Apa itu Arbitrum (ARB)?

ARB adalah token tata kelola asli blockchain Arbitrum. Pelajari tentang fitur dan tokenomiknya di artikel ini.

Aug 14, 2023
|

Apa itu Arbitrum

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • ARB adalah token tata kelola ERC-20 asli untuk blockchain Arbitrum, yang dirancang untuk meningkatkan solusi penskalaan untuk Ethereum.
  • Pemegang token ARB dapat mentransfer nilai, memberikan suara pada keputusan tata kelola, dan berpartisipasi dalam ekosistem Arbitrum.
  • Pasokan awal token ARB adalah 10 miliar, dengan tingkat inflasi tahunan maksimum sebesar 2%.
  • Token ARB digunakan untuk keputusan tata kelola, termasuk alokasi dana dan perubahan teknis.
  • Pemegang token ARB juga dapat memberikan suara dalam memilih anggota Dewan Keamanan, sebuah tim yang bertanggung jawab atas dompet perbendaharaan Arbitrum.

Apa Itu Protokol Arbitrum?

Arbitrum adalah gagasan dari Offchain Labs, sebuah perusahaan yang didirikan oleh Ed Felten, Steven Goldfeder, dan Harry Kalodner. Ia menawarkan solusi penskalaan Layer-2 (L2) untuk Ethereum , yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan jaringan dengan meningkatkan kecepatan transaksi, membantu meningkatkan skalabilitas , dan menambahkan fitur privasi.

Tujuan utama Arbitrum adalah untuk mengatasi keterbatasan kontrak pintar Ethereum, termasuk kinerja yang tidak efisien dan biaya eksekusi yang tinggi, yang merupakan faktor-faktor yang berdampak negatif pada pengalaman pengguna Ethereum.

Bagaimana Arbitrum Bekerja

Arbitrum menawarkan serangkaian teknologi penskalaan L2, termasuk rollup optimis, yang memungkinkan kontrak pintar Ethereum untuk ditingkatkan dengan bertukar pesan dengan kontrak pintar lain di rantai utama Ethereum dan kontrak di lapisan kedua Arbitrum.

Teknologi ini ‘optimis’ karena validator mana pun dapat memposting blok rollup dan mengonfirmasi validitas blok lainnya. Sementara itu, ‘rollup’ menjelaskan bagaimana informasi publik dapat digunakan untuk merekonstruksi sejarah rantai secara lengkap dari log peristiwa yang dioptimalkan.

Arbitrum Rollup mengacu pada protokol rollup optimis, dan Arbitrum One adalah rantai rollup pertama di Arbitrum.

Apa Itu Token ARB?

ARB adalah bagian integral dari ekosistem Arbitrum, yang berfungsi sebagai token tata kelola untuk blockchain Arbitrum. Ini adalah token ERC-20 yang dirancang untuk memungkinkan pemegang token berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan jaringan dan memiliki suara dalam pengembangan dan arahan ekosistem.

Fitur dan Utilitas Token ARB

1. Transfer Nilai

Salah satu fungsi utama token ARB adalah memfasilitasi transfer nilai dalam ekosistem Arbitrum. Pemegang dapat mengirim dan menerima token ARB dengan aman dan efisien, menjadikannya sarana pertukaran yang nyaman dalam jaringan.

2. Pemungutan Suara Tata Kelola

Pemegang token ARB memiliki hak untuk memberikan suara pada keputusan tata kelola penting yang membentuk masa depan ekosistem Arbitrum. Keputusan ini dapat mencakup alokasi dana, investasi pada ekosistem, dan perubahan teknis pada infrastruktur jaringan.

Untuk berpartisipasi dalam proses tata kelola, pemegang token mengirimkan suara mereka melalui forum terbuka seperti Snapshot.org , tempat mereka menghubungkan dompet mereka dan memberikan suara mereka pada proposal terbuka. Proses pemungutan suara bersifat transparan dan demokratis, memungkinkan pemegang token untuk mengekspresikan pendapat mereka dan berkontribusi terhadap pengembangan ekosistem.

3. Keputusan Pemilihan Dewan Keamanan

Selain keputusan tata kelola, pemegang token ARB juga dapat memberikan suara dalam memilih anggota Dewan Keamanan, sebuah tim beranggotakan 12 orang yang bertanggung jawab mengelola dompet perbendaharaan ekosistem Arbitrum. Dengan berpartisipasi dalam pemilihan ini, pemegang token membantu membentuk komposisi dewan dan menjamin keamanan dan integritas jaringan.

Tokenomics dari Token ARB

Memahami tokenomik token ARB sangat penting untuk mengevaluasi potensi nilai dan kegunaannya dalam ekosistem Arbitrum. Berikut adalah beberapa detail penting tentang tokenomik token ARB:

  • Pasokan Awal: Pasokan awal token ARB ditetapkan sebesar 10 miliar token.
  • Tingkat Inflasi: Token memiliki tingkat inflasi tahunan maksimum sebesar 2%, memastikan peningkatan pasokan token secara bertahap seiring waktu.
  • Distribusi: Distribusi token ARB adalah sebagai berikut:
  1. Investor menerima 17,53%
  2. DAO di ekosistem Arbitrum: 1,13%
  3. Dompet individu: 11,62%
  4. Perbendaharaan DAO: 42,78%
  5. Tim dan tim masa depan ditambah penasihat: 26,94%

Penting untuk dicatat bahwa jumlah alokasi yang disebutkan di atas dapat berubah berdasarkan keputusan Arbitrum DAO, badan tata kelola terdesentralisasi yang bertanggung jawab atas jaringan.

Cara Berdagang ARB di Crypto.com

Arbitrum ( ARB ) kini terdaftar di Aplikasi Crypto.com, bergabung dengan daftar 250 lebih cryptocurrency dan stablecoin yang didukung, termasuk Bitcoin (BTC), Ether (ETH), Polkadot (DOT), Chainlink (LINK), VeChain ( VET), Koin USD (USDC), dan Cronos (CRO).

Pengguna Aplikasi Crypto.com sekarang dapat membeli ARB dengan harga sebenarnya dengan USD, EUR, GBP, dan lebih dari 20 mata uang fiat dan menggunakannya di lebih dari 80 juta pedagang di seluruh dunia menggunakan Kartu Visa Crypto.com.

Unduh Aplikasi Crypto.com untuk mulai berdagang ARB hari ini.

Kesimpulan

Token ARB memainkan peran penting dalam ekosistem Arbitrum, menawarkan fitur seperti transfer nilai dan hak suara tata kelola. Dengan tokenomiknya yang unik dan dibandingkan dengan token lain di pasar, token ARB menunjukkan potensinya untuk membentuk masa depan solusi penskalaan Layer-2 untuk blockchain Ethereum.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

coins & tokens

smart contracts

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens