Apa Itu Musim Altcoin?

Apa itu musim altcoin, dan bagaimana pengaruhnya terhadap pasar? Pelajari sinyal yang harus dicari dan cara membangun portofolio altcoin di Crypto.com.

Mar 24, 2023
|

Apa Itu Altcoin Season Otp

Pendahuluan

Altcoin season adalah istilah yang sering digunakan dalam dunia mata uang kripto untuk menggambarkan periode waktu ketika harga altcoin cenderung mengungguli Bitcoin. Memahami beberapa faktor yang mungkin berkontribusi pada musim altcoin dan bagaimana menavigasi pasar yang bergejolak ini bisa menjadi tantangan. Dalam artikel ini, kami mempelajari seluk beluk musim altcoin.

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Istilah ‘musim altcoin’ mengacu pada siklus pasar ketika altcoin mengungguli Bitcoin.
  • Faktor-faktor yang dapat berkontribusi pada musim altcoin dapat mencakup sentimen bullish secara keseluruhan di pasar mata uang kripto; peluncuran, atau pembaruan besar pada altcoin; dan penurunan dominasi Bitcoin.
  • Musim Altcoin sering kali dilihat sebagai kesempatan bagi para trader untuk mendiversifikasi portofolio mata uang kripto mereka dan berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.
  • Cari tahu mengapa dan kapan musim altcoin dimulai, ditambah cara membeli altcoin di Crypto.com.

Apa yang dimaksud dengan Altcoin?

Istilah ‘altcoin’ adalah kependekan dari ‘koin alternatif’. Ini mengacu pada mata uang kripto apa pun yang bukan Bitcoin. Ribuan altcoin telah dikembangkan sejak penciptaan Bitcoin, dan banyak yang menawarkan fitur unik atau dirancang untuk tujuan tertentu. Beberapa contoh altcoin termasuk Ethereum (ETH), Litecoin (LTE), Dogecoin (DOGE), dan Cronos (CRO).

Sebagai alternatif Bitcoin, altcoin dapat bertindak lebih dari sekadar media pembayaran digital – altcoin juga dapat menawarkan fitur atau manfaat yang berbeda. Ini dapat mencakup kecepatan transaksi yang lebih cepat, biaya yang lebih rendah, meningkatkan privasi, atau mengaktifkan kontrak pintar.

Pelajari lebih lanjut tentang berbagai jenis koin dan token dalam ikhtisar.

Apa Itu Musim Altcoin?

Musim altcoin mengacu pada periode waktu ketika harga altcoin naik secara signifikan dan mengungguli Bitcoin (BTC).

Bitcoin, sebagai mata uang kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, mengkapitalisasi sebagian besar volume perdagangan di pasar mata uang kripto. Rasio BTC terhadap non-BTC (atau altcoin) adalah metrik utama dalam analisis pasar. Hal ini dengan tepat dinamai ‘dominasi Bitcoin‘.

Pada masa-masa awal kripto, dominasi Bitcoin hampir mencapai 100%, tetapi dengan meningkatnya popularitas altcoin, dominasi tersebut telah menurun. Saat ini, ketika altcoin secara kolektif memperoleh kapitalisasi pasar dan menyalip kapitalisasi pasar BTC, hal ini terkadang menandakan dimulainya musim altcoin.

Karena altcoin cenderung mengungguli Bitcoin pada fase ini, hal ini sering kali dianggap sebagai peluang bagi para pedagang untuk mendiversifikasi portofolio mata uang kripto mereka ke altcoin.

Selain itu, musim altcoin sering kali ditandai dengan sentimen bullish secara umum di pasar mata uang kripto, yang dapat didorong oleh berbagai faktor.

Apa yang Menyebabkan Musim Altcoin?

Meskipun sulit untuk menentukan penyebab pasti dari musim altcoin, ada beberapa faktor yang dapat berkontribusi terhadapnya. Berikut adalah tiga penyebab potensial yang memicu tren tersebut:

Menurunnya Minat terhadap Bitcoin

Seperti yang disebutkan di atas, penurunan dominasi Bitcoin dapat berkontribusi pada musim altcoin, karena para pedagang mungkin ingin mendiversifikasi kepemilikan mereka dengan membeli mata uang kripto lainnya, menggeser kapitalisasi pasar ke alternatif BTC.

Secara historis, setelah tren kenaikan yang signifikan, harga BTC cenderung stabil dan tetap berada di level tinggi untuk waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan para pelaku pasar yang mencari keuntungan jangka pendek untuk menjual bitcoin mereka dan beralih ke altcoin. Pada saat yang sama, harga BTC yang tinggi juga dapat menjadi penghalang bagi pembeli kripto baru, yang kemudian dapat memilih altcoin sebagai gantinya, yang akan berkontribusi pada pergeseran kapitalisasi pasar secara umum ke mata uang non-BTC.

Untuk pandangan yang lebih mendalam, baca artikel kami‘Apa Itu Dominasi Bitcoin?

Tren Kripto Baru Seperti DeFi, NFT, dan Web3

Selain itu, peluncuran altcoin baru atau pembaruan pada altcoin yang sudah ada dapat menciptakan kegembiraan dan meningkatkan permintaan. Hal ini terutama terjadi jika altcoin diluncurkan sebagai bagian dari tren yang lebih besar dan menawarkan fitur atau solusi unik untuk masalah yang belum ditangani oleh mata uang kripto lainnya.

Pada tahun 2020, kemunculan keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang berkontribusi pada musim altcoin. Pada tahun 2021, popularitas token non-fungible(NFT) yang meroket mendorong yang lain. Dan pada awal tahun 2022, Web3 memacu gelombang adopsi token altcoin lainnya.

Sentimen Bullish dalam Perekonomian yang Lebih Luas

Perekonomian yang kuat, pasar saham yang bullish, dan sentimen positif secara keseluruhan di pasar kripto juga dapat mempengaruhi popularitas altcoin. Meningkatnya selera terhadap risiko dan imbal hasil yang lebih tinggi selama pasar bullish sering kali membuat altcoin berkapitalisasi pasar kecil sekalipun menjadi lebih baik, sehingga meningkatkan kapitalisasi pasar altcoin secara keseluruhan.

Pelajari lebih lanjut tentang empat siklus pasar kripto di sini.

Cara Mengetahui Kapan Musim Altcoin Dimulai

Dengan mempertimbangkan tiga faktor yang dibahas di atas, seorang trader dapat mencari sinyal-sinyal berikut ini, di antaranya, yang mungkin mengindikasikan musim altcoin mungkin sudah dekat:

Bitcoin sedang menikmati kenaikan yang bertahan lama.

Kenaikan Bitcoin yang bertahan lama dapat membuat pembeli baru menyukai altcoin, yang lebih terjangkau daripada BTC.

Kapitalisasi pasar dari altcoin teratas sedang meningkat.

Pantau terus 20 altcoin teratas. Jika ada tren kenaikan, misalnya, ETH, SOL, atau ADA, musim altcoin yang lebih luas mungkin akan segera dimulai.

Jika tren baru di dunia kripto mendominasi media dan media sosial, seperti diskusi di Discord dan Twitter, hal ini mungkin akan segera membawa peluncuran altcoin baru yang akan meningkatkan kapitalisasi pasar.

Kata-kata Terakhir tentang Musim Altcoin

Musim Altcoin dapat menjadi waktu di mana banyak pemegang kripto mendiversifikasi portofolio mereka. Ikuti berita dan perkembangan terbaru di pasar mata uang kripto, serta ekonomi yang lebih luas. Namun, meskipun musim altcoin mungkin merupakan waktu yang menarik untuk berdagang, ingatlah bahwa ini hanyalah salah satu bagian dari siklus pasar mata uang kripto jangka panjang.

Cara Membeli Altcoin Dengan Crypto.com

Ingin membeli altcoin sebelum musim altcoin berikutnya dimulai? Aplikasi Crypto.com dan Crypto.com Exchange menawarkan akses instan ke lebih dari 250 altcoin untuk seluler atau desktop.

Di Aplikasi Crypto.com

Aplikasi Crypto.com dipercaya oleh lebih dari 80 juta pelanggan di seluruh dunia. Cukup unduh di Apple Store atau Google Play dan selesaikan proses identifikasi KYC (kenali pelanggan Anda) untuk mengakses altcoin dalam beberapa menit. Pengguna dapat dengan mudah membeli altcoin menggunakan 20 mata uang fiat melalui kartu kredit, transfer bank, atau Apple Pay.

Di Bursa Crypto.com

Crypto.com Exchange adalah salah satu platform perdagangan kripto tercepat dan teraman di dunia. Untuk membeli altcoin di Crypto.com Exchange, daftar dan isi ulang akun Anda melalui Aplikasi Crypto.com, transfer bank, atau kartu kredit. Pengguna kemudian dapat memperdagangkan lebih dari 500 pasangan perdagangan.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dengan Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Crypto.com Exchange, silakan lihat tautan berikut dan pastikan Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

altcoins

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens