Apa itu Worldcoin? Token Identitas Digital Baru‍

Pelajari cara kerja Worldcoin (WLD), token identitas digital ambisius yang didirikan bersama oleh CEO OpenAI.

Jul 28, 2023
|

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Worldcoin adalah proyek cryptocurrency inovatif yang didirikan bersama oleh CEO OpenAI Sam Altman yang bertujuan untuk menciptakan jaringan keuangan dan identitas global.
  • Ekosistem Worldcoin terdiri dari tiga komponen utama: World ID, World App, dan token Worldcoin (WLD).
  • Inisiatif Worldcoin mengusulkan solusi baru untuk membedakan manusia dari AI dalam lanskap digital, sehingga meningkatkan aksesibilitas ke peluang ekonomi global.
  • Terlepas dari potensinya, Worldcoin menghadapi kritik, terutama karena penggunaan data biometrik (pemindaian mata) untuk verifikasi identitas.

Apa itu Worldcoin?

Worldcoin adalah platform identifikasi digital inovatif dengan misi untuk memberikan solusi yang nyaman bagi individu di seluruh dunia untuk memverifikasi identitas manusia mereka dan membedakan diri mereka dari bot dan algoritme AI. Platform ini dikembangkan oleh Tools for Humanity dan didirikan bersama oleh Sam Altman, pencipta ChatGPT.

Menariknya, keterlibatan Altman menyoroti ironi kontribusinya pada demam emas AI, yang ingin ditangani oleh Worldcoin. Memanfaatkan alat kriptografi dan blockchain , Worldcoin telah menciptakan sistem paspor digital yang kuat yang memanfaatkan token WLD .

Namun, layanan Worldcoin saat ini tidak tersedia di Amerika Serikat dan wilayah terlarang lainnya .

Cara Kerja Worldcoin: ID, Aplikasi, dan Token

Ekosistem Worldcoin dapat dibagi menjadi tiga elemen utama: ID Dunia, Aplikasi Dunia, dan token Worldcoin (WLD).

ID Dunia

Inti dari platform Worldcoin terletak World ID-nya, sebuah konsep revolusioner yang dirancang untuk memungkinkan pengguna memverifikasi identitas manusia mereka secara online sambil memprioritaskan privasi. Proof of Personhood (PoP) yang inovatif ini menggunakan perangkat pemindai iris mutakhir yang disebut Orb.

Mirip dengan keunikan sidik jarinya, setiap individu memiliki pola iris mata yang berbeda. Saat Orb memindai iris mata pengguna, ia menangkap struktur iris yang rumit dan menghasilkan kode identifikasi khusus, yang dikenal sebagai Kode Iris. Yang penting, kode ini tidak ditautkan ke informasi pribadi apa pun, hanya berfungsi untuk mencegah akuisisi beberapa ID Dunia oleh satu individu.

Setelah Orb menyelesaikan pemindaian iris dan menyimpan IrisCode anonim dengan aman, Orb mengeluarkan ID Dunia unik kepada pengguna. Penting untuk dicatat bahwa gambar iris dihapus secara permanen dan sistem tidak memerlukan pemindaian iris berulang untuk tujuan verifikasi identitas.

Untuk memastikan keandalan dan keamanan sistem World ID, setiap World ID yang dihasilkan ditambahkan ke blockchain Worldcoin. Pengguna kemudian dapat menggunakan aplikasi yang aman secara kriptografis untuk mengotentikasi identitas mereka, memperkuat kekokohan proses identifikasi digital platform.

Selama minggu peluncurannya, Worldcoin Orbs tersedia di Hong Kong, Tokyo, Singapura, Seoul, Paris, Lisbon, Mexico City, São Paulo, Nairobi, New York, San Francisco, dan hampir 25 kota lainnya secara global.

Aplikasi Dunia

Pengguna dapat memperoleh ID Dunia melalui Aplikasi Worldcoin, yang berjalan di blockchain Polygon dalam fase beta. Sudah diatur untuk bermigrasi ke Optimisme sebagai bagian dari Superchain Optimisme.

Token Worldcoin (WLD)

Selama program beta, WLD didistribusikan ke pengguna yang berpartisipasi. Token ditayangkan pada 24 Juli 2023, dan terdaftar di berbagai platform perdagangan dan bursa, termasuk Crypto.com App and Exchange . Untuk menandai peluncuran resmi, sejumlah besar token WLD dikirimkan ke pengguna.

Sebagaimana diuraikan dalam kertas putih Worldcoin , total 10 miliar token WLD akan dikeluarkan selama rentang waktu 15 tahun. Pada saat penulisan, ada sekitar 143 juta token WLD yang beredar. Dari pasokan ini, 43 juta token WLD dialokasikan untuk pengguna Aplikasi Dunia yang terverifikasi, sementara 100 juta diberikan kepada pembuat pasar untuk memfasilitasi aktivitas perdagangan.

Cara Memperoleh WLD di Crypto.com

1. Unduh dan atur Aplikasi Crypto.com dari App Store atau Google Play Store.

2. Selesaikan proses verifikasi KYC di App.

3. Setor dana ke dompet akun di Aplikasi melalui transfer bank, kartu kredit, atau dompet crypto lainnya.

4. Di bawah bagian ‘Beli’, cari Worldcoin (WLD) dan lanjutkan untuk memperdagangkan dana yang disimpan untuk WLD.

Kesimpulan: Masa Depan Worldcoin

Worldcoin adalah perpaduan teknologi AI, biometrik, dan blockchain yang bertujuan untuk memecahkan masalah global yang mendesak terkait verifikasi identitas dan inklusivitas keuangan. Meskipun proyek tersebut mendapat kritik seputar proses verifikasi biometriknya, misalnya dari Vitalik Buterin dan Eric Wall , patut untuk diwaspadai.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual aset digital apa pun. Pengembalian atas pembelian dan penjualan aset digital dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal dan/atau pajak penghasilan, di yurisdiksi Anda atau yurisdiksi tempat Anda menjadi penduduk untuk tujuan perpajakan. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dengan Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Crypto.com Exchange, silakan lihat tautan berikut dan pastikan Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset digital bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar dari harga pembelian Anda. Saat menilai aset digital, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas sendiri untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

cryptocurrencies

Market

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens