Penipuan Pemotongan Babi: Apa Itu dan Bagaimana Menghindarinya

Jenis penipuan terbaru yang muncul di dunia kripto ini adalah persilangan antara penipuan percintaan dan investasi. Inilah cara kerja penipuan ini dan dasar-dasar cara mengenalinya.

Sep 15, 2023
|

Apa Itu Penipuan Pemotongan Babi

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Penipuan adalah skema penipuan yang bertujuan mengelabui individu agar menyerahkan uang, data pribadi, dan/atau aset berharga melalui manipulasi dan ketidakjujuran.
  • Penipuan pemotongan babi sering kali memadukan romansa atau persahabatan dan penipuan investasi, memikat korbannya dengan janji kebebasan finansial melalui perdagangan mata uang kripto.
  • Penipu membangun kepercayaan dari waktu ke waktu, mengarahkan korbannya untuk berinvestasi di platform palsu, namun menghilang setelah mendapatkan dana dalam jumlah besar.
  • Untuk melindungi diri dari penipuan semacam itu, berhati-hatilah dengan pesan yang tidak diminta, dan bersikap skeptis terhadap saran investasi yang tidak diminta.

Apa itu Penipuan?

Penipuan adalah skema penipuan atau penipuan yang dirancang untuk mengelabui individu agar memberikan uang, informasi pribadi, dan/atau aset berharga lainnya. Penipu menggunakan berbagai taktik dan strategi untuk memanipulasi korbannya agar percaya bahwa mereka berhadapan dengan peluang, layanan, atau produk yang sah, padahal kenyataannya niat mereka tidak jujur ​​dan jahat.

Penipuan mempunyai banyak bentuk, seperti peluang investasi palsu, email phishing , skema piramida, pencurian identitas, penipuan lotere, penipuan pengiriman uang , dan masih banyak lagi. Mereka sering mengeksploitasi pemicu psikologis seperti urgensi, ketakutan, keserakahan, atau keinginan untuk mendapatkan keuntungan untuk memanipulasi korban agar mengambil tindakan yang menguntungkan si penipu.

Apa Itu Penipuan Pemotongan Babi?

Penipuan pemotongan babi, yang baru-baru ini muncul di dunia kripto, adalah persilangan antara penipuan investasi dan percintaan. Dalam penipuan pemotongan babi, penipu mendekati korban melalui aplikasi kencan, media sosial, atau komunitas online dan memulai hubungan romantis atau persahabatan dengan mereka.

Setelah kepercayaan korban ‘diperoleh’ oleh penipu, alih-alih meminta uang untuk diri mereka sendiri, penipu mendorong korban untuk memperdagangkan mata uang kripto sebagai sarana menuju kebebasan finansial. Korbannya – yang umumnya memiliki sedikit atau tanpa pengalaman dalam kripto – sering kali mencari ‘bantuan’ penipu untuk menemukan platform yang dapat dipercaya.

Perangkap ditutup ketika penipu kemudian mengarahkan korbannya ke platform yang tampaknya tidak ada hubungannya dengan penipu untuk mengelabui korbannya agar menginvestasikan uangnya; mereka bahkan mungkin memberi tahu korban yang telah menginvestasikan uang dalam penipuannya bahwa mereka telah memperoleh keuntungan luar biasa dari investasi awal untuk menipu mereka agar menggunakan modal tambahan.

Para penipu bahkan mungkin mengembalikan sebagian investasi awal korban dalam bentuk ‘keuntungan’, sehingga membangun kepercayaan dan mendorong korban untuk berinvestasi lebih banyak lagi. Setelah korban menyerahkan uang sebanyak yang diyakini penipu dapat mereka peroleh, mereka – dan dalam beberapa kasus, platform palsu juga – menghilang.

Salah satu karakteristik unik dari penipuan ini adalah bahwa hal ini biasanya terjadi dalam jangka waktu yang lama, sehingga memungkinkan terbentuknya kepercayaan.

Pelajari tentang penipuan percintaan yang terkait erat sebagai bagian dari seri Universitas kami tentang penipuan kripto .

Cara Kerja Penipuan Pemotongan Babi Secara Detail

  1. Penipuan biasanya dimulai dengan pesan teks atau kontak online, di mana penipu berpura-pura memasukkan nomor yang salah namun secara bertahap membangun koneksi dengan korban.
  2. Penipu mendapatkan kepercayaan korban, sementara itu juga menyebutkan kekayaan mereka dan mendorong korban yang dituju untuk berinvestasi dalam mata uang kripto melalui platform perdagangan tertentu.
  3. Untuk membangun kepercayaan, penipu memulai dengan permintaan sejumlah kecil uang dan mungkin menunjukkan keuntungan palsu kepada korban, membuatnya tampak seolah-olah mereka sudah mendapatkan keuntungan — terkadang bahkan mengirimkan sebagian dari keuntungan yang dituduhkan kepada korban.
  4. Saat korban semakin banyak berinvestasi, penipu meyakinkan mereka untuk memperdagangkan jumlah yang lebih besar. Namun, ketika korban mencoba menarik uangnya, mereka sering kali diberitahu bahwa mereka perlu membayar biaya atau pajak .
  5. Begitu korban mencoba menarik uangnya, memberi isyarat kepada penipu bahwa mereka kehilangan kepercayaan, ‘babi’ tersebut siap untuk disembelih: para penipu menghilang, membuat korban hancur secara finansial dan tidak dapat memperoleh kembali dananya.

Cara Menghindari Tertipu Penipuan Pemotongan Babi

Untuk menghindari penipuan jenis ini, perhatikan pertimbangan di bawah ini:

  • Berhati-hatilah terhadap pesan atau kontak yang tidak diminta dari orang asing, terutama di media sosial atau aplikasi kencan.
  • Hindari membagikan informasi pribadi secara berlebihan di platform media sosial.
  • Tunjukkan ketidaktertarikan pada cryptocurrency atau keengganan untuk berpisah dengan dana; jika mereka menghilang, kemungkinan besar itu adalah bukti bahwa niat mereka tidak tulus.
  • Jangan berinvestasi hanya berdasarkan saran dari seseorang yang baru saja Anda temui atau yang melakukan kontak secara tiba-tiba.
  • Jangan biarkan FOMO mempengaruhi pembelian aset, terutama ketika return ‘terjamin’ atau terlalu tinggi.
  • Hindari berdagang di platform yang tidak dikenal dan/atau tidak teregulasi dan tidak memiliki reputasi baik.
  • Aturan emasnya: Jika tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang demikian.
  • Jika mencurigai adanya penipuan, laporkan ke pihak yang berwenang, seperti FBI atau penegak hukum setempat.

Dengan mengikuti tindakan pencegahan ini bersama dengan tindakan pencegahan lainnya, pedagang dapat mengurangi risiko menjadi korban penipuan pemotongan babi dan melindungi diri mereka dari kerugian finansial.

Baca juga 101 praktik terbaik keamanan dan privasi data kami untuk melindungi dari penipu.

Kesimpulan

Seiring berkembangnya kripto, penipu juga terus melakukannya. Tetap rajin dan waspada, dan hanya gunakan platform yang aman dan bereputasi baik seperti Crypto.com yang menggunakan fitur keamanan yang kuat, termasuk otentikasi multi-faktor (MFA) dan Kode Anti-Phishing. Hindari berinvestasi pada platform yang tidak dikenal, percayalah pada intuisi, dan ingat aturan ‘terlalu bagus untuk menjadi kenyataan’. Selalu DYOR .

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

scams

security

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens