Apa Itu Game NFT? Empat Game untuk Dimainkan pada Tahun 2022

Game NFT telah meningkat pada tahun 2022. Pelajari lebih lanjut tentang apa itu NFT dan temukan beberapa game NFT paling populer di pasaran saat ini.

Nov 09, 2022
|

Pendahuluan

Seiring dengan popularitas kripto yang terus meningkat, permainan play-to-earn (P2E), sebagaimana fenomena permainan NFT dijuluki, juga menggemparkan dunia. DappRadar dan Blockchain Gaming Alliance melaporkan bahwa game mencapai lebih dari setengah aktivitas blockchain pada Agustus 2022, dengan ratusan juta transaksi yang diproses – menunjukkan bahwa, terlepas dari kemerosotan pasar, game-game blockchain teratas terus mengalami partisipasi aktif.

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Game NFT menggunakan NFT sebagai elemen kunci dari lingkungan game, yang dalam konteks model hadiah tertentu dapat digambarkan sebagai struktur ‘bermain untuk mendapatkan’ (P2E) (menggunakan bahasa kripto) di atas gameplay.
  • Permainan ini memungkinkan pemain untuk mendapatkan token asli atau mengumpulkan NFT melalui partisipasi, biasanya memberi pengguna kepemilikan penuh dan kontrol atas aset digital ini sehingga mereka bebas memegang, membeli, atau memperdagangkannya.
  • Axie Infinity, Gods Unchained, DeFi Kingdoms, dan The Sandbox adalah beberapa game P2E NFT yang akan dirilis pada tahun 2022.

Apa Itu Game Blockchain atau NFT?

Blockchain gaming menggabungkan teknologi blockchain, mata uang kripto, dan mekanisme game untuk menciptakan dunia game virtual. Game-game ini sering kali menggunakan NFT dalam lingkungan game – dimasukkan ke dalam aturan game, di antara interaksi pemain, atau sebagai sistem hadiah – mulai dari avatar pemain hingga senjata, peralatan, skin, atau tanah.

Model hadiah dalam game, yang dijuluki ‘play-to-earn’ (P2E), memungkinkan pemain untuk diberi hadiah token atau NFT (yang dapat diperdagangkan di dalam atau di luar game) saat mereka maju. Dalam jenis lingkungan permainan ini, pengembang membuat kontrak pintar untuk mengimplementasikan imbalan dan aturan permainan.

Apa Bedanya dengan Permainan Tradisional?

Dalam permainan tradisional, pemain tidak memiliki kepemilikan independen atas aset yang mereka pegang dalam permainan, seperti yang diilustrasikan oleh fakta, misalnya, bahwa aset atau hadiah yang diperoleh tidak dapat ditukar di luar permainan ini.

Sementara itu, game NFT memberikan peluang bagi pemain untuk memperoleh token asli atau mengumpulkan NFT melalui partisipasi. Pengguna biasanya diberikan kepemilikan dan kontrol penuh atas aset digital mereka dan bebas untuk memegang, membeli, atau memperdagangkannya. Aset digital ini terkadang dapat ditukar dengan mata uang kripto dan kemudian diperdagangkan dengan fiat di bursa pihak ketiga.

Cara Memulai Dengan Permainan NFT

Karena game NFT hidup di blockchain, menyiapkan dompet kripto yang didukung biasanya diperlukan untuk berinteraksi dengan jenis game ini. Ini memungkinkan pemain untuk membeli dan menyimpan NFT mereka.

Pelajari lebih lanjut mengenai apa itu dompet kripto dan bagaimana cara memilih dompet kripto yang sesuai di artikel ini.

Tergantung pada permainannya, calon pengguna mungkin diharuskan untuk mendapatkan token game atau NFT sebelum berpartisipasi dalam permainan. Ada banyak sekali game NFT dari berbagai kategori yang dapat dipilih, jadi penting untuk meneliti dan memahami parameter dan persyaratan partisipasi sebelum berkomitmen.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Game NFT

Dengan beragam pilihan game NFT yang tersedia di pasaran saat ini, pemain harus melampaui permukaan dan mempelajari cara menganalisis data game sebelum terlibat dengannya. Beberapa faktor dapat berkontribusi pada kesuksesan sebuah game blockchain, dan di bawah ini adalah beberapa metrik yang berguna untuk dipertimbangkan ketika menilai kesehatan dan potensi sebuah proyek.

Dikombinasikan dengan faktor-faktor lain, pertumbuhan pengguna yang stabil (bukan tiba-tiba) merupakan indikator potensial bahwa ada minat yang nyata, bukan artifisial, terhadap sebuah game.

Data transaksi juga penting. Nilai transaksi mewakili jumlah total nilai yang ditransfer secara on-chain, yang dapat membantu mengukur tingkat keterlibatan pemain.

Tokenomics sebuah proyek dapat menentukan keberlanjutan dan kesuksesan ekonomi proyek tersebut. Game P2E yang baik, seperti yang dinilai dari tokenomics-nya, harus memiliki penawaran dan permintaan yang seimbang untuk tokennya, dengan utilitas dalam game yang sebenarnya untuk memberi insentif kepada para pemain untuk memegangnya. Periode vesting yang panjang dari investor swasta juga dapat membantu menghindari penjualan token yang tiba-tiba dan tajam dalam jangka pendek.

Lebih penting lagi, para pemain harus waspada terhadap proyek-proyek dengan model ekonomi token yang tidak mandiri atau yang hanya mengandalkan atau sebagian besar bergantung pada pemain baru yang bergabung untuk memberikan nilai apa pun kepada pemain yang sudah ada.

Intinya: Bisnis inti dan model ekonomi harus melayani kepentingan terbaik para pemain dan komunitas yang mendukungnya. Crypto.com melacak metrik utama game paling populer dan membagikan temuannya pada pembaruan NFT dan GameFi mingguannya.

Axie Infinity

Sumber gambar: The Lunacian

Dikembangkan oleh Sky Mavis, Axie Infinity adalah salah satu game blockchain terlama yang pernah ada dan memiliki, pada tanggal penerbitan, salah satu kapitalisasi pasar terbesar di dunia P2E. Ini adalah alam semesta hewan peliharaan digital terbuka yang terinspirasi oleh Pokemon yang dibangun di atas blockchain Ethereum, dengan bantuan rantai samping Ronin.

Pengguna bermain dengan Axies, atau makhluk fantasi, yang dapat mereka lawan, kumpulkan, dan pelihara. Axies ini diwakili oleh NFT, dan setiap Axie memiliki sifat berbeda yang menentukan perannya dalam permainan.

Meskipun gratis untuk mendaftar, ada pembayaran awal yang harus dilakukan: Pemain harus membeli Axies terlebih dahulu untuk mulai bermain game. Ada dua mode permainan yang tersedia: Mode petualangan dengan pertarungan pemain-vs-lingkungan (PVE); dan mode Arena, atau pemain-vs-pemain (PVP).

Gameplay

Saat memasuki permainan, pemain harus membeli tiga Axie untuk berpartisipasi. Setiap Axie dilengkapi dengan empat kartu keterampilan yang dibagikan secara acak, dan setiap kartu memiliki poin serangan dan pertahanan – di sinilah penyusunan strategi menjadi sangat berguna.

Dalam mode Petualangan, tujuannya adalah menaikkan level Axies dengan melawan monster dan mendapatkan poin pengalaman (XP). Semakin tinggi level Axies, semakin tinggi pula peluang untuk mendapatkan hadiah token SLP (Smooth Love Potion).

Dalam mode PVT, tujuannya adalah untuk mengalahkan lawan dengan menurunkan hit point (HP) mereka hingga nol. Dalam sistem pertarungan berbasis giliran ini, pemain dapat menghabisi musuh dengan memainkan kartu secara strategis untuk memaksimalkan peluang menang.

Infografis Tokenomics 3

Gods Unchained

Sumber gambar: Blog Gods Unchained

Gods Unchained adalah permainan kartu fantasi berbasis blockchain yang dapat dimainkan secara gratis, terinspirasi dari permainan kartu perdagangan lainnya seperti Magic: The Gathering dan Hearthstone. Diluncurkan pada tahun 2019, game ini dibangun di atas Immutable X – ZK-Rollup pertama Ethereum khusus untuk NFT. Menawarkan pencetakan bebas gas dan konfirmasi perdagangan instan, fitur-fitur utama yang meningkatkan pengalaman bermain game secara keseluruhan.

Gameplay

Setiap kartu menampilkan salah satu dari enam Dewa yang berbeda, yang terkait dengan sifat, keterampilan, dan statistik yang berbeda. Saat memasuki permainan, pemain mendapatkan dua salinan dek Selamat Datang yang dapat dimainkan gratis, yang kemudian digunakan untuk membangun 30 kartu. Pemain juga diberi enam kartu awal yang telah diatur sebelumnya dari kartu gratis mereka – berguna bagi mereka yang tidak tahu cara membuat kartu. Permainan ini juga memungkinkan pemain untuk mengganti dek mereka dengan kartu yang dipilih secara acak sebelum memulai permainan, sebuah proses yang dikenal sebagai ‘mulligan’.

Gods Unchained mengandalkan mekanisme berbasis giliran: Setiap pemain memiliki waktu hingga 60 detik untuk mendapatkan giliran, baik dengan aksi menyerang atau bertahan. Mereka dapat memilih dari tiga mode permainan yang tersedia: Pertandingan Tunggal (bermain melawan komputer), Peringkat (menang untuk naik peringkat dan mendapatkan hadiah), atau Tantangan Langsung (pemain lawan pemain).

Forge adalah fitur di Gods Unchained yang memungkinkan pemain untuk menggabungkan kartu. Dua kartu yang identik dapat digabungkan di dalam Forge untuk membuat versi yang lebih berkualitas dari yang asli dan kemudian dicetak sebagai NFT. Fusing membutuhkan Flux, sumber daya dalam game yang dapat diperoleh dengan memenangkan mini game yang ditautkan ke mode Peringkat yang disebut ‘Gauntlet of Gods’.

Infografis Tokenomics 2

Baca panduan yang lebih rinci tentang Gods Unchained di artikel Panduan Penelitian kami.


Kotak Pasir

Sumber gambar: Permainan Kotak Pasir

Sandbox adalah platform game NFT dunia terbuka, berbasis voxel, dan gratis untuk dimainkan, yang dirancang untuk dinikmati oleh para gamer dan kreator. Dibangun di atas blockchain Ethereum, ekosistem game terdesentralisasi ini mengingatkan kita pada game web tradisional populer lainnya seperti Minecraft dan Roblox.

Sandbox memiliki tiga komponen utama: editor voxel (‘VoxEdit’), pasar, dan game itu sendiri. VoxEdit adalah alat bantu 3D yang memungkinkan siapa saja untuk membuat aset berbasis voxel sendiri. Gim ini memiliki pasarnya sendiri di mana pengguna dapat dengan bebas memperdagangkan dan memonetisasi aset voxel mereka, yang dikenal sebagai ‘ASSET’. Ada juga sistem permainan di mana pengguna dapat bermain dengan kreasi mereka, mengumpulkan sumber daya, dan mendapatkan hadiah dan token. Komponen-komponen ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan platform berdasarkan tujuan mereka.

Gameplay

Sebagai sebuah permainan, The Sandbox mendorong kreativitas, eksplorasi, dan imajinasi daripada mengikuti mekanisme yang ketat. Model ini memungkinkan setiap kreator untuk membentuk dunia yang mereka inginkan, dan bagi pemain lain untuk merasakan pengalaman unik dalam platform ini – menghadirkan dirinya sebagai dunia virtual di mana konten buatan pengguna dapat dimonetisasi lebih lanjut.

Infografis Tokenomics 5

Kerajaan DeFi

Sumber gambar: Metaverse yang Diterangi

DeFi Kingdoms adalah gim role-playing fantasi berbasis piksel dengan gaya visual dan nuansa yang mirip dengan Runescape. Awalnya dibangun di atas blockchain Harmony ONE, DeFi Kingdom telah bermigrasi ke ekspansi Crystalvale di DFK Chain, Subnet Avalanche. Dunia Serendale aslinya akan diluncurkan kembali di Klaytn pada 21 November 2022. DeFi Kingdom dicap sebagai bursa terdesentralisasi (DEX), dibangun dengan mekanisme P2E dan elemen-elemen gamifikasi di atasnya. Setiap karakter non-pemain (NPC) mewakili beberapa cara bagi pemain untuk berinteraksi dengan DEX. Misalnya, pemain dapat menukar mata uang melalui Trader, membuat token LP di Druid, atau memperdagangkan item melalui Vendor.

Gameplay

Untuk memulai, pemain harus membeli token JEWEL, yang mencakup biaya gas pada rantai DFK dan dapat di-stake, diternak, atau ditukar dengan mata uang dalam game lainnya. Saat memasuki permainan, pemain akan menuju ke Marketplace dan menukar JEWEL mereka dengan CRYSTAL. CRYSTAL adalah Power Token dari DeFi Kingdoms, yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam aksi dan transaksi dalam game, seperti membeli Hero NFT atau mencetak Hero baru. JEWEL atau CRYSTAL dapat ditukar dengan token lain atau item dalam game.

Permainan sebenarnya berkisar pada Pahlawan, yang merupakan NFT yang dapat dikategorikan sebagai berbasis utilitas. Nilai seorang Hero bergantung pada keterampilan, atribut, statistik, dan kelangkaannya. Untuk mendapatkan Hero pertama mereka, pemain dapat membelinya dari Tavern menggunakan CRYSTAL. Akan sangat membantu jika Anda memiliki setidaknya satu Hero untuk maju dalam permainan.

Setelah pemain menyortir Hero mereka, mereka dapat mengirim mereka dalam misi non-tempur untuk mendapatkan pengalaman dan hadiah. Dalam misi Profesi, seorang Pahlawan menjalankan profesi tertentu (Penambang, Tukang Kebun, Penjelajah, dan Nelayan) dan selanjutnya meningkatkan keterampilan mereka. Dalam misi Pelatihan, Pahlawan menguji statistik mereka untuk meningkatkan pengalaman.

Infografis Tokenomics 4

Kemana Arah Game NFT?

Ini hanyalah empat game NFT yang populer saat ini, dan ada banyak game menyenangkan dan menarik lainnya yang ditawarkan di pasar untuk dicoba. Dengan upaya pengembangan, pendanaan ventura, dan mindshare yang diterima GameFi saat ini, kita harus berharap bahwa ruang game NFT akan terus berkembang.

Sebelum meluangkan waktu, uang, dan tenaga untuk memainkan game NFT, yang terbaik adalah menelitinya terlebih dahulu untuk mengetahui apakah game tersebut benar-benar layak untuk dimainkan.

Untuk membantu para penggemar tetap mengikuti tren, Crypto.com mengumpulkan dan membagikan pembaruan NFT dan GameFi yang paling relevan setiap minggu.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya (seperti NFT). Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

GameFi

NFT

play-to-earn

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens