Tips Keamanan Penting untuk Membantu Menjaga Akun Kripto Anda Tetap Aman

101 praktik terbaik keamanan dan privasi data untuk menjauhkan penipu dari dompet kripto dan brankas Bitcoin Anda.

Apr 21, 2023
|

Gambar

Di Crypto.com, kami terus meningkatkan keamanan untuk memastikan keamanan aset dan data klien kami. Sama pentingnya bagi klien untuk memiliki sumber daya untuk melindungi diri mereka sendiri dari pihak-pihak yang berniat jahat.

Untuk mendapatkan informasi terbaru tentang fitur keamanan, tandai artikel ini, yang akan diperbarui secara berkala.

Enam praktik terbaik keamanan yang harus diketahui oleh setiap pemilik dompet kripto:

  • Jangan bagikan kata sandi dan kode autentikasi Anda dengan siapa pun. Crypto.com tidak akan pernah meminta informasi ini.
  • Selalu pastikan Anda mengunjungi situs web dan akun media sosial resmi Crypto.com.
  • Ketahuilah bahwa phishing dapat terjadi melalui saluran komunikasi apa pun, termasuk email, SMS, dan panggilan suara.
  • Pelajari tentang penipuan kripto yang umum terjadi seperti ‘penyembelihan babi’ dan ‘penarikan karpet’.
  • Laporkan komunikasi yang mencurigakan yang Anda terima kepada Tim Dukungan Pelanggan kami di [email protected].

Baca terus untuk mengetahui detail cara melindungi akun Anda, menghindari upaya phishing, dan mengenali penipuan kripto.

Keamanan Kripto Langkah 1: Lindungi Akun Anda

Langkah pertama untuk menjaga keamanan akun Anda adalah menyiapkan autentikasi dua faktor (2FA) dan Kode Anti-Phishing.

Menyiapkan 2FA

2FA adalah metode otentikasi elektronik yang memberikan akses ke akun pengguna hanya setelah berhasil menunjukkan dua bukti (yaitu dua faktor).

Ini akan menjadi kombinasi dari sesuatu yang hanya diketahui oleh pengguna (misalnya kata sandi), dimiliki (seperti generator kode), dan (paling sering pengenalan wajah). 2FA menyediakan lapisan keamanan yang kuat untuk transaksi Anda dan merupakan salah satu hal pertama yang harus dilakukan saat membuat akun Crypto.com.

Berikut ini adalah panduan singkat tentang cara mengatur 2FA untuk Aplikasi Crypto.com.

Mengatur Kode Anti-Phishing

Aplikasi Crypto.com, Exchange, dan produk NFT hadir dengan fitur yang memungkinkan Anda menggunakan Kode Anti-Phishing. Kode ini adalah sesuatu yang hanya Anda yang tahu, dan muncul di badan email untuk membantu mengidentifikasi apakah email yang tampak berasal dari kami adalah asli.

Dikombinasikan dengan alamat email yang unik, penggunaan Kode Anti-Phishing memastikan bahwa interaksi Anda dengan Crypto.com tetap dapat diverifikasi, terpisah dari akun dan layanan lain, menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk dana Anda.

Berikut ini cara mengatur Kode Anti-Phishing untuk email Anda.

Pelajari lebih banyak praktik terbaik keamanan dalam daftar komprehensif ini, mulai dari mengapa Anda harus menggunakan alamat email yang unik untuk akun Crypto.com Anda hingga cara terbaik untuk menyimpan frasa pemulihan Anda.

Langkah Keamanan Kripto 2: Kenali Upaya Phishing

Penipu mungkin salah mengartikan siapa mereka, bertindak sebagai seseorang yang harus Anda percayai, seperti dengan menyamar sebagai staf Crypto.com untuk mendapatkan akses ke kredensial pengguna. Teknik ini juga dikenal sebagai ‘phishing’ dan dapat terjadi melalui saluran komunikasi apa pun, termasuk email, SMS, kotak masuk media sosial, dan bahkan panggilan telepon.

Jangan bagikan kata sandi dan kode autentikasi Anda dengan siapa pun. Crypto.com tidak akan pernah meminta informasi ini.

Selain itu, email dan pesan dapat berisi tautan yang memikat Anda ke situs web yang meniru Crypto.com – selalu pastikan Anda mengunjungi situs web resmi Crypto.com dan akun media sosial.

Untuk mengenali phishing, perhatikan tanda-tanda berikut ini:

  • Ketidakakuratan dalam tata bahasa atau cerita yang dibuat untuk mengekstrak informasi dari Anda.
  • Si penipu mencoba untuk menciptakan rasa terdesak pada Anda.
  • Permintaan terang-terangan untuk informasi pribadi seperti kata sandi dan frasa pemulihan.

Melindungi diri Anda dari phishing membutuhkan sikap skeptis yang sehat dan pemeriksaan yang cermat terhadap semua pesan, email, dan tautan.

Biasakan diri Anda dengan teknik-teknik phishing yang umum. Untuk mempermudah hal ini, kami menyusun daftar contoh phishing dalam kehidupan nyata, dengan tangkapan layar seperti apa bentuknya.

Keamanan Kripto Langkah 3: Kenali Penipuan Kripto

Pernah mendengar tentang ‘menarik karpet’ dan ‘menyembelih babi’? Ini adalah dua contoh penipuan kripto. Berikut adalah daftar singkat penipuan yang paling umum terjadi di luar angkasa:

  • Penipuan investasi/’Get Rich Quick’ dapat melibatkan pesan-pesan kepada korban di media sosial dengan saran kripto gratis yang pada akhirnya berujung pada tawaran untuk menginvestasikan dana bagi pengguna.
  • Penipuan pengiriman uang/penarikan dana mengharuskan pengguna mengirim uang untuk menerima uang.
  • Penipuan percintaan adalah hubungan online yang berujung pada permintaan dana kripto.
  • Penipuan ‘penyembelihan babi’ adalah evolusi canggih dari penipuan percintaan yang memperdaya korbannya dalam jangka waktu yang lama.
  • ‘Rug pull’ meninggalkan korban dengan token atau NFT yang tidak berharga setelah penipu membuat proyek palsu.
  • Cryptojacking adalah sebuah peretasan yang menyedot memori komputer pengguna untuk menambang kripto untuk orang lain.

Jangan tertipu oleh penipuan ini. Pelajari lebih lanjut tentang tanda bahaya untuk membantu mengenali proyek dan platform kripto yang berbahaya di sini.

Kata-kata Terakhir – Cara Menjaga Dompet Kripto Anda Tetap Aman

Sekarang Anda sudah mengetahui tiga pilar utama untuk membantu menjaga keamanan akun kripto Anda: menyiapkan fitur keamanan, mengenali upaya phishing, dan mengenali penipuan kripto.

Jika Anda memiliki pertanyaan, atau jika Anda menerima komunikasi yang mencurigakan yang mengaku berasal dari kami, silakan hubungi kami di [email protected]. Kami di sini untuk membantu.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

scams

security

wallets

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens