Apa Itu Token Tata Kelola?

Token tata kelola memberi pemegangnya suara dalam proyek kripto dan blockchain. Pelajari cara kerjanya secara mendetail.

Jul 11, 2022
|

Token Pemerintah 1200

Hal-hal Penting yang Dapat Dipetik

  • Token tata kelola memungkinkan pemegangnya untuk memberikan suara pada keputusan dalam organisasi otonom terdesentralisasi (DAO)
  • DAO menggunakan token tata kelola untuk mendistribusikan kekuasaan dan pengaruh di antara para anggota daripada memusatkannya dengan cara top-down seperti organisasi tradisional

Apa Itu Token Tata Kelola?

Sebagian besar organisasi tradisional didasarkan pada hierarki. Dewan direksi atau kepemimpinan lain yang terdiri dari beberapa orang berdiri di puncak organisasi, membuat keputusan.

Keuangan terdesentralisasi dan proyek-proyek berbasis blockchain lainnya mengambil pendekatan yang berbeda. Alih-alih memberikan semua kekuasaan pengambilan keputusan kepada dewan kecil, organisasi otonom yang terdesentralisasi (DAO) mendistribusikan sebagian kekuasaan kepada pemegang token.

Proses mengarahkan masa depan proyek melalui langkah-langkah pemungutan suara yang terdesentralisasi disebut tata kelola on-chain. Namun, para pemimpin proyek memutuskan parameter apa saja yang memenuhi syarat untuk diubah dan menetapkan bagaimana proses persetujuannya.

Token tata kelola adalah chip pemungutan suara dalam proses ini. Mereka adalah token ERC-20 yang terikat pada proyek tertentu dan memberikan pemegangnya suara dalam masa depan organisasi atau ekosistem blockchain. Kuota suara yang ditentukan oleh pemegang token menentukan apakah dan perubahan apa yang akan dilakukan pada proyek. Dengan kata lain, token ‘mengatur’ protokol.

Untuk Apa Token Tata Kelola Digunakan?

Populasi pemegang token tata kelola dapat membuat keputusan secara kolektif, mempengaruhi keputusan, atau mengusulkan perubahan. Ini termasuk misalnya biaya biaya transaksi atau perubahan UI (antarmuka pengguna).

Parameter yang dapat dipilih bervariasi dari satu proyek ke proyek lainnya, dan juga banyak pengaruh yang diberikan kepada pemegang token. Hal ini bergantung pada pengaturan awal blockchain yang menentukan parameter yang berada di bawah pengaruh token tata kelola. Pengaruh paling besar dipegang oleh mereka yang memegang token paling banyak, yang dalam banyak proyek adalah pendiri, tim, atau investor.

Terakhir, token tata kelola tidak semata-mata dimaksudkan untuk memberikan hak suara. Banyak proyek blockchain juga mengizinkan token tata kelola untuk digunakan dalam beberapa cara lain, termasuk:

  • Mengintai dan mengunci
  • Meminjamkan dan meminjam
  • Hasil pertanian
  • Arus kas dari biaya

Jika Anda ingin menjelajahi kemungkinan yang ditawarkan oleh token tata kelola, Anda memiliki banyak pilihan. Ada ratusan proyek blockchain dengan token tata kelola.

Berikut ini ada tiga yang paling populer:

Pembuat (MKR)

  • Maker adalah DAO yang memungkinkan pengguna untuk meminjamkan berbagai aset kripto dan meminjam DAI
  • Pemegang token dapat memperoleh biaya bunga atas pinjaman di platform dan memilih jenis agunan yang diterima untuk pinjaman
  • Token MKR mengalami pertumbuhan 350% antara Q1 2021 dan Q1 2022

Saksikan AMA bersama CEO Maker Foundation, Rune Christensen:

Senyawa (COMP)

  • Compound adalah protokol DeFi yang memungkinkan pinjam meminjam untuk berbagai mata uang kripto
  • COMP adalah token tata kelola Compound yang juga dapat ditambang secara likuiditas oleh pemegangnya
  • Pemegang dapat memilih jenis agunan yang diterima untuk pinjaman dan menerima biaya bunga atas pinjaman yang belum dilunasi

Tektonik (TONIC)

  • Tectonic adalah platform pinjam meminjam terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi sebagai penyedia likuiditas atau peminjam
  • Meskipun dimulai dengan keputusan-keputusan utama yang terpusat, peta jalannya merencanakan pengalihan proses tata kelola secara penuh kepada masyarakat dan pemangku kepentingan dari waktu ke waktu
  • Pemegang token dapat memberikan suara pada suku bunga, rasio jaminan, dan alokasi token

Tectonic dan token tata kelolanya TONIC dapat diakses melalui Dompet Crypto.com DeFi.

Baca panduan DeFi untuk pemula untuk mempelajari lebih lanjut tentang platform pinjam meminjam dan cara menggunakannya.

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Token Tata Kelola

Sebelum berinvestasi pada token tata kelola, teliti total pasokan token dan distribusinya.

Di beberapa proyek, sebagian besar dari total pasokan terkunci dalam jadwal vesting kepada para pemangku kepentingan dan karenanya belum tersedia bagi mereka. Hal ini dapat meningkatkan nilai proyek, yang kemudian dapat turun nilainya ketika token vesting didistribusikan sekaligus kepada tim dan investor.

Anda dapat menemukan informasi pasokan total di situs web proyek atau di whitepaper mereka.

Kata Penutup

Token tata kelola menawarkan bentuk kepemilikan di DAO dan proyek terdesentralisasi lainnya dan memungkinkan pemegangnya untuk mempengaruhi arah masa depan proyek-proyek ini. Selain itu, mereka sering membiarkan pemegangnya mendapatkan sebagian dari biaya yang mereka kenakan untuk penggunaan layanan mereka.

Anda dapat memperdagangkan token tata kelola, termasuk MKR, COMP, dan TONIC yang disebutkan di atas, di Crypto.com Exchange, dan menggunakannya di Crypto.com App dan DeFi Wallet.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual token atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

coins & tokens

cryptocurrencies

dao

tokens

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens