Perdagangan DeFi: Pengantar Opsi

Artikel ini memperkenalkan berbagai jenis opsi dan menjelaskan bagaimana opsi tersebut dieksekusi.

Jan 11, 2020
|

Manajemen Portofolio

Apa yang dimaksud dengan Opsi?

Opsi tidak boleh disamakan dengan futures, karena keduanya merupakan dua instrumen keuangan yang terpisah.

Penjual opsi memiliki kewajiban yang sesuai untuk memenuhi transaksi – untuk menjual atau membeli – jika pembeli (pemilik) ‘melaksanakan’ opsi. Aset/instrumen yang mendasari dapat berupa saham, obligasi, mata uang asing, komoditas, atau instrumen lain yang diperdagangkan. Berolahraga berarti menggunakan hak untuk membeli atau menjual sekuritas yang mendasarinya.

Biasanya, kontrak opsi harus menyertakan spesifikasi berikut ini:

Jenis: apakah pemegang opsi memiliki hak untuk membeli (opsi beli) atau hak untuk menjual (opsi jual).

  • Aset dan kuantitas yang mendasari: kuantitas dan aset yang mendasari (misal: 100 lembar saham Apple.Inc)
  • Harga kesepakatan: harga yang dinyatakan di mana pembeli akan melaksanakan opsi
  • Tanggal kadaluarsa: tanggal terakhir opsi dapat dieksekusi
  • Ketentuan penyelesaian: misalnya, apakah penjual opsi (penulis) harus menyerahkan aset aktual pada saat pelaksanaan, atau apakah dia hanya akan menyerahkan jumlah uang tunai yang setara
  • Premi opsi: jumlah total yang Anda bayarkan untuk opsi.

Mengapa Menggunakan Opsi?

Ada dua jenis opsi: Panggilan dan Put. Opsi beli memungkinkan pemilik untuk membeli sejumlah aset acuan pada harga tertentu dalam jangka waktu tertentu, sedangkan opsi jual memungkinkan pemegangnya untuk menjual sejumlah aset acuan pada harga tertentu dalam jangka waktu tertentu.

Pilihan juga dapat dikategorikan berdasarkan gaya Amerika atau Eropa. Opsi Amerika dapat dieksekusi kapan saja sebelum tanggal berakhirnya opsi, sedangkan opsi Eropa hanya dapat dieksekusi pada tanggal berakhirnya opsi. Ketika Anda membeli opsi, harga pembelian disebut premi. Jika Anda menjual opsi Anda, premi adalah jumlah yang Anda terima. Premi tidak tetap dan dapat berfluktuasi berdasarkan kondisi pasar.

Selain memberikan hak kepada investor untuk membeli atau menjual aset acuan, ada berbagai kasus penggunaan opsi1:

Sekuritas serbaguna

Keuntungan dari opsi adalah Anda tidak dibatasi untuk menghasilkan keuntungan hanya ketika pasar naik. Karena sifat opsi yang serbaguna, Anda juga dapat menghasilkan uang saat pasar turun atau bahkan saat pasar bergerak ke samping.

Spekulasi

Jika Anda membeli kontrak opsi, Anda bertaruh pada pergerakan sekuritas. Taruhan jenis ini membutuhkan pengetahuan yang luas tentang pasar keuangan dan toleransi risiko yang tinggi.

Lindung nilai

Opsi digunakan sebagai polis asuransi untuk melindungi saham Anda dari potensi penurunan.

Pilihan untuk menarik karyawan

Banyak perusahaan menggunakan opsi saham sebagai cara untuk menarik dan mempertahankan karyawan berbakat.

Berbagai Jenis Opsi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, harga kesepakatan (strike price) untuk sebuah opsi adalah harga di mana aset acuan dibeli atau dijual jika opsi tersebut dieksekusi. Hubungan antara harga kesepakatan dan harga aktual saham menentukan, dalam bahasa unik opsi, apakah opsi itu in-the-money (ITM), at-the-money (ATM), atau out-of-the-money (OTM)2.

berbagai jenis opsi
berbagai jenis opsi

Dalam uang (ITM)

Untuk opsi panggilan, in-the-money berarti harga kesepakatan berada di bawah harga saham aktual.

Contoh: Seorang investor membeli sebuah opsi beli dengan harga kesepakatan $95 untuk XYZ yang saat ini diperdagangkan pada harga $10. Posisi investor dalam keadaan untung sebesar $5. Opsi beli memberikan hak kepada investor untuk membeli ekuitas pada harga $95.

Untuk opsi put, in-the-money berarti harga kesepakatan berada di atas harga saham aktual.

Contoh: Seorang investor membeli sebuah opsi jual pada harga kesepakatan $110 untuk XYZ yang saat ini diperdagangkan pada harga $100. Posisi investor ini in-the-money sebesar $10. Opsi jual memberikan hak kepada investor untuk menjual ekuitas pada harga $110.

Di anjungan tunai mandiri (ATM)

Untuk opsi jual dan opsi beli, harga kesepakatan dan harga saham aktual adalah sama.

Di luar uang (OTM)

Harga kesepakatan opsi panggilan out-of-the-money adalah di atas harga saham aktual.

Contoh: Seorang investor membeli opsi beli out-of-the-money call option dengan harga kesepakatan $110 untuk XYZ yang saat ini diperdagangkan pada $100. Posisi investor ini out-of-the-money sebesar $10. Harga strike opsi put yang out-of-the-money berada di bawah harga saham aktual.

Contoh: Seorang investor membeli opsi jual out-of-the-money dengan harga kesepakatan $95 untuk XYZ yang saat ini diperdagangkan pada harga $100. Posisi investor ini mengalami kerugian sebesar $5.

Imbalan

Anda sekarang telah membiasakan diri Anda dengan dasar-dasar opsi. Sekarang, mari kita lihat bagaimana cara kerja option dan bagaimana hasil yang didapat. Diagram payoff adalah grafik yang mengilustrasikan keuntungan/kerugian dari opsi ketika harga yang mendasarinya berubah, dan kondisinya meliputi: long-call, short-call, long-put, dan short-put.

Panggilan Panjang

Bob optimis terhadap Apple Inc. karena dia yakin iPhone baru akan memiliki lebih banyak fungsi dan selanjutnya akan memberikan lonjakan yang bagus untuk sahamnya. Daripada membeli saham, Bob lebih memilih posisi beli dengan opsi call, karena opsi ini membatasi kerugiannya, namun tetap memberikan keuntungan tak terbatas jika harga saham naik. Berikut adalah beberapa fakta tentang posisinya dan seperti apa hasilnya pada berbagai harga saham:

panggilan panjang

Diketahui: premi opsi per saham = $2, harga pelaksanaan opsi = $100

Titik impas adalah harga saham di mana laba bersih investor akan menjadi nol:

Harga saham impas = Harga kesepakatan + premi

Dalam hal ini, harga impas adalah $100 + $2 = $102. Fitur lain yang perlu diperhatikan adalah jika harga saham berada di bawah harga kesepakatan, Bob akan membiarkan opsi kedaluwarsa tanpa menggunakannya dan kerugiannya akan terbatas pada premi yang dia bayarkan untuk opsi tersebut. Di sisi lain, keuntungannya tidak terbatas karena harganya lebih tinggi dari $102.

Berikut ini adalah rumusnya:

Imbalan call per saham = MAX (harga saham – harga kesepakatan, 0) – premi per saham

Pada harga saham $98, MAX ($98 – $100, 0) – $2 = 0 – $2 = kerugian $2 per saham

Pada harga saham $105, MAX ($105 – $100, 0) – $2 = $5 – $2 = $3 keuntungan per saham

Panggilan Singkat

panggilan singkat

Penulis (penjual) opsi call mengambil posisi short atau berlawanan. Grafik payoff-nya adalah kebalikan dari long-call yang telah kami sebutkan. Keuntungan terbatas pada premi yang dia kumpulkan ketika harga kesepakatan melebihi harga saham dan panggilan dibiarkan kadaluarsa. Di atas harga kesepakatan, dia menghadapi kerugian yang semakin besar seiring dengan kenaikan harga saham.

Rumus imbalannya adalah:

Imbalan opsi jual per saham = premi per saham – MAX (0, harga saham – harga kesepakatan)

Long-Put

Dalam situasi ini, Bob bersikap bearish terhadap saham Apple.Inc karena dia merasa bahwa iPhone baru mungkin terlalu tinggi karena antisipasi publik. Oleh karena itu, ia dapat membeli opsi beli long-put saham Apple, di mana ia mendapatkan keuntungan selama harga saham turun di bawah harga impas. Kerugiannya juga terbatas pada premi yang dibayarkan dan keuntungannya dapat mencapai maksimum ketika harga saham turun menjadi 0.

long-put

Diketahui: premi opsi per saham = $2, harga pelaksanaan opsi = $100

Harga saham impas = Harga kesepakatan – Premi

Dalam hal ini, harga impas adalah $100 – $2 = $98. Jika harga saham berada di atas harga kesepakatan, Bob akan membiarkan opsi tersebut berakhir tanpa menggunakannya dan kerugiannya akan terbatas pada premi yang dia bayarkan untuk opsi tersebut. Di sisi lain, keuntungannya juga terbatas karena harga bisa lebih rendah dari $98 dan mencapai maksimum ketika harga nol.

Berikut ini adalah rumusnya:

Imbalan put per saham = MAX (harga kesepakatan – harga saham, 0) – premi per saham

Pada harga saham $103, MAX ($100 – $103, 0) – $2 = 0 – $2 = kerugian $2 per saham

Pada harga saham $95, MAX ($100 – $95, 0) – $2 = $5 – $2 = $3 keuntungan per saham

Putaran Pendek

short-put

Penulis (penjual) opsi jual mengambil posisi short atau berlawanan. Grafik payoff-nya adalah kebalikan dari posisi long-put yang diilustrasikan di atas. Keuntungan terbatas pada premi yang dia kumpulkan ketika harga saham melebihi harga kesepakatan dan opsi jual dibiarkan kadaluarsa. Di bawah harga kesepakatan, dia menghadapi kerugian yang semakin besar karena harga saham menurun.

Rumus imbalannya adalah:

Imbalan opsi jual per saham = premi per saham – (MAX (0, harga kesepakatan-harga saham)

Perluas Pengetahuan Opsi Anda

Selami lebih dalam perdagangan opsi DeFi dan pelajari 10 strategi teratas kami untuk perdagangan opsi yang sesuai dengan setiap kepribadian investor dan sentimen pasar. Atau pelajari tentang Yunani, alat manajemen risiko yang penting dalam perdagangan opsi.

Referensi

1. https://www.desjardins.com/ca/co-opme/action-plans-tips/savings-investment/why-use-options/index.jsp

2. Opsi Penetapan Harga (Juni, 2019), Diambil dari: https://www.nasdaq.com/articles/pricing-options-2019-06-10

3. Frederick, 2019, Diambil dari https://www.schwab.com/resource-center/insights/content/how-to-understand-options-greeks

Tag

DeFi

Exchange

options

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens