Apa Itu Daftar Pesanan dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Daftar pesanan (order book) digunakan oleh bursa mata uang kripto untuk memfasilitasi perdagangan yang likuid dan transparan. Pelajari apa itu daftar pesanan dan bagaimana cara kerjanya.

Apr 09, 2024
|

What Is An Order Book

Butir-Butir Pokok:

  • Daftar pesanan adalah daftar antrean order beli dan order jual suatu mata uang kripto di bursa. Daftar ini digunakan untuk mencocokkan order beli dan order jual serta menentukan harga pasar.

  • Order beli memuat harga yang diinginkan trader saat akan membeli (bid), sedangkan order jual memuat harga yang ditawarkan trader saat akan menjual (ask).

  • Daftar pesanan meningkatkan likuiditas dengan menggabungkan penawaran dan permintaan jual-beli di satu tempat dengan tujuan memperlancar pencocokan order dan penentuan harga.

  • Daftar pesanan dapat digunakan di bursa tersentralisasi dan terdesentralisasi. Ada beberapa alternatif, seperti sistem Automated Market Maker (AMM) yang digunakan di bursa terdesentralisasi, perdagangan over-the-counter (OTC), perdagangan langsung, dan atomic swap.

Apa Itu Daftar Pesanan di Bursa Kripto?

Daftar pesanan adalah komponen penting pada kebanyakan bursa mata uang kripto yang mencantumkan antrean semua order beli dan order jual mata uang kripto tertentu. Daftar ini secara real-time menggabungkan data penawaran dan permintaan yang dikirim para trader dan memungkinkan bursa secara otomatis mencocokkan order beli dan order jual.

Daftar pesanan menunjukkan level harga yang diinginkan trader ketika akan membeli (bid) atau menjual (ask) mata uang kripto. Bursa mata uang kripto besar, seperti Crypto.com, biasanya menggunakan daftar pesanan untuk memfasilitasi transaksi perdagangan.

Daftar pesanan memberikan tingkat transparansi tertentu dalam kondisi pasar karena trader dapat melihat harga bid dan ask saat ini serta jumlah order pada setiap level harga, sehingga pelaku pasar mendapat gambaran yang jelas tentang apakah pembelian atau penjualan mengalami tekanan.

Dengan demikian, daftar pesanan bertindak sebagai tempat pembeli dan penjual berinteraksi untuk melakukan tawar-menawar dalam transaksi perdagangan. Fungsinya sebagai mekanisme pembentukan harga yang transparan dan berkelanjutan karena setiap order yang baru masuk akan dicocokkan dalam daftar. Trader dapat menggunakan daftar pesanan sebagai acuan untuk mengambil keputusan jual-beli secara langsung berdasarkan dinamika penawaran dan permintaan.

Komponen Utama Daftar Pesanan

Daftar pesanan pada bursa kripto terdiri atas beberapa elemen dasar.

Level Harga

Pada dasarnya, daftar pesanan memuat level harga yang menunjukkan minat beli dan jual. Di sisi beli, yang dikenal sebagai bid, tercantum harga aset digital yang dapat diterima pembeli. Sebaliknya, di sisi jual, yang disebut sebagai tawaran atau ask, terlihat harga yang dapat diterima penjual.

Jumlah Order

Level harga ini disertai informasi mengenai jumlah mata uang kripto yang ditransaksikan pada setiap level harga. Data ini berfungsi sebagai alat bantu yang penting untuk membantu trader menilai sentimen pasar. Misalnya, banyaknya order jual yang mengantre dalam daftar pesanan menyiratkan harga aset tertentu turun.

Kedalaman Pasar

Kedalaman pasar (market depth) menunjukkan volume gabungan order beli dan order jual pada beberapa level harga. Hal ini memberikan wawasan mengenai likuiditas pasar (yaitu kemudahan membeli atau menjual mata uang kripto).

Jenis-Jenis Order

Daftar pesanan berisi beberapa jenis order yang tersedia untuk diperdagangkan pada saat tertentu, seperti pesanan limit (limit order), yang menetapkan harga tertentu bagi trader yang ingin membeli atau menjual; dan pesanan pasar (market order), yang tereksekusi berdasarkan harga pasar.

Pelajari tentang jenis-jenis order di sini.

Beberapa Istilah Penting dalam Daftar Pesanan

Untuk menelusuri daftar pesanan secara efektif saat berada di Crypto.com Exchange, kenali beberapa istilah penting berikut ini.

Spread Bid-Ask: Selisih antara harga bid tertinggi dan harga ask terendah. Market maker memanfaatkan selisih ini untuk mendapatkan keuntungan. Spread bid-ask yang kecil biasanya menunjukkan likuiditas pasar yang tinggi, sedangkan spread yang besar menyiratkan likuiditas yang rendah atau biaya transaksi naik.

Likuiditas Daftar Pesanan: Likuiditas menandakan perdagangan mata uang kripto berjalan lancar tanpa menimbulkan fluktuasi harga yang signifikan. Daftar pesanan yang likuid memerlukan partisipasi aktif pembeli dan penjual yang melakukan transaksi aset dalam jumlah besar. Selain itu, pasar yang likuid biasanya menunjukkan spread bid-ask yang lebih kecil daripada pasar yang kurang likuid.

Bagian Atas Daftar Pesanan: Bagian ini menunjukkan perbedaan harga antara harga bid tertinggi dan harga ask terendah dalam daftar pesanan.

Pesanan Limit (Limit Order): Perintah untuk mengeksekusi order pada harga tertentu (atau harga yang lebih menguntungkan dibandingkan harga pasar).

Pesanan Pasar (Market Order): Perintah untuk mengarahkan eksekusi order pada harga pasar terbaik yang tersedia saat ini.

Stop-Loss: Perintah otomatis untuk memicu penjualan mata uang kripto setelah harga stop tercapai, dengan tujuan mengurangi potensi kerugian. Pelajari cara membuat order stop-loss dengan Crypto.com di sini.

Take Profit: Perintah untuk mengambil untung dengan cara keluar dari posisi terbuka pada harga tertentu sehingga memaksimalkan potensi keuntungan.

Slippage: Slippage terjadi ketika harga order yang tereksekusi berbeda dengan harga yang diharapkan. Hal ini terjadi ketika bursa tidak dapat memenuhi pesanan pasar pada harga yang diinginkan akibat tingginya volatilitas dan rendahnya kedalaman daftar pesanan.

Support dan Resistance: Support menandai level harga dengan minat beli yang tinggi untuk mencegah harga makin turun, sedangkan resistance menunjukkan level harga dengan minat jual yang tinggi untuk mencegah harga terus naik.

Bagaimana Cara Kerja Daftar Pesanan?

Setelah mengenali anatomi daftar pesanan, mari kita uraikan contoh daftar pesanan pada order pasar dari pusat bantuan Crypto.com Exchange.

Deretan angka pada kolom berwarna merah menunjukkan harga ask (daftar order jual) yang akan dijual oleh penjual. Jumlah adalah total unit BTC yang akan diperdagangkan pada harga tersebut. Kolom Total menunjukkan jumlah total BTC yang sedang berproses.

Sementara itu, deretan angka pada kolom berwarna hijau menunjukkan harga bid (daftar order beli) yang akan dibeli oleh pembeli. Begitu pula, jumlah adalah total unit BTC yang akan diperdagangkan pada harga tersebut, dan kolom Total adalah jumlah total BTC yang sedang berproses.

Ketika order beli pasar yang baru masuk dapat memenuhi harga ask terbaik, bursa secara otomatis akan mencocokkan dan menyelesaikan transaksi. Hal yang sama berlaku sebaliknya untuk order jual pasar yang sesuai dengan bid terbaik. Pencocokan order beli dan order jual yang konstan akan mendorong pembentukan harga dan likuiditas pasar yang transparan.

Cara Menggunakan Daftar Pesanan

Daftar pesanan menawarkan wawasan berharga sebagai panduan untuk mengambil keputusan jual-beli yang tepat bagi trader yang terlibat dalam perdagangan spot, opsi, atau futures. Namun, trader berpengalaman memahami keterbatasan daftar pesanan dan tidak mengandalkannya sebagai patokan satu-satunya. Mereka mengolah informasi dari daftar pesanan disertai analisis teknis dan analisis pasar.

Berikut ini cara daftar pesanan memandu trader mengambil keputusan:

Penjajakan Harga

Ketika Anda mengamati grafik kedalaman pasar dan pembeli terlihat lebih banyak dari penjual, hal ini menunjukkan kemungkinan harga akan naik. Sebaliknya, jika grafik bergerak ke arah lain, lebih banyak penjual, boleh jadi akan terjadi penurunan harga.

Anda hendaknya berhati-hati selama terjadi penurunan harga. Di sisi lain, kenaikan harga aset secara terus-menerus cenderung mendorong orang untuk berbelanja, sehingga berpotensi meningkatkan adopsi mata uang kripto secara lebih luas.

Mengukur Likuiditas

Ketika melihat grafik kedalaman pasar, area horizontal yang lebar pada level harga tertentu menyiratkan likuiditas yang melimpah, sedangkan area yang sempit menandakan likuiditas yang rendah. Kurva yang landai, bukan yang menukik, mengindikasikan likuiditas tersebar di beberapa level harga.

Memahami likuiditas pasar tertentu memegang peranan penting dalam menentukan aset apa saja yang akan Anda pilih. Misalnya, pasar dengan likuiditas rendah dapat menimbulkan tantangan jika Anda ingin cepat-cepat membeli atau menjual aset. Selain itu, pasar dengan likuiditas rendah rentan terhadap manipulasi oleh “whale” (investor besar). Sebaliknya, dengan likuiditas pasar yang tinggi, trader dapat melakukan transaksi dengan cepat dan lancar.

Menentukan Harga Order

Mari kita lihat kembali gambar daftar pesanan kita untuk mempelajari cara menentukan harga order. Anda bisa melihat bahwa pada sisi beli, bid tertinggi berada di urutan teratas dalam daftar order beli (warna hijau) dengan harga $10.694,74. Di sisi jual, ask terendah berada di bagian paling bawah dalam daftar order jual dengan harga $10.694,86.

Jika Anda ingin membeli BTC, Anda bisa menawarkan harga bid terendah, yaitu $10.685,95 di bagian paling bawah pada layar.

Manfaat Daftar Pesanan

Beberapa keutamaan daftar pesanan di bursa kripto.

  • Likuiditas: Dengan menggabungkan semua order secara terbuka di satu platform, bursa mendorong peningkatan likuiditas pasar. Trader pun makin percaya diri karena potensi pencocokan order meningkat. Likuiditas yang tinggi biasanya akan memperkecil spread dan menurunkan biaya.
  • Pembentukan Harga: Mekanisme daftar pesanan memungkinkan kekuatan pasar menentukan harga secara terstruktur. Hal ini mendorong pembentukan nilai aset yang adil berdasarkan penawaran dan permintaan yang sebenarnya.
  • Transparansi: Setiap trader biasanya memiliki akses yang sama ke harga real-time dan data aliran order untuk membuat keputusan yang tepat.
  • Efisiensi: Mekanisme pencocokan yang dipasangkan dalam daftar pesanan membantu mempercepat proses transaksi. Trader memasukkan order setelah mengetahui ordernya akan dicocokkan jika memenuhi kriteria.

Alternatif dari Daftar Pesanan

Meskipun bursa kripto tersentralisasi yang mengadopsi sistem daftar pesanan saat ini mendominasi pasar, ada beberapa mekanisme jual-beli alternatif.

Bursa Terdesentralisasi (DEX)

Dengan bursa terdesentralisasi (DEX), protokol seperti Uniswap biasanya beroperasi menggunakan Automated Market Maker (AMM), bukan antarmuka daftar pesanan. Trader menukar token secara langsung dengan pul likuiditas berdasarkan formula harga yang dinamis. Walaupun secara umum investasi dengan AMM saat ini dianggap kurang efisien dibandingkan dengan daftar pesanan, AMM bertujuan memberikan pengalaman tanpa perantara, tidak bergantung pada pihak ketiga.

Pasar OTC

Investor institusi dan trader dengan volume besar kerap melakukan transaksi mata uang kripto langsung dengan market maker secara over-the-counter (OTC) di luar bursa karena jumlahnya besar. Namun, karena harus dipesan lebih dahulu, tidak ada standardisasi dan pembentukan harganya pun tidak jelas, khususnya bagi trader kecil (sering disebut peritel).

Perdagangan Langsung

Beberapa platform perdagangan beroperasi tanpa daftar pesanan dan perantara seperti broker, tetapi hanya memfasilitasi perdagangan langsung antara para pihak (bentuk transaksi peer-to-peer). Namun, efisiensi dan likuiditas dalam mekanisme ini relatif tidak efektif.

Swap Atomik

Swap atomik (atomic swap) memungkinkan transaksi peer-to-peer (P2P) antarindividu dengan mata uang kripto yang berbeda di dua blockchain yang terpisah tanpa memerlukan perantara (seperti bursa tersentralisasi). Swap atomik memungkinkan pengguna menukar aset digital seturut kontrak pintar yang tereksekusi dengan sendirinya.

Pendeknya, mekanisme alternatif merupakan sarana lain yang berbeda dengan daftar pesanan. Seiring dengan pesatnya perkembangan keuangan terdesentralisasi (DeFi), sejumlah paradigma hibrida atau baru boleh jadi akan muncul dan memicu inovasi di luar sistem yang ada saat ini. Namun, daftar pesanan agaknya akan tetap dominan di bursa tersentralisasi pada masa mendatang.

Simpulan

Daftar pesanan menunjukkan harga yang diinginkan trader ketika akan membeli (bid) atau menjual (ask) mata uang kripto. Daftar ini biasanya digunakan oleh bursa mata uang kripto tersentralisasi, seperti Crypto.com Exchange, dan menawarkan sejumlah manfaat seperti likuiditas, pembentukan harga, transparansi, dan efisiensi.

Akan tetapi, ada beberapa alternatif selain daftar pesanan, seperti mekanisme AMM yang digunakan oleh DEX, perdagangan OTC, perdagangan langsung, dan swap atomik.

Lakukan Uji Tuntas dan Riset Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi tersebut atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, perpajakan, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Di dalamnya sama sekali tidak terkandung ajakan, rekomendasi, dukungan, atau tawaran dari Crypto.com untuk berinvestasi, membeli atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenai pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu tidak menjamin atau mencerminkan kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, Anda juga bisa kehilangan semua atau sebagian besar nilai aset yang Anda beli. Ketika menilai aset digital, Anda hendaknya melakukan riset dan uji tuntas sendiri untuk membuat penilaian terbaik, sebab setiap pembelian menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Exchange

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens