Apa Itu Dompet Perangkat Keras Kripto dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Dompet perangkat keras adalah salah satu metode yang paling aman untuk menyimpan kripto. Di sini kami akan menjelaskan apa itu, bagaimana cara kerjanya, dan apakah Anda memerlukannya.

Jun 17, 2022
|

Dompet Perangkat Keras

Apa yang dimaksud dengan Dompet Perangkat Keras?

Ada dua jenis utama dompet kripto: dompet panas berbasis perangkat lunak dan dompet dingin fisik. Dompet perangkat keras, sebuah jenis dompet dingin, menyediakan salah satu cara paling aman untuk menyimpan mata uang kripto. Mereka bekerja dengan menyimpan kunci pribadi Anda di perangkat fisik eksternal (biasanya perangkat USB atau Bluetooth).

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai apa sebenarnya dompet perangkat keras, pertama-tama kita perlu membahas mengenai kunci publik dan privat.

Bagaimana Cara Kerja Dompet Perangkat Keras?

Dompet perangkat keras tidak menyimpan kripto Anda sendiri, tetapi kunci yang mengaksesnya. Inilah cara kerjanya:

Pasangan kunci publik dan privat adalah komponen inti dari kriptografi kunci publik, sebuah mekanisme enkripsi yang dirancang untuk melindungi data dari akses yang tidak sah. Bersama-sama, kunci-kunci tersebut digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi pesan dan transaksi.

Tombol-tombol ini bukanlah tombol fisik, tetapi deretan angka panjang yang secara matematis berhubungan satu sama lain. Karena hubungan ini, data yang telah dienkripsi dengan kunci publik hanya dapat didekripsi dengan kunci privat yang sesuai.

Mengapa Kunci Pribadi Penting?

Terdiri dari kode alfanumerik yang panjang, kunci pribadi memungkinkan Anda untuk mengakses, menerima, dan mengirim mata uang digital dengan cara yang tidak memerlukan pihak ketiga untuk memverifikasi transaksi. Kunci pribadi memberikan kepemilikan akhir dan kontrol atas mata uang kripto Anda.

Konsep tanpa kepercayaan ini adalah komponen inti dari teknologi blockchain. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kepercayaan yang harus diberikan oleh para peserta kepada individu, organisasi, dan bahkan pemerintah, sambil memastikan bahwa tidak ada satu pun pelaku kejahatan yang dapat membahayakan sistem ini. Ketika Anda memegang kunci pribadi Anda sendiri, Anda dan hanya Anda yang memegang kendali atas keuangan Anda. Tidak ada satu orang atau kelompok pun yang dapat merusak transaksi atau mengambil alih kendali.

Tidak seperti kunci publik, yang dapat dicari dan dibagikan, kunci privat harus dijaga kerahasiaannya. Intinya adalah, jika Anda kehilangan kunci pribadi Anda, Anda akan kehilangan akses ke dompet Anda, tempat penyimpanan kripto Anda. Jika orang lain mengetahui kunci pribadi Anda, maka mereka dapat melakukan transaksi dari dompet Anda atas nama Anda. Oleh karena itu, selalu disarankan untuk menyimpan kunci pribadi Anda secara offline untuk membatasi risiko peretasan.

Di Mana Anda Dapat Menyimpan Kunci Pribadi Anda? Dalam Dompet Dingin.

Berikut ini adalah gambaran umum mengenai berbagai macam cold wallet yang merupakan metode yang aman untuk menyimpan private key Anda:

  • Dompet perangkat keras – Dianggap sebagai opsi yang paling aman untuk menyimpan kunci pribadi, dompet perangkat keras adalah perangkat fisik yang menyimpan kunci pribadi secara offline
  • Perangkat penyimpanan terenkripsi – Bagi mereka yang tidak ingin berinvestasi dalam dompet perangkat keras, flash drive offline dapat menawarkan solusi sementara yang baik
  • Dompet kertas – Kurang aman dibandingkan dompet perangkat keras, dompet kertas adalah potongan kertas dengan kunci Anda tercetak di atasnya. Untuk keamanan maksimum, Anda disarankan untuk melaminasi dan menyimpan kertas-kertas ini di dalam brankas atau kotak penyimpanan yang aman
  • Baja tahan karat – Jika Anda khawatir dompet kertas Anda akan hancur jika terjadi kebakaran atau banjir, pertimbangkan untuk mengukir kunci pribadi Anda di atas baja tahan karat

Sekarang setelah kita memahami pentingnya menjaga kunci pribadi Anda tetap aman, mari kita bahas lebih dalam mengenai salah satu metode yang paling populer dan tepercaya untuk menyimpan kunci pribadi – dompet perangkat keras.

Cara Menggunakan Dompet Perangkat Keras

Setiap dompet perangkat keras sedikit berbeda, tetapi langkah-langkahnya secara umum sama:

  1. Hubungkan dompet perangkat keras ke komputer atau smartphone
  2. Setelah mengatur perangkat, Anda perlu mengatur kode PIN untuk menambahkan lapisan keamanan tambahan pada perangkat
  3. Aplikasi dompet perangkat keras Anda akan memberikan alamat dompet (kunci publik) untuk mengirim dan menerima kripto
  4. Ketika Anda mengirim token dari dompet perangkat keras ke alamat lain, konfirmasikan transaksi dengan memasukkan PIN secara fisik pada perangkat
  5. Tunggu konfirmasi transaksi

Manfaat Dompet Perangkat Keras

  • Kontrol – Dompet perangkat keras memungkinkan Anda untuk mengelola kunci pribadi Anda sendiri, memberi Anda kepemilikan penuh dan kontrol atas dana Anda.
  • Keamanan maksimum – Karena kunci pribadi disimpan secara offline setiap saat, kunci tersebut kebal terhadap perangkat lunak berbahaya, kecuali dalam skenario ketika perangkat rusak. Karena mereka dapat menandatangani transaksi tanpa kunci pribadi yang pernah meninggalkan perangkat, mereka lebih aman daripada dompet perangkat lunak.
  • Opsi pencadangan – Jika Anda kehilangan dompet Anda, Anda dapat menggunakan seed phrase (juga dikenal sebagai recovery phrase) untuk menghasilkan kembali private key Anda dan memulihkan akses ke dana Anda menggunakan dompet yang berbeda. Seperti halnya kunci pribadi Anda, sangat penting untuk menyimpan seed phrase Anda dengan aman dan offline, idealnya di dalam sebuah brankas.

Kekurangan Dompet Perangkat Keras

Meskipun keuntungan keamanan dari dompet perangkat keras sudah jelas, ada beberapa kerugian yang harus Anda ketahui:

  • Biaya di muka – Tidak ada dua cara untuk itu: Dompet perangkat keras itu mahal.
  • Pengalaman pengguna – Proses penyiapan bisa jadi cukup rumit bagi pemula.
  • Aksesibilitas – Dompet perangkat keras kurang nyaman untuk transaksi sehari-hari, karena mengharuskan Anda untuk mencolokkannya secara fisik ke perangkat sebelum mengakses kripto Anda. Dompet perangkat keras paling cocok untuk mereka yang berencana menyimpan aset mereka dalam jangka panjang, dan bukan untuk diperdagangkan.

Cara Memilih Dompet Perangkat Keras

  • Fitur keamanan – Apakah menawarkan autentikasi dua faktor dan multi-tanda tangan? Apakah ada fitur cadangan, seperti frasa benih pemulihan?
  • Antarmuka dan kemudahan penggunaan – Beberapa dompet lebih cocok untuk pemula, yang lain untuk pengguna yang lebih mahir. Lakukan riset terlebih dahulu untuk menghindari kekecewaan.
  • Mata uang yang didukung – Tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah koin dan token yang ingin Anda simpan didukung oleh dompet?
  • Sistem operasi yang didukung – Tidak semua dompet kompatibel dengan semua sistem operasi, jadi periksalah sebelum membeli.
  • Kompatibilitas platform – Dapatkah Anda menghubungkan dompet ke bursa yang biasa Anda gunakan? Apakah ia menawarkan integrasi aplikasi terdesentralisasi (dapp) dan pertukaran terdesentralisasi (DEX)?
  • Portabilitas – Pertimbangkan betapa mudahnya kamera ini dibawa sehari-hari.
  • Reputasi – Reputasi dan umur panjang pembuat dompet adalah yang paling penting. Periksa ulasan pelanggan untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang apa yang diharapkan.

Dompet Perangkat Keras Terbaik

Ada lusinan dompet dingin yang beredar di pasaran saat ini. Dompet perangkat keras yang populer termasuk perangkat dari Ledger dan BC Vault.

Crypto.com telah berkolaborasi dengan CoolBitX dalam edisi terbatas Dompet perangkat keras Crypto.com x CoolWallet Pro. Pembaca dapat menikmati Pay Rewards hingga 2% di CRO saat check-out dengan Bayar Crypto.com.

Pikiran Terakhir – Apakah Anda Membutuhkan Dompet Perangkat Keras?

Meskipun dompet perangkat keras sangat aman, dompet ini tidak cocok untuk semua orang, terutama bagi pengguna yang tidak berpengalaman. Biasanya, dompet perangkat keras tidak praktis dan mencakup operasi dan pengaturan yang relatif rumit dan tidak ramah bagi pemula. Pengguna dompet perangkat keras harus mencadangkan informasi mereka secara teratur untuk berjaga-jaga jika terjadi kehilangan, pencurian, atau kerusakan.

Namun, jika Anda menginginkan ketenangan pikiran dan tidak membutuhkan fleksibilitas yang ada pada hot wallet, maka dompet perangkat keras biasanya merupakan solusi terbaik.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

cold wallet

Crypto Wallet

cryptocurrency wallet

hardware wallet

private and public keys

private keys

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens