Kripto 101: Cara DYOR

Jika Anda telah berada di dunia kripto selama satu menit, Anda mungkin akan disuruh untuk ‘melakukan riset sendiri’. Berikut adalah empat langkah DYOR.

Nov 14, 2022
|

Dyor Opt

Hal-hal penting yang dapat diambil:

Lihatlah empat dimensi ini ketika melakukan penelitian Anda sendiri tentang proyek kripto:

  • Tim: Apakah seimbang untuk proyek ini? Apakah ada kulit dalam permainan, dan apakah tim bereaksi jika Anda mengulurkan tangan?
  • Tokenomics: Apa utilitas token, kapitalisasi pasar, volume, dan likuiditasnya? Apakah ada skema vesting/lock-up di masa depan?
  • Inovasi: Masalah apa yang dipecahkan? Apa keunggulan proyek ini dibandingkan para pesaingnya dan proyek-proyek yang sudah ada? Seperti apa peta jalan tersebut, dan apakah sudah memenuhi tonggak pencapaian?
  • Sosial: Apakah saluran resminya memiliki tingkat aktivitas yang sehat dan komunitas yang ramah dan bersahabat?

DYOR membutuhkan waktu, tetapi menemukan permata, potensi airdrop, dan risiko sebelum mengambil keputusan membeli membuatnya berharga.

Apa itu DYOR?

Jika Anda pernah berkecimpung di dunia kripto, bahkan hanya sebentar, Anda pasti pernah mendengar nasihat berikut ini: DYOR, kependekan dari ‘lakukan riset sendiri’. Ini biasanya digunakan untuk mengingatkan para pelaku pasar untuk memeriksa sebuah proyek sebelum mengambil keputusan pembelian.

Di sini, kami menguraikan empat faktor dasar yang perlu dipertimbangkan saat ingin membeli koin, token, NFT, atau taruhan lainnya dalam proyek kripto.

Faktor 1: Tim

Cari tahu siapa tim di balik sebuah token atau proyek. Titik awalnya adalah situs web dan buku putih mereka. Mata uang kripto tanpa kertas putih dapat dianggap sebagai tanda bahaya.

Perhatikan lebih dekat tim ini: Berapa ukuran tim mereka? Sebuah proyek yang sangat kecil dengan hanya dua hingga tiga orang di dalamnya dapat membawa risiko proyek menjadi berantakan jika ada anggota tim yang berhenti. Selain itu, jika semua orang di perusahaan adalah eksekutif tingkat C, ini belum tentu sesuai dengan pengalaman mereka, karena penggelembungan jabatan kemungkinan besar terjadi.

Apakah tim memiliki pengalaman yang relevan dalam blockchain, Web3, keuangan, ilmu komputer, atau disiplin ilmu terkait? Apakah tim tersebut seimbang, dan apakah tim tersebut memiliki keahlian yang diperlukan untuk menjalankan proyek dengan sukses?

Apakah tim memiliki koneksi industri atau mitra terkenal yang menunjukkan pengalaman mereka di bidangnya? Jika tidak diakui di situs web mereka, pencarian Google atau LinkedIn dapat mengungkapkan hal ini.

Hal ini membawa kita ke poin lain: Apakah tim tersebut sudah didok (yaitu, apakah mereka mengungkapkan identitas mereka)? Tim yang sepenuhnya anonim tidak akan rugi jika proyeknya gagal atau merupakan penipuan. Namun, anggota tim tidak perlu melakukan doxx identitas dunia nyata mereka. Jika mereka menghubungkan identitas Web3 terkenal yang, misalnya, memiliki banyak pengikut atau terlibat dalam token atau tetes lainnya, mereka, sampai batas tertentu, memiliki beberapa kulit dalam permainan dan minat konkret dalam melihat proyek berhasil.

Terakhir, hubungi mereka dengan pertanyaan (misalnya, di Twitter atau Discord). Jika mereka memberikan jawaban yang serius, ini bisa menjadi pertanda baik.

Faktor 2: Tokenomics

Istilah ‘tokenomics‘ adalah gabungan dari kata ‘token’ dan ‘ekonomi’, yang menggabungkan sejumlah faktor yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan token tertentu. Tokenomics telah menjadi bidang studi yang lebih dari sekadar spekulan yang bertaruh pada harga token; namun, ini adalah pertimbangan penting yang dipertimbangkan oleh sebagian besar proyek kripto saat mencari cara untuk menentukan kelangsungan hidup jangka panjang yang berkelanjutan.

Berikut ini adalah metrik utama yang cenderung dipertimbangkan untuk membangun profil tokenomics:

  • Persediaan Token – Berapa banyak koin atau token yang tersedia secara total?
  • Taktik Penerbitan – Misalnya, apakah akan ada token burn, yang membuat token keluar dari pasar lagi?
  • Alokasi & Distribusi – Apakah ini merupakan peluncuran yang terbuka dan adil atau pra-pencetakan tertutup yang hanya dapat diakses oleh kelompok tertentu? Apakah token terpusat di tangan beberapa pemegang?
  • Jadwal Vesting/Penguncian – Apakah tim memegang sebagian besar pasokan token yang mungkin masuk ke pasar pada tanggal vesting yang telah ditetapkan?
  • Token Utility – Apa kegunaan token ini (misalnya, koin tata kelola atau utilitas dengan fungsi tertentu, atau koin meme)?
  • Kapitalisasi Pasar – Berapa kapitalisasi pasar dibandingkan dengan pesaing?
  • Volume & Pertukaran – Dalam volume berapa kripto ini diperdagangkan, dan berapa banyak likuiditas yang dimilikinya?

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang menghitung profil risiko proyek dengan tokenomics, lihat artikel kami tentang validasi token.

Faktor 3: Inovasi

Inovasi adalah faktor ketiga yang perlu dipertimbangkan. Apakah proyek ini memecahkan masalah yang belum ada solusinya, atau apakah proyek ini berlebihan?

Dengan kata lain, apakah teknologi tersebut dibutuhkan, apakah teknologi tersebut baru, dan apakah proyek tersebut sudah memiliki pesaing? Jika ya, berapa banyak? Apa keunggulan kompetitifnya dibandingkan proyek lain yang menawarkan solusi serupa? Dan apa saja kelemahannya?

Perhatikan dengan seksama peta jalan proyek ini: Apa yang akan datang dan kapan? Apakah sudah mencapai targetnya? Kurangnya peta jalan dapat dilihat sebagai tanda bahaya. Proyek-proyek yang dikelola dengan baik di ruang angkasa biasanya secara teratur dan transparan memperbarui para pengikut mereka tentang semua pencapaian.

Pengguna tingkat lanjut dalam dunia kripto bahkan mungkin berpikir sedikit lebih jauh dan mencoba meramalkan efek riak yang dapat ditimbulkan oleh inovasi sebuah proyek jika berhasil diimplementasikan. Pertimbangkan juga untuk meluangkan waktu beberapa menit untuk memikirkan risiko-risiko pada proyek ini: Apa yang bisa membuatnya gagal? Dan apa yang tidak diberitahukan oleh tim kepada kami?

Apa yang membuat NFT populer? Bacalah tentang keempat faktor ini sebelum memutuskan barang koleksi Anda berikutnya.

Faktor 4: Sosial

Media sosial dan interaksi adalah dimensi terakhir yang kita bahas dalam artikel ini. Bagaimana proyek dan komunitasnya menampilkan diri mereka di depan umum dapat memberikan wawasan tentang keadaan proyek.

Sebagai contoh, perhatikan ini:

Apakah mereka menjalankan saluran resmi (misalnya, Twitter, Discord, atau GitHub)? Seberapa baru dan seringkah ini diperbarui, dan apakah saluran-saluran tersebut dipelihara dengan baik?

Lihatlah ukuran komunitas, baik dari segi pengikut maupun keterlibatan: Berapa banyak pengguna yang membicarakan proyek tersebut, menggunakan hashtag, atau menandainya?

Apa sentimen umum komunitas dalam kelompok dan saluran? Apakah tempat ini memberikan kesan bersahabat, dengan diskusi yang sehat, seimbang, dan objektif? Atau apakah sebagian besar anggota komunitas hanya berbicara tentang harga token, mungkin sebagai shiller berbayar (promotor token)?

Sebagai rangkuman, tanda bahaya termasuk saluran yang ditinggalkan, shiller, dan komunitas beracun yang hanya berbicara tentang bulan dan Lambo yang cepat – dan tidak terlibat dalam diskusi terbuka, kritik konstruktif, atau pertanyaan yang berdasarkan fakta.

Mengapa DYOR? Kedengarannya Seperti Banyak Pekerjaan

Mari kita rekap kembali empat dimensi DYOR yang telah kita bahas:

Tim: Apakah seimbang untuk proyek ini? Apakah ia memiliki peran dalam permainan, dan apakah tim bereaksi ketika mengulurkan tangan?

Tokenomics: Apa utilitas token, kapitalisasi pasar, volume, dan likuiditasnya? Apakah ada skema vesting/lock-up di masa depan?

Inovasi: Masalah apa yang dipecahkan? Apa keunggulan proyek ini dibandingkan para pesaingnya dan proyek-proyek yang sudah ada? Seperti apa peta jalannya, dan apakah proyek ini memenuhi tonggak pencapaian?

Sosial: Apakah saluran resmi proyek memiliki tingkat aktivitas yang sehat dan komunitas yang ramah dan bersahabat?

Kedengarannya seperti pekerjaan yang berat untuk meneliti sebuah proyek secara mendetail. Jadi mengapa melakukannya? Kami memiliki beberapa alasan bagus:

Pelajari tentang ruang angkasa: Semakin sering Anda DYOR, semakin tajam indera Anda.

Pahami risiko: Sebelum Anda membeli token atau NFT, perhatikan baik-baik ke mana uang Anda akan pergi.

Temukan permata: Ini adalah aspirasi utama bagi banyak orang di ruang angkasa yang DYOR. Mereka berharap dapat menemukan proyek-proyek inovatif yang layak lebih awal.

Menerima airdrops: Mendukung sebuah proyek lebih awal terkadang dapat dihargai dengan airdrop.

Melawan kebosanan pasar bearish: Segala sesuatunya bergerak lebih lambat di pasar bearish, sehingga banyak yang menggunakan waktu ini untuk mengedukasi diri mereka sendiri.

Pelajari strategi terbaik untuk bertahan di pasar bearish.

Uji Tuntas dan DYOR

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Crypto101

DYOR

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens