Panduan untuk Standar ERC-4337 Ethereum dan Abstraksi Akun

Jelajahi standar ERC-4337 Ethereum dan konsep abstraksi akun, serta potensinya untuk merevolusi dompet kontrak pintar.

Dec 18, 2023
|

What Is Eth Erc 4337 F

Poin-poin Penting:

  • Abstraksi akun Ethereum adalah konsep yang mengubah dompet pengguna menjadi akun kontrak pintar, yang menyederhanakan interaksi pengguna dengan dompet kontrak pintar dan mencegah hilangnya kunci pribadi, sehingga meningkatkan pengalaman Web3.
  • Standar token ERC-4337, yang digunakan pada tahun 2023 melalui penambahan kontrak pintar, memungkinkan abstraksi akun tanpa menyesuaikan protokol Ethereum, membuka jalan untuk jenis dompet mata uang kripto baru.
  • ERC-4337 memperkenalkan objek ‘transaksi semu’ yang diproses oleh kontrak pintar global, sehingga pengguna tidak perlu lagi menggunakan kunci pribadi dalam setiap transaksi.
  • Abstraksi akun mendukung pemulihan sosial, yang menawarkan metode yang aman untuk akses akun, yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan alamat tepercaya ke dalam whitelist atau menggunakan dompet perangkat keras untuk pemulihan.
  • Abstraksi akun menghilangkan kebutuhan akan seed phrase, meningkatkan keamanan, dan dapat mendorong adopsi yang lebih luas dengan fitur-fitur seperti autentikasi dua faktor (2FA) dan biometrik.

Pendahuluan

Pada artikel ini, kami menjelaskan bagaimana abstraksi akun Ethereum bertujuan untuk mengubah interaksi pengguna dengan akun kontrak pintar. Kami mempelajari standar token ERC-4337 untuk Ethereum dan potensi keuntungannya untuk memacu revolusi Web3 untuk menarik lebih banyak pengguna dan mendorong penerimaan skala besar.

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, mengatakan bahwa ia melihat abstraksi akun sebagai faktor utama dalam meningkatkan penerimaan platform Ethereum secara luas. Dari sudut pandang pengguna, fitur ini menyederhanakan proses transaksi dan meningkatkan UX dompet. Baca terus untuk mengetahui cara kerjanya.

Mengapa Abstraksi Akun Dibuat?

Pada awal pembuatannya, Ethereum mengembangkan sistem akun berdasarkan blockchain mereka, yang mencakup dua jenis akun: Akun Milik Eksternal (EOA) dan akun kontrak (CA). EOA dikelola melalui kunci publik dan privat, sedangkan CA dikelola dengan kontrak pintar (kode).

Interaksi pengguna dengan Ethereum dilakukan melalui penggunaan EOA, yaitu setiap tindakan yang dilakukan di blockchain Ethereum membutuhkan transaksi yang harus dimulai oleh pengguna dan dibayar dengan menggunakan EOA mereka.

Kekurangan EOA

Akan tetapi, terdapat beberapa kekurangan pada konfigurasi ini:

Dompet nonkustodian, seperti MetaMask dan dompet dari penyedia terkenal lainnya, terdiri dari sekumpulan dua kunci kriptografi: publik dan privat, yang memberikan akses kepada pengguna ke akun mereka. Setiap kali pengguna ingin melakukan transaksi — mendepositkan, menyumbang, atau memindahkan token unik (NFT) atau mata uang kripto — EOA menandatangani transaksi dan mengurus biaya gas terkait.

Untuk Ethereum, biaya gas diperkenalkan sebagai cara untuk menentukan jumlah sumber daya komputasi yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi dan kontrak pintar. Untuk memotivasi validator (dikenal sebagai miner sebelum ‘The Merge‘) untuk memasukkan transaksi pengguna ke dalam blok, pengguna diwajibkan untuk membayar biaya gas ini.

Bagi mereka yang baru mengenal aplikasi terdesentralisasi (dapps), proses dengan EOA merupakan sebuah tugas yang panjang dan rumit. Selain itu, jika salah menempatkan kunci privat yang ditautkan ke akun EOA pengguna, mereka dapat dengan mudah kehilangan dana yang tersimpan di dalamnya. Hal ini mengakibatkan pengalaman menggunakan Web3 menjadi sulit dan tidak menyenangkan.

Standar ERC-4337

Pada acara WalletCon di ETHDenver pada bulan Maret 2023 (dan kemudian di Paris EthCC pada bulan Juli 2023), tim Ethereum dan Buterin mengumumkan penerapan standar ERC-4337 — implementasi abstraksi akun di Ethereum, yang akan merevolusi proses EOA yang membosankan.

Sebelum penerapan standar ERC-4337, ada sejumlah Ethereum Improvement Proposal (EIP) yang telah menyarankan abstraksi akun tetapi tidak pernah diimplementasikan. Pada tahun 2021, EIP-4337 diajukan, dan pada tahun 2023 akhirnya diizinkan melalui tata kelola karena janjinya untuk tidak melakukan penyesuaian pada protokol lapisan konsensus.

Implementasi ini memungkinkan pengembangan jenis dompet mata uang kripto yang baru.

Bagaimana Cara Kerja ERC-4337?

Standar ERC-4337 menawarkan sebuah objek ‘transaksi semu’, yang disebut sebagai UserOperation, yang mengirimkan sebuah transaksi atas nama pengguna. Transaksi UserOperation yang belum dikonfirmasi ini disimpan dalam mempool alternatif.

Node di jaringan Ethereum memiliki opsi untuk bertindak sebagai ‘Bundler’, yang mengambil berbagai transaksi UserOperation dan mengemasnya ke dalam satu transaksi, yang dikenal sebagai transaksi bundle. Transaksi bundel ini kemudian dikirim ke kontrak pintar global, yang dikenal sebagai ‘EntryPoint’, dan sangat penting karena hanya ada satu titik masuk di blockchain Ethereum.

Bundler memulai proses dengan memanggil fungsi ‘handleOps’ dalam kontrak pintar EntryPoint. Ketika transaksi bundel diterima, validateUserOp dijalankan untuk setiap akun yang menjadi bagian darinya.

ValidateUserOp dirancang untuk mengonfirmasi bahwa tanda tangan dari sebuah operasi adalah valid. Jika sesuai dengan evaluasi akun, pembayaran biaya gas yang ditentukan akan diproses. Untuk menyelesaikan fungsi tersebut, fungsi lain perlu diimplementasikan, dan operasi yang diteruskan dari kontrak EntryPoint kemudian dieksekusi. Proses ini membuat seluruh fungsi menjadi terprogram, sehingga tidak perlu lagi menggunakan kunci privat dan proses manual bagi pengguna.

Dompet Pengabstraksi Akun

Buterin menggambarkan pemulihan sosial sebagai “metode yang lebih disukai untuk memastikan keamanan dompet.” Ini merupakan sebuah teknik yang dipopulerkan oleh beberapa dompet yang bekerja di dalam sistem Ethereum.

Dengan pemulihan sosial, seorang pengguna dapat diberikan akses ke akun mereka kembali dengan memasukkan alamat yang mereka percayai ke dalam whitelist, seperti keluarga dan teman, atau dompet perangkat keras, seperti Ledger dan Trezor.

Pemulihan sosial diharapkan segera tersedia untuk Dompet Crypto.com DeFi.

Keuntungan Mengabstraksikan Akun

Abstraksi akun memberikan sejumlah keuntungan bagi mereka yang menggunakan Web3.

Tidak perlu lagi mengandalkan seed phrase

Standar ERC-4337 menghilangkan kebutuhan akan seed phrase dan risiko yang terkait dengan kehilangan atau pencurian. Standar ini juga memperkenalkan langkah-langkah keamanan lainnya, seperti autentikasi dua faktor (2FA) dan biometrik, yang lebih mudah digunakan dibandingkan dengan praktik perbankan tradisional dan berpotensi mendorong adopsi.

Dompet kontrak pintar dapat membantu mengurangi kesalahan manusia

Penerapan dompet kontrak pintar mengurangi risiko kesalahan manusia, sehingga meningkatkan akurasi operasi. Selain itu, abstraksi akun memperkuat keamanan jaringan blockchain: Penyerang akan kesulitan untuk mengakses dana dari akun tertentu, karena kunci privat pengguna hanya digunakan untuk menyetujui berjalannya kontrak pintar, dan bukan untuk memanipulasi aset yang tersimpan dalam akun tersebut.

Chain yang bekerja sama dengan lancar

Adaptasi dapat dengan cepat dan mudah diintegrasikan ke dalam beberapa blockchain dengan bantuan ERC-4337. Sangat cocok untuk jaringan EVM seperti Cronos, Polygon, Avalanche, Arbitrum, dan lainnya.

Menawarkan akun kolaboratif dan operasi beberapa orang

Karena seed phrase tunggal, pengguna dompet EOA seperti MetaMask memiliki opsi untuk memberikan kontrol penuh atas dompet kripto mereka kepada seseorang atau merahasiakannya dan tidak memberikan akses kepada siapa pun. Tidak ada jalan tengah.

Akan tetapi, dompet abstraksi akun menawarkan kemungkinan sistem beberapa tanda tangan, yaitu setiap transaksi hanya dapat diselesaikan ketika dua atau lebih pengguna menandatanganinya. Selain itu, terdapat opsi untuk menambahkan pengguna yang hanya diperbolehkan untuk melakukan pembayaran tertentu ke sekumpulan dompet tertentu dalam periode tertentu.

Masa Depan Abstraksi Akun

Dengan kemampuannya untuk memberikan analisis keuangan yang terperinci dan informasi secara langsung, abstraksi akun dapat menjadi bagian penting dari bagaimana individu mengelola uang mereka. Kemungkinan besar teknologi ini akan terus berkembang pada tahun-tahun mendatang, memberikan lebih banyak manfaat bagi pengguna.

Pergeseran dari model akun dompet EOA saat ini, yang membawa risiko kerugian total yang berasal dari kesalahan kecil, difasilitasi oleh abstraksi akun untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna.

Konsep baru ini membayangkan sebuah dunia tempat pengguna dapat menyesuaikan akun mereka agar lebih sesuai dengan kebutuhan pribadi mereka melalui penggunaan kontrak pintar. Hal ini dapat merevolusi cara individu mengelola mata uang digital dan mendorong gerakan Web3 menuju penerimaan yang lebih luas.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada hal yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan atas pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar dari harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Blockchain

Ethereum

token standards

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens