Cara Membentuk DAO 

Organisasi otonom yang terdesentralisasi merupakan bagian integral dari Web3. Berikut ini panduan langkah demi langkah untuk membuatnya.

Dec 01, 2022
|

Formulir Dao Opt

DAO, kependekan dari organisasi otonom terdesentralisasi, adalah struktur bisnis baru, yang umumnya ditemukan di ruang kripto dan Web3. Di sini, kita akan melihat bagaimana cara pembuatannya, mulai dari pengkodean smart contract hingga peluncuran token tata kelola, serta pro dan kontranya.

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • DAO adalah entitas yang dirancang untuk sepenuhnya otonom dan, secara teori, beroperasi tanpa titik pusat kendali.
  • Biasanya didefinisikan oleh struktur organisasi yang datar, transparansi, akses terbuka, demokrasi, dan sumber daya manusia yang minimal, DAO diatur oleh kontrak pintar pada blockchain.
  • Sebelum mengkodekan DAO, berikan tujuan, mekanisme pemungutan suara, dan struktur token tata kelola, serta bangun komunitas dan sistem untuk mengelola dana yang ada.
  • Keuntungan dari struktur organisasi yang baru ini dapat mencakup transparansi, netralitas, akuntabilitas, dan penyelarasan insentif.
  • Kerugian yang harus dihindari sebelum berkomitmen untuk membentuk DAO termasuk ketidakpastian hukum, menghindari konsentrasi kekuasaan yang tidak disengaja, basis pemungutan suara yang tidak dapat diandalkan, dan celah keamanan.

Apa itu DAO?

Vitalik Buterin pertama kali menciptakan istilah ini pada tahun 2013, yang meletakkan dasar untuk konsep ini. DAO pertama didirikan tiga tahun kemudian, dengan nama yang tepat yaitu The DAO.

DAO biasanya didefinisikan oleh lima karakteristik ini:

  • Organisasi datar DAO pada prinsipnya tidak memiliki hirarki, dan keputusan dibuat oleh para pemangku kepentingan atau anggotanya, bukan oleh pemimpin atau manajer; meskipun biasanya, dalam praktiknya, bidang pengambilan keputusan tertentu dapat didelegasikan kepada tim inti atau tim terpilih.
  • Transparansi DAO haruslah sumber terbuka. Siapa pun dapat memeriksa kode pada smart contract atau melihat riwayat transaksi DAO di blockchain.
  • Akses terbuka Siapa pun dapat, secara teori, menjadi anggota DAO, selama mereka memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, seperti memegang token tata kelola.
  • Demokrasi Tergantung pada mekanisme pemungutan suara, mungkin saja tidak ada satu pihak pun yang dapat memveto permintaan setelah permintaan tersebut melewati proses pemungutan suara.
  • Sumber daya manusia yang minim DAO beroperasi sebagian besar secara algoritmik, diatur oleh kode. Terkadang, anggota DAO dapat mempekerjakan seseorang untuk memperbaiki masalah pada smart contract, seperti bug atau pembaruan.

Pelajari lebih lanjut tentang berbagai jenis DAO di sini.

Cara Membuat DAO

Sebelum terjun ke dalam pengembangan DAO, tim intinya harus memiliki dasar-dasar yang jelas.

Ini biasanya meliputi:

1) tujuan

2) mekanisme pemungutan suara

3) tanda atau struktur tata kelola

4) sebuah komunitas

5) sistem untuk mengelola dana

Setelah parameter ini ditentukan, ada empat fase utama untuk meluncurkan DAO.

1. Menciptakan Kontrak Cerdas

Sebagian besar DAO dimulai dengan smart contract, karena ini menentukan aturan grup dan tujuannya. Tahap ini membutuhkan bantuan pengembang untuk menulis kode dan melakukan pengujian ekstensif terhadap kode tersebut untuk memastikan bahwa mereka tidak mengabaikan hal-hal yang rumit.

Ini sangat penting, karena setelah smart contract diluncurkan, secara teori, kontrak ini tidak dapat diubah. Satu-satunya pengecualian adalah otorisasi untuk perubahan melalui sistem tata kelola. Ini dapat berarti bahwa, jika smart contract memiliki bug, maka akan membutuhkan putaran pemungutan suara di mana mayoritas anggota harus setuju untuk membuat amandemen pada smart contract.

2. Pengujian

Setelah kode ditulis, smart contract perlu diterapkan pada testnet. Hal ini akan memungkinkan pengujian ekstensif untuk mencari kelemahan, kesalahan, dan potensi penyesuaian.

3. Pembuatan Token Pendanaan dan Tata Kelola

Pada saat yang sama, DAO juga ingin memperbaiki struktur pendanaan dan tata kelolanya. Biasanya, token tata kelola didistribusikan kepada pembeli atau peserta yang berkepentingan dalam proyek. Sebagai imbalannya, para pembeli atau peserta ini menerima hak suara, yang sering kali sebanding dengan jumlah token yang mereka miliki.

Dana DAO biasanya disimpan di dalam perbendaharaan internal. Cache mata uang digital ini harus dapat diakses hanya melalui proses pemungutan suara persetujuan.

4. Penyebaran

DAO sekarang siap digunakan di blockchain. Setelah ini selesai, biasanya pencipta, pengembang, dan pemrogram asli tidak lagi memiliki kendali atas proyek, dan setiap perubahan tambahan hanya dapat dilakukan melalui pemungutan suara kolektif oleh para pemangku kepentingan.

Keuntungan dari DAO

Mengapa seseorang memutuskan untuk membentuk DAO alih-alih perusahaan rintisan konvensional? Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari model bisnis baru ini:

  • Netralitas Sifat otonom DAO dapat membantu mereka menghindari atau mengurangi masalah manajemen tertentu yang melibatkan manusia, seperti konflik berbasis opini atau emosi. Dengan bantuan kontrak pintar, DAO, dalam bentuknya yang ideal, bertujuan untuk memastikan bahwa setiap anggota bersifat independen dan proposal mereka dapat dievaluasi secara lebih luas berdasarkan kualitas. DAO sering digambarkan sebagai organisasi di mana keputusan dibuat dari bawah ke atas, berlawanan dengan struktur top-down tradisional.

  • Transparansi Organisasi tradisional menyimpan sebagian besar keputusan dan diskusi mereka secara tertutup. Akan tetapi, DAO, karena berjalan di jaringan blockchain, memungkinkan siapa saja untuk melihat transaksi keuangan atau proses pengambilan keputusan. Hal ini memberikan insentif bagi tindakan yang akan menguntungkan DAO dan mencegah tindakan yang merugikan masyarakat. Pada akhirnya, hal ini memungkinkan sebuah lingkungan yang tidak mengharuskan para anggotanya untuk saling ‘percaya’ satu sama lain.

  • Akuntabilitas Dengan transparansi, muncullah akuntabilitas dari setiap peserta di dalam organisasi. Setiap aktivitas on-chain organisasi didokumentasikan pada blockchain secara permanen. Oleh karena itu, setiap anggota harus, sampai batas tertentu, bertindak demi kepentingan terbaik organisasi jika mereka ingin mempertahankan reputasi mereka.

  • Insentif Selaras Menerbitkan token dan mengizinkan kepemilikannya membantu memberi insentif kepada semua orang yang memiliki pengaruh terhadap organisasi untuk mengejar hasil terbaik bagi organisasi. Hal ini memungkinkan terciptanya komunitas yang dinamis, mendorong para pemangku kepentingan untuk menginvestasikan waktu dan upaya untuk mempromosikan platform ini.

Risiko DAO

DAO, bagaimanapun, adalah bentuk baru dari manajemen organisasi, karena ruang crypto masih menguji batas-batasnya. Berikut ini adalah risiko terpenting yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih DAO sebagai struktur organisasi Anda:

  • Ketidakpastian Hukum Salah satu kekurangan DAO adalah kurangnya aturan dan regulasi yang pasti dalam mengelolanya. Dalam banyak kasus, karena konsep ini relatif baru, para pendiri dan anggota komite mungkin tidak mengetahui hukum negara mana yang berlaku atau apakah organisasi tersebut berada dalam wewenang badan pengatur tertentu, baik itu otoritas keuangan atau regulator sekuritas. Hal ini dapat menyebabkan dampak pada DAO, karena mungkin memerlukan perubahan yang signifikan dan kompleks untuk mematuhi badan pengatur tertentu dan keputusan mereka.

  • Konsentrasi Kekuasaan yang Tidak Disengaja Kerentanan lain dari DAO adalah ketergantungan umum pada token tata kelola sebagai dasar untuk sistem pemungutan suara. Meskipun sistem ini mendorong keterlibatan dalam organisasi, sistem ini dapat menimbulkan beberapa masalah:
    • Peserta DAO mungkin memiliki preferensi dan perspektif yang berbeda untuk mencapai tujuan DAO. Contohnya, beberapa anggota mungkin lebih suka mengambil risiko tinggi, sementara yang lain mungkin lebih suka pendekatan ‘perlahan tapi pasti’. Masalahnya adalah, jika beberapa anggota dengan kepemilikan token tata kelola yang besar memutuskan untuk mengambil pendekatan berisiko tinggi, sementara anggota lain tidak setuju, hal itu dapat menyebabkan konflik internal.

  • Ketidakseimbangan Pemungutan Suara Menimbang suara hanya berdasarkan jumlah token yang dimiliki setiap anggota membuat sistem rentan terhadap perilaku oportunis di antara para peserta. Sebagai contoh, spekulan yang memiliki sejumlah besar token dapat memilih tindakan yang menaikkan harga token dalam jangka pendek. Namun, hal tersebut dapat membahayakan prospek jangka panjang proyek. Sebagai perbandingan, perusahaan tradisional dapat menghindari masalah ini dengan lebih baik, karena mendapatkan kendali atas dewan direksi bukanlah proses yang sederhana atau cepat.

  • Serangan DAO mungkin secara khusus terpapar pada jenis serangan tertentu. Pihak-pihak yang memiliki niat jahat dan modal besar dapat membeli token tata kelola dari pemegang yang ada dan memberikan suara terhadap keputusan yang merugikan DAO. Dari perspektif ini, para kritikus menggambarkan DAO sebagai organisasi yang tidak demokratis atau rentan terhadap serangan tata kelola karena aktor yang buruk berpotensi membeli cara mereka untuk mempengaruhi dan mengendalikan organisasi.

  • Pemilih yang Tidak Berpengalaman Aspek lain di mana perusahaan tradisional mungkin lebih baik daripada DAO adalah dalam kualitas keputusan secara umum. Dalam sebuah perusahaan, mereka yang memiliki kekuasaan untuk membuat keputusan mengenai arah organisasi biasanya adalah orang-orang yang berpengalaman di bidangnya. Namun, dalam DAO, para anggotanya mungkin tidak memiliki banyak pengalaman atau keahlian untuk mengambil keputusan yang tepat mengenai isu-isu tata kelola.

  • Proses Pemungutan Suara yang Tidak Efisien Dalam DAO pada umumnya, tidak ada perubahan yang dapat diimplementasikan tanpa melalui proses pemungutan suara. Meskipun mungkin bagus dalam sebagian besar situasi, namun tidak efisien dalam situasi lainnya. Hal ini dapat menjadi ancaman keamanan jika DAO memerlukan modifikasi segera dalam smart contract untuk mengatasi kerentanan. Jika para anggota tidak mencapai konsensus dalam waktu singkat, DAO akan menghadapi risiko pelanggaran keamanan.

  • Risiko Smart Contract – Meskipun DAO dapat mengeksekusi proposal mereka melalui smart contract, hal ini dapat menjadi keuntungan dan kerugian. Ini sangat bagus karena setelah proposal disahkan, kontrak pintar dapat segera mengeksekusinya. Namun, dalam dunia kripto, smart contract tidak pernah dijamin aman dan dapat menjadi sasaran eksploitasi atau peretasan. Meskipun sangat aman, smart contract tidak akan pernah bisa 100% kebal.

Kesimpulan: Apakah DAO adalah Masa Depan?

Demikianlah, empat langkah untuk membuat DAO dan pro dan kontra model bisnis yang paling penting. Kami berharap dapat melihat lebih banyak DAO seiring dengan berkembangnya Web3, tetapi apakah DAO tersebut cocok untuk proyek Anda tergantung pada faktor-faktor yang tercantum di atas. Baca juga pengantar kami tentang DAO untuk mempelajari beberapa DAO paling terkenal di ruang angkasa.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

dao

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens