Apa Itu Dogecoin?

Artikel ini memberikan gambaran komprehensif tentang Dogecoin, mencakup asal-usul dan pertumbuhannya yang mengesankan, serta apa yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya.

Jan 19, 2020
|

Apa itu Dogecoin Otp

Dogecoin (DOGE) telah menjadi kekuatan besar di dunia mata uang digital dalam beberapa tahun terakhir, dengan sejarahnya yang unik dan popularitasnya yang luar biasa di antara para pengguna. Tetapi bagaimana koin yang didasarkan pada meme menjadi salah satu yang paling berharga di pasar? Artikel ini membahas sejarah Dogecoin, mulai dari awal kemunculannya yang sederhana hingga kebangkitannya di tahun 2021, serta fitur-fitur teknisnya dan apa yang harus diketahui oleh calon pembeli.

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Dogecoin adalah sebuah proyek sumber terbuka yang dibuat sebagai lelucon pada tahun 2013 yang kemudian menjadi mata uang kripto yang populer.
  • Fungsinya mirip dengan mata uang kripto Proof of Work (PoW) lainnya dan digunakan untuk pembayaran.
  • Harga Dogecoin melonjak secara dramatis pada tahun 2021 setelah meningkatnya dukungan selebriti dan hype di platform media sosial.
  • Terlepas dari volatilitasnya yang ekstrem, Dogecoin terus menjadi pemain penting dalam dunia mata uang kripto.

Awal Mula Dogecoin yang Sederhana

Inspirasi untuk Dogecoin datang pada bulan November 2013 ketika Jackson Palmer, yang saat itu adalah seorang pemasar di Adobe, menyadari bahwa altcoin yang hampir tidak memiliki fitur pembeda bermunculan di mana-mana. Sebagai lelucon yang mengomentari banyaknya altcoin, ia menulis tweet: ‘Berinvestasi di Dogecoin. Saya yakin ini adalah hal besar berikutnya,’ merujuk pada meme viral Shiba Inu. Tweet-nya mendapat banyak perhatian, dan suatu malam, sebagai cara untuk melanjutkan leluconnya, ia membeli dogecoin.com dan mem-photoshop gambar anjing yang terkenal di internet itu ke dalam koin.

Billy Markus, seorang pengembang perangkat lunak di IBM, melihat situs web tersebut dan menghubungi Palmer dengan ide untuk membuat Dogecoin menjadi kenyataan, berdasarkan eksperimen yang telah ia lakukan dalam menciptakan mata uang kripto sendiri. Setelah beberapa kali bolak-balik mengirim email, mereka meluncurkan Dogecoin, dan sisanya adalah sejarah.

Apa Itu Dogecoin?

Meskipun Dogecoin berakar dari koin meme, Dogecoin dengan cepat menjadi mata uang internet yang memfasilitasi pemberian tip secara online di platform media sosial karena pasokannya yang tidak terbatas dan harganya yang murah. Ini juga berfungsi serupa dengan banyak mata uang kripto lainnya dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran di mana pun ia diterima.

Dari perspektif teknis, Dogecoin sangat mirip dengan beberapa altcoin yang paling awal, yang, seperti Bitcoin (BTC), beroperasi dengan mekanisme konsensus Proof of Work(PoW). Karena merupakan fork dari Luckycoin yang sudah tidak ada lagi, yang merupakan fork dari Litecoin (LTC), kedua koin ini memiliki banyak kemiripan.

7cf1bfd7 61b2 4c6e 81f4 F14b37308f2b

Meskipun teknologi di balik Dogecoin mirip dengan Litecoin dan Bitcoin, penting untuk dicatat bahwa Dogecoin memiliki persediaan yang tidak terbatas, tidak seperti LTC dan BTC. Ini berarti bahwa semua hal lain dianggap sama, harga Dogecoin akan terus turun kecuali adopsi dan utilitasnya melebihi tingkat inflasi ini.

Penciptaan dan kesuksesan Dogecoin membuka jalan bagi koin-koin meme lainnya seperti Shiba Inu (SHIB) dan Floki (FLOKI). Untuk mempelajari lebih lanjut tentang mereka, lihat artikel Universitas ini.

Bagaimana Dogecoin Menjadi Begitu Populer?

Pada tanggal 27 Januari 2021, di tengah-tengah saga pemerasan singkat GameStop, Redditor u/lomac2w0 memposting sebuah utas yang mengusulkan untuk memulai reli Dogecoin, yang dengan cepat mengumpulkan hampir 10.000 upvote dan menelurkan banyak utas serupa. Pengguna Twitter populer, The Chairman, kemudian men-tweet ke 750.000 pengikutnya, ‘Apakah Doge pernah mendapatkan satu dolar? Hanya itu yang dibutuhkan DOGE untuk melakukan reli dahsyat dari US$0,007 menjadi US$0,087 dalam 24 jam ke depan.

Meskipun ada kenaikan awal yang eksplosif, Dogecoin dengan cepat jatuh dari $ 0,087 menjadi $ 0,023. Pesta tampaknya berakhir hingga 4 Februari 2021, ketika Elon Musk datang untuk menyelamatkan para pedagang DOGE, men-tweet sebuah foto roket yang meluncur ke bulan, dengan judul satu kata: ‘Doge’.

Dengan selebriti lain seperti Gene Simmons dan Snoop Dogg yang bergabung dalam hype ini, Dogecoin menjaga momentum selama beberapa bulan ke depan dan diperdagangkan di sekitar level $0,05. Lonjakan parabola terjadi pada April 2021 setelah Musk melepaskan serangkaian tweet: mengumumkan SpaceX menempatkan Dogecoin di bulan; berbagi gambar dengan judul, ‘Doge Barking at the Moon‘; dan menyebut dirinya sebagai The Dogefather. Kali ini, ‘efek Musk’ melambungkan Dogecoin ke level tertinggi sepanjang masa (ATH) di $ 0.711 pada tanggal 3 Mei 2021.

Namun, harga turun setelah penampilan pengusaha miliarder ini di acara Saturday Night Live hanya lima hari kemudian. Aksi jual yang hiruk pikuk ini mungkin disebabkan oleh Musk yang menyebut Dogecoin sebagai ‘hirukpikuk’ selama pertunjukan atau kasus ‘beli rumor, jual berita‘ – pepatah tentang bagaimana para pedagang biasanya bereaksi terhadap berita tentang suatu aset. Tren penurunan berlanjut selama tahun berikutnya, terutama setelah musim dingin kripto 2022 dimulai. Pada Mei 2023, Dogecoin berada di kisaran $0,07 dan $0,08.

Namun tampaknya Musk masih memiliki titik lemah untuk Dogecoin. Setelah ia mengakuisisi Twitter, platform media sosial ini sempat mengubah logo burung biru ikoniknya menjadi maskot Dogecoin. Meskipun peralihan ini tidak pernah dijelaskan, ini merupakan indikasi potensial bahwa Musk akan memperjuangkan koin meme favoritnya lagi di masa depan.

Beli atau Tinggalkan Dogecoin?

Seperti yang ditunjukkan oleh riwayat harganya, DOGE adalah token yang sangat fluktuatif dengan perubahan harga sebesar -75% dalam satu hari. Dari sudut pandang trader, sifat ini bisa berdampak positif dan negatif. Namun demikian, dengan volatilitas yang tinggi, trader cerdas yang tidak keberatan memainkan risiko berpotensi menuai keuntungan.

Terlepas dari itu, Dogecoin akan terus menjadi pemain penting dalam dunia mata uang kripto. Koin ini merupakan koin terbesar kedelapan berdasarkan kapitalisasi pasar, dan memiliki salah satu pengikut yang paling bersemangat dibandingkan dengan proyek lainnya. Pada akhirnya, tergantung pada individu untuk mempertimbangkan potensi risiko dan imbalan sebelum mengambil keputusan untuk membeli Dogecoin.

Tempat Membeli Dogecoin

Di Aplikasi Crypto.com, pengguna dapat dengan mudah membeli DOGE dan 250 lebih koin lainnya menggunakan kartu kredit/debit, Apple Pay, Google Pay, atau lebih dari 20 mata uang fiat yang ditransfer dari rekening bank mereka. Untuk melakukannya, pengguna dapat mengetuk ‘Beli’ dari layar beranda lalu pilih token yang akan dibeli beserta metode pembayarannya.

Kunjungi Pusat Bantuan untuk informasi lebih lanjut, dan unduh Aplikasi Crypto.com di sini.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

altcoins

buy

coins

crypto

cryptocurrencies

DOGE

dogecoin

invest

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens