Apa Itu Copy Trading dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Copy trading memungkinkan pengguna mendapatkan manfaat dari keahlian trader lain tanpa harus mempelajari analisis pasar. Berikut cara memulainya.

Jan 19, 2024
|

What Is Copy Trading And How Does It Work F

Poin-poin Penting:

  • Copy trading memungkinkan pengguna untuk meniru jual-beli trader lain.
  • Trader membagikan bobot portofolio dan aliran pesanan mereka sehingga pengikut mereka dapat secara otomatis menyalin trade mereka.
  • Follower mendapat manfaat dari keahlian trader tersebut tanpa harus mempelajari analisis pasar atau mengembangkan strategi mereka sendiri.
  • Pengguna dapat meneliti kinerja masa lalu trader untuk mengidentifikasi strategi yang menguntungkan untuk disalin.
  • Opsi lain seperti Dollar Cost Averaging (DCA), bot trading, dan pengaturan waktu pasar masing-masing memiliki pro dan kontra, serta persamaan dan perbedaan dengan copy trading.

Apa itu Copy Trading?

Copy trading adalah fitur yang tersedia di beberapa platform trading yang memungkinkan pengguna meniru jual-beli trader lain yang lebih berpengalaman di platform tersebut. Trader yang memilih untuk membagikan bobot portofolio dan aliran pesanan dapat membuat strategi mereka disalin secara otomatis oleh follower.

Hal ini memberikan wawasan kepada para pemula dalam mata uang kripto mengenai keahlian trader yang lebih berpengalaman tanpa harus menganalisis pasar atau mengembangkan strategi mereka sendiri dari awal. Copy trading semakin populer karena menawarkan cara mudah bagi para pemula tersebut untuk mendapatkan manfaat dari strategi trading yang berpotensi sukses.

Bagaimana Cara Kerja Copy Trading?

Di platform yang mendukung copy trading, trader yang ingin portofolio mereka disalin orang lain umumnya harus bersedia dan akun mereka disetujui. Jual-beli mereka kemudian dapat dilihat oleh pengikut potensial, bersama dengan metrik kinerja seperti kuntungan selama berbagai periode waktu.

Pengguna dapat menelusuri berbagai strategi trader untuk menemukan strategi yang sesuai dengan toleransi risiko dan tujuan investasi mereka. Setelah trader dipilih untuk disalin, bobot portofolio mereka dan jual-beli berikutnya direplikasi di akun pengikut tersebut.

Dari sana, portofolio pengikut tersebut bergerak bersamaan dengan trader yang disalin, secara otomatis mengeksekusi pembelian dan penjualan yang sama. Hal ini berpotensi menghasilkan profit dari strategi yang telah dibuat sebelumnya tanpa perlu pengalaman trading sendiri, meskipun dengan melakukan riset pasar dengan baik dan melakukan analisis sendiri akan meningkatkan peluang keberhasilan.

Cara Menemukan Trader untuk Disalin

Saat meneliti trader yang akan disalin, perhatikan metrik seperti total keuntungan, keuntungan yang disesuaikan dengan risiko, volatilitas, penarikan maksimum, frekuensi jual-beli, dan panjang riwayat jual-beli.

Selain angka, pengikut harus mempertimbangkan untuk membaca deskripsi trader untuk memahami pendekatan mereka dan apakah itu sesuai dengan tujuan. Pertimbangkan keragaman dengan memilih trader yang berspesialisasi dalam token atau sektor, strategi, periode penahanan, dan profil risiko yang berbeda.

Pengguna juga dapat menyalin subset dari beberapa portofolio trader untuk membangun campuran pribadi mereka sendiri. Trader mana pun yang dipilih pengguna, pastikan untuk memantau kinerja mereka yang sedang berlangsung dan bersiaplah untuk memutuskan hubungan jika keuntungan memburuk.

Mempertahankan keranjang yang terdiversifikasi dari beberapa trader yang disalin dapat menjadi pendekatan dengan risiko lebih rendah daripada mengikuti satu trader.

Alternatif lain untuk Copy Trading

Copy trading bukan satu-satunya pilihan bagi trader pemula untuk mendapatkan eksposur di pasar mata uang kripto. Di bawah ini adalah tiga strategi trading paling populer dalam dunia mata uang kripto.

Dollar Cost Averaging (DCA)

Dollar Cost Averaging (DCA) adalah menginvestasikan sejumlah uang secara teratur dengan interval tetap, seperti $100 setiap minggu atau $500 setiap bulan. Strategi ini bertujuan untuk mengurangi risiko dengan merata-ratakan harga yang dibayarkan dalam beberapa trade, bukan dengan investasi sekaligus.

DCA membantu menghilangkan emosi dari proses dan menghindari upaya untuk menemukan waktu pasar. Pengguna menerapkan DCA dengan mengatur pembelian berulang yang secara otomatis menydepositkan dana sesuai jadwal. Investasi yang stabil dirancang untuk mengakumulasi lebih banyak token saat harga lebih rendah (dan lebih sedikit token saat harga lebih tinggi) dan merata-ratakan biaya dalam jangka panjang.

Baca lebih lanjut tentang DCA di Bagaimana Cara Kerja Dollar Cost Averaging?


Bot Trading

Bot trading adalah program perangkat lunak otomatis yang mengeksekusi pesanan beli dan jual sesuai dengan strategi dan aturan trading yang telah ditentukan. Bot dapat menerapkan strategi seperti mengikuti tren, arbitrase, atau pengembalian rata-rata menggunakan indikator atau sinyal. Bot memindai pasar, menganalisis data harga, dan secara mandiri melakukan jual-beli berdasarkan parameter. Hal ini memungkinkan strategi untuk diperjualbelikan sepanjang waktu tanpa pemantauan dan manajemen konstan dari manusia.

Namun, meskipun bot mengotomatiskan eksekusi strategi, mereka yang merancangnya masih membutuhkan pengalaman jual-beli dan keterampilan teknis untuk meneliti, merancang, menguji ulang, dan mengoptimalkan kode bot. Masalah seperti slippage dan efektivitas strategi juga perlu dipantau dari waktu ke waktu.

Pelajari cara menggunakan bot trading di Crypto.com Exchange.

Baca lebih lanjut di Tingkatkan Jual-Beli Kripto Dengan Bot Trading Telegram: Segala Hal yang Perlu Diketahui.

Menentukan Waktu Pasar

Penentuan waktu pasar adalah praktik mencoba memprediksi pergerakan harga pada masa depan untuk membeli saat harga rendah dan menjual saat harga tinggi. Investor yang mengatur waktu pasar biasanya menganalisis tren pasar, fundamental, laporan ekonomi, dan indikator teknis untuk memperkirakan titik masuk dan keluar. Analisis fundamental memeriksa faktor-faktor seperti utilitas token, penggunaan platform, dan perkembangan industri.

Analisis teknikal melibatkan studi grafik dan pola perubahan harga dan volume. Meskipun penentuan waktu pasar yang sukses dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi, hal ini terkenal sulit bahkan bagi para ahli dan membutuhkan penilaian yang tepat terhadap fluktuasi pasar yang sering kali tidak dapat diprediksi. Mencoba untuk membeli dasar dan menjual puncak dengan tepat sering kali menjadi bumerang, sehingga penentuan waktu pasar membutuhkan disiplin, manajemen risiko, dan penerimaan terhadap peluang yang terlewatkan.

Baca lebih lanjut di Apa yang Memengaruhi Harga Mata Uang Kripto?

Lihat juga tren makro terbaru dalam laporan bulanan Crypto.com Alpha Navigator bulanan.

Strategi Jual-Beli Mana yang Terbaik?

Masing-masing strategi ini memiliki pro dan kontra, dan memiliki persamaan dan perbedaan dibandingkan dengan copy trading. Misalnya, DCA juga melibatkan eksekusi otonom tetapi terbatas pada satu jenis strategi.

Bot trading menawarkan beragam jenis strategi (meskipun terbatas pada strategi sistematis) selain otomatis, tetapi terkadang membutuhkan pengaturan parameter yang berbeda dan mungkin juga tunduk pada peretasan dan bug dalam kode.

Penentuan waktu pasar memberikan kontrol lebih besar atas titik masuk dan keluar, tetapi sulit untuk selalu tepat secara konsisten, bahkan untuk para ahli sekalipun.

Copy trading menyediakan beragam strategi siap pakai, eksekusi otonom, dan rekam jejak untuk perbandingan. Namun, penting untuk tetap memantau strategi yang disalin jika strategi tersebut berubah atau hasilnya memburuk.

Trader harus mempertimbangkan pengalaman, minat, keahlian, dan waktu yang tersedia untuk menentukan strategi yang paling sesuai.

Kesimpulan

Copy trading adalah salah satu cara bagi pemula mata uang kripto untuk memanfaatkan pengalaman trader berpengalaman lainnya. Dengan replikasi strategi secara otomatis, para pengikut berpotensi mendapatkan keuntungan dari hasil yang positif tanpa harus mengembangkan keahlian trading sendiri.

Meneliti dan memilih trader yang akan disalin dengan benar dapat meningkatkan pengalaman copy trading, begitu juga dengan menggabungkannya dengan strategi lain seperti DCA, bot trading, dan pengaturan waktu pasar.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada hal yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual aset digital apa pun. Keuntungan atas pembelian dan penjualan aset digital dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal dan/atau pajak penghasilan, di yurisdiksi Anda atau yurisdiksi tempat Anda menjadi penduduk untuk tujuan perpajakan. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau permintaan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dari Aplikasi Utama Crypto.com, dan ketersediaan produk dan layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Crypto.com Exchange, silakan lihat tautan berikut dan pastikan Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset digital dapat naik atau turun, dan Anda dapat kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset digital, penting bagi Anda untuk melakukan penelitian dan uji tuntas sendiri untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

trading

Trading Bots

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens