Apa Itu Airdrop Kripto? Segala Hal yang Perlu Diketahui

Berikut ini penjelasan tentang airdrop, cara kerjanya, dan cara mendapatkannya.

Mar 18, 2024
|

What Is Crypto Airdrop 1

Butir-Butir Pokok:

  • Airdrop kripto dapat digunakan untuk mendistribusikan token atau koin mata uang kripto gratis ke alamat dompet, sering kali sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan kesadaran, mempromosikan adopsi, atau sebagai reward untuk anggota komunitas.
  • Ada beberapa jenis airdrop, seperti standar, holder, snapshot, bounty, dan fork, yang masing-masing memiliki tujuan berbeda.
  • Alokasi token didasarkan pada kriteria kelayakan yang ditetapkan proyek, dan peserta harus memiliki atau memperjualbelikan token proyek, menyelesaikan tugas, atau terlibat dalam kegiatan komunitas.
  • Beberapa airdrop yang terkenal di antaranya Uniswap, Apecoin, dan sejumlah airdrop dalam ekosistem Cosmos.
  • Simak informasi tentang airdrop yang akan datang melalui berita kripto, bergabunglah dengan komunitas media sosial kripto, dan berlangganan buletin proyek.
  • Perlu diketahui bahwa airdrop bukan tanpa risiko, termasuk penipuan, dilusi nilai, dan airdrop farming.
  • Memenuhi kriteria kelayakan, seperti memiliki token dan menggunakan dompet yang kompatibel adalah langkah penting untuk mendapatkan token airdrop.

Meskipun mendapatkan airdrop kripto mungkin terdengar seperti menerima uang cuma-cuma, tetapi tidak semudah itu. Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu airdrop kripto, bagaimana cara kerjanya, dan apa yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan token airdrop.

Apa Itu Airdrop Kripto?

Istilah ‘airdrop’ berasal dari metode tradisional menjatuhkan pasokan atau informasi dari udara ke lokasi tertentu. Airdrop kripto adalah distribusi mata uang kripto berupa token dan koin ke sejumlah besar alamat dompet.

Airdrop sering digunakan sebagai strategi pemasaran oleh proyek mata uang kripto untuk meningkatkan kesadaran, mempromosikan adopsi, dan memberi penghargaan kepada anggota komunitas yang loyal. Koin atau token biasanya didistribusikan oleh tim proyek kepada pemegang token yang sudah ada, individu yang menyelesaikan langkah-langkah yang diperlukan, atau peserta yang memenuhi syarat untuk mendapatkan airdrop.

Ada sejumlah alasan mengapa proyek mata uang kripto mengadakan airdrop, terutama karena airdrop dapat mengundang perhatian banyak orang dan membangkitkan minat mereka pada proyek. Dengan membagi-bagikan token gratis, proyek dapat menarik perhatian, menstimulasi aktivitas dan aliran on-chain, serta membangun komunitas pendukung dan calon investor. Airdrop juga berfungsi sebagai sarana untuk mendistribusikan token secara adil dan merata di kalangan komunitas, memastikan partisipasi yang lebih luas, dan mencegah konsentrasi token di tangan segelintir orang.

Bagaimana Cara Kerja Airdrop Kripto?

Airdrop kripto bekerja dengan mengalokasikan sejumlah koin atau token untuk didistribusikan di kalangan peserta. Tim proyek menentukan kriteria kelayakan bagi individu dan peserta lain untuk mendapatkan airdrop. Berdasarkan kriteria ini, peserta harus memiliki atau memperjualbelikan token asli proyek dalam jumlah tertentu, menyelesaikan sejumlah tugas seperti mengikuti akun media sosial atau mengajak teman, atau ikut serta dalam kegiatan komunitas.

Setelah kriteria kelayakan terpenuhi, tim proyek mengalokasikan koin atau token ke alamat dompet peserta. Proses distribusi bisa bermacam-macam, ada proyek yang memilih distribusi manual sementara yang lain menggunakan kontrak pintar untuk mengotomatiskan prosesnya. Selanjutnya, peserta dapat mengakses dan mengelola token yang dibagikan melalui dompet mata uang kripto masing-masing.

Jenis-Jenis Airdrop Kripto

Ada berbagai jenis airdrop kripto, masing-masing memiliki tujuan yang berbeda dan dengan syarat kelayakan yang berbeda pula.

Airdrop standar

Juga dikenal sebagai airdrop undian, yang oleh kebanyakan orang dianggap sebagai airdrop ‘standar’. Agar memenuhi syarat, Anda harus menyelesaikan pendaftaran atau registrasi. Hal ini membutuhkan sedikit usaha selain mengikuti perkembangan komunitas kripto dan mendaftar. Airdrop jenis ini sangat mirip dengan ‘uang gratis’.

Jika permintaan terlalu banyak, proyek biasanya memilih dompet mana saja yang akan menerima token melalui undian.

Airdrop holder

Airdrop ini digunakan proyek sebagai hadiah kepada anggota komunitas yang loyal dengan membagikan airdrop berupa koin atau token ke dompet yang menyimpan mata uang mereka. Dengan kata lain, penerima tidak perlu melakukan tindakan apa pun. Itu sebabnya, airdrop ini termasuk jenis yang populer karena benar-benar pasif. Anda tinggal mengecek dompet Anda untuk mengetahui apakah token baru sudah masuk.

Salah satu contohnya adalah NFT Crypto.com Expedition Gear Backpack berupa satu paket airdrop misteri ‘Crypto.com Expedition Gear’ yang didistribusikan secara acak ke setiap pemilik NFT ‘Crypto.com Land — The First Frontier’.

Airdrop snapshot

Token didistribusikan kepada pemegang mata uang kripto asli blockchain tertentu pada ketinggian blok atau waktu tertentu. Mereka yang menyimpan mata uang kripto asli ini di dompetnya pada saat snapshot berhak mendapatkan airdrop berupa mata uang kripto. Sama halnya dengan airdrop holder, agar memenuhi syarat, Anda hanya perlu menyimpan kripto pada waktu yang tepat.

Crypto.com sudah menerapkan airdrop jenis ini dengan Airdrop NFT ‘All Star’. Pengguna harus memastikan NFT ‘Loaded Lions’ mereka ada dalam akun Crypto.com NFT pada waktu dan tanggal tertentu agar memenuhi syarat.

Airdrop bounty

Airdrop ini juga dikenal sebagai airdrop berbasis tugas, karena untuk memenuhi syarat, peserta harus menyelesaikan tugas atau tindakan tertentu, seperti mengikuti akun media sosial, bergabung dalam grup Telegram, atau merekomendasikan proyek ke teman. Hal ini membantu proyek memperbanyak kehadiran online mereka dan berbaur dengan komunitas, yang telah bersusah payah berusaha menjadi peserta yang memenuhi syarat.

Airdrop fork

Ketika sebuah blockchain mengalami fork, yang mengakibatkan terciptanya blockchain dan mata uang kripto baru, pemegang mata uang kripto asli akan mendapatkan token di chain yang baru.

Contoh airdrop fork adalah ETHPoW, yaitu pengguna yang menyimpan ETH di dompet pribadi atau di bursa yang mendukung fork tersebut mendapatkan ETH versi fork yang disebut ETHW.

Cara Mendapatkan Airdrop

Berpartisipasi dalam program airdrop kripto relatif mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama adalah mengetahui proyek mana yang akan mengadakan airdrop. Ikuti situs web berita mata uang kripto; bergabunglah dengan komunitas media sosial yang relevan, terutama di Discord, Telegram, dan X; serta berlangganan buletin proyek.
  1. Setelah mengidentifikasi dan memilih proyek yang akan diikuti, Anda harus memenuhi kriteria kelayakan yang ditetapkan oleh tim proyek. Hal ini bisa melibatkan kepemilikan mata uang asli proyek dalam jumlah tertentu, menyelesaikan tugas, atau mendaftar melalui tautan yang dirujuk.
  1. Untuk mendapatkan token airdrop, Anda memerlukan dompet mata uang kripto yang kompatibel. Pada umumnya, proyek memberikan petunjuk tentang cara membuat dompet berikut alamatnya untuk menerima token.
  1. Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan dompet yang aman dan Anda menyimpan kunci privat dengan aman. Setelah menyelesaikan semua langkah yang diperlukan, Anda tinggal duduk santai sambil menunggu token dibagikan.

Beberapa Airdrop Kripto yang Terkenal

Selama bertahun-tahun, beberapa airdrop kripto yang terkenal telah menyita perhatian komunitas kripto.

Aurora

Konsep airdrop pertama kali menarik perhatian pada tahun 2014 dengan airdrop Auroracoin (AUR), yang dikenal sebagai ‘Bitcoin Islandia’ bagi warga negara tersebut. Sejak saat itu, banyak proyek kripto yang mengadopsi model airdrop, membagi-bagikan koin atau token kepada pengguna sebagai bagian dari protokol mereka.

Stellar

Airdrop lainnya yang terkenal adalah Stellar Lumens (XLM) yang diadakan oleh Stellar Development Foundation. Pada tahun 2019, Stellar mendistribusikan 2 miliar XLM, yang kala itu nilainya lebih dari US$120 juta, kepada pengguna berbagai dompet dan bursa mata uang kripto. Airdrop besar-besaran ini bertujuan mendorong adopsi jaringan Stellar yang lebih luas dan menunjukkan kemampuannya sebagai sistem pembayaran yang cepat dan murah.

Uniswap

Pada 16 September 2020, Uniswap (UNI) mengadakan airdrop kripto paling besar hingga saat ini dengan mendistribusikan token UNI senilai US$6,43 miliar pada harga all-time high (ATH) US$42,88. Acara ini, yang menjadi sorotan selama DeFi Summer, merevitalisasi minat pada model airdrop kripto.

ApeCoin

ApeCoin (APE) mengorkestrasi airdrop kripto terbesar kedua sejauh ini, menyalurkan APE senilai US$3,54 miliar pada 17 Maret 2022 dengan nilai ATH US$23,63. Semua pemilik Yuga Labs menangguk untung dari airdrop ini karena masing-masing mendapat 10.950 token senilai US$258.737 — cukup untuk membeli NFT Bored Ape Yacht Club, dengan harga dasar rata-rata US$ 200.099 tepat sebelum airdrop tersebut diadakan.

Yang juga layak mendapat perhatian adalah ekosistem Cosmos, yang telah berfungsi sebagai hub untuk beberapa airdrop selama bertahun-tahun (misalnya untuk DYM, TIA, dan INJ).

Apa yang Harus Diperhatikan pada Airdrop Kripto

Pajak dan Peraturan

Lanskap peraturan seputar airdrop di setiap negara berbeda-beda. Sejumlah yurisdiksi memandang airdrop sebagai sekuritas dan tunduk pada peraturan perpajakan yang ketat . Beberapa negara lain melakukan pendekatan yang lebih lunak dan menganggap airdrop sebagai strategi pemasaran, alih-alih instrumen keuangan. Coba cek apakah yurisdiksi Anda mewajibkan Anda untuk melaporkan airdrop dalam surat pemberitahuan pajak.

Penipuan

Airdrop sangat populer dan menyedot perhatian. Dengan banyaknya proyek yang mengadakan airdrop, mengidentifikasi proyek yang sah dan menghindari penipuan menjadi sulit. Peserta harus berhati-hati dan melakukan riset yang mendalam tentang proyek baru dan belum dikenal sebelum berpartisipasi dalam acara bagi-bagi airdrop.

Dilusi Nilai

Risiko lain yang terkait dengan airdrop kripto adalah potensi dilusi pada nilai token. Ketika suatu proyek mendistribusikan token airdrop dalam jumlah besar, hal ini dapat menyebabkan kelebihan suplai dan, akibatnya, nilai token menurun.

Peserta harus mempertimbangkan risiko ini dan mengevaluasi prospek jangka panjang proyek sebelum menginvestasikan waktu dan sumber daya demi airdrop. Proyek yang bertanggung jawab akan menggunakan airdrop dengan hemat dan membagikan airdrop dalam jumlah yang wajar dalam kaitannya dengan suplai token.

Airdrop farming

Airdrop farming adalah mencari dan berpartisipasi secara aktif dalam program airdrop sebanyak mungkin untuk mendapatkan token gratis. Meskipun terdengar menggiurkan, airdrop ini mengandung risiko tertentu.

Pertama, waktu dan tenaga yang dihabiskan untuk airdrop farming dapat mengalihkan perhatian dari aktivitas lain yang berpotensi lebih menguntungkan di dunia kripto. Kedua, pelaku airdrop farming yang rajin berburu airdrop berikutnya bisa terlena dan tidak punya cukup waktu untuk mencermati proyek, atau tidak menyadari adanya risiko yang timbul akibat volatilitas pasar dan ketidakpastian regulasi, sebagaimana disebutkan di atas.

Kesimpulan

Airdrop kripto sudah menjadi bagian integral dari ruang kripto, berbagai proyek pun menawarkan cara yang unik untuk berbaur dengan komunitasnya dan mendorong adopsi. Dengan membagi-bagikan koin atau token gratis, proyek dapat menarik minat dan meningkatkan partisipasi.

Namun, proyek dan peserta harus mencermati lanskap regulasi. Jika Anda tertarik untuk berpartisipasi dalam program airdrop kripto, jangan lupa melakukan riset yang mendalam, memastikan kepatuhan pada regulasi, dan mengikuti ruang kripto untuk mengetahui kapan putaran airdrop koin atau token berikutnya akan dilakukan.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi tersebut atau materi lainnya sebagai nasihat hukum, perpajakan, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Di dalamnya sama sekali tidak terkandung ajakan, rekomendasi, dukungan, atau tawaran dari Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Keuntungan dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenai pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu tidak menjamin atau mencerminkan kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar nilai aset yang Anda beli. Ketika menilai aset kripto, Anda hendaknya melakukan riset dan uji tuntas sendiri untuk membuat penilaian terbaik, sebab setiap pembelian menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

airdrop

coins & tokens

cryptocurrencies

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens