Apa itu Litecoin (LTC)?

Bitcoin, tetapi lebih cepat dan lebih murah? Pelajari tentang Litecoin, spin-off Bitcoin yang ditujukan untuk memecahkan masalah skalabilitas Bitcoin.

Sep 25, 2023
|

What Is Litecoin

Poin-poin Penting:

  • Dibuat pada tahun 2011 dan berasal dari blockchain Bitcoin, Litecoin (LTC) adalah mata uang kripto populer yang ditujukan untuk mengatasi masalah sentralisasi dan meningkatkan dinamika penambangan.
  • Dirancang oleh mantan insinyur Google, Charlie Lee, Litecoin menawarkan transaksi yang lebih cepat dan waktu pembuatan blok 2,5 menit, dibandingkan dengan Bitcoin yang membutuhkan waktu 10 menit.
  • Algoritma hashing Scrypt Litecoin bertujuan untuk mencegah dominasi oleh operasi penambangan besar, menawarkan solusi pembayaran yang terdesentralisasi dan aman.
  • Dengan pasokan koin yang lebih besar dan pemrosesan yang lebih cepat, Litecoin unggul dalam transaksi sehari-hari dan pembayaran mikro.
  • Baik Litecoin maupun Bitcoin menawarkan nilai di berbagai bidang seperti kecepatan transaksi, biaya, dan potensi nilai jangka panjang.

Apa itu Litecoin (LTC)?

Litecoin (LTC) adalah mata uang kripto populer yang diciptakan pada tahun 2011 sebagai fork dari blockchain Bitcoin. Ini dirancang untuk mengatasi kekhawatiran tentang sentralisasi dan membuat penambangan lebih sulit untuk didominasi oleh perusahaan penambangan skala besar. Litecoin memiliki waktu pemrosesan transaksi yang lebih cepat daripada Bitcoin dan dirancang untuk menjadi media transaksi harian.

Diciptakan oleh mantan insinyur Google, Charlie Lee, yang menyebutnya sebagai “perak untuk emas Bitcoin”, Litecoin memiliki suplai maksimum 84 juta koin, dan blockchain-nya menghasilkan blok baru setiap 2,5 menit.

Bagaimana Cara Kerja Litecoin?

Litecoin bekerja pada jaringan terdesentralisasi yang mirip dengan Bitcoin. Litecoin menggunakan teknologi blockchain untuk mencatat dan memverifikasi transaksi melalui mekanisme konsensus Proof of Work (PoW). Jaringan Litecoin terdiri dari node-node yang menyimpan salinan blockchain dan berpartisipasi dalam proses validasi transaksi.

Transaksi di jaringan Litecoin dikelompokkan ke dalam blok, yang ditambahkan ke dalam blockchain melalui penambangan, tempat para penambang menggunakan kekuatan komputasi untuk memecahkan masalah matematika yang kompleks. Penambang pertama yang berhasil memecahkan masalah tersebut akan menambahkan blok baru ke dalam blockchain; sebagai imbalan atas pekerjaan mereka, penambang akan mendapatkan Litecoin yang baru diterbitkan.

Salah satu perbedaan utama antara Litecoin dan Bitcoin adalah algoritma hashing yang digunakan untuk menambang. Litecoin menggunakan Scrypt, yang dirancang untuk menjadi intensif memori. Hal ini membuat operasi penambangan skala besar lebih sulit untuk mendominasi jaringan.

Litecoin juga memiliki waktu pembuatan blok yang lebih cepat yaitu 2,5 menit dibandingkan dengan Bitcoin yang membutuhkan waktu 10 menit. Ini menghasilkan konfirmasi transaksi yang lebih cepat. Selain itu, Litecoin memiliki pasokan maksimum 84 juta koin, empat kali lebih tinggi dari Bitcoin yang hanya 21 juta.

Secara keseluruhan, Litecoin bertujuan untuk menyediakan alternatif yang lebih cepat dan lebih efisien daripada Bitcoin untuk transaksi sehari-hari dengan tetap mempertahankan prinsip-prinsip inti desentralisasi dan keamanan.

Untuk Apa Litecoin Digunakan?

Litecoin pada dasarnya adalah aset digital untuk transaksi peer-to-peer (P2P) instan dengan harga yang terjangkau. Litecoin sering dianggap sebagai alternatif yang lebih cepat dan lebih efisien daripada Bitcoin untuk transaksi sehari-hari. Beberapa orang melihatnya sebagai testnet dunia nyata untuk Bitcoin, yang memungkinkan eksperimen untuk memahami dampak pergerakan tertentu pada jaringan langsung.

Selain itu, Litecoin memiliki nilai untuk pembayaran mikro dan mengintegrasikan fitur-fitur seperti kontrak pintar dan peningkatan MimbleWimble untuk meningkatkan kegunaan dan privasinya. Secara keseluruhan, Litecoin bertujuan untuk menyediakan solusi pembayaran yang terdesentralisasi dan aman dengan biaya rendah dan konfirmasi yang cepat.

Apa itu Upgrade MimbleWimble?

Pertama kali dirancang pada November 2019, peningkatan Litecoin MimbleWimble (MWEB) adalah peningkatan privasi dan skalabilitas yang diimplementasikan pada jaringan Litecoin; akhirnya diluncurkan pada Mei 2022. MWEB menyembunyikan alamat pengirim dan penerima, serta jumlah transaksi, untuk memberikan lebih banyak privasi transaksi. Pengguna perlu meningkatkan perangkat lunak mereka ke versi terbaru untuk mengaktifkan MWEB.

Mana yang lebih baik: Litecoin atau Bitcoin?

Apakah Litecoin atau Bitcoin yang lebih baik tergantung pada preferensi individu dan kasus penggunaan tertentu.

Bitcoin adalah mata uang kripto yang paling terkenal dan diterima secara luas dengan kapitalisasi pasar yang lebih tinggi. Bitcoin dipandang sebagai penyimpan nilai dan aset perdagangan. Litecoin menawarkan waktu pemrosesan transaksi yang lebih cepat dan biaya yang lebih rendah, membuatnya lebih cocok untuk transaksi sehari-hari dan pembayaran mikro.

Pada akhirnya, pilihan antara Litecoin dan Bitcoin bergantung pada faktor mana yang paling dibutuhkan oleh pengguna – termasuk kecepatan transaksi yang cepat, biaya yang rendah, atau potensi penyimpan nilai jangka panjang.

Bagaimana Cara Jual-Beli LTC?

Litecoin (LTC) terdaftar di Crypto.com App sebagai bagian dari daftar 250 mata uang kripto dan koin stabil yang didukung, termasuk Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Polkadot (DOT), USD Coin (USDC), dan Cronos (CRO).

Pengguna Crypto.com App dapat membeli Litecoin dengan harga asli dengan USD, EUR, GBP, dan 20 lebih mata uang fiat lainnya dan membelanjakannya di lebih dari 80 juta pedagang di seluruh dunia dengan menggunakan Kartu Visa Crypto.com. Sebagai alternatif, pengguna juga dapat memperjualbelikan LTC di Crypto.com Exchange.

Unduh Crypto.com App untuk mulai jual-beli LTC hari ini.

Kesimpulan

Singkatnya, Litecoin menawarkan alternatif yang menarik untuk Bitcoin, unggul dalam transaksi yang lebih cepat, biaya yang lebih rendah, dan suplai koin yang lebih banyak. Sebagai kekuatan pendorong inovasi dalam mata uang kripto, fitur-fitur Litecoin yang ramah pengguna dan peningkatan yang berkelanjutan memposisikannya sebagai pemain dinamis dalam lanskap keuangan digital.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan atas pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dari Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Crypto.com Exchange, harap pastikan bahwa Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

bitcoin

coins & tokens

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens