Apa Itu Garpu Blockchain?

Panduan ini menjelaskan apa itu blockchain fork, perbedaan antara hard fork dan soft fork, dan bagaimana keduanya dapat mengubah fungsionalitas dan harga mata uang kripto.

Jun 13, 2023
|

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Garpu adalah modifikasi kode yang mirip dengan blockchain asli; dua ‘cabang’ hidup berdampingan dengan nyaman.
  • Hard fork adalah sebuah perubahan radikal pada protokol mata uang digital yang tidak kompatibel dengan versi blockchain sebelumnya.
  • Soft fork adalah sebuah perubahan pada protokol mata uang kripto yang membuatnya tetap kompatibel.

Apa yang Dimaksud dengan Garpu dalam Blockchain?

Dalam istilah pemrograman, fork adalah modifikasi kode sumber terbuka. Biasanya, kode bercabang mirip dengan blockchain asli tetapi dengan modifikasi yang signifikan, dan dua ‘cabang’ hidup berdampingan dengan nyaman. Karena mata uang kripto merupakan jaringan terdesentralisasi, semua peserta dalam jaringan – yang dikenal sebagai node – harus mengikuti aturan yang sama agar dapat bekerja sama dengan baik. Rangkaian aturan tersebut dikenal sebagai ‘protokol’.

Aturan umum dalam sebuah protokol termasuk ukuran blok pada blockchain, imbalan yang diterima penambang untuk menambang blok baru, dan masih banyak lagi. Sifat blockchain yang terdesentralisasi berarti bahwa node-node dalam jaringan harus dapat mencapai kesepakatan (yaitu, konsensus) mengenai status blockchain bersama.

Pelajari semua tentang blockchain – mulai dari Masalah Jenderal Bizantium hingga konsensus – dalam artikel Universitas kami Apa itu Blockchain?

Fungsi Garpu

Dalam dunia mata uang kripto, fork lebih sering digunakan untuk mengimplementasikan perubahan fundamental atau membuat aset baru dengan karakteristik yang mirip (tetapi tidak sama) dengan aset aslinya.

Dalam sebuah protokol dengan suara bulat di mana semua node jaringan setuju, satu blockchain berisi data (transaksi) terverifikasi yang dinyatakan benar oleh jaringan. Akan tetapi, jika ada node dalam jaringan yang tidak dapat mencapai kesepakatan mengenai status blockchain, perpecahan (fork) menjadi dua cabang dapat terjadi.

Ada dua jenis fork dalam kripto: hard fork dan soft fork.

Apa Itu Garpu Keras?

Hard fork adalah sebuah perubahan radikal pada protokol mata uang kripto yang tidak kompatibel dengan versi sebelumnya. Ini berarti bahwa node dengan protokol yang lebih lama (pre-fork) tidak dapat memproses transaksi atau mendorong blok baru ke blockchain post-fork (yang lebih baru); demikian pula, transaksi apa pun pada rantai yang bercabang (yang lebih baru) tidak valid pada rantai yang lebih lama. Semua node dan penambang harus meningkatkan ke versi terbaru protokol jika mereka ingin berada di rantai bercabang yang baru.

Contoh Garpu Keras

Ethereum Shapella

Hard fork Ethereum Shapella mulai beroperasi pada bulan April 2023 sebagai bagian dari Upgrade Shanghai. Salah satu fungsinya adalah untuk mengizinkan validator melepaskan ETH dari Beacon Chain.

Baca semua tentang Upgrade Shanghai.

Garpu yang direncanakan vs garpu yang kontroversial

Tergantung pada situasinya, hard fork dapat direncanakan atau kontroversial.

Untuk fork yang terencana, node secara sukarela meningkatkan perangkat lunak mereka untuk mengikuti aturan baru, meninggalkan versi lama. Mereka yang tidak memperbarui akan tetap menambang di chain lama, yang hanya akan digunakan oleh sedikit orang.

Tetapi jika ada ketidaksepakatan di dalam komunitas tentang peningkatan tersebut, fork dianggap kontroversial. Pada titik tersebut, protokol biasanya bercabang menjadi dua blockchain yang tidak kompatibel – menghasilkan dua mata uang kripto yang berbeda. Kedua blockchain ini memiliki komunitasnya masing-masing, dan para pengembang memilih salah satu yang mereka yakini atau yang mereka sukai.

Karena fork baru didasarkan pada blockchain asli, semua transaksi dari blockchain asli juga disalin ke dalam fork baru. Sebagai contoh, jika seorang pengguna memiliki 100 koin mata uang kripto yang disebut Koin A, dan sebuah hard fork berdasarkan mata uang kripto tersebut menciptakan mata uang kripto baru yang disebut Koin B, maka pengguna tersebut juga akan mendapatkan 100 koin Koin B.

Apa Itu Garpu Lunak?

Soft fork adalah sebuah perubahan pada protokol mata uang kripto yang membuatnya tetap kompatibel. Pada intinya, node yang tidak diperbarui masih dapat memproses transaksi dan mendorong blok baru ke blockchain, selama mereka mengikuti aturan protokol yang baru. Jenis fork ini hanya membutuhkan sebagian besar penambang yang melakukan upgrade untuk menyesuaikan diri dengan peraturan yang baru, berlawanan dengan hard fork, yang mengharuskan (hampir) semua node untuk melakukan upgrade dan menyetujui versi yang baru.

Contoh Garpu Lunak

Bitcoin SegWit

Segregated Witness, umumnya dikenal sebagai SegWit, adalah sebuah peningkatan soft fork ke protokol Bitcoin yang diaktifkan pada bulan Agustus 2017. Hal ini meningkatkan kapasitas transaksi jaringan Bitcoin dengan mengizinkan lebih banyak transaksi untuk dimasukkan ke dalam setiap blok.

SegWit memisahkan tanda tangan digital dari data transaksi, menghasilkan pengurangan ukuran transaksi. Pemisahan ini meningkatkan batas ukuran blok efektif, memungkinkan lebih banyak transaksi untuk dimasukkan ke dalam setiap blok tanpa meningkatkan batas ukuran blok itu sendiri. Peningkatan kapasitas ini mengurangi biaya transaksi dan meningkatkan kecepatan transaksi BTC.

Sebagai sebuah soft fork, SegWit adalah sebuah upgrade yang kompatibel dengan protokol Bitcoin yang memungkinkan untuk diadopsi secara bertahap oleh para pengguna jaringan. Ini berarti bahwa pengguna yang tidak meng-upgrade ke versi baru perangkat lunak masih dapat berpartisipasi dalam jaringan, tetapi mereka tidak dapat mengambil keuntungan dari manfaat SegWit.

Kata-kata Terakhir tentang Garpu Blockchain

Garpu adalah bagian penting dari proyek kripto dan aset digitalnya. Mereka dapat membagi komunitas pengguna menjadi pendukung dan penentang pembaruan yang menyertai fork, serta memengaruhi harga kripto. Garpu adalah salah satu faktor yang perlu diperhatikan ketika memegang atau mempertimbangkan untuk membeli koin dan token kripto. Sebelum membeli, baca 101 tentang cara DYOR untuk proyek kripto.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

Blockchain

crypto

cryptocurrencies

forks

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens