Token Kripto vs Koin – Apa Bedanya?

Apakah token dan koin kripto adalah hal yang sama? Tidak juga. Di sini kami menjelaskan perbedaan dan kegunaannya, dengan wawasan tentang yang populer.

Jun 20, 2022
|

token kripto vs koin

Hal-hal penting yang dapat diambil:

Koin

  • Koin kripto adalah bentuk mata uang digital yang sering kali berasal dari blockchain; koin ini menyimpan nilai dan bertindak sebagai alat tukar.
  • Koin dapat ditambang melalui Proof of Work (PoW) atau diperoleh melalui Proof of Stake (PoS).
  • Contohnya termasuk Bitcoin (BTC), Ether (ETH), dan Cardano (ADA).

Token

  • Token kripto dibuat untuk proyek terdesentralisasi pada blockchain yang sudah ada (biasanya Ethereum, blockchain yang paling populer untuk proyek terdesentralisasi).
  • Token mewakili aset atau menawarkan fitur-fitur khusus platform tertentu kepada pemegangnya.
  • Token menawarkan berbagai fungsi, termasuk utilitas, keamanan, dan tata kelola.
  • Contohnya adalah Cronos (CRO); Very, Very Simple Finance (VVS); dan Uniswap (UNI).

Token vs Koin: Apa Perbedaannya?

Meskipun banyak orang menggunakan frasa ‘koin kripto’, ‘token kripto’, dan ‘mata uang kripto’ secara bergantian, namun ketiganya bukanlah hal yang sama. Meskipun koin dan token menggunakan teknologi buku besar terdistribusi (juga dikenal sebagai teknologi blockchain ), ada beberapa perbedaan signifikan antara koin dan token.

TLDR adalah: Koin kripto adalah bentuk mata uang digital yang sering kali berasal dari blockchain, dengan tujuan utama untuk menyimpan nilai dan berfungsi sebagai alat tukar.

Token kripto adalah aset digital yang dibangun di atas blockchain yang sudah ada (menggunakan kontrak pintar) dan dapat melayani berbagai macam fungsi, mulai dari mewakili objek fisik hingga memberikan akses ke layanan dan fitur khusus platform.

Apa Itu Koin Kripto?

Koin kripto berasal dari blockchain mereka sendiri. Koin blockchain Bitcoin adalah BTC. Blockchain Ethereum memiliki ETH. Dan blockchain Litecoin menggunakan LTC. Koin kripto ini terutama dirancang untuk menyimpan nilai dan berfungsi sebagai alat tukar, mirip dengan mata uang tradisional. Inilah sebabnya mengapa koin kripto juga disebut sebagai mata uang kripto.

Salah satu hal unik lainnya tentang koin adalah cara pembuatannya. Umumnya, koin kripto ditambang menggunakan mekanisme konsensus Proof of Work (PoW) atau diperoleh melalui mekanisme Proof of Stake (PoS).

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan antara PoW dan PoS, baca Proof of Work vs Proof of Stake.

Untuk Apa Koin Digunakan?

Ketika Bitcoin diciptakan, Bitcoin dibayangkan sebagai pengganti mata uang fiat tradisional. Bersama dengan koin kripto lainnya, koin ini dirancang untuk bekerja dengan cara yang sama seperti uang kertas dan koin logam, yang berarti dapat digunakan untuk banyak hal yang biasanya digunakan dengan dolar AS atau euro, termasuk:

  • Menyimpan nilai
  • Menukar mata uang lain
  • Membayar barang dan jasa
  • Mentransfer ke orang lain

Selain penggunaan tradisional ini, beberapa koin kripto juga dapat memanfaatkan teknologi kontrak pintar untuk menawarkan fitur tambahan. Sebagai contoh, DASH adalah sebuah altcoin yang bertindak sebagai mata uang kripto namun juga memberikan kemampuan kepada para pemegangnya untuk memberikan suara dalam sebuah organisasi otonom yang terdesentralisasi(DAO).

  • Bitcoin ( BTC) diluncurkan pada awal 2009 oleh ‘Satoshi Nakamoto’ yang misterius dan merupakan koin kripto pertama dan paling terkenal di dunia. Awal mulanya telah memungkinkannya menjadi mata uang kripto yang paling berharga.
  • Eter ( ETH) adalah salah satu koin kripto paling populer dan lebih dari sekadar mata uang kripto. Berkat pembuatan dan implementasi kontrak pintar, Ethereum telah menjadi rumah bagi ribuan proyek blockchain dan token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT). Dalam beberapa hal, ini adalah tulang punggung revolusi blockchain.
  • Cardano ( ADA) adalah platform blockchain sumber terbuka dan terdesentralisasi yang merupakan salah satu yang pertama kali berjalan pada konsensus PoS, mendapatkan reputasi sebagai koin kripto hijau. Cardano didirikan pada tahun 2015 oleh salah satu pendiri Ethereum, Charles Hoskinson, dan memfasilitasi transaksi peer-to-peer (P2P) dengan koin ADA.

Apa itu Token?

Seperti koin kripto, token kripto didesain menggunakan teknologi blockchain; akan tetapi, token kripto tidak berasal dari blockchain. Sebaliknya, mereka dibangun di atasnya, sering kali memanfaatkan kontrak pintar untuk memenuhi berbagai tujuan.

Sementara koin kripto meniru mata uang tradisional, token kripto lebih mirip aset atau bahkan akta. Token kripto dapat mewakili bagian kepemilikan dalam DAO, produk digital atau NFT, atau bahkan objek fisik. Token kripto dapat dibeli, dijual, dan diperdagangkan seperti koin, tetapi tidak digunakan sebagai alat tukar.

Untuk menggunakan contoh dunia nyata, token kripto lebih mirip kupon atau voucher, sedangkan koin kripto seperti dolar dan sen.

Ada banyak jenis token kripto:

Beberapa token tata kelola menawarkan hak suara kepada pemegangnya di DAO.

Token utilitas dapat memberikan akses ke layanan atau produk tertentu yang dikembangkan oleh penerbit token.

Token keamanan bertindak seperti sekuritas tradisional dan bahkan diperlakukan sama oleh banyak lembaga pemerintah.

Untuk Apa Token Digunakan?

Sebagian besar token kripto didesain untuk digunakan dalam proyek blockchain atau aplikasi terdesentralisasi (dapp). Tidak seperti koin kripto, token tidak ditambang; token dibuat dan didistribusikan oleh pengembang proyek. Setelah token berada di tangan pembeli, token dapat digunakan dengan berbagai cara.

  • Filecoin(FIL) dan Arweave(AR) memberikan pengguna kemampuan untuk menggunakan token utilitas mereka untuk hak istimewa menyimpan data di jaringan terdesentralisasi mereka, mendorong konsep penyimpanan awan ke potensi penuhnya.

  • Axie Infinity, salah satu play-to-earn (P2E) paling terkenal di pasar, menampilkan token utilitas yang disebut Smooth Love Potions(SLP). Dengan mendapatkan atau membeli SLP, pemain dapat melakukan tugas-tugas eksklusif dalam game.

  • Cronos(CRO) adalah token utilitas untuk ekosistem Crypto.com. CRO dapat digunakan untuk membayar biaya di platform atau di-staking untuk berbagai keuntungan, dan memungkinkan pemegang token untuk memperdagangkan token kripto dengan fiat dengan harga yang lebih murah.

Bagaimana dengan Stablecoin? Apakah Itu Koin atau Token?

Stablecoin adalah mata uang kripto yang terkait dengan aset tertentu. Mereka sedikit keliru, karena sebagian besar dari mereka sebenarnya adalah token ERC-20 (yaitu, mereka beroperasi pada blockchain Ethereum melalui kontrak pintar). Jadi, mengapa mereka disebut stablecoin? Nama ini sesuai dengan fungsi utamanya sebagai alat tukar.

Ambil Koin USD ( USDC), misalnya. Ini adalah stablecoin berbasis kontrak pintar (yaitu, tidak memiliki rantai sendiri dan merupakan token ERC-20 ). Token ini didukung oleh dolar AS, yang dipegang oleh perusahaan yang menerbitkan token tersebut, untuk mempertahankan nilai setiap USDC sebesar US$1.

Kesimpulan

Pertanyaan apakah akan membeli koin atau token sangat bergantung pada tujuan pemegangnya. Keduanya dapat dibeli di Aplikasi Crypto.com atau di Crypto.com Exchange dengan biaya rendah dan harga eksekusi terbaik. Jelajahi data dan deskripsi ribuan koin dan token kami di Crypto.com Price.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

altcoins

coins

coins & tokens

Crypto101

cryptocurrencies

tokens

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens