Apa Itu Opsi Naik Turun?

Apa itu opsi UpDown dalam kripto? Pelajari lebih lanjut tentang apa itu, keuntungan dan kerugian dari perdagangan mereka, dan kapan waktu terbaik untuk menggunakannya.

Jan 16, 2023
|

Apa Itu Kontak Knockout Kv

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Opsi terutama digunakan untuk lindung nilai dan perdagangan pergerakan harga. Meskipun sebagian besar jenis opsi rumit, plafon dan floor yang dibatasi dari UpDown Options dapat membantu trader mengurangi beberapa risiko.
  • Posisi Opsi Naik Turun secara otomatis ditutup jika harga aset dasar menyentuh harga tertinggi atau terendah yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Manfaat potensial dari perdagangan Opsi UpDown termasuk perlindungan bawaan melalui harga dasar dan harga tertinggi yang dinyatakan dengan jelas, secara otomatis mengambil untung dan berpotensi membatasi kerugian, mendapatkan eksposur harga penuh ke aset dengan sebagian kecil dari harganya, dan memfasilitasi lindung nilai untuk kebutuhan tertentu.
  • Namun, Opsi UpDown juga berpotensi membatasi keuntungan seseorang. Selain itu, bagi trader yang ingin mempertahankan posisi terbuka untuk waktu yang lebih lama, ada risiko posisi ditutup lebih awal di pasar yang bergejolak.

Apa Itu Opsi?

Opsi adalah jenis perjanjian kontrak derivatif yang memberikan pemegangnya hak (yaitu opsi), tetapi bukan kewajiban, untuk membeli atau menjual aset acuan tertentu pada harga tertentu (disebut sebagai harga kesepakatan) hingga tanggal tertentu di masa depan (juga dikenal sebagai tanggal kedaluwarsa). Aset acuan dapat berupa mata uang kripto (BTC, ETH, CRO, dll.) atau aset lain seperti saham, obligasi, komoditas, dan mata uang. Opsi biasanya digunakan untuk lindung nilai dan perdagangan pergerakan harga.

Opsi memungkinkan pengguna untuk mengambil posisi jual (yaitu, mengambil untung bahkan ketika harga turun) dan menggunakan leverage untuk mendapatkan eksposur yang besar dengan pengeluaran modal yang kecil. Mereka juga digunakan untuk lindung nilai dan memperkirakan pergerakan harga.

Hedging, dalam trading kripto, adalah membuka posisi offsetting suatu aset yang mengurangi risiko harga dari posisi yang ada. Dengan kata lain, ini dibuat untuk mengurangi risiko pergerakan harga yang merugikan dari aset kripto lain. Biasanya, untuk melakukan lindung nilai, trader akan mengambil posisi berlawanan dari aset atau jenis token terkait berdasarkan aset yang akan dilindung nilai.

Baca lebih lanjut tentang apa itu derivatif, opsi, dan kontrak berjangka.

Apa itu UpDown Opsi?

Opsi Naik Turun adalah jenis opsi khusus yang secara otomatis berakhir jika harga aset acuan mencapai harga batas atas atau batas bawah (naik atau turun) yang telah ditentukan sebelumnya. Harga ini juga terkadang disebut sebagai harga penghalang.

Ini tidak sama dengan harga kesepakatan, yang merupakan harga di mana pemegang opsi membeli atau menjual aset jika mereka menggunakan hak mereka untuk melakukannya. Dengan Opsi Naik Turun, ada potensi untuk membatasi keuntungan dan kerugian karena harga Target dan Stop, yang akan kita bahas di bawah ini.

Opsi UpDown memiliki perlindungan bawaan pada sisi atas dan bawah.

  • Ketika membeli opsi, harga tertinggi adalah level yang secara otomatis mengambil keuntungan (yaitu Target). Hal ini berpotensi membantu mencegah trader menahan trade terlalu lama dan berisiko membalikkan tren. Harga dasar adalah level yang mencegah trader mengalami kerugian tambahan (yaitu Stop).
  • Ketika menjual opsi, hal sebaliknya berlaku. Harga batas atas membatasi potensi kerugian (yaitu Stop), sedangkan harga batas bawah menunjukkan potensi keuntungan maksimum (yaitu Target).

Bagaimana Cara Kerja Opsi UpDown?

Infografis Kontrak Sistem Gugur

Trader dapat memilih untuk membeli atau menjual Opsi Naik atau Turun tergantung pada arah mana yang mereka yakini akan bergerak.

  • Jika mereka berpikir harga aset akan naik, mereka dapat membeli opsi untuk membuka posisi long.
  • Jika mereka berpikir harga aset akan turun, mereka dapat menjual opsi untuk membuka posisi jual.

Dalam kedua kasus tersebut, nilai opsi adalah selisih antara harga Target dan Stop. Kerugian maksimum trader adalah biaya yang mereka keluarkan untuk trading. Jumlah ini akan menjadi selisih antara harga saat ini dan level Stop. Sebagai contoh, asumsikan sebuah aset acuan memiliki harga indikatif saat ini sebesar $20.000, dan trader ingin mengambil posisi long pada opsi dengan harga dasar $19.900 dan harga tertinggi $20.400.

Dengan demikian, nilai opsi ini adalah $500 (harga tertinggi dikurangi harga terendah). Hal ini diketahui di depan, bersama dengan keuntungan dan kerugian maksimum, ketika pedagang memilih jumlah opsi sebelum memasuki perdagangan. Seperti yang disebutkan di atas, kerugian maksimum adalah biaya* yang mereka keluarkan untuk trading. Dalam contoh ini, kerugian maksimum adalah $100 (harga indikatif saat ini dikurangi harga dasar), yang merupakan total biaya* untuk memasuki posisi; keuntungan maksimum adalah $400 (harga batas atas dikurangi harga indikatif saat ini).

Inilah yang Terjadi Saat Trader Membuka Posisi Naik-Turun

Setelah trader membuka posisi, ada tiga kemungkinan hasil. Bayangkan mereka membeli Opsi Naik, dengan keyakinan harga aset akan naik. Berikut ini adalah tiga skenario yang mungkin terjadi setelah itu:

  • Opsi berakhir tanpa mencapai harga Target atau Stop. Jika harga pada saat kedaluwarsa lebih tinggi daripada saat posisi dibuka, maka trader menerima pembayaran. Jika harga pada saat kedaluwarsa lebih rendah, mereka akan mengalami kerugian pada perdagangan tersebut. Jumlahnya akan tergantung pada seberapa banyak pasar bergerak, tetapi akan selalu berada di antara keuntungan dan kerugian maksimum yang mungkin terjadi.
  • Posisi ditutup:
    • Harga indikatif mencapai harga Target. Posisi ditutup dan opsi akan segera berakhir. Trader kemudian menerima pembayaran maksimum, seperti yang diuraikan sebelum perdagangan dilakukan.
    • Harga indikatif mencapai harga Stop. Posisi ditutup dan opsi akan segera berakhir. Trader mengalami kerugian, seperti yang diuraikan sebelum transaksi dilakukan.
  • Posisi ditutup secara proaktif sebelum opsi berakhir. Jika harga pada penutupan lebih tinggi daripada saat posisi dibuat, trader menerima pembayaran. Jika harga pada penutupan lebih rendah, mereka mengambil kerugian pada perdagangan. Jumlahnya akan tergantung pada seberapa banyak pasar bergerak, tetapi akan selalu berada di antara keuntungan dan kerugian maksimum yang mungkin terjadi.

*Harap diperhatikan bahwa pembayaran/kerugian maksimum dan contoh di atas tidak termasuk biaya yang harus dibayarkan oleh trader.

Manfaat dari UpDown Pilihan

Perlindungan bawaan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, trader akan selalu mengetahui keuntungan dan kerugian maksimum mereka di depan dengan harga penghalang yang dinyatakan dengan jelas. Hal ini berpotensi membatasi kerugian, karena opsi secara otomatis berakhir ketika harga Stop terpenuhi. Ini juga berpotensi membantu mencegah trader menahan trade terlalu lama dan mengambil risiko pembalikan tren dengan mengambil profit secara otomatis ketika harga Target terpenuhi.

Lindung nilai risiko dengan mengambil posisi jual.

Manfaat utama dari opsi adalah memungkinkan trader untuk melakukan lindung nilai terhadap risiko. Hal ini dilakukan dengan membuka posisi yang berlawanan dengan posisi yang sudah ada. Jika seorang trader memegang aset digital yang mendasari portofolio mereka dan yakin harganya akan turun, mereka dapat melakukan lindung nilai dengan mengambil posisi short dengan Opsi UpDown. Hal ini memungkinkan trader untuk mengimbangi potensi kerugian yang mungkin mereka alami karena memegang aset digital tertentu. Mereka tidak perlu menjual aset digital yang mendasarinya.

Lebih lanjut, dengan Opsi UpDown, eksposur akan dilindung nilai pada harga tertentu karena harga penghalang berfungsi sebagai pemicu kapan opsi, dan dengan demikian lindung nilai, akan diakhiri. Ini juga dapat berguna bagi para pedagang yang hanya membutuhkan lindung nilai untuk pergerakan harga dalam kisaran tertentu.

Eksposur harga penuh dengan biaya rendah.

Opsi UpDown memungkinkan perdagangan pergerakan harga aset acuan dengan biaya yang lebih murah daripada biaya memilikinya, sekaligus memungkinkan para pedagang mengambil keuntungan dari pergerakan harga penuh aset digital. Sebagai contoh, katakanlah BTC diperdagangkan pada harga $20.000: Jika seorang pedagang membeli satu Opsi UpDown seharga $100, dan harga BTC meningkat sebesar $200, pedagang akan merealisasikan keuntungan bersih sebesar $200 pada posisi mereka (tidak termasuk biaya); namun, jika pengguna membeli BTC senilai $100, dan harga BTC meningkat sebesar $200, pengguna hanya akan mendapatkan $1, sebagian kecil dari kenaikan harga.

Kekurangan dari UpDown Opsi

Potensi keuntungan yang terbatas.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Opsi Naik-Turun berpotensi membatasi keuntungan seseorang, karena opsi ini secara otomatis ditutup ketika harga penghalang terpenuhi. Namun, hal ini dapat menguntungkan dalam kasus tertentu karena memungkinkan pengambilan keuntungan otomatis dan juga membatasi kerugian.

Kerentanan di pasar yang bergejolak.

Di pasar yang berombak di mana harga aset berfluktuasi dengan tajam, lebih mudah bagi posisi untuk ditutup secara otomatis. Ini tidak ideal untuk trader yang ingin mempertahankan posisi terbuka untuk waktu yang lebih lama.

Kesimpulan – Haruskah Pengguna Memperdagangkan Opsi NaikTurun?

Opsi Naik Turun adalah jenis opsi yang secara otomatis berakhir jika harga aset acuan menyentuh harga Target atau Stop yang telah ditentukan sebelumnya. Manfaatnya antara lain berpotensi membatasi kerugian, eksposur penuh terhadap pergerakan harga aset dengan biaya yang lebih rendah, dan memungkinkan lindung nilai untuk kebutuhan spesifik.

Namun, Opsi UpDown juga memiliki kekurangan, termasuk potensi membatasi keuntungan dan risiko mudah dihentikan di pasar yang bergejolak.

Perdagangkan NaikTurun Opsi di Aplikasi Crypto.com

Dengan Crypto.com | Derivatif Amerika Utara yang menawarkan produk derivatif pertama dengan Aplikasi Crypto.com, pengguna AS memiliki kemampuan untuk membeli atau menjual Opsi Naik Turun untuk BTC dan ETH, tergantung ke arah mana menurut mereka pasar akan bergerak. Pengguna dapat membeli opsi untuk membuka posisi beli jika mereka yakin bahwa harga aset digital akan naik, atau menjual opsi untuk membuka posisi jual jika mereka yakin bahwa harga aset digital akan turun.

Setiap minggunya, pengguna dapat memilih dari empat Opsi UpDown dengan harga penghalang yang berbeda yang tercantum untuk BTC dan ETH. Mereka dapat memiliki total 10 posisi terbuka untuk setiap aset digital dalam satu waktu. Ini termasuk posisi long dan short. Jika harga Target atau Stop tercapai kapan saja dalam seminggu, kontrak secara otomatis ditutup dan kontrak baru akan dibuat pada level yang berbeda, memberikan pengguna peluang trading berkelanjutan.

Masuki dunia perdagangan derivatif dengan Opsi UpDown. Berpartisipasilah dalam pergerakan harga BTC dan ETH dengan biaya yang lebih murah, dengan perlindungan built-in untuk setiap trade.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Ketersediaan produk yang dijelaskan di sini tunduk pada batas yurisdiksi, dan hanya tersedia untuk pengguna Aplikasi Crypto.com di AS. Foris DAX Inc. dan Foris Inc. (d/b/a Crypto.com) menawarkan konektivitas ke Crypto.com | Derivatif Amerika Utara, yang diatur oleh Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi, untuk tujuan perdagangan derivatif pada dan tunduk pada aturan Crypto.com | Derivatif Amerika Utara.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

options

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens