Apa yang Membuat NFT Populer?

Dari komunitas hingga kelangkaan, artikel ini memperkenalkan Anda pada tiga faktor yang dapat memengaruhi popularitas NFT di kalangan kolektor.

May 30, 2022
|

Kv Full Res

NFT menggemparkan dunia, dan memahami budaya di sekitarnya adalah kunci untuk memahami mengapa beberapa proyek NFT menjadi lebih populer daripada yang lain. Pada artikel ini, kita akan melihat tiga faktor yang berkontribusi terhadap popularitas NFT di masyarakat.

Bagi mereka yang baru mengenal topik ini, berikut adalah definisi singkat tentang NFT:

NFT adalah singkatan dari ‘non-fungible token’. NFT adalah aset unik dan tak tergantikan yang hidup di blockchain. Aset dalam game, seni digital, dan proyek terkait koleksi adalah kasus penggunaan NFT yang paling menonjol saat ini. Untuk informasi lebih lanjut, lihat panduan mendalam kami tentang NFT.

Poin-poin penting dari artikel ini:

  • Memahami tiga dimensi kolektibilitas
  • Pentingnya peta jalan
  • Cara mengukur komunitas koleksi NFT dan mengapa itu penting
3 hal yang perlu dipertimbangkan saat menilai NFT: kolektibilitas, utilitas, dan komunitasnya

Apa yang dimaksud dengan Kolektibilitas?

Saat menilai NFT, faktor pertama yang harus dilihat adalah kolektibilitasnya. Apakah ini sesuatu yang menarik dan dapat dihargai oleh orang lain?

Kolektabilitas dapat didefinisikan berdasarkan kelangkaan, gaya, dan seni.

Faktor Kolektibilitas 1: Kelangkaan

Kelangkaan dapat meningkatkan minat

Bitcoin adalah aset yang langka, karena pasokannya terbatas. Prinsip yang sama berlaku untuk NFT. Saat melihat koleksi secara keseluruhan – koleksi seperti EtherRocks memiliki faktor kelangkaan karena hanya ada 100 batu, dan mereka adalah salah satu proyek NFT tertua hingga saat ini.

Tetapi konsep ini juga berlaku dalam koleksi.

Beberapa NFT dalam koleksi akan lebih langka daripada yang lain. Koleksi NFT ‘The Moment of Truth ‘, yang menampilkan Lebron James, dan ‘Marscapes’, keduanya berisi barang-barang yang lebih langka daripada yang lain dan karena itu dianggap lebih diminati.

Contoh lainnya adalah koleksi NFT seperti ‘CryptoPunks’,Loaded Lions‘, atau ‘Mad Hare Society ‘, yang disebut sebagai koleksi PFP (gambar profil). Semuanya serupa dalam pengaturan, tetapi memiliki beragam sifat yang berbeda, seperti latar belakang, warna rambut, pakaian, dan aksesori.

Ciri-ciri ini berulang di seluruh koleksi dengan tingkat kelangkaan yang berbeda-beda, sehingga menciptakan NFT individual yang selalu unik. Sebagian dari ciri-ciri itu umum, tetapi sebagian lagi adalah 1/1 dalam koleksi. Jika hanya satu sifat yang ada di seluruh koleksi NFT, maka sifat tersebut akan menjadi lebih diminati daripada yang lain dalam koleksi yang sama.

Ketika melihat koleksi ‘Loaded Lions’, harga dasar untuk singa jauh lebih rendah dibandingkan dengan singa yang unik. Yang dihargai paling tinggi memiliki kelangkaan yang dapat dibuktikan dengan ciri-ciri uniknya.

Faktor Kolektibilitas 2: Seni & Gaya

Era Gaya Piksel

Saat melihat beberapa proyek NFT yang lebih tua di Ethereum, seperti ‘CryptoPunks’ atau ‘ EtherRocks’, karya seninya mungkin tidak terlihat semenarik proyek lainnya. Jadi, mengapa ada yang dijual seharga jutaan?

Ketika pertama kali diluncurkan beberapa tahun yang lalu, ‘CryptoPunks’ dapat diklaim secara gratis oleh siapa saja yang memiliki dompet Ethereum. Sekarang mereka menjualnya dengan harga dua digit juta. ‘EtherRocks’, saat pertama kali diluncurkan, dijual dengan harga $300. Mereka sekarang bisa mencapai lebih dari dua juta dolar.

Nilainya naik secara eksponensial pada proyek-proyek lama ini karena merupakan NFT Ethereum lama. Catatan Blockchain menunjukkan bahwa ini adalah beberapa NFT pertama yang pernah dibuat di Ethereum. Hal ini membuat jenis proyek ini langka, unik dalam gaya, dan simbol dari masa-masa awal NFT. Banyak yang menganggap NFT sebagai awal dari sebuah gerakan seni baru, dengan harapan bahwa karya-karya paling awal akan menjadi sangat berharga di masa depan.

NFT sebagai Media Baru untuk Seni

Di platform NFT Crypto.com, banyak nilai utama NFT terletak pada seni itu sendiri: unik, mempesona, terampil, dan indah.

Meskipun beberapa seniman adalah pendatang baru, banyak yang telah mengklaim pameran di galeri terkenal, penghargaan, hadiah, atau kolaborasi dengan selebriti. NFT hanyalah sebuah media seni baru.

Seniman seperti Ugonzo Art, Carlas Marsal, dan Travis Ragsdale adalah seniman yang telah sukses dengan seni fisik mereka dan sekarang membawa bakat mereka ke Platform NFT Crypto.com.

Contoh sempurna untuk NFT sebagai media baru untuk seni rupa adalah salah satu seniman NFT yang paling banyak dikutip, Beeple. Dia menciptakan tiga dari 10 NFT termahal yang pernah dijual, termasuk karyanya ‘Opus‘, yang dilelang melalui Christie’s dengan harga $69 juta.

Beeple adalah seniman pertama yang menjual melalui salah satu rumah lelang paling bergengsi di dunia yang sebelumnya hanya menjual barang-barang fisik. Dia memonopoli posisi unik ini di pasar seni NFT, yang mengakibatkan nilai seninya meroket.

Utilitas NFT: Melampaui Seni

Meskipun beberapa NFT sebagian besar adalah seni, banyak yang menawarkan manfaat tambahan. Misalnya, beberapa game mengintegrasikan NFT. Bahkan NFT seni murni pun dapat memiliki manfaat sekunder: seorang seniman dapat merencanakan koleksi kedua dan pemegang koleksi pertama dapat menerima potongan-potongan koleksi kedua secara gratis melalui proses yang disebut ‘airdrop’.

Contoh-contoh ini meningkatkan kegunaan NFT. Biasanya informasi ini paling mudah ditemukan dalam peta jalan proyek.

Pentingnya Peta Jalan

Sebagian besar NFT menawarkan akses ke komunitas, acara, dan airdrop. Sebagai contoh, setiap pemegang ‘Loaded Lions’ menerima airdrop dari koleksi kedua mereka: ‘Cyber Cubs‘.

Bagi banyak orang, manfaat tambahan ini adalah motivasi utama untuk membeli NFT. Mengetahui bahwa tim memiliki rencana untuk melakukan acara atau manfaat eksklusif ini adalah cara yang bagus untuk mengetahui seberapa serius tim di balik proyek NFT. Peta jalan proyek adalah cara terbaik untuk menemukan detail ini.

Mampu melihat peta jalan pada saat peluncuran atau sebelumnya adalah pengukur yang bagus untuk mengetahui potensi manfaat NFT. Ini dapat menunjukkan bahwa NFT memiliki kasus penggunaan yang sebenarnya.

Peta jalan lebih lanjut menunjukkan dedikasi dan bahwa tim di balik proyek ini tertarik pada keberlangsungannya. Sebagai contoh, lihat Peta Jalan ‘Singa yang Dimuat’.

Gunakan daftar periksa ini saat melihat peta jalan proyek:

Daftar periksa saat menilai peta jalan proyek NFT

Jika sebuah proyek memiliki komunitas aktif yang bekerja bersama tim pengembangan, hal ini dapat meningkatkan popularitas NFT secara signifikan.

Jika kita melihat ‘Bored Ape Yacht Club’ (BAYC), banyak anggota komunitas yang menggunakan NFT sebagai gambar profil Twitter dan sangat aktif di media sosial, mempromosikan BAYC dan berbagi berita yang relevan dengan proyek tersebut. Sebagian besar kesuksesan BAYC dapat dikaitkan dengan komunitas mereka yang tetap aktif.

Menyelami sebuah komunitas sebelum membeli adalah cara terbaik untuk menentukan seberapa populer sebuah proyek. Selebriti seperti Eminem, Post Malone, dan Snoop Dogg baru-baru ini membeli Bored Ape dan sebagai hasilnya, dapat mendorong permintaan untuk proyek NFT.

Perhatikan lebih dekat komunitas NFT untuk mengukur popularitasnya

Untuk contoh lain dari komunitas yang aktif, lihat Discord ‘Loaded Lions’, sebuah komunitas yang terus berkembang yang bahkan memiliki beberapa pemegang saham selebriti. Bintang NBA Joel Embiid dari 76ers baru-baru ini menjadi pemilik dari Singa yang Terisi.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat meneliti sebuah komunitas:

4 hal yang perlu dipertimbangkan saat meneliti komunitas di balik NFT

Pikiran Penutup

Demikianlah, tiga pertanyaan untuk ditanyakan pada diri Anda sendiri saat menjelajahi NFT: seberapa dapat dikoleksi, ditentukan oleh seni, gaya, dan kelangkaan; apakah NFT menawarkan manfaat dan kegunaan ekstra yang diuraikan dalam peta jalan; dan apakah proyek ini didukung oleh komunitas yang aktif?

Anda dapat menemukan banyak contoh yang tercantum di atas dan proyek-proyek baru yang akan segera diluncurkan di Crypto.com NFT Platform dan lihat Aplikasi Dompet DeFi kami di mana Anda sekarang dapat dengan mudah mengelola NFT Anda dari layar ‘NFT’ khusus.

Sebuah kata tentang DYOR (Lakukan Riset Sendiri)

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan permintaan, rekomendasi, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual NFT apa pun. Pengembalian atas pembelian dan penjualan NFT dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai NFT dapat turun maupun naik dan Anda dapat kehilangan semua atau sejumlah besar harga pembelian Anda. Saat menilai NFT, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik karena pembelian apa pun akan menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Crypto.com NFT

cryptocurrencies

NFT

NFT marketplace

NFT research

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens