Bahasa Gaul Kripto: 28 Istilah yang Harus Anda Ketahui

Dunia kripto penuh dengan jargon teknis, bahasa gaul, dan akronim. Berikut ini semua yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat bergabung dalam percakapan.

Aug 31, 2022
|

Istilah-istilah Crypto Slang yang perlu diketahui

Jika Anda pernah bertanya pada diri sendiri, “Apa itu tarikan karpet?” atau bingung dengan singkatan seperti NGMI, IYKYK, dan BTD – Anda tidak sendirian. Teruslah membaca saat kami merangkum beberapa istilah slang kripto yang paling umum dan aneh untuk membantu Anda mengikutinya. WAGMI! (Anda akan segera memahaminya.)

Kera

Ape atau kera adalah ketika seseorang membeli token atau NFT sesaat setelah diluncurkan tanpa melakukan penelitian yang tepat sebelumnya.

Pemegang tas

Bagholder menggambarkan seseorang yang mempertahankan aset mereka meskipun nilainya terus menurun. Mereka mungkin mempertahankan posisi mereka bahkan ketika nilai aset jatuh ke titik nol, biasanya dengan harapan bahwa harga aset tersebut pada akhirnya akan bangkit kembali (atau hanya karena takut kehilangan).

Maksimalis Bitcoin

Seperti namanya, Bitcoin Maximalist percaya bahwa Bitcoin adalah satu-satunya mata uang kripto yang bernilai dan satu-satunya aset digital yang layak didukung.

BTD

BTD adalah frasa yang digunakan untuk mendorong pembelian aset pada harga pasar yang rendah. Akronim ini adalah singkatan dari ‘buy the dip’, yang berarti mengambil keuntungan dari peluang untuk mengunci lebih banyak kripto dengan harga diskon. Idenya adalah bahwa harga pada akhirnya akan bangkit kembali dan kemungkinan besar nilainya akan meningkat.

Cryptojacking

Cryptojacking adalah jenis kejahatan dunia maya di mana seorang peretas mengkooptasi kekuatan komputasi korban yang tidak curiga untuk secara diam-diam menambang mata uang kripto atas nama peretas. Juga disebut sebagai ‘cryptomining berbahaya’, cryptojacking menjadi masalah yang meluas selama booming kripto tahun 2017 ketika harga Bitcoin dan mata uang kripto lainnya meroket.

Kriptosis

Cryptosis mengacu pada seseorang yang berusaha untuk menyerap setiap informasi tentang kripto dan tidak akan berhenti membicarakannya.

💎🙌 Tangan Berlian/Tangan Kertas

Diamond hands dan paper hands adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan selera risiko trader.

  • Seorang trader dengan tangan berlian akan bertahan hingga akhir yang pahit – terlepas dari kondisi pasar. Istilah ini menandakan selera yang tinggi terhadap risiko. Trader dengan tangan berlian tidak akan menyerah dan menjual token mereka sampai token tersebut mencapai potensi penuhnya di mata trader
  • Sebaliknya, trader dengan tangan kertas akan menjual posisi mereka pada tanda pertama masalah. Singkatnya, mereka melakukan panic sell. Trader dengan paper hand biasanya memiliki toleransi risiko rendah terhadap token dengan volatilitas tinggi dan cenderung keluar dari posisi mereka lebih awal untuk mencegah kerugian

Sementara diamond hands adalah etos trading yang umumnya diidentifikasi pada pelaku pasar jangka panjang, paper hands adalah etos yang lebih terlihat di antara swing trader dan day trader.

Tangan berlian adalah Easter Egg dalam film pertama kami. Dapatkah Anda menemukannya?

https://www.youtube.com/watch?v=9hBC5TVdYT8

DYOR

DYOR adalah singkatan dari ‘do your own research’. Dalam dunia kripto, istilah ini biasanya digunakan untuk mengingatkan investor untuk memeriksa sebuah proyek sebelum berinvestasi.

Membalikkan / Membalikkan

Istilah flippening diciptakan pada tahun 2017 untuk menggambarkan potensi pembalikan dalam mata uang kripto terbesar. Secara khusus, ini mengacu pada peristiwa teoritis di mana Ethereum (ETH ) menyalip Bitcoin (BTC ) sebagai mata uang kripto terdepan dalam hal total kapitalisasi pasar (jumlah total token yang beredar dikalikan dengan nilai 1 token).

Flappening terkait adalah istilah yang diciptakan oleh Charlie Lee pada tahun 2018 untuk menggambarkan Litecoin(LTC) yang melampaui Bitcoin Cash(BCH) dalam kapitalisasi pasar.

FOMO

Kependekan dari ‘fear of missing out’, dalam dunia kripto, FOMO mengacu pada ketakutan trader atau investor bahwa mereka mungkin kehilangan peluang yang berpotensi menguntungkan. Hal ini merupakan kekuatan pendorong utama di balik naik turunnya harga Bitcoin secara cepat pada tahun 2017.

Ketakutan ini dapat mendorong individu untuk bertindak impulsif dan membuat keputusan investasi berdasarkan emosi, bukan logika dan penalaran. FOMO dapat sangat memengaruhi harga mata uang kripto dan menyebabkan volatilitas besar di pasar kripto. Hal ini juga dapat menyebabkan investor mengalami kerugian finansial yang jauh lebih besar.

FUD

FUD adalah istilah pemasaran dan komunikasi yang merupakan singkatan dari ‘ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan’. Ini adalah taktik psikologis yang digunakan untuk memengaruhi orang agar memiliki persepsi negatif terhadap sesuatu – seperti produk, pasar, atau merek – umumnya dengan menyebarkan informasi yang salah atau menghasut rasa takut.

Dalam kripto, FUD biasanya terbagi dalam dua kategori:

  1. Upaya yang disengaja untuk memicu ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan yang meluas tentang proyek tertentu untuk memanipulasi harga ke bawah
  2. Skeptisisme umum tentang kripto sebagai kelas aset yang dapat mengakibatkan penyebaran hal negatif yang berlebihan atau ‘berita palsu’ tentang topik tersebut

FUD – baik disengaja maupun tidak – dapat memengaruhi nilai pasar koin, perusahaan, atau proyek – dan bahkan seluruh pasar. Hal ini dapat dianggap sebagai kebalikan dari FOMO. Saat pasar sedang naik, individu mungkin akan merasa FOMO; saat pasar sedang turun, FUD dapat menyebar dengan lebih mudah.

GM

Singkatan GM adalah singkatan dari ‘Selamat Pagi’. Dalam kripto, ini digunakan untuk mempromosikan hal-hal positif, menyapa orang lain, dan membangun persahabatan secara online. Anggota komunitas Twitter, khususnya, secara teratur memulai hari mereka dengan tweet GM, dan para pengikutnya sering kali membalas tweet tersebut dengan balasan GM.

HODL

Singkatan dari ‘hold on for dear life’, istilah HODL sebenarnya berasal dari kesalahan ejaan ‘hold’, yang telah melekat dan sekarang berarti ‘keep’. Ini mengacu pada strategi beli dan tahan. Dengan demikian, seorang pedagang kripto yang membeli koin dan tidak berencana menjualnya di masa mendatang disebut sebagai ‘hodler’ koin.

Istilah ini berasal dari sebuah posting online tahun 2013 di forum Bitcointalk, di mana kesalahan ketik pertama kali muncul. Pada dasarnya, tujuan seorang hodler adalah untuk menghadapi berbagai pasang surut pasar dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.

Pergerakan pasar jangka pendek tidak akan mempengaruhi seorang hodler, atau bahkan jika seluruh pasar jatuh atau menjadi sangat tidak stabil. Sebaliknya, para hodler akan mempertahankan posisi mereka terlepas dari harga karena percaya diri dengan nilai jangka panjang kripto.

IYKYK

IYKYK adalah kependekan dari ‘jika Anda tahu, Anda tahu’. Ini menyiratkan bahwa sebuah kiriman atau pesan hanya akan masuk akal bagi beberapa orang tertentu. Akronim ini juga dapat digunakan secara ironis untuk mengejek seseorang yang berbagi informasi yang sudah diketahui umum.

LFG

LFG adalah kependekan dari ‘ayo kita pergi!” dan digunakan untuk mengekspresikan kegembiraan tentang sebuah proyek.

🚀 Bulan/Bulan

Digunakan untuk menggambarkan mata uang kripto yang diproyeksikan memiliki tren pasar naik yang kuat; ketika sebuah mata uang kripto mengalami mooning, itu berarti harganya meroket sangat tinggi sehingga diibaratkan seperti pergi ke bulan. Peristiwa ini dapat digunakan oleh para investor yang ingin menentukan waktu terbaik untuk menjual mata uang kripto mereka untuk mendapatkan harga terbaik.

Contoh frasa yang mungkin Anda temui, antara lain:

  • ‘Ethereum akan pergi ke bulan’ (harga Ethereum melonjak)
  • ‘Kapan bulan?” (kapan waktu terbaik untuk menjual sebelum harga mulai turun?)
  • ‘Harga-harga sedang naik’ (harga-harga sedang naik tinggi)

Orang yang terlalu antusias dengan prospek koin dicap sebagai moonbois atau moonboy.

NGMI/WAGMI

NGMI adalah singkatan dari ‘tidak akan berhasil’. Dalam dunia kripto, istilah ini sering digunakan sebagai prediksi kegagalan di masa depan sebagai akibat dari keputusan yang buruk (seperti menjual bagian bawah meskipun semua indikasi pasar menunjukkan bahwa nilai token sedang dalam tren naik). Ini juga dapat digunakan sebagai label untuk mengejek orang-orang yang telah mengambil sikap menentang kripto atau yang gagal memahami konsep dasar kripto.

WAGMI, di sisi lain, adalah singkatan dari ‘kita semua akan berhasil’. Akronim ini banyak digunakan oleh komunitas kripto untuk menginspirasi kepositifan dan kepercayaan diri dalam sebuah proyek. Akronim ini juga digunakan untuk mendorong komunitas untuk saling mendukung dan tidak kehilangan harapan.

Tanpa koin

No-coiner adalah istilah penghinaan bagi seseorang yang sangat kritis terhadap kripto dan percaya bahwa mata uang kripto tidak memiliki nilai. Para no-coiner merasa bahwa kripto dijamin akan gagal, dan akibatnya tidak memegang Bitcoin(BTC), Ethereum(ETH), atau mata uang digital lainnya dalam portofolio mereka.

Normie

Seseorang dengan pola pikir tradisional dan sedikit atau tidak memiliki pengetahuan tentang mata uang kripto.

Pompa dan Pembuangan

Salah satu jenis penipuan, skema pump-and-dump melibatkan penggelembungan harga aset secara artifisial melalui informasi positif yang salah atau menyesatkan. Biasanya, sekelompok orang akan membeli aset tertentu dalam jumlah besar dengan harga murah sekaligus, sehingga menaikkan permintaan dan harga aset tersebut.

Kenaikan harga yang tiba-tiba ini kemudian akan mendorong orang lain untuk ikut membeli, dan kelompok yang semula akan menjual (membuang) aset tersebut untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat, sehingga mereka yang terlambat membeli sering kali mengalami kerugian besar.

Rekt

Bahasa gaul kripto yang berarti hancur, rekt adalah apa yang terjadi ketika seorang trader mengalami kerugian finansial yang parah karena perdagangan atau investasi yang buruk.

Permadani / Karpet Tarik

Salah satu jenis penipuan kripto, rug pull adalah ketika tim pengembang meninggalkan sebuah proyek sebelum proyek tersebut selesai – menguras semua aset dan membuat investor tidak memiliki mata uang yang berharga. Namanya berasal dari ungkapan ‘menarik karpet dari bawah seseorang’. Korban yang ditipu akan mengatakan bahwa mereka ‘mendapat perlakuan kasar’.

Sats

Sats adalah kependekan dari Satoshi, unit terkecil Bitcoin(BTC), yang dinamai sesuai dengan nama pencipta koin yang sulit dipahami, Satoshi Nakamoto. Sama seperti mata uang fiat, mata uang kripto juga dapat dibagi menjadi unit-unit yang lebih kecil. Oleh karena itu, akan sangat membantu jika Anda membayangkan Sats seperti halnya Anda membayangkan sen ke dolar. Jika 1 dolar sama dengan 100 sen, maka 1 Bitcoin sama dengan 100 juta Satoshi.

Shill

Shilling adalah ketika seseorang yang memiliki kepentingan pribadi mempromosikan mata uang kripto tertentu untuk menciptakan kehebohan dan menarik calon investor untuk membeli. Individu yang dibayar untuk mempromosikan koin atau token tertentu juga dapat dianggap sebagai shiller.

Vaporware

Vaporware mengacu pada proyek blockchain atau perangkat lunak yang masih berupa konsep dan belum memiliki produk yang berfungsi. Sebuah proyek vaporware dapat dipromosikan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum tersedia untuk umum. Dalam beberapa kasus, bahkan mungkin tidak akan pernah dikembangkan.

Tangan Lemah

Tangan yang lemah menggambarkan seseorang yang menjual mata uang kripto mereka pada saat harga turun. Mereka yang memiliki tangan yang lemah biasanya kurang yakin dengan strategi mereka dan mudah terpengaruh oleh berita negatif atau pergerakan harga aset.

🐋 Paus

Paus mengacu pada seseorang atau entitas yang memiliki sejumlah besar mata uang kripto tertentu. Meskipun tidak ada ambang batas resmi untuk dianggap sebagai paus, jumlah koin atau token yang dimiliki harus cukup signifikan untuk memberikan dampak pada harga pasar jika pemegangnya membeli atau menjual. Pada dasarnya, mereka memiliki cukup dana untuk memanipulasi pasar.

Karena besarnya order mereka, transaksi whale dapat menyebabkan peningkatan volatilitas sementara, terutama pada aset dengan likuiditas rendah. Oleh karena itu, para investor suka melacak paus yang dikenal dalam industri ini untuk mempersiapkan diri ketika mereka bergerak.

Istilah terkait bear whale menggambarkan trader paus yang bersikap bearish terhadap pasar dan meyakini bahwa harga akan turun.

Kapan Lambo?

‘Kapan Lambo?’, yang juga sering dieja sebagai ‘Wen Lambo?’, diterjemahkan menjadi ‘Kapan Anda akan membeli Lamborghini? Ironisnya, kata ini digunakan untuk mengejek orang-orang yang hanya berfokus pada harga koin.

Pada masa-masa awal kripto, banyak investor mata uang kripto yang kaya raya membeli Lamborghini sebagai simbol status untuk membuktikan kesuksesan mereka di pasar. Setelah itu, Lamborghini menjadi identik dengan kesuksesan kripto, dengan banyak orang di komunitas menggunakan frasa gaul kripto ‘Kapan Lambo?” untuk menanyakan kapan investasi kripto akan cukup bernilai untuk membeli Lamborghini.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

crypto

Crypto101

slang

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens