Bagaimana Cara Kerja Dollar Cost Averaging?

Pelajari apa itu DCA, mengapa DCA dapat bekerja lebih baik daripada menentukan waktu pasar, dan bagaimana cara mengotomatiskannya.

Jul 29, 2022
|

Dca Kv Bug 1200

Sejak konsepsi mata uang kripto, orang-orang telah mencoba untuk ‘mengatur waktu pasar’ (yaitu, menentukan waktu yang ideal untuk membeli atau menjual kripto). Tanpa adanya bola kristal, hal ini terbukti sulit – bahkan bagi investor profesional yang menghabiskan seluruh waktunya untuk mempelajari pasar. Dengan kata lain, hanya sedikit yang berhasil dengan strategi ini.

Apa alternatifnya?

Masukkan Dollar Cost Averaging, yang dikenal sebagai DCA di dunia kripto dan pasar saham. Ini mengacu pada investasi secara konsisten dalam jumlah kecil dan tetap, yang seiring waktu dapat memberikan hasil yang lebih baik, sekaligus menghemat waktu dan tenaga Anda. Berikut ini adalah cara melakukannya.

DCA didefinisikan sebagai proses mengalokasikan sejumlah uang tetap pada interval yang teratur untuk membeli aset. Misalnya, menyisihkan US$100 setiap hari Senin untuk membeli Bitcoin.

Menyebarkan pembelian secara merata alih-alih melakukan pembelian sekaligus dapat mengurangi kemungkinan kerugian finansial yang besar, yang tidak hanya baik untuk dompet Anda, tetapi juga ketenangan pikiran Anda. DCA adalah strategi yang sangat populer bagi pengguna kripto yang ingin tetap terlibat dengan aset selama pasar turun.

Dalam artikel ini, cari tahu lebih lanjut mengenai cara kerja DCA, pro dan kontra, serta cara mengaturnya dengan mudah.

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Dollar Cost Averaging (DCA) adalah strategi yang mengalokasikan sejumlah uang tetap secara berkala untuk membeli aset. Hal ini dilakukan dengan harapan dapat mengurangi dampak volatilitas harga aset dan menurunkan biaya rata-rata per saham dari waktu ke waktu
  • Metode DCA adalah strategi akumulasi yang telah terbukti dan populer di pasar keuangan tradisional dan dunia kripto
  • Pengguna dapat mengotomatiskan DCA di Bursa Crypto.com dan di Aplikasi

Apa yang dimaksud dengan Dollar Cost Averaging (DCA)?

DCA beroperasi dengan prinsip mengalokasikan sejumlah modal secara teratur (misalnya, mingguan, dua mingguan, bulanan) ke dalam aset yang dipilih. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan dampak fluktuasi harga dengan meratakan biaya pembelian rata-rata untuk aset tersebut. Alih-alih melakukan pembelian sekaligus, pengguna membagi dana mereka ke dalam jumlah yang lebih kecil yang didistribusikan secara berkala.

Namun, mengapa Anda tidak menginvestasikan seluruh modal Anda ke aset yang harga pasarnya paling rendah? Karena sulit untuk mengetahui kapan hal itu akan terjadi.

Ini juga dikenal sebagai ‘waktu pasar‘, dan data menunjukkan bahwa bahkan para profesional keuangan pun berjuang untuk mengatur waktu pasar dengan baik. Jika mereka yang karirnya berfokus pada pemahaman dan prediksi pasar mengalami kesulitan untuk melakukannya, peluang bagi pengguna kripto sehari-hari kemungkinan besar akan lebih kecil.

Dengan mengotomatiskan pembelian dan menghilangkan emosi dari persamaan, DCA sering kali terbukti mengungguli strategi lain seperti investasi lump-sum, mengingat biaya rata-rata per saham pada akhir periode alokasi lebih kecil dari harga pasar saat ini per saham.

Mengapa DCA?

Bentuk perdagangan ini tidak eksklusif untuk dunia kripto dan telah digunakan selama beberapa dekade dalam keuangan tradisional (TradFi). Tujuan utamanya adalah untuk melewatkan langkah yang diperlukan dalam menentukan waktu pasar untuk menghasilkan keuntungan; atau, dengan kata lain, untuk menawarkan alternatif dari strategi lump-sum (LS).

LS adalah metode di mana semua modal yang tersedia dialokasikan ke dalam aset pada saat yang bersamaan. Mereka yang menggunakan strategi ini menunggu aset turun drastis dari nilai pasar sehingga mereka dapat membeli dengan harga serendah mungkin dan menjualnya saat harga naik.

Secara teoritis, ‘membeli penurunan’ tampak sederhana; namun, menguraikan kapan aset benar-benar mencapai bagian bawah kisaran harganya adalah sulit, bahkan untuk pedagang tingkat lanjut.

Masalah yang mungkin terjadi dengan pendekatan ‘beli rendah, jual tinggi’ dapat diamati pada saat pasar bearish. Jika waktu pasar tidak tepat, Anda bisa kehilangan banyak uang. Namun, jika Anda telah mengatur waktu pasar dengan benar, Anda dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan.

DCA sangat disarankan oleh para ekonom untuk pemula yang tidak memiliki waktu atau pengalaman ‘untuk meramalkan imbal hasil pasar atau yang merasa kesal selama pasar bearish, karena hal ini dapat membantu mereka membeli saat pasar turun dan saham-saham menjadi murah – jika mereka berpegang teguh pada rencana.

Penelitian menunjukkan bahwa DCA mengungguli strategi lain selama pasar bearish dengan selisih yang signifikan jika dilakukan secara konsisten, sebagian besar karena risiko yang lebih rendah yang terkait dengannya (Brennan, et. al., 2005).

Waktu terbaik untuk membeli aset adalah ketika aset berada pada harga terendah. Namun, ketika harga turun dan pasar bearish sedang berlangsung, yang terjadi justru sebaliknya. Banyak trader yang cemas dengan dana mereka dan menjual aset apa pun yang mereka pegang, sebagai upaya untuk membatasi kerugian mereka.

Salah satu alasan mengapa DCA sangat efektif adalah karena DCA menghilangkan pengaruh emosi kita terhadap keputusan keuangan.

Infografis Dca

Contoh hipotetis ini mengilustrasikan mengapa DCA dapat menjadi strategi yang lebih disukai selama pasar bearish – harga aset yang lebih rendah menghasilkan jumlah saham yang lebih tinggi yang diperoleh.

Alasan lain mengapa DCA dipandang sebagai strategi yang lebih disukai: tidak ada waktu henti pada dana yang tersedia – dana tersebut secara aktif digunakan alih-alih disimpan dengan harapan untuk mengikuti pasar atau karena FOMO (Fear of Missing Out). Hal ini dinyatakan dalam pepatah, “Yang mengalahkan waktu di pasar adalah waktu di pasar.”

Cara Mengatur DCA Otomatis

Sekarang setelah kita membahas bagaimana DCA beroperasi dan bagaimana pengguna bisa mendapatkan keuntungan darinya, mari kita mulai menggunakannya.

Crypto.com menawarkan Bot Perdagangan DCA di Bursa. Bot Trading memungkinkan pengguna untuk membangun posisi mereka tanpa harus terus-menerus mengikuti pasar, karena mereka secara otomatis menempatkan dan mengeksekusi order jika memenuhi kondisi dan parameter yang sudah ada. Fitur ini tersedia untuk semua pengguna di platform Crypto.com Exchange. Untuk panduan langkah demi langkah tentang cara menyiapkan Bot Trading DCA Anda, silakan baca artikel Pusat Bantuan kami.

Exchange Web sekarang juga menawarkan Bot DCA yang sudah diatur sebelumnya. Bagian ‘Bot DCA Populer’ menampilkan 8 Bot DCA teratas tahun ini yang telah dibuat oleh pengguna dan tersedia untuk digunakan.

DCA juga dapat digunakan di Aplikasi Crypto.com, yang dikenal sebagai Pembelian Berulang.

Fitur Pembelian Berulang memberikan pengguna Aplikasi kemampuan untuk menerapkan strategi DCA dengan menjadwalkan pembelian berulang untuk lebih dari 70 mata uang kripto setiap hari, mingguan, dua mingguan, atau bulanan. Pengguna dapat mengatur pembelian kripto berulang menggunakan kartu kredit, dompet kripto, atau dompet fiat di Aplikasi Crypto.com.

Kesimpulan

Dollar Cost Averaging (DCA) adalah cara mudah untuk membangun posisi Anda dalam kripto, terutama untuk pemula. Jika Anda mendapati diri Anda berpegang pada aset Anda, tidak pernah tahu kapan waktu yang tepat untuk masuk kembali ke pasar, menggunakan DCA dapat membantu menghilangkan kecemasan Anda.

Sekarang setelah Anda menguasai dasar-dasarnya, Anda siap untuk mulai melakukan pembelian terjadwal dengan Bot Trading DCA kami atau dengan mengatur pembelian kripto berulang dengan Pembelian Berulang di Aplikasi Crypto.com.

Bagi mereka yang ingin menjelajahi pengaturan waktu pasar, artikel Universitas kami Cara Membaca Grafik Kripto – Panduan untuk Pemula adalah pengantar untuk analisis teknikal.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

crypto bear market

DCA

trading

Trading Bots

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens