Margin Silang, Margin Terisolasi, dan Keunggulan Margin Silang Cerdas

Apa yang dimaksud dengan cross, smart cross, dan margin terisolasi? Pelajari tentang keunggulan masing-masing dan cara menggunakannya di Bursa.

Oct 26, 2022
|

Perdagangan Margin Silang

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Perdagangan margin menggunakan dana pinjaman untuk membayar perdagangan. Trader diharuskan untuk memastikan persyaratan margin terpenuhi di akun mereka, jika tidak, likuidasi paksa dapat terjadi.
  • Margin silang memungkinkan saldo margin dibagi ke berbagai posisi, sedangkan margin terisolasi adalah margin yang ditetapkan untuk satu posisi, yang tidak dapat dibagi ke berbagai posisi.
  • Smart cross margin, yang ditawarkan oleh beberapa bursa, termasuk GEN 3.0 Crypto.com Exchange, memungkinkan pengimbangan persyaratan margin untuk posisi yang berlawanan arah dan di berbagai jenis produk. Keuntungan potensial termasuk persyaratan margin yang lebih rendah secara keseluruhan dan peningkatan efisiensi modal.

Apa Itu Perdagangan Margin?

Margin trading mengacu pada penggunaan dana pinjaman untuk membayar trade. Konsep utama yang perlu dipahami dalam perdagangan margin adalah leverage, margin, agunan, dan likuidasi.

  • Leverage. Ini mengacu pada penggunaan dana pinjaman untuk melakukan perdagangan. Contohnya, jika seorang trader ingin membeli Ethereum (ETH ) senilai $1.000 dengan faktor leverage 5x (kelipatan 5), maka trader tersebut hanya perlu membayar $200, dan sisanya ($800) dipinjam dari bursa atau platform trading. Dengan kata lain, trader meminjam untuk meningkatkan posisi mereka sebesar 5x. Nilai saldo akun berdasarkan harga pasar saat ini, dikurangi jumlah pinjaman, dikenal sebagai ekuitas (meskipun platform perdagangan yang berbeda dapat menggunakan istilah yang berbeda untuk menggambarkan hal ini).
  • Margin. Ada dua jenis persyaratan margin: margin awal dan margin pemeliharaan. Margin awal adalah jumlah dana yang harus dimasukkan oleh trader untuk membuka posisi. Selanjutnya, karena harga pasar aset berfluktuasi secara real-time, begitu pula tingkat ekuitas. Ketika tingkat ekuitas turun di bawah ambang batas tertentu (juga dikenal sebagai margin pemeliharaan), pedagang akan mendapatkan margin call. Pada saat itu, mereka harus menjual sebagian atau seluruh posisi mereka dan/atau memasukkan lebih banyak dana mereka sendiri ke dalam akun untuk mengembalikan nilai ekuitas ke tingkat persyaratan margin pemeliharaan.
  • Agunan dan Likuidasi. Aset yang dimiliki trader di akun mereka digunakan sebagai jaminan untuk pinjaman. Jika trader gagal memenuhi margin call, bursa atau platform trading dapat menjual aset (juga disebut sebagai likuidasi) di akun dan menggunakan hasilnya untuk membayar pinjaman.

Baca lebih lanjut tentang bagaimana pengembalian berbeda dalam skenario leverage dan tanpa leverage.

Infografis Margin 1 5 2

Apa yang dimaksud dengan Margin Terisolasi?

Margin terisolasi adalah margin yang ditetapkan untuk satu posisi, yang tidak dapat dibagi ke berbagai posisi. Keuntungan potensial utama dari margin terisolasi adalah bahwa setiap kekurangan margin atau likuidasi untuk satu posisi tidak akan mempengaruhi posisi lain dalam portofolio. Ini mungkin cocok untuk posisi spekulatif dan leverage tinggi yang ingin dipantau dengan cermat dan memiliki tingkat kendali yang lebih tinggi.

Apa yang dimaksud dengan Cross Margin?

Berbeda dengan margin terisolasi, margin silang memungkinkan trader untuk berbagi saldo margin di berbagai posisi yang berbeda, sehingga kelebihan margin (yaitu ekuitas yang melebihi persyaratan margin, yang biasanya terjadi ketika ada keuntungan) dari satu posisi dapat secara efektif digunakan untuk menutupi kekurangan margin (yaitu ekuitas di bawah persyaratan margin, yang biasanya terjadi ketika ada kerugian) dari posisi lain. Manfaat utama dari cross margin adalah, dalam beberapa kasus, berpotensi membantu mencegah margin call dan likuidasi paksa dari posisi yang merugi.

Mari kita lihat contoh visual margin silang dibandingkan dengan margin terisolasi:

  • Ada empat posisi, satu (dalam ETH) menggunakan margin terisolasi, dan tiga lainnya (dalam BTC, CRO, SAND) menggunakan margin silang. CRO dan SAND memiliki order terbuka (yaitu order yang telah dimulai namun belum selesai). Token ini adalah aset yang digunakan sebagai jaminan yang akan dilikuidasi jika margin call tidak terpenuhi.
  • Kami menggunakan total margin di sini untuk merujuk pada jumlah total dana yang dimiliki trader di akun mereka. Margin yang digunakan adalah jumlah dana yang telah dialokasikan ke semua posisi. ‘Margin yang tidak digunakan/dibagi’ mengacu pada dana yang tidak digunakan dan oleh karena itu, pada prinsipnya, dapat digunakan ke dalam posisi margin silang apa pun yang membutuhkannya. Perhatikan bahwa order yang terbuka (yaitu yang belum terpenuhi) juga akan mengambil dana dari total margin. Margin pemeliharaan (MM) lebih rendah dari margin awal (IM), sehingga secara efektif termasuk dalam margin awal.
  • Selanjutnya, posisi ETH dan BTC mengalami kerugian, menjatuhkannya di bawah margin pemeliharaan. Karena ETH adalah posisi margin yang terisolasi, ia tidak dapat menggunakan margin yang tidak terpakai/terbagi yang tersedia untuk posisi BTC, CRO, dan SAND, sehingga posisi ETH dilikuidasi (yaitu, posisi ETH sekarang hilang), dengan asumsi margin call tidak terpenuhi.
Infografik Margin 4 5
  • Sebaliknya, karena BTC adalah posisi margin silang, ia dapat menggunakan margin bersama yang tersedia untuk posisi BTC, CRO, dan SAND secara kolektif untuk mengisi kembali marginnya dan menghindari likuidasi.
Infografis Margin 5 5 1

Keuntungan dari Margin Silang Cerdas

Smart cross margin memungkinkan offset persyaratan margin untuk posisi yang berlawanan arah (mis., long vs short) dan di berbagai jenis produk. Contoh jenis produk adalah margin spot (yaitu, menggunakan margin untuk berdagang di pasar spot), futures, dan futures abadi. Manfaat potensial utama dari smart cross margin adalah berkurangnya persyaratan margin secara keseluruhan dan peningkatan efisiensi modal bagi trader.

  • Posisi berlawanan arah. Hal ini mengacu pada panjang vs pendek. Posisi long berarti membeli aset. Posisi short berarti menjual aset secara singkat. Mereka adalah posisi yang berlawanan arah karena posisi long mendapat (rugi) ketika harga aset naik (turun) dan posisi short mendapat (rugi) ketika harga turun (naik).
  • Karena posisi short mendapatkan keuntungan saat posisi long merugi, untuk setiap kekurangan margin pada posisi long, akan ada kelebihan margin pada posisi short. Demikian pula, karena posisi long mendapatkan keuntungan saat posisi short merugi, untuk setiap kekurangan margin pada posisi short, akan ada kelebihan margin pada posisi long. Smart cross margin mengenali efek penyeimbangan ini di seluruh posisi dalam arah yang berlawanan dan oleh karena itu memungkinkan trader untuk menikmati persyaratan margin yang lebih rendah secara keseluruhan.
  • Jenis produk yang berbeda. Karena aset dasar yang sama dapat diperdagangkan dengan margin dengan jenis produk yang berbeda, maka ada peluang untuk offset margin di seluruh jenis produk. Misalnya, BTC dapat diperdagangkan panjang atau pendek, dengan margin, di pasar spot, dan di pasar berjangka dan pasar berjangka abadi (yaitu, aset yang mendasari kontrak berjangka adalah BTC). Smart cross margin mengenali efek penyeimbangan ini di seluruh jenis produk dan memungkinkan trader menikmati persyaratan margin yang lebih rendah secara keseluruhan.
  • Peningkatan efisiensi modal. Karena persyaratan margin yang lebih rendah, trader berpotensi menggunakan dana mereka untuk penggunaan lain. Dana tidak terikat dengan persyaratan margin, sehingga likuiditas dan fleksibilitas portofolio secara keseluruhan berpotensi ditingkatkan.

Persyaratan Margin Silang Vs Persyaratan Margin Silang Cerdas

Infografis Margin 2 5 2

Mari kita lihat contoh hipotetis dari GEN 3.0 Crypto.com Exchange tentang bagaimana margin silang yang cerdas dapat mengurangi persyaratan margin. Asumsikan trader mengeksekusi tiga posisi hipotetis di bawah ini, dan bahwa persyaratan margin awal adalah 5% dari nilai posisi (yaitu, menggunakan leverage 20x):

  • Kontrak berjangka 1 BTC yang akan jatuh tempo pada bulan September dengan harga $60.000
  • Kontrak berjangka perpetual 1 BTC dengan harga $61.500
  • Kontrak berjangka pendek 2 BTC yang akan jatuh tempo pada bulan Juni dengan harga masing-masing $61.000

Di bawah margin silang, persyaratan margin awal adalah $12.175. Namun, margin silang yang cerdas, menjumlahkan persyaratan margin untuk posisi long dan posisi short secara terpisah, kemudian menggunakan mana yang lebih besar sebagai persyaratan margin awal. Dalam contoh kita, persyaratan margin yang dijumlahkan untuk posisi long adalah $6.075; untuk posisi short adalah $6.100. Oleh karena itu, persyaratan margin awal adalah $6.100, lebih besar dari keduanya. Ini jauh lebih rendah daripada margin awal sebesar $12.175 yang diperlukan di bawah margin silang.

Lihatlah FAQ Smart Cross Margin GEN 3.0 Crypto.com Exchange untuk lebih jelasnya.

Kapan Smart Cross Margin Digunakan?

Trader dengan banyak posisi dengan margin dan cross margin dapat menemukan bahwa smart cross margin berguna di pasar yang bergejolak. Hal ini karena mekanisme ini dapat membantu pengguna menghindari likuidasi paksa yang tidak perlu dan realisasi kerugian yang diakibatkannya.

Selain itu, smart cross margin, dengan kemampuannya untuk mengimbangi persyaratan margin di seluruh posisi dalam arah yang berlawanan dan jenis produk yang berbeda, cenderung digunakan oleh pedagang dengan portofolio yang kompleks. Portofolio ini dapat berupa posisi long dan short di pasar spot dan futures (misalnya, untuk lindung nilai). Seorang trader mungkin memiliki posisi futures pendek untuk melakukan lindung nilai atas posisi long di spot, tetapi jika posisi futures dilikuidasi karena kekurangan margin, maka lindung nilai tersebut akan hilang. Oleh karena itu, margin silang yang cerdas dapat berguna dalam situasi ini, karena menawarkan potensi untuk menghindari likuidasi paksa di mana berbagai posisi diseimbangkan.

Kesimpulan – Haruskah Anda Memilih Margin Silang?

Margin silang memungkinkan pembagian saldo margin di beberapa posisi, sementara margin terisolasi ditetapkan untuk satu posisi, yang tidak dapat dibagi. Margin silang pintar memungkinkan offset persyaratan margin untuk posisi berlawanan arah dan di berbagai jenis produk. Keuntungan potensial utama dari smart cross margin adalah berkurangnya kemungkinan likuidasi paksa, persyaratan margin yang lebih rendah, dan peningkatan efisiensi modal.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan. Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dengan Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Bursa Crypto.com, silakan lihat tautan berikut dan pastikan Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis untuk Perdagangan Spot dan Perdagangan Margin.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Exchange

Margin trading

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens