Cara Menggunakan Fitur ‘Earn’ di Dompet DeFi

Dari staking hingga peminjaman dan kumpulan likuiditas, pelajari bagaimana DeFi dapat memberi Anda bunga atas kepemilikan kripto Anda

Jul 22, 2022
|

Cara Mendapatkan 1200x728

Keuangan terdesentralisasi, atau DeFi, adalah salah satu pilar utama industri kripto. Dibangun di atas kontrak pintar untuk otomatisasi, DeFi menawarkan transaksi cepat dan aksesibilitas luas ke layanan keuangan kepada hampir semua orang yang memiliki koneksi Internet.

Untuk informasi lebih lanjut tentang DeFi, lihat pengantar ke DeFi.

Pengguna dapat mengakses proyek DeFi melalui aplikasi terdesentralisasi, yang juga dikenal sebagai dapps. Salah satu daya tariknya adalah fitur ‘earn’ yang memberikan kesempatan kepada pengguna untuk mendapatkan bunga atas kepemilikan kripto mereka.

Di sini, kami menjelaskan cara menggunakan lima fungsi DeFi terpopuler di Dompet DeFi Crypto.com, selangkah demi selangkah.

Pelajari caranya:

  • Pancang & Penguncian
  • Gunakan kolam likuiditas
  • Meminjamkan
  • Gunakan protokol stablecoin
  • Gunakan pengoptimalisasi hasil

Sebelum memulai, pertimbangkan untuk mengunduh Dompet DeFi Crypto.com, karena ini direferensikan di seluruh artikel ini. Dompet ini merupakan titik kontak pertama yang bagus untuk DeFi dan toko serba ada untuk berbagai proyek dan platform DeFi.

1. Mempertaruhkan Protokol DeFi

Mekanisme populer dalam DeFi adalah staking, yang merupakan strategi yang biasanya melibatkan penguncian aset kripto pada blockchain untuk mendapatkan keuntungan. Aplikasi Dompet DeFi Crypto.com menawarkan lebih dari 20 token yang dapat di-stake atau dikunci dengan mudah di tab ‘Hasilkan’ DeFi. VVS Finance adalah platform DeFi paling populer yang dipertaruhkan pengguna di dalam Dompet DeFi.

Bertaruh pada VVS Finance

VVS adalah singkatan dari ‘Very, Very Simple’ (VVS) Finance, dan merupakan bursa terdesentralisasi (DEX) terdepan di Cronos. Token VVS adalah token asli VVS Finance. DEX ini menawarkan fitur staking unik yang dapat menghasilkan token xVVS bagi pengguna.

Pengguna dapat membeli dan menyetor VVS di Dompet Crypto.com DeFi untuk menerima token imbal hasil, yang dikenal sebagai xVVS, sebagai imbalannya. Di VVS Finance, pengguna dapat menyetor token imbal hasil ini untuk mendapatkan bonus tambahan.

Setelah pengguna menyetor token xVVS, mereka dapat menguncinya di brankas untuk jangka waktu tertentu untuk meningkatkan potensi hadiah. VVS menjanjikan pemegang xVVS sebagian dari semua biaya yang dihasilkan pada platform.

Petunjuk langkah demi langkah tentang cara mendapatkan xVVS dan staking di DeFi Wallet:

  1. Buka Aplikasi DeFi Wallet dan beli token VVS
  2. Buka peramban DeFi di bagian bawah aplikasi
  3. Di bawah judul ‘Populer’, klik ‘VVS Finance’
  4. Setelah berada di halaman VVS Finance, klik ‘Dapatkan’ di bagian bawah, lalu pilih ‘xVVS’
  5. Aktifkan pool ‘Stake’ dan ikuti petunjuk untuk menyetor VVS Anda
  6. Setelah selesai, pengguna menerima token xVVS sebagai imbalannya
  7. Pilih ‘Vault’ pada halaman
  8. Aktifkan brankas dan pilih periode penguncian yang Anda inginkan di bawah Jangka Waktu Tetap Brankas xVVS: 1 Minggu, 6 Bulan, 12 Bulan, atau 48 Bulan
  9. Ikuti petunjuknya dan setorkan xVVS Anda

2. Menggunakan Kolam Likuiditas

Sebuah pool likuiditas biasanya terdiri dari dua koin yang disimpan di DEX sebagai pasangan perdagangan. Protokol ini memungkinkan pengguna untuk menyediakan dana mereka ke protokol untuk likuiditas, sehingga menjadi penyedia likuiditas (atau LP) dan menerima insentif sebagai imbalannya. Ini biasanya dalam bentuk sebagian dari biaya perdagangan yang dihasilkan platform yang dialokasikan kembali ke LP.

Seperti halnya pasar mana pun, ada risiko, seperti kerugian tidak permanen (IL), yang dapat terjadi setelah menyetor aset Anda ke dalam kumpulan likuiditas dan harga token naik atau turun.

Untuk informasi lebih lanjut tentang IL, lihat artikel ini.

Sebagai contoh, mari kita lihat VVS Finance dan token VVS-nya, yang dapat digunakan dalam pool likuiditas, seperti pool likuiditas VVS-CRO. Di bawah ini kami tunjukkan cara menyetor ke pool likuiditas VVS-CRO.

Di VVS Finance, pool likuiditas dapat ditemukan di Crystal Farms. Sebelum memulai, pastikan ada cukup VVS di dompet Anda; jika tidak, tukar beberapa VVS di DeFi Wallet di bagian ‘Tukar’.

Petunjuk langkah demi langkah untuk menyetor ke pool likuiditas VVS-CRO di VVS:

  1. Buka Aplikasi DeFi Wallet dan klik pada bagian ‘Dapatkan’
  2. Buka tab ‘Dapatkan Lebih Banyak’
  3. Dari sana, pilih ‘VVS Finance’
  4. Pilih protokol ‘vvs.finance’
  5. Pilih ‘VVS-CRO’
  6. Pilih ‘Tukar Sekarang’
  7. Tukar VVS Anda dengan token VVS-CRO LP lalu pilih ‘Konfirmasi Penukaran’
  8. Setelah swap selesai, klik ‘Konfirmasi Deposit’
  9. Token LP CRO-VVS Anda sekarang disimpan
  10. Pengguna dapat melihat dana mereka di halaman ‘Hasilkan’

Kolam likuiditas VVS-CRO hanyalah salah satu dari sekian banyak kolam likuiditas yang dapat ditemukan di Crystal Farms. Secara keseluruhan, ada lebih dari 10 pasangan berbeda yang dapat dipilih, termasuk CRO-USDT, CRO-USDC, CRO-TONIC, CRO-ETH, VVS-CRO, VVS-USDT, VVS-USDC, VVS-SINGLE.

3. Meminjamkan Aset Kripto Anda

Pinjam meminjam adalah dasar dari DeFi. Pada banyak protokol, pengguna memberikan mata uang kripto mereka pada platform yang meminjamkan dana ini kepada pengguna lain. Dana yang dipinjamkan dapat menghasilkan imbal hasil dalam bentuk token.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pinjam meminjam di DeFi, baca pengantar kami tentang dasar-dasar DeFi.

Protokol peminjaman terkemuka di blockchain Cronos adalah Tectonic, yang memungkinkan pengguna untuk meminjamkan aset dan menerima pengembalian. Protokol ini juga memungkinkan pengguna untuk meminjam berbagai macam mata uang kripto yang berbeda dengan cara yang dijaminkan. Overcollateralized berarti pengguna memberikan jaminan lebih dari jumlah yang ingin dipinjam.

Petunjuk langkah demi langkah tentang cara memberikan CRO ke Tectonic:

  1. Arahkan ke browser di DeFi Wallet
  2. Dari browser, pilih ‘Tektonik’
  3. Dari daftar koin di beranda, pilih ‘CRO’
  4. Klik ‘Pasokan’ dan masukkan jumlah yang ingin Anda sediakan
  5. Aktifkan penggunaan CRO pada platform dan konfirmasikan pasokannya
  6. CRO Anda sekarang tersedia di Tectonic dan Anda bisa mendapatkan penghasilan dari aset yang Anda berikan

Pengguna akan melihat dua tingkat pengembalian yang berbeda. Hasil persentase tahunan yang didistribusikan(APY), yang merupakan tingkat pengembalian, memberikan imbalan dalam TONIC, koin asli Tectonic; sedangkan, APY pasokan memberikan pengembalian dalam token yang dipasok.

4. Menggunakan Protokol Stablecoin

Stablecoin dipatok ke nilai tetap, seperti dolar AS. Contoh stablecoin adalah USD Coin(USDC).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai stablecoin, baca ‘Apa Itu Stablecoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?.

Ferro adalah protokol stablecoin dan DEX di mana pengguna dapat menukarkan stablecoin dengan ‘kemungkinan selip yang rendah’.

Slippage adalah perubahan harga aset saat trading. Ketika pengguna berdagang di DEX, mereka berkomitmen untuk menukar aset pada harga tertentu. Sayangnya, DEX tidak selalu dapat menjamin harga yang tepat seperti yang dimasukkan pengguna, sehingga slippage adalah selisih antara harga yang awalnya disetujui pengguna dan harga aktual ketika perdagangan dieksekusi.

Ferro saat ini menawarkan satu pool dengan tiga stablecoin yang berbeda: USDC, USDT, dan DAI. Cara paling mudah untuk menyediakan likuiditas pada protokol Ferro adalah melalui bagian DeFi ‘Earn’ di DeFi Wallet, di mana Ferro terintegrasi secara native (yaitu, Anda dapat menyetor ke protokol langsung di DeFi Wallet tanpa harus mengunjungi dapp lain).

Cara Memasok Aset pada Protokol Ferro

  1. Buka Aplikasi DeFi Wallet dan beli USDC
  2. Setelah USDC Anda diperoleh, pergilah ke kanan bawah, pilih ‘Dapatkan’ lalu ‘Dapatkan Lebih Banyak’
  3. Pilih ‘USDC’ dan kemudian ‘Ferro Protocol’
  4. Pilih pool ‘USDC-USDT-DAI’ dan pilih ‘Swap Sekarang’
  5. Tukar USDC ke token USDC-USDT-DAI LP dan pastikan untuk ‘Konfirmasi Penukaran’
  6. Setor stablecoin Anda dengan memilih ‘Konfirmasi Setoran’
  7. Buka ‘Likuiditas Saham’
  8. Konfirmasi staking likuiditas dan juga transaksi yang diperlukan
  9. Setelah dana dipertaruhkan, pengguna dapat mulai menerima hadiah dalam FER, token asli Ferro

5. Menggunakan Pengoptimal Hasil

Pengoptimal hasil, seperti Mad Meerkat Optimizer dan Beefy Finance, secara otomatis mengkombinasikan dana pengguna pada tingkat yang paling optimal untuk memaksimalkan imbalan.

Cara Menghasilkan Uang Dengan Beefy Finance

  1. Kunjungi Beefy Finance melalui browser DeFi
  2. Di halaman utama, filter rantai ke ‘Cronos’ dan cari brankas tempat Anda ingin berinvestasi
  3. Anda harus menyetujui aset atau sekumpulan aset tersebut sebelum melakukan deposit
  4. Di Beefy, karena fungsi ‘Zap’, Anda hanya membutuhkan satu koin dari pasangan pool likuiditas. Fungsi ‘Zap’ menukar koin menjadi jumlah pasangan yang sama, membuatnya sangat efisien bagi pengguna
  5. Gunakan fungsi ‘Zap’ untuk menambahkan aset Anda ke dalam pool
  6. Ikuti petunjuk dan transaksi yang diperlukan
  7. Aset Anda sekarang harus siap untuk mulai bekerja untuk Anda

Meskipun nyaman, penting untuk diperhatikan bahwa beberapa protokol ini mengenakan biaya untuk penarikan atau saat menyetor agar protokol tetap berjalan. Dengan Beefy Finance, ada biaya kinerja sebesar 4,5% dari imbalan yang dihasilkan oleh deposit Anda.

Kesimpulan

DeFi adalah alat penting bagi pengguna untuk memanfaatkan dan mengembangkan kripto mereka. Selami ruang DeFi dengan DeFi Wallet App, gerbang satu pintu ke lebih dari 60 protokol yang berbeda, termasuk yang disebutkan di atas.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara memulai dengan DeFi, lihat di sini.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual aset kripto apa pun. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Peningkatan jumlah aset kripto Anda mungkin tidak menghasilkan nilai fiat yang lebih tinggi ketika dikonversi karena Kerugian Tidak Permanen. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Crypto.com DeFi Wallet

DeFi

Defi Earn

High Yield Protocol

Lending

Liquidity Pool

stablecoins

Stake

Yield Farming

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens