Apa Itu CDCETH dan Bagaimana Cara Kerjanya?

CDCETH memungkinkan liquid staking untuk ETH di Crypto.com. Berikut ini sejumlah alasan mengapa imbalan yang Anda peroleh dari liquid staking lebih banyak ketimbang staking tradisional.

Feb 22, 2024
|

What Is Cdc Eth

Pokok Bahasan:

  • CDCETH adalah singkatan dari Crypto.com Staked ETH, yaitu token tanda terima yang mewakili staked Ether (ETH) di Crypto.com App dan di Exchange.
  • Tidak seperti staking tradisional, liquid staking memungkinkan pemegang token menggunakan dan memperdagangkan aset yang di-staking sambil tetap mendapatkan imbalan.
  • Liquid staking menawarkan fleksibilitas yang memungkinkan pedagang menggunakan aset yang di-staking untuk aktivitas keuangan lainnya tanpa melakukan unstaking.
  • CDCETH dapat di-unwrapping menjadi staked ETH kapan saja berdasarkan kurs konversi yang berlaku dengan proses liquid staking yang lancar dan nyaman.
  • Liquid staking tersedia untuk pengguna Crypto.com App dan Exchange di sebagian besar yurisdiksi.
  • Nasabah dapat melakukan wrapping dan unwrapping pada staked ETH menjadi CDCETH kapan saja, karena aktivitas ini tidak terikat dengan periode unbounding on-chain Ethereum.

Apa Itu CDCETH?

Crypto.com Staked ETH (CDCETH) adalah token tanda terima yang mewakili Ether (ETH) Anda yang di-staking di Crypto.com App dan Exchange yang menunjukkan perolehan imbalan staking.

Token ini dapat digunakan untuk liquid staking, yaitu alternatif dari staking tradisional yang memungkinkan Anda tetap dapat mengakses token yang Anda staking.

Simak penjelasan lengkapnya pada dokumen resmi CDCETH.

Bagaimana Cara Kerja Liquid Staking?

Liquid staking adalah cara bagi orang-orang untuk tetap menggunakan token yang sedang di-staking.

Berikut cara kerjanya: Ketika melakukan staking token melalui protokol liquid staking, nasabah akan mendapatkan tanda terima khusus atas token yang di-staking dalam bentuk token likuid. Dengan tanda terima ini, nasabah tetap dapat menggunakan tokennya untuk hal-hal lain seperti membeli dan menjual tanpa kehilangan haknya untuk mendapatkan imbalan atas token yang di-staking.

Tidak seperti staking biasa, yang tokennya ‘dikunci’ dan tidak dapat digunakan, liquid staking memungkinkan nasabah mendapatkan dua manfaat sekaligus — menggunakan token dan mendapatkan imbalan staking. Dengan kata lain, Anda mendapatkan manfaat staking tanpa kehilangan fleksibilitas dalam menggunakan token.

Cara baru untuk mendapatkan imbalan ini memudahkan banyak orang untuk terlibat dalam staking dan berpotensi mengembangkan aset mereka.

Pelajari selengkapnya tentang liquid staking di sini.

Cara Menggunakan CDCETH

Sebagaimana disebutkan di atas, CDCETH digunakan dalam liquid staking di Crypto.com App. Mari kita amati lebih dekat cara kerjanya.

Ketika melakukan staking ETH di Crypto.com, Anda akan mendapat imbalan staking secara rutin berdasarkan blockchain Ethereum. Imbalan staking ini dikreditkan ke saldo ETH Anda.

Nasabah dapat melakukan wrapping pada staked ETH melalui Crypto.com dan mendapat CDCETH. Jadi, sekarang Anda adalah pemegang CDCETH dan berhak atas imbalan staking CDCETH.

Imbalan staking ini akan tecermin melalui kenaikan kurs konversi CDCETH terhadap staked ETH (imbalan ETH tidak diterima langsung di akun nasabah). Pemegang CDCETH dapat menukarkan imbalan dengan melakukan wrapping CDCETH, selanjutnya akan mendapat staked ETH berdasarkan kurs konversi pada saat unwrapping.

Pelajari selengkapnya tentang cara menghitung kurs konversi di sini.

Keutamaan Liquid Staking

Liquid staking menawarkan berbagai manfaat yang sangat menarik. Di bawah ini empat alasan mengapa liquid staking makin populer:

Sangat Fleksibel

Salah satu keutamaan liquid staking adalah fleksibilitas yang ditawarkan kepada pemegang token. Tidak seperti staking tradisional, yang tokennya dikunci untuk periode tertentu, liquid staking memungkinkan peserta tetap bisa menggunakan tokennya untuk berbagai aktivitas, seperti jual-beli atau melakukan pembelian tanpa kehilangan haknya untuk mendapatkan imbalan staking. Fleksibilitas ini tentu saja sangat menarik, khususnya bagi pemegang kripto yang menginginkan likuiditas asetnya tetap terjaga.

Manfaat Optimal

Liquid staking memungkinkan pemegang token mengoptimalkan manfaat aset yang di-staking. Berkat token sintetis likuid yang diperoleh sebagai imbalan atas token yang di-staking, peserta dapat menggunakan asetnya untuk diperdagangkan atau sebagai transaksi tambahan sehingga pemanfaatan mata uang kripto miliknya menjadi optimal.

Meningkatkan Partisipasi

Pengenalan liquid staking berpotensi menggaet lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam staking mata uang kripto. Pendekatannya yang ramah pengguna dan kemampuannya menawarkan imbalan tanpa mengorbankan liquiditas dapat mendorong lebih banyak individu untuk terlibat dalam aktivitas staking sehingga makin memperluas partisipasi dalam akivitas di berbagai jaringan blockchain.

Mendapat Imbalan Tanpa Mengorbankan Likuiditas

Liquid staking menawarkan kesempatan bagi peserta untuk menikmati manfaat imbalan staking tanpa mengorbankan likuiditas atas aset miliknya. Artinya, peserta berpotensi menghasilkan pendapatan pasif tanpa kehilangan kebebasan untuk menggunakan token seturut keinginannya dengan pendekatan akumulasi nilai yang berimbang.

Pada dasarnya, manfaat liquid staking sudah jelas — menawarkan fleksibilitas, utilitas, dan potensi peningkatan partisipasi dalam aktivitas staking mata uang kripto, juga menawarkan sarana investasi yang dinamis dan lebih mudah diakses bagi kalangan pedagang yang lebih luas.

Mengapa Melakukan Wrapping ETH menjadi CDCETH?

Lantas, apa keutamaan CDCETH yang tercantum di atas di Crypto.com App?

Manfaat utama liquid staking adalah token yang di-staking tetap likuid dan dapat digunakan untuk mendapatkan imbalan tambahan. Meskipun staked ETH tidak likuid atau tidak dapat dipindahtangankan dan tidak dapat digunakan untuk apa pun selain mengamankan dan memvalidasi blockchain, pemegang CDCETH dapat berpartisipasi dalam platform dan protokol DeFi seperti VVS Finance, misalnya.

Terakhir, CDCETH dapat di-unwrapping menjadi staked ETH kapan saja berdasarkan kurs konversi yang berlaku sehingga proses liquid staking berjalan sangat lancar dan nyaman.

Siapa yang Dapat Menerima CDCETH?

Liquid staking tersedia untuk nasabah melalui Crypto.com App di sebagian besar yurisdiksi. Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Cara Membeli CDCETH

Sebagaimana disebutkan di atas, Anda bisa mendapatkan CDCETH sebagai wrapped token jika Anda melakukan staking ETH di Crypto.com App. Untuk mendapatkan CDCETH, nasabah harus terlebih dahulu membeli dan melakukan staking ETH untuk selanjutnya mendapat CDCETH dengan melakukan unwrapping di Aplikasi.

Selain itu, nasabah juga dapat membeli CDCETH langsung di Crypto.com Exchange, disertai daftar protokol DeFi kompatibel seperti VVS yang terus bertambah, dan dapat diakses melalui Dompet DeFi Crypto.com.

Kesimpulan

Dengan menggabungkan manfaat staking dengan fleksibilitas untuk mengakses likuiditas, liquid staking dengan CDCETH membuka berbagai kemungkinan baru bagi para pemegang kripto.

Dengan CDCETH, nasabah Crypto.com dapat menikmati liquid staking dalam aplikasi tanpa perlu mengakses protokol DeFi eksternal untuk melakukan wrapping atau staking token likuid. Anda dapat melakukan wrapping atau unwrapping ETH menjadi CDCETH kapan saja untuk mendapatkan imbalan liquid staking tambahan, tetapi tetap harus mengikuti periode unbonding Ethereum saat melakukan unstaking ETH.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi tersebut atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, perpajakan, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Isi yang terkandung di dalamnya bukan merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenai pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap penjelasan produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Selain itu, Crypto.com Exchange dan produk yang dijelaskan di sini berbeda dengan produk yang ada di Aplikasi Utama Crypto.com, dan produk berikut layanan di Crypto.com Exchange tunduk pada ketentuan batas yurisdiksi. Sebelum mengakses Crypto.com Exchange, silakan simak tautan berikut dan pastikan bahwa Anda tidak berada di yurisdiksi yang dibatasi secara geografis .

Kinerja masa lalu tidak menjamin atau mencerminkan kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, Anda juga bisa kehilangan semua atau sebagian besar nilai aset yang Anda beli. Ketika menilai aset kripto, Anda hendaknya melakukan riset dan uji tuntas untuk melakukan penilaian sebaik mungkin, sebab setiap pembelian menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

coins & tokens

liquid staking

staking

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens