5 Proyek DeFi Teratas di Cronos

Dari DEX hingga agregator hasil, temukan lima proyek DeFi teratas di jaringan Cronos

Jul 26, 2022
|

5 Proyek DeFi Teratas di Cronos

Keuangan terdesentralisasi (DeFi) adalah topik hangat dalam dunia kripto, karena mengasah salah satu elemen kunci dari dunia ini: desentralisasi. Jika Anda masih merasa kesulitan untuk memahami apa sebenarnya DeFi itu, mari kita rangkum sebelum melanjutkan.

DeFi bertujuan untuk menghilangkan perantara pihak ketiga dengan memungkinkan pengguna dan bisnis untuk melakukan transaksi keuangan melalui jaringan keuangan peer-to-peer (P2P). Teknologi yang sedang berkembang ini menggunakan protokol keamanan dan perangkat lunak untuk mencatat dan mengamankan transaksi-transaksi ini pada blockchain. Beberapa tujuan DeFi termasuk meningkatkan akses ke layanan keuangan, mengurangi waktu dan biaya transaksi, dan mengalihkan kendali dana kembali ke pengguna.

Dalam artikel ini, kami memperkenalkan lima proyek DeFi paling populer di jaringan Cronos. Ini adalah jaringan blockchain pertama yang beroperasi dengan ekosistem Ethereum dan Cosmos, mendukung perdagangan mata uang kripto, DeFi, NFT, game, dan metaverse, memberikan akses penuh kepada pengguna ke semua yang ada di Web3.

Rangkaian produk Crypto.com, termasuk Aplikasi dan Dompet DeFi, menjembatani dengan mulus ke bursa terdesentralisasi (DEX), platform peminjaman, dan agregator imbal hasil yang tersedia di ekosistem Cronos.

Untuk pengenalan tentang cara menyiapkan dompet DeFi dan memanfaatkan berbagai alat DeFi, baca panduan DeFi kami untuk pemula.

5 Proyek DeFi teratas kami di jaringan Cronos, yang diberi peringkat berdasarkan TVL (total nilai terkunci) adalah:

  • VVS Finance (DEX)
  • Tektonik (Platform Pinjaman)
  • Ferro (Stablecoin DEX)
  • Mad Meerkat Finance (DEX)
  • Beefy Finance (Agregator Hasil)

1. VVS Finance (DEX)

VVS Finance VVS Finance adalah yang terbesar di rantai Cronos berdasarkan total value locked(TVL). Namanya adalah singkatan dari Keuangan yang Sangat, Sangat Sederhana. DEX ini menawarkan fungsi DeFi yang paling populer, termasuk swap, staking, dan pool likuiditas, dalam antarmuka pengguna yang mudah dinavigasi.

VVS Finance dengan cepat mendapatkan popularitas di antara para pemegang kripto karena ciri khasnya:

  • Volume perdagangan yang wajar antara 5% dan 20% dari kapitalisasi pasarnya
  • Kapitalisasi pasar awal yang substansial yang melonjak menjadi US$170 juta dalam bulan-bulan pertama peluncurannya

Tidak terbiasa dengan jargon DeFi? Lihatlah artikel kami tentang 5 Istilah DeFi yang Harus Anda Ketahui.


2. Tektonik (Platform Peminjaman)

Tektonik adalah protokol pasar uang non-kustodian berdasarkan algoritme yang mengotomatiskan perdagangan. Non-kustodian berarti pengguna tetap menjadi kustodian atas dana mereka. Proyek ini memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi sebagai pemasok atau peminjam likuiditas.

Pemasok menyediakan likuiditas ke pasar dengan harapan adanya peluang pendapatan pasif. Peminjam dapat meminjam likuiditas dengan cara over-collateralized (yaitu, dana yang dikunci untuk pinjaman harus melebihi jumlah yang dipinjamkan), yang menarik bagi mereka yang mengharapkan agunan meningkat nilainya selama periode lock-in.

Hal ini dilengkapi dengan program insentif bunga yang didukung oleh TONIC, token asli protokol Tectonic.

Manfaat utama dari proyek Tektonik adalah:

  • Pengguna dapat meminjam akses ke aset kripto tanpa harus melikuidasi aset asli mereka
  • Mata uang kripto tertentu dapat dipinjam oleh pedagang untuk perdagangan jangka pendek atau pertanian hasil
  • HODLers‘ dapat menghasilkan keuntungan tambahan dari bunga dengan memasok aset ke protokol tanpa harus secara aktif mengelolanya

3. Ferro (Stablecoin DEX)

Ferro adalah protokol Automated Market Maker(AMM) swap stabil yang berfokus pada penyediaan perdagangan yang efisien dan aman untuk stablecoin dan aset terpatok lainnya.

Protokol ini memungkinkan swap, staking, dan kumpulan likuiditas yang terdiri dari stablecoin. Ini mengiklankan biaya yang lebih rendah, selip yang lebih rendah, dan lebih sedikit risiko Kerugian Tidak Tetap (IL) dibandingkan dengan perdagangan aset kripto yang lebih tidak stabil.

Fitur yang paling populer dari protokol Ferro adalah:

  • Liquidity Pools – likuiditas yang disediakan dengan imbalan token penyedia likuiditas (LP) dan biaya yang diperoleh, proporsional dengan transaksi kontribusi
  • Ferro Swap – token yang didukung dapat ditukar dengan biaya rendah dan selip

Dompet Crypto.com DeFi sekarang memiliki protokol Ferro terintegrasi sehingga pengguna dapat melakukan staking stablecoin secara langsung di DeFi Earn untuk menerima hadiah dalam FER, token aslinya. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu mengunduh dan mendaftar dengan aplikasi terdesentralisasi(dapp) yang terpisah, tetapi dapat berinteraksi dengan Ferro langsung di DeFi Wallet.

4. Mad Meerkat Finance (DEX)

Mad Meerkat, atau MM Financemudah dikenali dari maskot meerkatnya. Saat ini, ini adalah salah satu DEX dan Automated Market Maker (AMM) paling populer di Cronos, karena biaya perdagangannya yang rendah (0,17%) dan menjadi yang pertama memperkenalkan Protokol Likuiditas Milik (POL ) dalam ekosistem Cronos.

Pengguna dapat menghasilkan token menggunakan MM Finance melalui yield farms dan pool likuiditas; selain itu, pengguna juga dapat diberi imbalan dengan biaya perdagangan (0,10%) untuk semua perdagangan yang melewati pasangan mereka ketika mereka mempertaruhkan token mereka di pool likuiditas.

Ketika pengguna melakukan token swap (perdagangan) di MM Finance, mereka membayar biaya perdagangan 0,17%, yang sebagian digunakan untuk membeli kembali MMF dan membentuk POL. MM Finance menyatakan bahwa “dengan mengalokasikan sebagian besar biaya kami untuk membeli kembali MMF dan membentuk kumpulan likuiditas, kami akan dapat memastikan bahwa, seiring dengan meningkatnya volume perdagangan, hal ini akan membantu menciptakan tekanan deflasi pada MMF, yang menghasilkan kenaikan harga dari waktu ke waktu.”

5. Beefy Finance (Agregator Hasil)

Beefy Finance (BIFI) adalah pengoptimal hasil multichain terdesentralisasi yang menjembatani beberapa blockchain dan menawarkan pendapatan bunga majemuk dengan persentase hasil tahunan(APY) yang lebih tinggi daripada sebagian besar platform DeFi lainnya. Sebagai pengoptimalisasi hasil, Beefy Finance secara otomatis mengoptimalkan penggunaan pool likuiditas dan imbalan AMM melalui kontrak pintar.

Fitur BIFI yang paling populer adalah Vaults, di mana pengguna dapat melakukan staking dan menarik kripto kapan saja. Apa yang membuat Beefy Finance Vaults begitu diminati adalah strategi investasi mereka: untuk token yang disimpan, hasil majemuk diperoleh dalam bentuk token reward.

Kata Penutup

Anda dapat menemukan kelima protokol DeFi Cronos yang dijelaskan di atas, serta banyak lagi – termasuk Aave Lending V2, Yearn Earn V2, dan Compound Lending – di browser DeFi di Dompet DeFi Crypto.com.

Dompet Crypto.com DeFi adalah dompet non-kustodian yang memungkinkan pengguna dengan mudah mengakses semua hal tentang DeFi di satu tempat. Pengguna dapat dengan mudah dan aman mengelola 700+ token di 20+ blockchain, menukar token dengan mulus, mendapatkan hadiah token, mengelola NFT mereka, dan terhubung dengan DApps paling populer dalam hitungan detik.

Untuk panduan pemula tentang cara menggunakan DeFi dan Dompet DeFi Cryto.com, lihat artikel ini. Masih bingung dengan jargon DeFi? Daftar 5 istilah populer DeFi ini akan memberikan kejelasan.

Terakhir, untuk pengenalan Cronos, ekosistem yang menampung semua proyek DeFi ini, buka pengantar ini.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual aset kripto apa pun. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Cronos

Cronos network

DeFi

DeFi DApp Browser

Defi Earn

DeFi Wallet

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens