Apa Itu Sidechain? Meningkatkan Skala Blockchain di Samping

Baca terus untuk mengetahui apa itu sidechain, bagaimana cara kerjanya, dan proyek kripto mana saja yang menggunakannya.

Feb 04, 2021
|

Apa itu Sidechains Otp

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Sidechain adalah sebuah blockchain yang terpisah dan independen yang terhubung ke blockchain utama (mainchain) menggunakan jembatan dua arah.
  • Ini memungkinkan token atau aset digital lainnya untuk ditransfer antara mainchain dan sidechain.
  • Sebuah sidechain dapat bersifat publik atau privat, dan setiap sidechain memiliki token, protokol, mekanisme konsensus, dan keamanannya sendiri.
  • Sidechain dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi blockchain seperti aplikasi terdesentralisasi (dapps), mengambil beberapa beban komputasi dari blockchain utama dan membantu meningkatkan skala blockchain.

Pendahuluan

Tantangan terbesar Blockchain adalah skalabilitas. Hal ini sering dikenal sebagai ‘cawan suci’ mata uang kripto dan salah satu elemen kunci yang menahan blockchain untuk menjadi arus utama dan bersaing langsung dengan sistem pembayaran seperti Visa dan PayPal. Dalam artikel ini, kami mempelajari lebih dalam mengenai solusi yang menjanjikan untuk masalah ini: sidechain. Baca terus untuk mengetahui apa itu sidechain, bagaimana cara kerjanya, dan ekosistem mana saja yang menggunakannya.

Apa Itu Sidechain?

Teori di balik sidechain pertama kali disebutkan oleh Dr Adam Back dalam makalahnya ‘Mengaktifkan Inovasi Blockchain dengan Pegged Sidechain’. Sebagai sebuah blockchain terpisah yang terhubung dengan blockchain utama (mainchain) menggunakan jembatan dua arah, sidechain memungkinkan token atau aset digital ditransfer antara mainchain dan sidechain.

Baik publik maupun privat, setiap sidechain adalah jaringan blockchain independen dengan token, protokol, mekanisme konsensus, dan keamanannya sendiri. Selain itu, beberapa sidechain dapat dihubungkan ke mainchain tergantung pada desain blockchain, dan komunikasi antar-sidechain juga dimungkinkan dengan menggunakan mainnet sebagai jaringan relai.

Sidechain dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi blockchain, yang dikenal sebagai aplikasi terdesentralisasi (dapps), dan mengambil beberapa beban komputasi dari blockchain utama sebagai cara untuk meningkatkan skala. Mereka juga dapat digabungkan dengan solusi penskalaan lainnya.

Implementasi sidechain pada umumnya membuat sebuah transaksi pada blockchain pertama (mainchain) dengan mengunci aset, kemudian membuat sebuah transaksi pada blockchain kedua (sidechain) dan memberikan bukti kriptografi pada transaksi tersebut bahwa aset telah dikunci dengan benar pada blockchain pertama.

Implementasi Sidechain Khas Mei 24 Kaki

Walaupun sidechain terlihat seperti sebuah solusi yang menjanjikan, sidechain menambah kompleksitas pada desain blockchain dan membutuhkan banyak usaha dan investasi untuk pengaturan awal. Karena sidechain adalah blockchain independen, keamanannya berpotensi untuk dikompromikan karena tidak dijamin oleh blockchain utama. Di sisi lain, jika sidechain disusupi, hal itu tidak akan mempengaruhi mainchain, sehingga dapat digunakan untuk bereksperimen dengan protokol baru dan peningkatan pada mainchain.

Rantai Plasma

Plasma adalah solusi skalabilitas Layer-2 lainnya untuk blockchain Ethereum. Ini adalah kerangka kerja untuk membuat sidechain (juga dikenal sebagai rantai anak atau rantai plasma) yang berinteraksi dengan blockchain Ethereum. Arsitektur plasma adalah sebuah pohon hirarkis dari sidechain, dan karena setiap sidechain beroperasi secara independen dan berjalan paralel dengan blockchain utama dan sidechain lainnya, kecepatan dan efisiensi dioptimalkan.

Selain itu, setiap sidechain dapat digunakan untuk memproses aplikasi unik dalam ekosistem aman yang sama. Kontrak pintar – yang berisi aturan, nilai tukar token, dan hash negara dari sidechain – dibuat dan digunakan pada blockchain utama pada saat pembuatan sidechain. Komitmen blok mengalir ke bawah, dan keluar dapat dikirimkan ke rantai induk mana pun, yang pada akhirnya dikomitmenkan ke blockchain root.

Kontrak Rantai Plasma Mei 24 Kaki

Bagi mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai mempercepat dan menskalakan blockchain, bacalah mengenai berbagai jenis mekanisme konsensus.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Blockchain

crypto

DApps

plasma sidechain

scalability

scaling

sidechain protocols

sidechains

smart contracts

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens