Masa Depan Ethereum: Apa yang Diharapkan di Tahun Mendatang

Menjelajahi peningkatan dan pengembangan mendatang yang akan membentuk masa depan jaringan Ethereum.

Aug 02, 2023
|

Masa Depan Logo Ethereum

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • ‘The Merge’ telah berhasil mentransisikan Ethereum dari Proof of Work (PoW) ke Proof of Stake (PoS), mengurangi konsumsi energi dan meningkatkan keamanan.
  • Peningkatan yang akan datang, seperti Danksharding, akan meningkatkan skalabilitas, kecepatan, dan efisiensi Ethereum.
  • Peta jalan jangka panjang Ethereum berfokus pada pengalaman pengguna yang lebih baik, peningkatan keamanan, dan pemeriksaan jaringan di masa depan.
  • Aplikasi Crypto.com menawarkan cara yang mulus untuk membeli ETH dan terlibat dengan ekosistem yang berkembang.

Pendahuluan: Evolusi Ethereum yang Sedang Berlangsung

Jaringan Ethereum , yang menggerakkan ekosistem aplikasi terdesentralisasi (dapps) yang luas, telah berkembang pesat sejak awal. Sebagai pelopor kontrak pintar pada jaringan blockchain, Ethereum telah berada di garis depan tren terobosan seperti keuangan terdesentralisasi (DeFi), token non-sepadan (NFT), GameFi, Metaverse, dan Web3. Namun, adopsi jaringan yang berkembang telah menimbulkan kekhawatiran mengenai skalabilitas, konsumsi energi, dan biaya transaksi.

Untuk mengatasi tantangan ini, pengembang Ethereum telah mengerjakan serangkaian pemutakhiran dan peningkatan, yang dikenal sebagai Ethereum 2.0 . Peningkatan ini bertujuan untuk membuat jaringan lebih berkelanjutan, dapat diskalakan, aman, dan efisien untuk aplikasi dunia nyata. Pada artikel ini, kami menjelajahi masa depan Ethereum dan perkembangan mendatang yang akan membentuk pertumbuhannya di tahun-tahun mendatang.

Ethereum 2.0: Rekap Tonggak Sejarah

Ethereum 2.0 adalah serangkaian pemutakhiran yang dirancang untuk meningkatkan kinerja jaringan Ethereum di berbagai aspek. Perjalanan dimulai dengan peluncuran Beacon Chain pada Desember 2020, yang menandai pengenalan mekanisme konsensus Proof of Stake (PoS) ke Ethereum.

Pada tahun 2021, beberapa peningkatan mengikuti, termasuk peningkatan Berlin dan London, yang mengoptimalkan biaya gas dan memperkenalkan Ethereum Improvement Proposal 1559 ( EIP-1559 ). Pembaruan Altair dan Arrow Glacier semakin meningkatkan fungsionalitas Beacon Chain dan menunda bom kesulitan.

Setelah peningkatan ini, tahun 2022 terjadi peningkatan Grey Glacier, Bellatrix, dan Paris, yang secara kolektif dikenal sebagai ‘ Penggabungan ‘. Ini berhasil mentransisikan Ethereum dari Proof of Work (PoW) ke PoS , di mana, alih-alih penambang, validator yang mempertaruhkan ETH bertanggung jawab untuk menghasilkan blok.

Setelah Peningkatan Shanghai

Pembaruan terbaru pada peta jalan Ethereum adalah Peningkatan Shanghai pada April 2023. Pembaruan ini, yang menyertakan EIP-4895, memungkinkan validator ETH membuka kunci ETH yang dipertaruhkan di dalam jaringan. Akibatnya, mempertaruhkan ETH dan hadiah terkait menjadi dapat diakses, secara signifikan meningkatkan likuiditas ETH di pasar mata uang kripto.

Selama pembaruan Ethereum Shanghai, Rantai Beacon juga menerima peningkatan Capella, yang memungkinkan node validator dengan ETH yang dipertaruhkan untuk sepenuhnya mempersiapkan Peningkatan Shanghai dengan memperbarui kunci penarikan mereka dan menyiarkan informasi ini setelah peningkatan Capella Rantai Beacon.

Danksharding: Fase Selanjutnya di Ethereum 2.0

Danksharding adalah tahap pemutakhiran signifikan ketiga di Ethereum 2.0, berfokus pada penskalaan basis data horizontal. Peningkatan ini akan mendistribusikan tanggung jawab mengelola data besar yang dihasilkan oleh rollup Layer-2 . Berbeda dengan model sharding tradisional, Danksharding akan menggunakan pengambilan sampel data terdistribusi di seluruh blob untuk membuat Ethereum lebih terukur, mengurangi biaya penyimpanan data, dan memberdayakan siapa pun untuk menjadi validator. Peningkatan aksesibilitas ini akan mengarah pada desentralisasi yang lebih besar dan peningkatan keamanan.

Proto-Danksharding: EIP-4844

EIP-4844, atau Proto-Danksharding, adalah langkah pertama untuk mencapai Danksharding penuh. Ini bertujuan untuk mengatasi masalah skalabilitas Ethereum dengan memperluas volume transaksi di jaringan dengan solusi sementara untuk meningkatkan ukuran blok hingga 2 MB, sehingga mengurangi biaya gas untuk pengguna dan membuat jaringan lebih efisien.

Proto-Danksharding memperkenalkan gumpalan data sementara yang dapat ditransmisikan dengan mulus dan ditautkan ke blok. Gumpalan ini memberikan data yang tidak dapat diakses ke Ethereum Virtual Machine (EVM), memastikan penghapusan otomatis dalam jangka waktu yang ditentukan (satu hingga tiga bulan). Pembaruan ini akan secara signifikan mengurangi biaya pembatalan, yang pada akhirnya memberi pengguna akhir opsi transaksi yang lebih terjangkau.

Penuh Danksharding

Full Danksharding adalah evolusi terakhir dari penskalaan rollup, yang berasal dari Proto-Danksharding. Fase ini akan memperluas blob yang dilampirkan ke blok di Proto-Danksharding dari 1 menjadi 64, memungkinkan ruang penyimpanan yang sangat besar untuk rollup untuk menyimpan data transaksi terkompresi dengan mudah. Pembaruan ini juga akan menawarkan dukungan tanpa batas untuk ratusan rollup individu — membuat jutaan transaksi per detik (tps) menjadi kenyataan nyata di jaringan Ethereum.

Garis Waktu yang Diharapkan

Sementara implementasi lengkap Danksharding mungkin memakan waktu beberapa tahun, Proto-Danksharding bisa tiba lebih cepat. EIP-4844 sedang dalam tahap matang, dengan spesifikasi dan prototipe yang disepakati sudah diterapkan di sisi klien. Setelah pembaruan Shanghai berhasil diselesaikan, perubahan ini dapat diterapkan di testnet publik dan disempurnakan sebelum diluncurkan. Beberapa ahli percaya Ethereum dapat memperoleh kemampuan sharding pada akhir tahun 2023 atau awal tahun 2024.

Cara Membeli ETH Dengan Crypto.com

Aplikasi Crypto.com menawarkan cara yang mudah dan mulus untuk membeli ETH dan terlibat dengan ekosistem Ethereum yang berkembang. Aplikasi ini menyediakan antarmuka yang mudah digunakan dan beragam opsi pembayaran, sehingga memudahkan pedagang berpengalaman dan pendatang baru untuk membeli Ether.

Untuk memulai, unduh Aplikasi Crypto.com dan buat akun. Setelah akun disiapkan dan diverifikasi, pengguna dapat mendanainya menggunakan kartu kredit/debit, transfer bank, atau cryptocurrency lain yang didukung. Setelah mendanai akun, cukup arahkan ke baris Ethereum, lakukan pemesanan, dan dapatkan ETH.

Kesimpulan: Masa Depan Ethereum Menjanjikan Besar

Masa depan Ethereum dipenuhi dengan perkembangan dan peningkatan menarik yang bertujuan untuk membuat jaringan lebih terukur, aman, dan berkelanjutan. Peta jalan Ethereum 2.0, bersama dengan pemutakhiran Danksharding yang akan datang, tidak diragukan lagi akan membuat jaringan Ethereum lebih menarik bagi pengembang, pengguna, dan pedagang. Dengan Aplikasi Crypto.com , pengguna dapat dengan mudah membeli ETH dan mengikuti perkembangan terbaru dalam ekosistem Ethereum.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Blockchain

danksharding

Ethereum

rollups

The Merge

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens