Apa Itu Block Explorer dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Penjelajah blok memungkinkan siapa saja untuk melihat transaksi pada blockchain. Berikut ini cara kerjanya dan cara mengaksesnya.

Jun 16, 2023
|

Apa Itu Penjelajah Blok Kv

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Penjelajah blok adalah peramban blockchain online atau alat untuk melihat blockchain dan memeriksa transaksi.
  • Penjelajah blok tersedia untuk Bitcoin dan beberapa altcoin.
  • Salah satu bentuk informasi yang paling sering dicari pada penjelajah blok adalah ‘blok dan transaksi terbaru’.
  • Pohon Merkle meringkas semua transaksi dalam sebuah blok dengan menghasilkan sidik jari digital dari seluruh rangkaian transaksi, sehingga memungkinkan pengguna untuk memverifikasi apakah sebuah transaksi termasuk dalam sebuah blok atau tidak.
  • Informasi tentang setiap transaksi individu yang terjadi di blok tertentu juga tersedia.

Apa Itu Penjelajah Blok?

Penjelajah blok adalah peramban blockchain online atau alat untuk melihat blockchain dan memeriksa transaksi. Ini memberikan informasi seperti isi blok individu, riwayat transaksi, dan saldo alamat.

Dengan kata lain, penjelajah blok adalah alat bantu pencarian. Seperti halnya browser web yang digunakan untuk menjelajahi internet, penjelajah blok memungkinkan seseorang untuk menjelajahi blockchain.

Penjelajah blok tersedia untuk Bitcoin dan beberapa altcoin. Untuk mencari transaksi dari koin tertentu, pengguna harus menggunakan penjelajah blok khusus untuk mata uang kripto tersebut.

blockexplorer.com

blockchain.com

blockcypher.com

btc.com

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Bitcoin, baca Apa itu Bitcoin? Panduan Lengkap untuk Pemula Kripto.

etherscan.io

ethplorer.io

blockchair.com/ethereum

Kami menggunakan blockexplorer.com milik BTC sebagai contoh untuk memperkenalkan beberapa fungsi paling umum yang disediakan oleh penjelajah blok. Pembaca dapat menggunakan tautan di atas untuk mengikuti langkah-langkah kami untuk menavigasi blockchain.

Menggunakan Penjelajah Blok: Menemukan Blok Terbaru dan Transaksi yang Belum Dikonfirmasi

Salah satu bentuk informasi yang paling sering dicari pada penjelajah blok adalah ‘blok dan transaksi terbaru’. Setelah penambang memecahkan sebuah blok, blok tersebut akan ditambahkan ke dalam blockchain, dan para penjelajah blok akan memperbarui informasi ini:

Menggunakan Penjelajah Blok: Menemukan Blok dan Melihat Semua Transaksinya

Untuk informasi yang lebih mendalam untuk setiap blok, pengguna dapat mengklik tautan umpan blok atau memasukkan nomor ketinggian blok secara langsung di kotak pencarian pada penjelajah blok.

Ada juga informasi tentang setiap transaksi individu yang terjadi di blok tertentu. Setelah pengguna mengklik sebuah transaksi, ID transaksi (TXID) dan alamat Bitcoin yang terkait akan ditampilkan. Peninjauan ini biasanya memberikan informasi mengenai jumlah bitcoin yang ditransaksikan, alamat mana yang menerimanya, dan dari mana.

Apa Itu Pohon Merkle dan Akar Merkle?

Berikut ini adalah pengantar singkat tentang apa itu akar Merkle dan bagaimana hubungannya dengan pohon Merkle.

Pohon Merkle

Dalam sistem blockchain Bitcoin, ada banyak transaksi dalam satu blok. Pohon Merkle meringkas semua transaksi dalam sebuah blok dengan menghasilkan sidik jari digital dari seluruh rangkaian transaksi, sehingga memungkinkan pengguna untuk memverifikasi apakah sebuah transaksi termasuk dalam sebuah blok atau tidak.

Mengapa Disebut Pohon?

Secara teknis, pohon Merkle adalah struktur pohon yang dibangun dengan meng-hash data berpasangan (daun), kemudian memasangkan dan meng-hash hasilnya sampai tersisa satu hash: akar Merkle. Pohon Merkle dibangun dari bawah ke atas, dimulai dengan hash dari setiap transaksi (yaitu ID transaksi). Pohon Merkle dalam Bitcoin menggunakan SHA-256 ganda.

Setiap simpul daun adalah hash dari data transaksional, dan setiap simpul non-daun adalah hash dari hash sebelumnya. Pohon Merkle adalah pohon biner dan oleh karena itu membutuhkan jumlah simpul daun yang genap. Jika jumlah transaksi ganjil, hash terakhir akan diduplikasi satu kali untuk membuat jumlah node daun yang genap.

Memahami Cara Kerja Pohon Merkle

Sebagai contoh, bayangkan sebuah blok dengan empat transaksi: A, B, C, dan D.

Pohon Merkle:

Hash ke Merkle Rootjun29

Salah satu ide untuk membuat sidik jari yang unik untuk semua TXID adalah dengan menggabungkan semua TXID dan meng-hash-nya. Namun, untuk memeriksa apakah sebuah TXID merupakan bagian dari hash, semua TXID lainnya juga perlu diketahui.

Struktur Hash Sederhanajun29

Namun, dengan pohon Merkle, untuk memeriksa apakah TXID adalah bagian dari akar Merkle, hanya beberapa hash di sepanjang jalur pohon yang perlu diketahui. Hasilnya, menggunakan root Merkle sebagai sidik jari untuk header blok dapat mengindikasikan apakah sebuah transaksi ada di dalam sebuah blok tanpa harus mengetahui semua TXID lainnya di dalam blok tersebut.

Merkle Tree Dan Merkle Rootjun29

Menggunakan Penjelajah Blok untuk Menjelajahi Lebih Jauh

Setiap bagian dari data yang ditampilkan dalam penjelajah blok saling terkait dan terhubung dengan baik dengan yang lain. Sebagai contoh, dari daftar transaksi, pengguna dapat mengklik setiap ID transaksi untuk melihat detail lebih lanjut tentang transaksi tersebut.

Daftar ini menampilkan tinggi blok tempat transaksi terjadi, jumlah total konfirmasi, dan beberapa poin data tambahan lainnya. Dari sana, pengguna dapat mengklik alamat dompet, menavigasi lebih jauh, dan memeriksa riwayat transaksi dan saldonya.

Kata-kata Terakhir tentang Penjelajah Blok

Penjelajah blok adalah elemen kunci dari sifat blockchain dan mata uang kripto yang tidak dapat dipercaya dan terdesentralisasi: siapa pun dapat memeriksa secara terbuka transaksi mana yang diverifikasi pada saat itu. Baik yang baru mengenal kripto dan Web3 maupun trader berpengalaman, gunakan alat ini untuk memanfaatkan transparansi blockchain.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

block explorers

Blockchain

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens