlibatan masyarakat.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada hal yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan atas pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dari Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Crypto.com Exchange, silakan lihat tautan berikut dan pastikan Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

coins & tokens

Layer-1

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens