Apa Itu NEAR Protocol (NEAR)? Cara Kerja dan Cara Membeli NEAR

NEAR Protocol dirancang untuk memberikan insentif kepada jaringan komputer untuk mengoperasikan platform untuk aplikasi yang terdesentralisasi, memanfaatkan sharding untuk pengambilan dan penskalaan data yang lebih efisien.

Feb 13, 2024
|

What Is Near

Poin-poin Penting:

  • NEAR Protocol menyediakan platform bagi para pengembang untuk membuat dan meluncurkan aplikasi terdesentralisasi (dapps) dengan memanfaatkan jaringan komputer atau node.
  • Desain inti NEAR melibatkan sharding, sebuah proses yang membagi infrastruktur jaringan menjadi beberapa segmen, yang memungkinkan node untuk menangani hanya sebagian transaksi, sehingga meningkatkan efisiensi dalam pengambilan data dan penskalaan platform.
  • Berbeda dengan sistem penyimpanan data terpusat, NEAR dioperasikan dan dipelihara oleh jaringan komputer terdistribusi, membangun arsitektur di sekitar jaringan tersebut dan mata uang kripto native mereka, token NEAR.
  • NEAR Protocol beroperasi sebagai blockchain Proof of Stake (PoS), memanfaatkan solusi sharding Nightshade untuk mendistribusikan beban kerja komputasi ke dalam potongan-potongan yang dapat dikelola, meminimalkan kerentanan keamanan dengan mengalokasikan bagian-bagian yang lebih kecil dari chain ke node yang berpartisipasi.
  • NEAR Protocol mencakup aplikasi Rainbow Bridge (untuk transfer token Ethereum yang lancar) dan Aurora (solusi penskalaan Layer-2), yang memungkinkan pengembang untuk meluncurkan dapps Ethereum di jaringan NEAR.

Apa itu NEAR Protocol?

NEAR Protocol adalah perangkat lunak yang dirancang untuk memberikan insentif kepada jaringan komputer (node) untuk mengoperasikan platform yang dirancang bagi para pengembang untuk membuat dan meluncurkan aplikasi yang terdesentralisasi (dapps). Inti dari desain protokol NEAR adalah konsep sharding, sebuah proses yang membagi infrastruktur jaringan ke dalam beberapa segmen. Pembagian ini memungkinkan node untuk menangani hanya sebagian kecil dari transaksi jaringan, memberikan kontribusi pada penciptaan metode yang lebih efisien untuk mengambil data jaringan dan penskalaan platform.

Secara fungsionalitas, NEAR beroperasi mirip dengan sistem penyimpanan data terpusat seperti Amazon Web Services (AWS), yang berfungsi sebagai lapisan dasar tempat aplikasi dibangun. Namun, berbeda dengan diatur oleh satu entitas tunggal, NEAR dioperasikan dan dipelihara oleh jaringan komputer terdistribusi.

Intinya, NEAR Protocol membangun arsitektur yang dibangun di sekitar jaringan komputer dan mata uang kripto native, token NEAR, serupa dengan AWS yang memfasilitasi penyebaran kode di cloud tanpa perlu pembuatan infrastruktur individual.

Bagaimana Cara Kerja NEAR Protocol?

NEAR Protocol beroperasi sebagai Proof of Stake (PoS) blockchain, yang bertujuan untuk membedakan dirinya melalui solusi sharding, yang disebut ‘Nightshade’. Sharding memungkinkan setiap node yang berpartisipasi untuk menyimpan hanya sebagian kecil dari data platform, sehingga meningkatkan skalabilitas dan throughput transaksi, sehingga mengurangi biaya transaksi.

Nightshade

Nightshade, solusi sharding protokol NEAR, memungkinkan pemeliharaan chain tunggal data sambil mendistribusikan beban kerja komputasi ke dalam ‘potongan-potongan’ yang dapat dikelola. Node memproses potongan-potongan ini, menambahkan informasi yang diproses ke chain utama.

Salah satu keuntungan penting dari Nightshade adalah potensinya untuk meminimalkan kerentanan keamanan dengan mengalokasikan bagian yang lebih kecil dari chain ke node yang berpartisipasi.

Rainbow Bridge

NEAR Protocol menggabungkan aplikasi Rainbow Bridge, memfasilitasi transfer token Ethereum tanpa hambatan antara Ethereum dan NEAR. Untuk memindahkan token dari Ethereum ke NEAR Protocol, pengguna mendepositkan token di kontrak pintar Ethereum , yang mengunci token. Selanjutnya, token baru yang mewakili token asli dibuat di platform NEAR.

Proses ini dapat dibalik ketika pengguna ingin mengambil token asli mereka, karena dana asli disimpan dalam penyimpanan melalui kontrak pintar.

Aurora

Aurora, solusi penskalaan Layer-2 di NEAR Protocol, dirancang bagi para pengembang untuk meluncurkan dapps Ethereum mereka di jaringan NEAR. Memanfaatkan teknologi pengodean Ethereum — Ethereum Virtual Machine (EVM) — dan cross-chain bridge, Aurora memungkinkan pengembang untuk menghubungkan kontrak pintar dan aset Ethereum mereka dengan lancar, menggabungkan keuntungan dari biaya rendah protokol NEAR dan throughput yang tinggi dengan kemiripan dan jaringan aplikasi Ethereum.

Token NEAR dan NEAR Tokenomics

Token NEAR berfungsi sebagai sarana utama untuk membayar biaya transaksi dan jaminan untuk menyimpan data di blockchain. Para pemangku kepentingan dalam ekosistem blockchain, seperti validator transaksi, menerima reward token NEAR. Validator diberi reward setiap epoch, sebesar 4,5% dari total suplai NEAR setiap tahunnya.

Pengembang yang membuat kontrak pintar juga menerima sebagian dari biaya transaksi yang dihasilkan oleh kontrak mereka. Bagian yang tersisa dari setiap biaya transaksi dibakar (burn), berkontribusi pada kelangkaan token NEAR. NEAR Protocol telah membentuk perbendaharaan, setiap tahun menerima 0,5% dari total suplai token NEAR, yang ditujukan untuk diinvestasikan kembali dalam pengembangan ekosistem.

NEAR Protocol mendukung token ‘wrapped’ dari chain lain dan token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT), dan telah membangun bridge dengan Ethereum, memungkinkan pengguna untuk mentransfer token ERC-20 dari Ethereum ke NEAR.

Cara Membeli Token NEAR

Near Protocol (NEAR) terdaftar di Crypto.com App dengan daftar yang terus bertambah dari 250 lebih mata uang kripto dan koin stabil yang didukung, termasuk Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Polkadot (DOT), USD Coin (USDC), dan Cronos (CRO).

Pengguna Crypto.com App sekarang dapat membeli NEAR dengan USD, EUR, GBP, dan 20 lebih mata uang fiat lainnya dan membelanjakannya di lebih dari 80 juta penjual di seluruh dunia dengan menggunakan Kartu Visa Crypto.com.

Sebagai alternatif, pengguna juga dapat membeli NEAR di Crypto.com Exchange. Untuk mulai membeli NEAR hari ini, unduh Crypto.com App.

Kesimpulan – Kata-kata Terakhir tentang NEAR Protocol

NEAR Protocol telah muncul sebagai kekuatan yang menjanjikan dalam dunia dapps, menawarkan platform yang kuat yang didorong oleh solusi inovatif seperti sharding dan protokol sharding Nightshade. Arsitekturnya yang unik, berbeda dari sistem terpusat tradisional, menekankan potensi jaringan komputer terdistribusi yang bekerja secara harmonis untuk mendukung masa depan dapps.

Masuknya fitur-fitur seperti Rainbow Bridge dan Aurora semakin memperkaya ekosistem NEAR Protocol, menyediakan interoperabilitas yang lancar dengan Ethereum dan menawarkan kepada para pengembang sebuah lingkungan yang familiar dengan manfaat tambahan.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada hal yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan atas pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dari Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Crypto.com Exchange, silakan merujuk ke tautan berikut dan pastikan Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis .

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

coins & tokens

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens