Mata Uang Kripto Berjangka dan Derivatif: Pasar yang Terus Berkembang

Jelajahi dunia kripto berjangka dan derivatif yang berkembang pesat, dan pelajari dampaknya terhadap pasar aset digital.

Jun 22, 2023
|

Hal-hal penting yang dapat diambil:

  • Aktivitas perdagangan dalam kripto berjangka dan derivatif telah tumbuh secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir.
  • Perdagangan derivatif sekarang mewakili sebagian besar dari seluruh pasar mata uang kripto.
  • Binance, Bybit, dan bursa utama lainnya memimpin dalam bidang ini.
  • Faktor-faktor yang mendorong pertumbuhan kripto berjangka dan derivatif termasuk peningkatan spekulasi dan strategi perdagangan yang lebih canggih.
  • Uji tuntas dan penelitian sangat penting ketika menilai potensi risiko dan manfaat trading di pasar ini.

Pendahuluan

Pasar mata uang kripto telah mengalami pertumbuhan besar-besaran selama beberapa tahun terakhir, dan seiring dengan pertumbuhan tersebut, popularitas strategi trading yang melibatkan futures dan derivatif kripto juga meningkat. Instrumen keuangan ini, yang memungkinkan trader berspekulasi mengenai pergerakan harga mata uang kripto di masa depan tanpa benar-benar memiliki aset yang mendasarinya, dengan cepat menjadi bagian penting dari lanskap perdagangan aset digital secara keseluruhan.

Dalam artikel ini, kami mempelajari dunia kripto berjangka dan turunannya, memeriksa faktor-faktor yang berkontribusi terhadap pertumbuhannya yang cepat dan menyoroti para pemain utama di pasar yang sedang berkembang ini. Kami juga membahas beberapa potensi risiko yang terkait dengan perdagangan instrumen keuangan yang kompleks ini dan pentingnya melakukan penelitian dan uji tuntas yang menyeluruh sebelum memasuki dunia ini.

Lonjakan Perdagangan Berjangka dan Derivatif Kripto

Kontrak berjangka dan derivatif kripto telah mengalami lonjakan aktivitas perdagangan yang luar biasa dalam beberapa bulan terakhir. Menurut data dari CryptoCompare, volume derivatif pada bulan Januari naik 76,1% dari bulan Desember, mencapai US $ 2,04 triliun – persentase kenaikan terbesar sejak Januari 2021, ketika volume naik 114%.

Peningkatan aktivitas perdagangan telah disertai dengan kenaikan signifikan untuk mata uang kripto terbesar di dunia, termasuk Bitcoin(BTC) dan Ether(ETH), yang mengalami kenaikan masing-masing sebesar 40% dan 32% di bulan Januari. Laporan CryptoCompare menunjukkan bahwa pertumbuhan ini didorong terutama oleh spekulasi di pasar derivatif, daripada akumulasi pasar spot.

Derivatif sekarang mewakili 70,3% dari seluruh pasar mata uang kripto, naik dari 68% di bulan Desember, yang semakin menyoroti semakin populernya instrumen perdagangan ini.

Faktor-faktor yang Mendorong Pertumbuhan Kontrak Berjangka dan Derivatif Kripto

Ada beberapa faktor utama yang berkontribusi pada pertumbuhan pesat perdagangan kripto berjangka dan derivatif. Salah satu pendorong yang signifikan adalah meningkatnya kecanggihan trader mata uang kripto, yang mencari strategi dan perangkat trading yang lebih canggih untuk memanfaatkan peluang pasar.

Selain itu, meningkatnya minat terhadap keuangan terdesentralisasi(DeFi) telah mendorong pengembangan produk keuangan yang lebih kompleks, seperti opsi dan perpetual swap, yang semakin mendorong pertumbuhan pasar derivatif kripto.

Terakhir, sentimen bullish secara keseluruhan di pasar mata uang kripto, serta meningkatnya penerimaan aset digital oleh pemodal institusional, telah berkontribusi pada meningkatnya permintaan perdagangan berjangka dan derivatif.

Risiko dan Tantangan dalam Perdagangan Berjangka dan Derivatif Kripto

Meskipun pertumbuhan kripto berjangka dan derivatif menghadirkan peluang menarik bagi para pedagang, penting untuk menyadari potensi risiko dan tantangan yang terkait dengan pasar ini. Salah satunya, tingkat leverage tinggi yang ditawarkan oleh beberapa bursa dapat menyebabkan kerugian jika pasar bergerak berlawanan dengan posisi trader.

Selain itu, kompleksitas instrumen keuangan ini dapat membuat mereka sulit untuk dipahami, terutama bagi pedagang yang kurang berpengalaman. Hal ini menggarisbawahi pentingnya melakukan penelitian menyeluruh dan uji tuntas sebelum memasuki pasar kripto berjangka dan derivatif.

Pelajari lebih lanjut tentang perdagangan derivatif di artikel Universitas kami Pengantar Derivatif Kripto, Opsi, dan Kontrak Berjangka.

Kesimpulan

Dunia kripto berjangka dan derivatif berkembang pesat, menawarkan peluang baru dan menarik bagi para trader untuk memanfaatkan pasar aset digital yang terus berkembang. Karena pasar ini terus berkembang dan matang, penting bagi para pedagang untuk tetap mendapat informasi dan melakukan penelitian menyeluruh dan uji tuntas untuk memastikan mereka membuat keputusan yang tepat ketika terlibat dalam bentuk perdagangan yang kompleks ini.

Perdagangan derivatif di Bursa Crypto.com tersedia tergantung pada yurisdiksi.

Uji Tuntas dan Lakukan Riset Anda Sendiri

Semua contoh yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Anda tidak boleh menafsirkan informasi atau materi lain tersebut sebagai nasihat hukum, pajak, investasi, keuangan, keamanan siber, atau nasihat lainnya. Tidak ada yang terkandung di sini yang merupakan ajakan, rekomendasi, dukungan, atau penawaran oleh Crypto.com untuk berinvestasi, membeli, atau menjual koin, token, atau aset kripto lainnya. Pengembalian dari pembelian dan penjualan aset kripto dapat dikenakan pajak, termasuk pajak keuntungan modal, di yurisdiksi Anda. Setiap deskripsi produk atau fitur Crypto.com hanya untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan dukungan, undangan, atau ajakan.

Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan atau prediktor kinerja masa depan. Nilai aset kripto bisa naik atau turun, dan Anda bisa kehilangan semua atau sebagian besar harga pembelian Anda. Saat menilai aset kripto, penting bagi Anda untuk melakukan riset dan uji tuntas untuk membuat penilaian terbaik, karena pembelian apa pun menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Tag

cryptocurrencies

Derivatives

futures

trading

Bagikan dengan Teman

Siap untuk memulai perjalanan kripto Anda?

Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk mengatur sebuah akun dengan Crypto.com

Dengan mengeklik tombol Memulai, Anda mengakui bahwa telah membaca Pemberitahuan Privasi Crypto.com yang menjelaskan cara kami menggunakan dan melindungi data pribadi Anda.
Mobile phone screen displaying total balance with Crypto.com App

Common Keywords: 

Ethereum / Dogecoin / Dapp / Tokens