Apa Itu Indeks Ketakutan dan Keserakahan Kripto?

Pelajari semua tentang indeks yang mengukur bagaimana emosi manusia memengaruhi dan mengganggu dinamika pasar.

Oct 07, 2022
|

indeks ketakutan dan keserakahan kripto

Ketakutan dan keserakahan adalah emosi manusia yang kita semua kenal. Psikologi manusia dan proses pengambilan keputusan kita memiliki banyak sisi dan kompleks, yang melibatkan banyak faktor. Dalam artikel ini, kami membahas bagaimana ketakutan dan keserakahan memengaruhi proses pengambilan keputusan kolektif, dan bagaimana Indeks Ketakutan & Keserakahan mencoba mengukur dampak dari pengaruh ini pada pasar kripto.

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Indeks Ketakutan & Keserakahan mengukur sentimen para pelaku pasar.
  • Disesuaikan dengan pasar kripto, dihitung menggunakan beberapa metrik, termasuk volatilitas, momentum dan volume pasar, dan sentimen media sosial.
  • Pelajari cara menafsirkan sentimen pasar dalam ketakutan yang tinggi atau keserakahan yang ekstrem.
  • Mengawasi indeks dapat membantu para pelaku pasar dalam mengambil keputusan.

Ketakutan dan Keserakahan di Pasar Kripto

Dalam bahasa gaul kripto, istilah FUD (‘ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan’) digunakan untuk menunjukkan informasi yang salah atau propaganda negatif mengenai aset, platform, atau proyek mata uang kripto tertentu. Informasi tersebut menarik bagi salah satu emosi manusia yang paling mendasar – rasa takut.

FUD dapat terjadi tanpa disengaja saat pengguna salah mengartikan informasi negatif tertentu, seperti koreksi pasar, dan menganggapnya sebagai penyebab yang tidak akurat. Contoh klasiknya adalah ketika beberapa pengguna menafsirkan koreksi pasar kripto setelah kemerosotan ekonomi secara umum sebagai “kripto telah mati.” FUD cenderung menyebar seperti api, dan dengan munculnya komunitas online, hal ini bisa sangat merusak ketika mempengaruhi proyek individu.

FUD juga dapat disengaja dan diatur oleh individu atau entitas yang ingin mendapatkan keuntungan darinya, seperti pesaing suatu proyek atau investor kelas kakap (dikenal sebagai ‘paus’) yang terkadang menggunakan FUD untuk memanipulasi pasar. Perlu disebutkan bahwa hal ini dapat menimbulkan konsekuensi hukum yang berat di banyak yurisdiksi.

Apa yang dimaksud dengan Indeks Ketakutan & Keserakahan?

Sebagai permulaan, mari kita pahami bagaimana rasa takut dan keserakahan mempengaruhi pasar.

Ketakutan

Singkatnya, ketika rasa takut menjadi emosi dominan, pelaku pasar cenderung takut kehilangan modal. Khawatir dengan stabilitas pasar dan nilai kepemilikan token mereka, mereka mungkin akan menjual aset mereka. Selain itu, hal ini dapat menyebabkan beberapa trader mulai melakukan short-selling aset-aset ini untuk mendapatkan keuntungan dari sentimen ketakutan.

Ketakutan biasanya dikaitkan dengan penurunan pasar atau nilai aset, baik penurunan tersebut disebabkan oleh faktor makroekonomi (seperti inflasi, resesi, krisis ekonomi, atau faktor geopolitik), faktor spesifik aset (seperti penurunan nilai aset tertentu seperti penurunan harga minyak dan gas), atau tekanan negatif pada proyek kripto yang menyebabkan harga token jatuh.

Keserakahan

Sebaliknya, ketika keserakahan adalah emosi yang dominan, pelaku pasar cenderung mengakumulasi lebih banyak aset dan mencoba untuk tidak melewatkan potensi keuntungan yang dapat mereka peroleh. Hal ini terjadi ketika pasar dan aset sedang dalam tren naik. Keserakahan biasanya disertai dengan rasa takut, yang umumnya dikenal sebagai FOMO (‘takut ketinggalan’). Dalam hal ini, pelaku pasar takut kehilangan potensi keuntungan.

Indeks Ketakutan & Keserakahan

Indeks Ketakutan & Keserakahan yang asli adalah indikator pasar utama yang dikembangkan oleh CNN Money untuk mengukur bagaimana kedua emosi manusia ini memengaruhi pasar saham. Tujuan indeks ini adalah untuk mengukur apakah pasar atau aset tertentu diperdagangkan di atas nilai yang seharusnya karena keserakahan, atau di bawah nilai yang seharusnya karena ketakutan.

Indeks Ketakutan & Keserakahan disajikan sebagai sebuah spektrum yang berkisar dari ketakutan ekstrem di satu sisi hingga keserakahan ekstrem di sisi lain.

Indeks Ketakutan & Keserakahan CNN mengandalkan beberapa faktor untuk mengukur keberadaan dan tingkat ketakutan dan keserakahan di pasar saham. Namun, beberapa faktor ini tidak berlaku untuk pasar mata uang kripto, yang memiliki keunikan dalam banyak hal. Hal ini mendorong pengembangan Indeks Ketakutan & Keserakahan khusus mata uang kripto.

Bagaimana Indeks Ketakutan & Keserakahan Tradisional Dihitung?

Indeks asli yang dikembangkan oleh CNN Money mengandalkan faktor-faktor yang relevan dengan pasar saham, termasuk:

  • Momentum harga saham Membandingkan indeks terhadap rata-rata pergerakan 125 hari
  • Kekuatan harga saham Jumlah saham dengan harga mencapai level tertinggi sepanjang masa dalam 1 tahun versus jumlah saham dengan harga mencapai level terendah sepanjang masa dalam 1 tahun
  • Volume perdagangan Volume perdagangan saham yang naik versus volume perdagangan saham yang turun
  • Opsi jual dan beli Lebih banyak opsi jual = ketakutan; lebih banyak opsi beli = keserakahan
  • Permintaan obligasi sampah – Permintaan yang lebih tinggi untuk obligasi dengan risiko gagal bayar yang tinggi biasanya menandakan keserakahan
  • Volatilitas pasar Berdasarkan rata-rata pergerakan 50 hari
  • Permintaan safe haven Perbedaan imbal hasil saham versus imbal hasil obligasi negara, seperti obligasi pemerintah

Seperti yang Anda lihat, sebagian besar faktor tersebut tidak dapat diterapkan secara langsung pada pasar mata uang kripto.

Bagaimana Cara Menghitung Indeks Ketakutan & Keserakahan Kripto?

Beberapa indeks mata uang kripto kemudian dikembangkan, seperti yang dibuat oleh Alternative.me, yang menggunakan sumber data tertimbang berikut ini:

  • Volatilitas (25% ) Volatilitas pasar saat ini dan nilai rata-rata dibandingkan dengan 30 dan 90 hari terakhir: Semakin tinggi volatilitas, semakin tinggi rasa takut
  • Momentum/volume pasar (25%) – Membandingkan volume beli dan jual selama 30 dan 90 hari terakhir: Volume beli yang lebih tinggi dibandingkan dengan masa lalu menandakan keserakahan yang lebih tinggi
  • Media sosial (15% ) Ketertarikan media sosial terhadap Bitcoin, volume interaksi media sosial, dan sentimen umum
  • Survei (15% ) Jajak pendapat pengguna dan investor
  • Dominasi (10% ) Meningkatnya dominasi Bitcoin biasanya menandakan ketakutan
  • Tren (10% ) Tren penelusuran Google

Bagaimana Cara Membaca Indeks Ketakutan & Keserakahan Kripto?

Indeks Ketakutan & Keserakahan menyajikan ukuran yang mencakup seluruh spektrum. Pada ujung terendah spektrum terdapat nilai puncak ketakutan, sementara di ujung yang berlawanan adalah nilai puncak keserakahan, dengan rentang nilai yang mungkin di antaranya.

Indeks ini diperbarui secara berkala berdasarkan perhitungan dan sumber data untuk menunjukkan nilai saat ini dan juga nilai historis.

Indeks menunjukkan nilai numerik serta interpretasi yang sesuai. Sebagai contoh, ini dapat menunjukkan “27 – Ketakutan” atau “85 – Keserakahan Ekstrim.”

Menggunakan Indeks Ketakutan & Keserakahan

Indeks Ketakutan & Keserakahan harus dianggap sebagai salah satu dari banyak indikator yang digunakan oleh para pedagang mata uang kripto dalam proses pengambilan keputusan mereka, dan bukan sebagai faktor penentu tunggal. Penting untuk dipahami bahwa satu indikator saja mungkin tidak cukup untuk membuat keputusan yang tepat.

Indeks dapat digunakan dengan membaca nilai saat ini, serta nilai historis terkini, untuk mengukur sentimen pasar saat ini dan arah trennya.

Mendeteksi Rasa Takut

Sebagai contoh, jika indeks menunjukkan peningkatan sentimen ketakutan selama beberapa minggu terakhir (misalnya, dengan perubahan dari “48 – Ketakutan” pada bulan sebelumnya menjadi “30 – Ketakutan Tinggi” pada minggu sebelumnya menjadi “23 – Ketakutan Ekstrim” hingga saat ini), hal ini mengindikasikan bahwa sentimen umum, menurut indeks, adalah ketakutan, dan tren sejauh ini bergerak ke arah yang lebih takut.

Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak pelaku pasar yang melepas aset, pasar berada dalam arah turun/bearish, dan ada kemungkinan aset tertentu diperdagangkan di bawah nilai seharusnya.

Mendeteksi Keserakahan

Atau, jika indeks menunjukkan keserakahan yang ekstrem dan cenderung lebih serakah dari minggu-minggu sebelumnya, ini menunjukkan bahwa keserakahan dominan dan pasar sejauh ini berada dalam arah naik/bullish – dan beberapa aset mungkin diperdagangkan di atas nilai seharusnya.

Penting untuk dipahami bahwa indikator-indikator ini mencerminkan emosi sebagian pelaku pasar dan bukan merupakan indikator pasti untuk performa pasar di masa depan. Penting juga untuk menghindari ‘mentalitas kerumunan’ yang hanya mengikuti sentimen pasar tanpa memperhatikan indikator utama lainnya. Dalam beberapa situasi, ketakutan ekstrem atau keserakahan ekstrem dapat menandakan perubahan kondisi pasar yang akan datang, yang dapat merugikan para pelaku pasar yang melewatkan tanda-tandanya.

Indeks Ketakutan & Keserakahan Kripto memberikan pemeriksaan denyut nadi sentimen pasar yang dapat digunakan – di antara indikator lainnya – untuk memahami situasi pasar. Ada beberapa indeks yang tersedia, seperti indeks Alternative.me. Crypto.com akan segera meluncurkan Indeks Ketakutan & Keserakahannya sendiri, jadi pantau terus!

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual aset kripto apa pun. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens